Tips Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak, Orang Tua Wajib Tahu!

Tips mempersiapkan dana pendidikan anak wajib diketahui para orang tua. Apalagi, dana pendidikan selalu naik setiap tahunnya. Simak informasi lengkapnya berikut ini.

Advertisement

Pendidikan adalah hal yang sangat penting bagi anak. Selain mendapat pendidikan di rumah dari anggota keluarga, anak juga harus dibekali dengan pendidikan formal di bangku sekolah.

Namun, seiring dengan pertumbuhan jumlah penduduk, kebutuhan setiap orang akan pendidikan pun meningkat. Tak mengherankan jika dana pendidikan pun selalu naik setiap tahunnya.

Dilansir dari Kompas.com, data Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan bahwa rata-rata kenaikan biaya pendidikan di Indonesia mencapai 10 persen per tahun. Sedangkan lembaga keuangan ZAP Finance menyatakan biaya pendidikan bisa meningkat hingga 20 persen per tahun.

Ini artinya, angka kenaikan dana pendidikan anak setiap tahunnya berkisar antara 10 persen sampai 20 persen.

Maka dari itu, tips mempersiapkan dana pendidikan anak harus diketahui para orang tua. Agar kebutuhan pendidikan anak tercukupi di masa depan hingga ke jenjang yang diharapkan.

Manfaat Pendidikan bagi Anak

Kemudahan mengakses pendidikan di tanah air memang semakin meningkat. Tapi, bukan berarti kamu sebagai orang tua kemudian cuek, dan tidak peduli dengan tips mempersiapkan dana pendidikan anak.

Pendidikan memberikan beragam manfaat yang sangat baik bagi anak. Di masa pertumbuhannya, anak yang mendapat bekal pendidikan akan lebih mudah menyerap segala materi pengajaran.

Berikut beberapa manfaat pendidikan bagi anak yang sangat penting:

  • Sebagai sarana mengasah kemampuan berpikir
  • Meningkatkan kemampuan sosial anak
  • Membantu mengembangkan kemampuan dan keterampilan anak
  • Sebagai sarana yang memudahkan penggapaian cita-cita sang anak

(Baca Juga: 3 Pinjaman Pendidikan Anak Terbaik dengan Proses Cepat)

Tips Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak

Berikut ini beberapa tips mempersiapkan dana pendidikan anak yang bisa orang tua lakukan:

1. Buat Perkiraan Kenaikan Biaya Pendidikan

Tips mempersiapkan dana pendidikan anak yang pertama adalah dengan membuat perkiraan kenaikan biaya di masa mendatang. Sesuaikan dengan perkiraan angka inflasi tahunan atau angka rata-rata kenaikan biaya pendidikan.

Jika kamu ingin mempersiapkan dana pendidikan anak di masa 5 tahun lagi, maka coba hitung biaya pendidikan saat ini ditambah dengan kenaikan selama 5 tahun mendatang.

Dengan begitu, kamu akan mendapat kisaran biaya yang dibutuhkan. Sehingga kamu lebih mudah menentukan target biaya yang ingin disiapkan.

2. Survei Sekolah Incaran

Kedua, untuk mendapat perkiraan biaya pendidikan yang lebih akurat, lalukan survei sekolah yang orang tua atau anak inginkan.

Beberapa bulan sebelum masa tahun ajaran baru dimulai, hampir semua sekolah biasanya membuka kunjungan bagi publik yang ingin mengetahui segala informasi mengenai sekolah tersebut, termasuk soal biaya pendidikan yang dipatok.

Inilah waktu yang tepat bagi para orang tua untuk melakukan survei. Selain memperhatikan biaya, cari tahu juga fasilitas sekolah, kualitas lingkungan sekitar sekolah, kualitas pengajaran, serta lingkungan sosisal antar-warga (murid, guru, dan lainnya) di sekolah itu.

3. Sesuaikan Pilihan Sekolah dengan Kondisi Finansial

Setelah melakukan survei, tips mempersiapkan dana pendidikan anak selanjutnya adalah dengan menyesuaikan sekolah yang dipilih dengan anggaran yang ditargetkan.

Setiap keluarga tentu memiliki kemampuan finansial yang berbeda-beda. Hal ini menjadi hal penting untuk dilakukan penyesuaian, agar target tersebut terbilang realistis dan kamu sanggup mencapainya di masa depan.

Pilihlah sekolah dengan kualitas yang tetap baik dan harganya cocok dengan kantong terlebih dulu. Meskipun ada program beasiswa atau program pemberian keringan biaya, jangan jadikan program tersebut sebagai bantuan andalan. Karena bisa saja program itu berubah sewaktu-waktu.

