5 Ciri Asuransi Mobil All Risk Terbaik, Jangan Salah Pilih!

Memahami ciri asuransi mobil all risk terbaik memang sepatutnya dilakukan. Sehingga kamu pun tidak terkecoh dengan produk asuransi abal-abal. Dan berikut ini informasi lebih jelasnya.

Masyarakat kini kian sadar untuk memiliki asuransi dalam kehidupannya.

Bukan cuma asuransi kesehatan dan perjalanan saja, ada pula asuransi kendaraan yang saat ini mulai ramai dibeli, karena cakupan perlindungannya yang menguntungkan.

Dengan asuransi kendaraan, mobil yang sejatinya termasuk barang mewah, dapat terlindungi dari berbagai risiko kerusakan maupun pencurian.

Tak hanya diandalkan untuk meminimalisir risiko, asuransi mobil pun hadir untuk mencegah keuangan pribadi merosot, akibat dari masalah yang timbul.

Perbedaan Jenis Asuransi Mobil TLO dan All Risk

Mungkin sebagian dari kita masih asing dengan asuransi mobil, terutama jenis all risk. Tak apa, lewat pembahasan ini, CekAja bakal menuntun kamu untuk mendapatkan asuransi mobil yang bagus, dengan terlebih dulu mengenal jenisnya.

Umumnya, asuransi mobil yang paling sering digunakan ada dua, yaitu TLO dan All Risk.

TLO atau Total Loss Only adalah asuransi untuk melindungi mobil dari risiko kehilangan maupun kerusakakan, dengan biaya perbaikan sama atau lebih dari 75 persen dari harga kendaraan.

Sedangkan, asuransi All Risk atau comprehensive adalah jenis asuransi mobil yang perlindungannya diberikan secara menyeluruh dari kerusakan maupun kerugian yang dialami.

Asuransi All Risk juga melindungi kendaraan dari risiko pencurian yang bisa terjadi kapan saja.

Nantinya, kehilangan yang dialami oleh nasabah akan ditanggung oleh perusahaan asuransi sesuai dengan syarat dan ketentuan berlaku.

Karena perlindungannya yang menyeluruh itulah, harga asuransi mobil All Risk tergolong lebih mahal dibandingkan TLO. Kira-kira sekitar 3,5 persen dari harga kendaraan per tahunnya.

Kalau dihitung secara kasaran, untuk kategori mobil baru dengan harga Rp200 juta, maka nilai premi All Risk yang mesti dibayarkan oleh nasabah kurang lebih sekitar Rp3-Rp4 juta per tahun.

(Baca Juga: 3 Cara Klaim Asuransi dari Mobil yang Dicuri)

Ciri-ciri Asuransi Mobil All Risk Terbaik

Apabila kamu tertarik untuk membeli polis asuransi All Risk, maka sebaiknya ketahui dulu ciri-ciri asuransi mobil All Risk terbaik, agar tak lagi salah memilihnya. Dan berikut ini ulasannya.

1. Layanan Terdaftar OJK

Ciri asuransi mobil All Risk terbaik yang pertama tentunya ialah sudah terdaftar OJK. OJK adalah singkatan dari Otoritas Jasa Keuangan.

Lembaga ini memiliki peranan penting dalam sektor usaha yang bergerak di bidang keuangan. Fungsi utamanya adalah untuk mengawasi seluruh kegiatan dalam sektor tersebut, termasuk di dalamnya layanan asuransi.

Asuransi yang terdaftar sekaligus diawasi OJK tentu saja kualitasnya sudah terbukti aman.

Oleh karenanya, sebelum memutuskan untuk membeli polis asuransi mobil All Risk, pastikan kamu paham mengenai kredibilitasnya.

Jangan sampai, sudah membeli asuransi All Risk, ternyata kamu tertipu dan akhirnya merugi karena layanan yang diberikan tak sesuai dengan iming-iming yang dijanjikan.

2. Premi Sepadan dengan Cakupan Proteksinya

Ciri asuransi mobil All Risk terbaik yang kedua adalah preminya sepadan dengan cakupan proteksi yang diberikan.

Tak perlu cemas hanya karena premi asuransi All Risk mahal, sebab biasanya perlindungan yang diberikan jauh lebih banyak ketimbang jenis asuransi lainnya.

Namun, bukan berarti kamu tidak mempertimbangkan dulu mengenai nilai preminya. Karena sewajarnya, premi asuransi itu tidak terlampau tinggi maupun terlalu rendah.

