SMP Swasta Favorit di Jakarta & Biaya Masuknya

5 min. membaca Oleh Nadhillah Kusindriani on

Menjelang penerimaan siswa-siswi baru tahun 2020, sejumlah orang tua mulai sibuk mencari sekolah untuk buah hatinya. Tidak hanya sekolah negeri, sekolah swasta juga kini jadi incaran orang tua. Untuk kamu yang akan masuk SMP, di bawah ini CekAja akan membahas lima SMP Swasta Favorit di Jakarta yang bisa kamu jadikan referensi. Yuk, simak!

1. SMP Labschool Kebayoran

SMP swasta favorit di Jakarta yang pertama adalah SMP Labschool Kebayoran. Sekolah yang terletak di Jakarta Selatan ini, menjadi salah satu sekolah terbaik di Jakarta yang memiliki segudang prestasi.

Prestasi tersebut terlihat pada tahun 2017 ketika SMP Labschool Kebayoran meraih peringkat 1 nilai UN tertinggi di DKI Jakarta. Kurikulum yang digunakan sekolah ini adalah kurikulum 2013.

SMP yang biasa disebut dengan SMP Labsky ini memiliki beberapa fasilitas yang dapat menunjang kegiatan belajar siswa/i-nya, seperti laboratorium (komputer, biologi, bahasa dan kimia), kelas ber-AC, perpustakaan, green house, poliklinik, auditorium, WiFi, lapangan olahraga outdoor dan indoor, kantin dan lain sebagainya.

SMP Labsky juga memiliki kegiatan ekstrakurikuler yang dapat mengasah skill murid-muridnya, seperti ansambel, fotografi, bahasa Jepang, bahasa Perancis, Sukses Quran (SQ), jurnalistik, seni rupa, paduan suara, tenis meja, dan lainnya.

Biaya Formulir Pendaftaran : Rp300.000,-

Akreditasi : A

No. Telp : (021) 7257367

Lokasi : Jalan KH. Ahmad Dahlan No.14, Kramat Pela, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12130

2. SMP Labschool Jakarta

SMP swasta favorit selanjutnya ada SMP Labschool Jakarta. Sekolah yang satu ini berada di bawah naungan yang sama dengan SMP Labschool Kebayoran, yaitu Yayasan Pembina Universitas Negeri Jakarta.

Untuk fasilitas, kurikulum dan ekstrakurikuler yang dimiliki SMP Labschool Jakarta sama seperti SMP Labschool Kebayoran. Namun, sekolah ini memiliki tiga program unggulan, yaitu program pengembangan karakter siswa (character building), program budaya sekolah (school culture), dan program unggulan akademik (academic program).

Biaya Formulir Pendaftaran : Rp300.000,-

Akreditasi : A

No. Telp : (021) 47860038

Lokasi : Komplek UNJ, Jalan Pemuda, RT. 7 / RW. 14, Rawamangun, RT.7/RW.14, Rawamangun, Kec. Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13220

3. SMPK 2 Penabur

Berikutnya ada SMPK 2 Penabur yang masuk ke dalam daftar SMP swasta favorit di Jakarta. Sekolah Kristen yang satu ini menggunakan kurikulum 2013. Menjadi sekolah warisan dari Christelijke Vereeniging Scholen (CVS) kepada HSK, diresmikan pada 1 Juli 1952.

SMPK 2 Penabur memiliki beberapa ekstrakurikuler yang bisa diikuti oleh siswa dan siswinya, yaitu pramuka/PMR, matematika, klub IPA dan bahasa, olahraga basket, olahraga futsal, tari tradisional, guzheng, graphic design, robotics dan beberapa ekstrakurikuler lainnya.

Segudang prestasi berhasil dicetak oleh siswa-siswi serta tenaga pendidik SMPK Penabur 2 Jakarta, diantaranya menjadi langganan Olimpiade Sains Nasional (OSN) dalam mata pelajaran Matematika, Fisika, Biologi.

Selain itu, sekolah Kristen ini juga mendapat prestasi dari International Junior Science Olympiad dalam bidang biologi dan Singapore Mathematical Olympiad. Beberapa prestasi lainnya juga dicapai oleh SMPK 2 Penabur Jakarta, baik Nasional maupun Internasional.

Biaya Formulir Pendaftaran : Rp225.000,-

Akreditasi : A

No. Telp : (021) 63850348

Lokasi : Jl. Pembangunan III No.1, RW.8, Petojo Utara, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10130

(Baca Juga: Lulusan SMA Tidak Perlu Minder! Ini Jenis Pekerjaan yang Bisa Digeluti)

4. SMP Santa Ursula

SMP swasta favorit di Jakarta keempat ada SMP Santa Ursula. Sekolah yang berada di bawah naungan Yayasan Satya Bhakti ini merupakan sekolah khusus perempuan. Ciri khas ini tetap dipertahankan dengan tujuan memberikan perhatian khusus untuk pendidikan dan kedudukan kaum perempuan.

