Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Contoh Format CV untuk Melamar Kerja yang Benar dan Menarik

by Vera Khairifah on 27 Desember, 2019

Curriculum Vitae (CV) sangat dibutuhkan dalam proses melamar kerja. Hal ini karena CV memuat kumpulan informasi pribadi dan kemampuan yang dimiliki pelamar kerja. Tim HRD sebagai perekrut juga akan menjadikannya kandidat yang lolos berkat tampilan format CV yang baik dan menarik.

Begini Format CV untuk Melamar Kerja yang Benar dan Menarik

CV memang terkesan mudah dibuat. Namun, tahukah kamu kalau sisi kreatif juga diperlukan dalam membuat CV? Format CV yang baik akan membuat tampilan data dirimu terlihat mudah dibaca dan memuat informasi yang jelas.

Dengan begitu, tim HRD akan cepat memutuskan apakah kamu adalah pelamar yang cocok dengan posisi pekerjaan yang dibutuhkan atau tidak. Lolosnya pelamar kerja dalam tahap administrasi ini kemudian akan mengantarkannya pada tahap selanjutnya, yakni tahap tes tertulis atau pun wawancara.

Tips Membuat CV

Oleh sebab itu, membuat CV bukan lah hal yang sepele. Ada beberapa tips membuatnya agar format CV bisa terlihat menarik dan beda dari tampilan pada umumnya.

  • Tak perlu berlembar-lembar

Jangan buat CV dengan jumlah lebih dari dua lembar. Tim HRD yang membaca format CV seperti ini biasanya akan kehilangan ketertarikan dan bisa saja langsung melewatinya. Buat lah CV dengan format yang singkat, padat, dan jelas.

  • Pakai Posisi dan Ukuran yang Pas

Pilih lah ukuran tulisan (font size) yang tidak terllau besar maupun kecil. Biasanya ditulis dengan format CV Arial dengan ukuran 12, atau maksimal 14.

Letakkan tulisan dengan mode paragraf dari kiri ke kanan atau rata kanan kiri. Pasfoto juga bisa kamu letakkan di bagian paling atas atau di samping data diri pribadi.

  • Sertakan pengalaman 3 tahun ke belakang

Nah, agar lebih efisien, kamu hanya perlu memuat pengalaman kerja maupun pengalaman berorganisasi yang kamu jalani maksimal 3 tahun yang lalu. Jadi, kamu enggak perlu memasukkan pengalaman organisasi saat SMP atau bahkan saat SD.

Apalagi jika pengalaman tersebut tak berhubungan dengan kemampuan yang dibutuhkan dalam pekerjaan yang kamu lamar saat ini.

Ada beberapa CV juga yang menggunakan format CV sangat ringkas. Yakni hanya memuat pendidikan dari tingkat SMA hingga perguruan tinggi.

  • Kreatif dengan gunakan aplikasi

Selain itu, perlu kamu ketahui bahwa format CV sebaiknya disajikan dengan mementingkan sisi kreatif. Di zaman sekarang, membuat CV enggak lagi hanya dengan bantuan Microsoft Word versi jadul. Kamu bisa meng-upgrade aplikasi Microsoft Word versi terbaru (tahun 2016 dan 2019).

Di aplikasi versi terbaru itu, tersedia template resume yang bisa kamu pakai untuk membuat CV agar terlihat lebih menarik. Aplikasi Canva atau situs www.canva.com juga memiliki template dengan format CV yang menarik dan beragam warna.

  • Pilih tampilan skala pas untuk kemampuan

Format CV kreatif saat ini terkadang menampilkan kemampuan (hard skill maupun soft skill)  dengan skala grafik dan angka. Misalnya, tertulis: “kemampuan Microsoft Excel: 8/10”.

Penulisan ini memang tak ada salahnya, namun tidak semua penilaian pribadimu akan sama dengan penilaian perekrut. Oleh karena itu, kamu lebih baik menggunakan skala “cukup, baik, dan sangat baik”, alih-alih menggunakan skala grafik dan angka.