Usahakan untuk memilih premi asuransi All Risk yang sesuai dengan bujetmu juga.

Jangan sampai hanya karena proteksinya menyeluruh dan sepadan dengan nilai premi yang diberikan, kamu justru lupa melihat kondisi keuangan sendiri.

Jadi, ada baiknya selain memperhatikan premi dan cakupan proteksi, pertimbangkan pula bujet yang dimiliki.

3. Menawarkan Pelayanan yang Maksimal

Asuransi mobil All Risk yang bagus adalah asuransi yang punya pelayanan maksimal.

Makanya, sebelum menentukan pilihan, bandingkan dulu masing-masing layanan yang diberikan oleh perusahaan asuransi tersebut.

Ciri-ciri asuransi mobil All Risk terbaik yang satu ini tidak boleh kamu anggap sepele, sebab dampaknya bakal dirasakan setelah kamu membeli polis asuransinya.

Nah, untuk tahu apakah layanan yang diberikan pihak asuransi itu bagus, kamu bisa mengecek beberapa kriteria idealnya, berikut ini:

  • Punya jaringan rekanan bengkel yang luas dan berkualitas di atas rata-rata
  • Menawarkan proses klaim yang mudah
  • Memiliki layanan customer service yang tersedia, setidaknya 24 jam penuh untuk mengatasi masalah nasabah
  • Punya nilai dana pertanggungan yang transparan untuk urusan kerusakan maupun kehilangan
  • Memberikan gratis derek dengan jangkauan pelayanan yang luas

(Baca Juga: Daftar Bengkel Rekanan Asuransi Mobil Autocillin)

4. Proses Klaim Gak Ribet

Ciri asuransi mobil All Risk terbaik yang berikutnya berhubungan dengan proses klaim.

Sejatinya, perusahaan asuransi mobil yang bagus adalah perusahaan yang menyediakan layanan klaim cepat dan enggak ribet.

Oleh karenanya, sebelum membeli polis asuransi mobil All Risk, cek terlebih dulu alur pengajuan klaim asuransi dari perusahaan tersebut.

Apabila perusahaan asuransi punya website resmi, kamu bisa mencari tahu mengenai proses klaimnya dari website itu.

Jika tak ada, jangan sungkan untuk bertanya langsung lewat layanan customer service mereka.

Setelah mengetahuinya, kamu bisa langsung menilai mana asuransi mobil All Risk yang menawarkan proses klaim cepat dan mana yang berbelit.

Jangan ragu untuk memilih asuransi yang punya proses klaim praktis. Sebab, proses klaim yang berbelit justru hanya akan membuang waktu dan energi kamu saja.

5. Terkenal dengan Reputasi Baik

Ciri asuransi mobil All Risk terbaik yang terakhir adalah menyoal reputasinya.

Pilihlah perusahaan asuransi mobil yang memang punya nama baik dengan pelayanan profesional, serta memiliki cakupan proteksi menyeluruh.

Dengan begitu, tentu kamu akan mendapatkan pelayanan yang bagus, termasuk di dalamnya cakupan perlindungan hingga proses klaimnya, meskipun premi yang ditawarkan agak mahal.

Lalu, bagaimana cara mengetahui perusahaan asuransi itu bagus? Ya tentunya dengan mengecek testimoni maupun rekam jejak bisnis mereka di internet.

Ingat, jangan hanya berpatok pada satu sumber, supaya keputusan yang diambil benar-benar sesuai dengan apa yang nantinya kamu alami.

Nah, itu dia kelima ciri asuransi mobil All Risk terbaik yang bisa kamu ikuti tatkala ingin membeli polis asuransinya.

Agar semakin memudahkan kamu menentukan pilihan, gunakan saja layanan CekAja.com.

CekAja hadir untuk membantu masyarakat menentukan produk asuransi mobil terbaik sesuai kebutuhan dan bujet mereka.

Di sini pula, nasabah dapat langsung mengajukan asuransinya secara online, sehingga proses pengajuan tentu lebih praktis dan cepat.

Perlindungan yang diberikan juga maksimal, dan pastinya dengan jaringan layanan service yang luas dan call center tersedia 24 jam penuh.

Gimana, tertarik mengajukan? Yuk langsung beli asuransi mobil CekAja.com, bebas worry diskon nambah lagi hingga 20 persen!