4. Hitung Biaya Setiap Jenjang Pendidikan

Setiap jenjang sekolah memiliki biaya yang berbeda-beda, tergantung dengan lembaga yang menaunginya serta program-program atau fasilitas pendidikan yang ditawarkan.

Kamu juga perlu menghitung biaya dari setiap jenjang sekolah yang menjadi incaran. Mulai dari TK, SD, hingga kuliah.

Saat menghitung biaya setiap jenjang pendidikan, nantinya juga akan muncul perkiraan dana yang harus dikumpulkan dalam kurun waktu tertentu (setiap bulan, setiap tahun, dsb).

Jadi, kamu sebagai orang tua juga akan mendapat perkiraan soal jenjang karir yang harus dijaga untuk tetap mencukupi kebutuhan dana pendidikan anak.

(Baca Juga: 5 Produk Asuransi Kesehatan Cigna Khusus Untuk Keluarga)

5. Baca Minat Anak

Untuk memudahkan pemilihan sekolah yang diincar, orang tua juga patut mencoba membaca bakat dan minat sang anak.

Jika kamu ingin mempersiapkan dana pendidikan sedini mungkin dan anak belum bisa diajak berdiskusi, maka perhatikan kemampuan perkembangan anak. Mulai dari hal-hal yang disukainya, kemampuan yang sudah dikuasai maupun yang belum dikuasai, dan lain sebagainya.

Pembacaan minat anak juga bisa dilakukan melalui serangkaian tes yang bisa dilakukan di lembaga pengembangan anak atau psikolog anak. Tidak ada salahnya mencoba tips mempersiapkan dana pendidikan anak ini guna memudahkanmu memilih sekolah yang pas.

6. Diskusikan Dengan Anak

Tips mempersiapkan dana pendidikan anak ini berlaku jika anak sudah memasuki usia yang memungkinkan dirinya untuk mendiskusikan hal-hal yang berkaitan dengan pilihannya.

Coba tanyakan harapan anak soal sekolah idamannya, jurusan ilmu yang diminati, serta berikan kesempatan anak bercerita tentang hal yang disukai atau hal yang menjadi tantangan selama belajar di sekolah.

Dengan begitu, sekolah yang dipilih adalah hasil yang disepakati anak dan orang tua.

Selain itu, beri informasi dan pengertian pada anak untuk senantiasa belajar dengan baik. Ingat, proses belajar yang baik tidak melulu soal peraihan nilai yang tinggi, ya!

Sebab, anak yang paham dengan tanggungjawabnya berarti juga menghargai usaha orang tua untuk memberikan pendidikan terbaik baginya.

7. Putuskan Cara Pengumpulan Dana

Tips mempersiapkan dana pendidikan anak yang terakhir adalah memutuskan untuk memilih instrumen pengumpulan dana pendidikan terbaik versimu. Pilih asuransi pendidikan atau aset seperti tanah, properti, atau deposito?

Pastikan kamu tidak memilih tabungan, karena uang yang tidak bergerak nilainya cenderung terus menurun akibat inflasi.

Kembangkan terus harta yang kamu miliki sebagai upaya untuk mempersiapkan dana pendidikan anak. Misalnya dengan memilih asuransi pendidikan atau deposito yang memiliki bunga setiap tahunnya.

Asuransi pendidikan mungkin lebih cocok untuk kamu yang ingin menyisihkan sebagian uang setiap bulannya lewat premi yang ringan.

Sedangkan jika kamu memiliki harta dalam jumlah yang lebih besar, tidak ada salahnya untuk mengalokasikan harta pada instrumen investasi jangka panjang. Seperti tanah, properti, deposito, pemilikan saham yang potensial, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa tips mempersiapkan dana pendidikan anak yang bisa dilakukan para orang tua.

Jangan hanya memikirkan pengumpulan dana pendidikan anak, miliki juga asuransi kesehatan untuk memberikan perlindungan keluarga.

Bagaimanapun juga, kesehatan adalah aset terpenting yang mendukungmu untuk dapat tetap produktif. Pilih asuransi kesehatan terbaik dengan premi terjangkau lewat CekAja.com.

Melalui sistem canggih, kamu bisa membandingkan produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial. Proses pengajuan juga sangat mudah karena dilakukan secara online melalui gadget-mu.

Yuk, segera cek perbandingan asuransi kesehatan terbaik dan ajukan hanya lewat CekAja.com.

Advertisement