Daftar Hp Murah untuk Belajar Online, dari Redmi sampai Samsung

5 min membaca Oleh Ayunindya Annistri on

Akibat pandemi Corona, kini handphone jadi salah satu perangkat penting untuk menunjang proses belajar. Dengan spek mumpuni, berikut ini daftar hp murah untuk belajar online.

Pandemi virus Corona yang masih bergulir di Indonesia, membuat seluruh aktivitas masyarakat di muka umum menjadi terbatas.

Salah satu aspek yang terkena imbasnya adalah dunia pendidikan.

Sejumlah sekolah hingga perguruan tinggi masih terus menerapkan program belajar online terhitung sejak pertengahan Maret 2020 lalu.

Selain demi menjaga keamanan di satuan pendidikan, program belajar online ini sejatinya memiliki kekurangan tersendiri, baik bagi tenaga pengajar maupun yang diajar.

Keterbatasan perangkat seperti handphone, jadi salah satu alasan sulitnya mengikuti kelas online yang sudah berlangsung selama kurang lebih 7 bulan ini.

Mengunduh aplikasi video call dan harus selalu menyisakan ruang penyimpanan pada handphone, membuat para siswa mau tak mau harus meng-upgrade perangkat pintar miliknya ini.

Namun, enggak perlu khawatir. Pasalnya, kini sudah banyak pula produsen ponsel yang memasarkan produknya dengan spek mumpuni dan harga terjangkau.

(Baca Juga: 4 Pinjaman Terbaik untuk Kredit Laptop)

Daftar Hp Murah untuk Belajar Online

Mengutip dari banyak sumber, berikut ini CekAja rangkum daftar hp murah untuk belajar online. Yuk, kepoin!

1. Redmi Note 8

Kisaran Harga: Rp1,9 juta

Merek pertama yang masuk dalam daftar hp murah untuk belajar online adalah Redmi Note 8.

Dengan chipset Snapdragon 665 dan baterai berdaya 4.000 mAh, handphone ini punya kualitas terbaik di kelasnya.

Soal kamera, Redmi Note 8 menggunakan sensor 48 MP dengan lensa sudut ultra-lebar 120 derajat pada bagian belakang.

Sementara untuk kamera depannya, hp murah ini mengandalkan kamera 13 MP.

2. Realme C11

Kisaran Harga: Rp1,6 juta

Selain Redmi, merek Realme khususnya pada seri C11 juga termasuk pilihan CekAja dalam daftar hp murah untuk belajar online ini.

Istimewanya, Realme menyediakan dua pilihan kapasitas RAM dan memori internal, yaitu 2/32GB dan 3/32GB pada handphone entry-level ini.

Tak hanya itu saja, hp ini juga menggunakan sistem operasi Android 10 yang canggih, sekaligus dengan fitur pemindai wajah yang super cepat.

3. Oppo A12

Kisaran Harga: Rp1,6 juta

Ponsel pintar lainnya yang termasuk dalam daftar hp murah untuk belajar online adalah Oppo A12.

Hp keluaran awal 2020 ini menggunakan kamera 13 MP + 2 MP pada bagian belakangnya, serta 5 MP pada bagian kamera depannya.

Sementara untuk performa baterainya, Oppo A12 bisa dikatakan unggul ketimbang dua ponsel yang CekAja rekomendasikan sebelumnya.

Di mana merek kenamaan asal Tiongkok ini membekali ponsel pintarnya dengan baterai berkapasitas 4230 mAh.

Daya baterai yang cukup besar, sehingga cocok digunakan untuk belajar online.

4. Vivo Y20

Kisaran Harga: Rp1,9 juta

Vivo Y20 dibekali dengan dukungan chipset Snapdragon 460 dan RAM sebesar 3 GB. Perpaduan spek yang cukup gahar, bukan?

Enggak berhenti disitu saja. Vivo juga mengusung kapasitas baterai yang jumbo yakni 5.000 mAh, untuk memudahkan pengguna dalam beraktivitas, tanpa khawatir harus mengisi daya baterai terus menerus.

Dari segi fitur, produk unggulan dengan harga terjangkau dari Vivo ini, sudah memakai sistem operasi Android 10 dan sensor fingerprint yang dipasang pada sisi samping ponsel.

5. Advan G5

Kisaran Harga: Rp1,2 juta

Advan tak kalah hebat dalam “membanjiri” pangsa pasar smartphone ekonomis.

Bahkan salah satu serinya yakni G5, juga banyak direkomendasikan sebagai salah satu produk dalam daftar hp murah untuk belajar online.

Dilengkapi RAM sebesar 4 GB dan memori internal 32 GB, produk asli buatan Indonesia ini cukup mumpuni untuk menunjang aktivitas belajar yang dilakukan di rumah.

Kemudian kalau berbicara mengenai masa pemakaian hariannya, Advan G5 ini termasuk yang awet, karena menggunakan baterai LiPo berkapasitas 4.000 mAh.

Lalu, jika dilihat dari desainnya, Advan G5 ini punya bentuk bodi yang tipis dan mengusung konsep waterdrop notch. Gimana, cukup bagus bukan untuk harga Rp1,2 juta?