Sekolah yang berdiri pada 2012 ini memiliki beberapa fasilitas yang dapat menunjang kegiatan belajar siswa/i, diantaranya ruang olahraga, ruang kelas ber-AC dilengkapi dengan LCD dan speaker di setiap kelas, laboratorium (biologi, fisika dan bahasa), ruang kesenian, area parkir, dan fasilitas lainnya.

Selain itu, SMP Santa Ursula juga mempunyai beberapa kegiatan ekstra yang bisa diikuti siswa/i-nya, yaitu pramuka, paduan suara, memasak, menari, fotografi, fashion design, melukis, drama, karya ilmiah, angklung, dan sebagainya.

Biaya Formulir Pendaftaran : Rp300.000,-

Akreditasi : A

No. Telp : (021) 3840915

Lokasi : Jl. Pos No.2, Ps. Baru, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10010

5. SMP Kanisius

Terakhir ada SMP Kanisius sebagai SMP swasta favorit di Jakarta. Lembaga pendidikan katolik ini berdiri pada 1 Juli 1927. Sekolah yang satu ini berlawanan dengan SMP Santa Ursula perihal siswa yang diterima. Di mana, SMP Kanisius merupakan sekolah yang hanya menerima siswa laki-laki.

Sekolah satu ini memiliki prinsip dan semangat dasar 4C, yaitu Competence, Compassion, Commitment dan Conscience. Tidak hanya itu, SMP Kanisius memiliki tingkat disiplin yang tinggi, karena terkenal sebagai salah satu sekolah dengan larangan menyontek yang ketat.

Sekolah Katolik yang satu ini juga memiliki segudang prestasi, di antaranya pada 2003 – 2006, SMP Kanisius memperoleh emas dalam Olimpiade Sains Nasional. Selain itu, menjadi delegasi Indonesia ke World Schools Debating Championship pada 2003 – 2004 dan 2006 – 2007, serta prestasi-prestasi lainnya

Biaya Formulir Pendaftaran : Rp300.000,-

Akreditasi : A

No. Telp : (021) 31936464

Lokasi : Jl. Menteng Raya No.64, RT.3/RW.9, Kb. Sirih, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10340

Tips Memilih Sekolah

Mengetahui daftar SMP swasta favorit di Jakarta sudah, ada baiknya jika kamu juga mengetahui apa saja tips memilih sekolah yang tepat. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

  • Lingkungan Sekolah dan Fasilitasnya

Pastikan terlebih dahulu sekolah yang akan dituju berada di lingkungan yang aman dan bebas dari polusi, baik polusi suara dari kendaraan yang lalu lalang atau pun polusi udara dari tempat sampah. Karena, kondisi lingkungan yang nyaman juga membantu suasana belajar semakin kondusif.

  • Jarak

Jarak menjadi poin penting yang harus diperhatikan. Hal tersebut mempengaruhi kondisi anak. Jika jarak rumah dengan sekolah cukup jauh, maka anak akan lebih mudah lelah sehingga ketika belajar, konsentrasi anak jadi mudah terganggu.

  • Kurikulum Sekolah

Berikutnya adalah kurikulum sekolah. Hal ini perlu kamu perhatikan, sebab kurikulum terbaru yang digunakan sekolah, menunjang cara belajar siswa di sekolah. Tidak hanya itu, kurikulum juga menjadi tolak ukur dari sistem pembelajaran yang diterapkan di sekolah.

  • Akreditasi Sekolah

Kemudian adalah akreditasi sekolah. Poin ini merupakan poin yang sangat penting untuk kamu ketahui dan perhatikan. Karena, akreditasi sekolah meningkatkan dan menentukan peluang kamu untuk diterima di sekolah ternama atau pun di perusahaan.

  • Kondisi Ekonomi

Terakhir adalah kondisi ekonomi. Pastikan sekolah yang kamu pilih memberikan biaya yang sesuai dengan kemampuan ekonomi mu. Jangan sampai mahalnya biaya sekolah justru mempersulit kehidupan mu nantinya.

Beberapa informasi seputar SMP swasta favorit di Jakarta beserta tips-tips memilih sekolah sudah kamu ketahui. Kini saatnya kamu mempersiapkan dana untuk memenuhi biaya pendidikan.

Jika tabungan mu belum cukup jangan khawatir. Kamu bisa langsung mengajukan dana tunai dengan mudah, cepat dan terpercaya hanya di CekAja.com. Yuk, ajukan sekarang!

Tentang kami

Nadhillah Kusindriani

Nadhillah Kusindriani