Cara Klaim Asuransi Mobil yang Dicuri, Lakukan Ini Segera!

Mobil dicuri, jelas bukan satu hal yang diharapkan. Tapi setidaknya akan lebih lega saat kita menyadari bahwa mobil kita telah diasuransikan, tinggal melaporkan dan cari tahu cara klaim asuransi mobil yang dicuri deh.

Saat mobil hilang dicuri, pastikan untuk mengurus klaim asuransi yang kamu miliki. Biasanya cara klaim asuransi mobil yang dicuri tidak jauh beda dengan cara klaim asuransi lainnya.

Jika kita tahu dengan benar cara mengurus klaimnya sampai klaim diterima pihak asuransi tentu kerugian yang ditanggung akibat mobil hilang dicuri tidak perlu ditanggung sendiri oleh kita. Tapi bagaimana jika klaim ditolak?

Tentu ini menjadi mimpi buruk bagi siapa saja yang memiliki asuransi mobil. Sudah kehilangan mobil, klaim asuransi pun ditolak.

Nah agar hal itu tak terjadi pada dirimu, melakukan klaim dengan prosedur yang benar juga penting untuk dilakukan. Hal lain yang perlu dipahami adalah kita mengerti jenis pertanggungan yang kita dapatkan untuk mobil.

Jangan sampai kita tak paham dengan jenis pertanggungan apa saja yang bisa diklaim dan diterima oleh mobil kita, namun kita merasa asuransi mempersuiltnya.

Berikut ini cara klaim asuransi mobil yang dicuri agar klaim kamu tak ditolak. Simak terus sampai akhir!

(Baca Juga: Asuransi Kendaraan Terbaik dengan Premi Bersahabat)

Cara Klaim Asuransi Mobil yang Dicuri

Pada dasarnya semua asuransi menjamin semua kerugian akibat pencurian baik dengan kekerasan maupun tidak. Tapi ketentuan yang berlaku pada polis terkait pencurian ini bisa berbeda-beda tiap perusahaan asuransi.

Jenis asuransi yang dipilih juga mempengaruhi bagaimana perlindungan terhadap mobil kita. Maka dari itu kita harus paham cakupan perlindungan yang dimiliki polis asuransi kita.

Selain itu kita juga harus tahu apa saja yang bisa menggugurkan jaminan pada mobil. 

Saat mobil kita hilang dicuri orang ada baiknya kita tahu dengan benar cara klaim asuransi mobil yang dicuri seperti di bawah ini:

1. Segera Hubungi Perusahaan Asuransi

Begitu kita tahu bahwa mobil kita hilang dicuri langsung segera hubungi perusahaan asuransi. Pemberitahuan atau laporan ini bisa melalui telepon, email maupun datang langsung ke kantor perusahaan asuransi jika memang dekat denganmu berada.

Biasanya dengan datang langsung akan lebih memudahkan kita bertemu agen yang nantinya akan membantu mengurus klaimnya. Setiap asuransi juga memiliki aturan tentang pelaporan mengenai mobil yang hilang.

Ada yang menentukan maksimal 72 jam setelah kejadian tapi ada juga yang maksimal 5 hari setelah kejadian. Jadi jangan lupakan tentang aturan pelaporan ini agar kita tidak terlewat batas waktu pelaporannya.

2. Buat Berita Acara Kehilangan Di Kantor Polisi

Melapor ke perusahaan asuransi juga harus dibarengi dengan lapor ke kantor polisi. Karena batas waktu untuk melapor dan membuat berita acara kehilangan maksimal 1×24 jam selepas kejadian.

Setelah itu polisi akan melakukan blokir terhadap semua dokumen kendaraan yang hilang itu. Ini memiliki tujuan agar dokumen-dokumen itu tidak disalahgunakan oleh orang lain.

Saat membuat berita acara kehilangan biasanya kita akan dimintai dua orang saksi. Setelah itu baru polisi akan mengeluarkan surat tersebut.

Laporan kemajuan juga nantinya akan dibuat oleh pihak kepolisian.