Juga, akan lebih baik apabila kamu menyertakan portofolio sebagai lembar pembuktian kemampuan yang kamu kuasai. Portofolio memuat bukti hasil kerjamu terdahulu, maupun bakat yang dikuasai.

(Baca juga: Pekerjaan Tanpa Ngantor: Dari Wartawan Sampai Freelancer, Cek Yuk!)

Format CV yang Benar dan Menarik

Lalu, seperti apa sih contoh format CV yang baik dan menarik sehingga dilirik para tim HRD? Selain tips di atas, yang jelas kamu perlu mencantumkan data diri secara lengkap. Serta penjelasan mengenai pengalaman kerja, pengalaman organisasi, dan kemampuan yang kamu miliki sebagai nilai jual dari seorang calon pekerja.

Berikut daftar informasi yang perlu kamu cantumkan di format CV yang baik.

1. Data Pribadi

Meliputi nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat, jenis kelamin, status perkawinan, agama, nomor telepon, dan e-mail. Pada beberapa pekerjaan tertentu, calon pekerja juga diminta untuk mencantumkan tinggi dan berat badan.

Jadi, tambahan informasi pada data pribadi bisa disesuaikan dengan jenis pekerjaan yang kamu lamar.

2. Pendidikan Formal

Format CV yang benar adalah dengan menuliskan riwayat pendidikan dari tingkat SD, SMP, hingga SMA, dan/atau perguruan tinggi. Sertakan pula tahun masuk seta tahun kelulusannya.

3. Pendidikan Informal

Bagian ini bersifat optional atau pilihan. Jika kamu mengikuti kursus atau les tertentu yang meningkatkan kemampuanmu sebagai calon pekerja, maka sertakanlah. Misalnya kursus menjahit pada tahun 2016, dan kursus public speaking tahun 2017.

Tapi, jika kursus yang diikuti sudah lebih dari 4 tahun lalu, maka rasanya tak perlu kamu tulis.

4. Pengalaman Kerja/Organisasi

Selanjutnya, format CV yang benar adalah dengan menyantumkan pengalaman kerja atau organisasi setidaknya dalam kurun waktu 3 tahun terakhir.

Untuk menunjang ‘nilai jual’-mu sebagai calon pekerja, sebaiknya tuliskan pengalaman yang memang berhubungan dengan dob jesk dari pekerjaan yang kamu incar. Jangan lupa sertakan tahun saat kamu menggeluti pekerjaan itu, ya.

5. Kemampuan

Terakhir, tulis kemampuan yang kamu kuasai. Pertama, hard skill yang meliputi kemampuan yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan, dan keterampilan teknis. Kemudian soft skill yakni kemampuan dalam mengatur atau diri sendiri dan kemampuan yang berhubungan dengan orang lain.

(Baca juga: Bikin CV, Yuk! Begini Tipsnya Biar Langsung Ditaksir HRD)

Contoh Format CV

Nama: Andrea Diandra

Tempat, Tanggal Lahir: Jakarta, 23 Desember 1997

Alamat: Jalan Ir. Soekarno no. 97 Jakarta Selatan

Jenis Kelamin: Perempuan

Status Perkawinan: Belum Menikah

Agama: Islam

No Telp: 0877-0330-1234

E-mail: andreadian@gmail.com

Pendidikan

2014-2018: Universitas Indonesia (Fakultas Ilmu Komunikasi)

2011-2014: SMAN 28 Jakarta

2011-2008: SMPN 115 Jakarta

2002-2008: SDN 3 Tebet

Pendidikan Informal

2017-2018: Alvin Adam Public Speaking and Communication

Pengalaman Kerja/Organisasi

2018: I-radio Jakarta (intern)

2016-2018: Pengurus BEM UI

Kemampuan: Microsoft Office, Adobe Photoshop, Adobe Indesign, public speaking, communicative, bisa bekerja secara individu maupun dalam tim.

Itu lah contoh format CV yang baik dan menarik. Kamu juga bisa bisa mengajukan kartu kredit dengan mudah sesuai kebutuhan melalui CekAja.com sekarang juga!

Tentang Penulis

Vera Khairifah

A content writer and socmed enthusiast