6. Oppo A3s

Kisaran Harga: Rp1,7 juta

Daftar hp murah untuk belajar online berikutnya diisi oleh Oppo A3s. Produk ini termasuk salah satu yang laris di pasaran jika dibandingkan dengan ponsel entry-level yang lain.

Dengan mengubah fitur keamanannya, dari semula sensor fingerprint menjadi teknologi Face Unlock, Oppo mengklaim bahwa ponsel pintarnya ini sanggup bekerja optimal dan akurat dalam membaca “wajah” pengguna.

Beralih ke ukuran layar, Oppo A3s ini memiliki tampilan layar yang luas, dengan bentangan hingga 6,2 inci sekaligus beresolusi 1520 x 720 pixel, sangat nyaman dipakai saat kelas online berlangsung.

Soal kamera, hp murah ini juga telah dilengkapi dengan dua sensor utama pada bagian kamera belakangnya.

Pertama, menggunakan kamera beresolusi 13 MP, dan yang kedua memiliki resolusi 2 MP dengan tambahan fitur depth sensor.

7. Redmi 9C

Kisaran Harga: Rp1,4 juta

Selanjutnya ada Redmi 9c yang menempati posisi ketujuh dalam daftar hp murah untuk belajar online versi CekAja ini.

Handphone ini dibekali baterai berkapasitas jumbo, yakni 5.000 mAh, yang pastinya bakal membuat kamu puas saat menggunakannya dalam waktu lama.

Bahkan, untuk pengisian kembali baterainya dengan menggunakan charger asli dari pabrikan, handphone ini hanya butuh waktu paling tidak 2 hingga 3 jam untuk bisa terisi penuh 100 persen.

Sementara dari sisi performa, Redmi 9c dijalankan dengan chipset MediaTek Helio G35 dengan RAM 3 GB serta memori internal sebesar 32 GB.

8. Infinix Hot 9 Play

Kisaran Harga: Rp1,3 juta

Selain Xiaomi, Oppo dan pesaing lainnya, merek Infinix juga terkenal dalam menghadirkan berbagai hp murah dengan kualitas mumpuni, salah satunya pada seri Hot 9 Play.

Dirilis pada pertengahan 2020 lalu, Infinix Hot 9 Play ini bisa dibilang cukup istimewa terutama jika berbicara mengenai daya baterainya.

Bagaimana tidak? Smartphone yang termasuk dalam daftar hp murah untuk belajar online ini, telah menggunakan baterai LiPo berkapasitas 6.000 mAh, yang pastinya sangat hemat pemakaian.

Disamping itu, ukuran layar yang dihadirkan pada produk teranyar Infinix ini berukuran 6,82 inci dengan resolusi HD+ 720 x 1640 piksel. Bagaimana, sangat besar bukan?

9. Samsung Galaxy A11

Kisaran Harga: Rp1,7 juta

Terakhir, smartphone yang termasuk dalam daftar hp murah untuk belajar online adalah Samsung Galaxy A11.

Handphone yang diklaim paling cocok untuk temani generasi Z ini, hadir dalam dua pilihan warna, yaitu putih dan hitam.

Finishing glossy nya yang menawan dengan tambahan kilauan holografik semakin menambah kesan elegan dari perangkat pintar ini.

Menyoal kamera, Samsung Galaxy A11 dipadukan dengan tiga lensa sekaligus pada kamera utamanya, yaitu 13 MP, 5 MP ultra-wide, dan 2 MP depth sensor.

Sementara untuk kamera depan, A11 dibekali dengan lensa 8 MP yang juga berperan dalam fitur Face ID.

Untuk performanya sendiri, hp ini dipersenjatai dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 450, yang dikemas dalam chipset octa-core Cortex A53.

(Baca Juga: 6 Keuntungan dari Kredivo untuk Cicil HP)

Nah, itu tadi informasi mengenai daftar hp murah untuk belajar online.

Buat kamu yang kepengin upgrade hp guna menunjang proses belajar dari rumah, bisa langsung mengecek kembali review yang lebih detil mengenai hp rekomendasi CekAja di atas.

Meski harga yang ditawarkan enggak sampai 2 jutaan, kamu bisa lho mendapat keuntungan yang lebih berlimpah lagi. Caranya? Cukup membayar hp tersebut dengan kartu kredit.

CekAja Beri Keuntungan Berlimpah dengan Kartu Kredit

Untuk soal pengajuan kartu kreditnya, kamu bisa menggunakan layanan dari CekAja yang sudah pasti aman dan mengantongi izin OJK.

Di sini pula, kamu bisa membandingkan dulu seluruh produk kartu kredit, yang sekiranya paling pas dengan bujetmu.

Terus, saat pertama kali apply nih, kamu bakal mendapatkan banyak sekali keuntungan, mulai dari gratis iuran tahun pertama, hingga potongan harga untuk produk co-branding.

Gimana, tertarik? Yuk, akses laman CekAja sekarang juga, dan apply kartu kredit pertamamu disini biar makin untung saat berbelanja.

Tentang kami

Ayunindya Annistri

Ayunindya Annistri