3. Mengurus Surat Resmi Dari Kepala Direktorat Reserse

Selanjutnya kita harus mengurus surat resmi ini untuk syarat pengajuan klaim asuransi mobilnya. Nah untuk membuatnya kita harus persiapkan syaratnya sebagai berikut:

  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi BPKB
  • Fotokopi polis asuransi
  • Fotokopi faktur pembelian mobil
  • Fotokopi tanda laporan dari kepolisian
  • Fotokopi dokumen tempat kejadian perkara
  • Surat pengantar asli pihak asuransi
  • Surat asli daftar pencarian barang

Setelah syarat-syarat ini terpenuhi maka kita bisa mendapatkan surat resmi dari Kepala Direktorat Reserse yang akan kita gunakan untuk pengajuan klaim asuransi.

4. Mengajukan Klaim Asuransi Mobil

Setelah semua langkah-langkah diatas sudah dilakukan maka langkah cara klaim asuransi mobil yang dicuri selanjutnya adalah mengajukannya ke pihak perusahaan asuransi. Asuransi sendiri juga meminta beberapa syarat dokumen yang harus dipenuhi seperti:

  • Polis asli yang kita miliki
  • Dokumen asli STNK, BPKB dan faktur pembelian mobil
  • Kunci mobil asli dan cadangannya
  • Fotokopi KTP tertanggung
  • Fotokopi SIM
  • Kuitansi bermaterai 3 lembar
  • Berkas dari kepolisian seperti surat BAP, surat Kepala Direktorat Reserse dan surat tanda pemblokiran dari Polda

Biasanya asuransi membutuhkan waktu 3 bulan untuk proses klaim sejak kejadian. Ini dikarenakan pihak asuransi memberikan kesempatan selama 60 hari untuk mengusut kasus pencurian mobil ini dulu.

(Baca Juga: Pilihan Asuransi Untuk Mobil Barumu)

Jika prosesnya selesai dan klaim disetujui maka penggantian ini paling tidak 30 hari sejak tanggal disetujui. Perlu diingat juga penggantian mobil yang hilang tergantung bagaimana jaminan yang dimiliki mobil tersebut.

Biasanya asuransi tidak membayar 100% kerugian. Apalagi logikanya nilai mobil terus menurun 10-25% tiap tahunnya.

Tapi ada juga asuransi yang memberikan perlindungan tambahan harga mobil. Tambahan perlindungan ini nantinya akan membayar ganti rugi 100% untuk mobil yang hilang. Tapi tentu saja preminya bertambah juga.

Dengan mengerti cara klaim asuransi mobil yang hilang dengan benar tentu kita berharap klaimnya tidak akan ditolak. Tapi jika itu ditolak ada baiknya cek ulang semua syarat-syaratnya.

Jika syarat tersebut sudah benar mungkin ada hal yang menggugurkan jaminan itu. Jadi pahami dulu aturan-aturan mengenai klaim asuransi mobil yang hilang dicuri agar kita tidak akan merugi.

Jika kita sudah mengikuti prosedur cara klaim asuransi mobil yang dicuri dengan benar maka pihak asuransi yang bagus biasanya akan memberikan klaimnya.

Nah, pastikan kita melengkapi mobil kita dengan asuransi yang terbaik dan lengkap ya. Karena kita tak tahu kan apa yang akan terjadi pada mobil kita kelak.

Setidaknya jika ada asuransi, maka kondisi keuangan kita akan lebih stabil jika terjadi sesuatu yang buruk. Jadi inilah saatnya memilih asuransi yang terbaik.

Pilihlah perusahaan asuransi yang sudah terjamin kualitasnya dan memang memiliki konsumen yang puas dengan jasa yang mereka berikan. Tentu saja, testimonial ini penting untuk kita lihat saat memilih asuransi.

Selain itu kita bisa memanfaatkan laman CekAja.com, karena disana kita bisa melihat, memilih, dan membandingkan beragam asuransi kendaraan yang ada, agar kita tak salah memilih asuransi kendaraan.

Yuk, tunggu apa lagi nih. Pastikan asuransi kendaraan terbaik dimiliki oleh mobilmu.