10 Ide Kerja Sampingan untuk Mahasiswa, Cuannya Bikin Ngiler

Deretan ide kerja sampingan untuk mahasiswa berikut, boleh jadi kamu coba untuk menambah uang jajan. Dan ini dia beberapa ide kerja sampingannya yang sudah CekAja rangkum khusus buat kamu.

Memasuki tingkat akhir dengan jadwal kuliah yang enggak terlalu padat, tentu saja harus dimanfaatkan sebaik mungkin.

Di masa tersebut, kamu bisa lho mencoba berbagai kerja sampingan, yang pastinya bisa menambah uang bulananmu. Sehingga, kamu enggak hanya bergantung dari uang yang diberikan oleh orang tua saja.

Malahan nih, dari pendapatan yang diterima selama kerja sampingan, bisa kamu gunakan untuk kebutuhan sehari-hari atau bahkan membayar sisa uang kuliah. Gimana, tertarik?

(Baca Juga: 8 Manfaat Ikut Program Management Trainee)

Deretan Ide Kerja Sampingan untuk Mahasiswa

Banyak kok ide kerja sampingan untuk mahasiswa yang bisa kamu coba. Malah, beberapa diantaranya juga sekarang ini paling sering digeluti.

Mau tahu apa sajakah itu? Cek ulasannya di bawah ini ya.

1. Penulis Lepas

Ide kerja sampingan untuk mahasiswa yang pertama adalah dengan menjadi penulis lepas. Pekerjaan ini memang paling banyak dicari oleh suatu perusahaan atau agensi.

Tak perlu modal yang besar, kamu hanya memerlukan laptop dan jaringan internet yang kencang, untuk bisa menggeluti bidang penulis lepas atau biasa disebut freelance writer.

Meski begitu, menjadi seorang penulis lepas pun enggak bisa asal. Kamu mesti paham dulu mengenai kaidah penulisan.

Lebih bagus lagi jika kamu dapat menyesuaikan tulisanmu dengan aturan SEO. Sebab di zaman sekarang, banyak perusahaan yang mencari SEO Content Writer untuk bisnis yang dijalani.

Semakin handal kamu dalam dunia SEO, maka semakin besar pula pendapatan yang didapat.

Umumnya sih, untuk satu artikel dengan penulisan di atas 600 kata dan mengikuti aturan SEO, bisa digaji sebesar Rp30-Rp100 ribu.

2. Guru Les

Siapa yang hobinya mengajar anak-anak? Nah, mungkin ide kerja sampingan untuk mahasiswa yang satu ini bisa dicoba.

Selain meningkatkan skill komunikasimu, menjadi guru les tentu saja akan membantu kamu kembali mengingat tentang pelajaran umum di masa sekolah, yang tentunya akan berguna pula ketika kamu mengikuti psikotest kerja.

Kamu bisa menawarkan jasa sebagai guru les di kalangan anak SD, SMP, ataupun SMA. Tawarkan dengan harga yang terjangkau, namun rutin dilakukan misalnya dalam seminggu ada tiga kali pertemuan.

3. Asisten Dosen

Selain menjadi penulis lepas dan guru les, ada pula kerja sampingan yang bisa dibilang bakal dipandang ‘keren’ oleh lingkungan kampus. Apalagi kalau bukan menjadi asisten dosen.

Ide kerja sampingan untuk mahasiswa yang satu ini, tentu saja memberikan banyak manfaat baik untuk kamu. Sebab, enggak semua mahasiswa bisa menjadi seorang asisten dosen.

Ada syarat dan kualifikasinya tersendiri, seperti memiliki prestasi akademik serta etos kerja yang baik.

Setiap kali mengajar, asisten dosen biasa digaji sebesar Rp80 hingga Rp100 ribu. Tidak seberapa memang, namun kalau ditabung atau untuk uang makan sehari-hari masih lumayan lho.

(Baca Juga: 7 Daftar Waralaba Modal Rp1 Juta)

4. Barista

Ide kerja sampingan untuk mahasiswa, yakni menjadi seorang barista memang tengah ngetren.

Hal ini juga dikarenakan kepopuleran coffee shop di kalangan anak muda, dengan menu utama kopi susu gula aren.

Nah, untuk menjadi seorang barista, setidaknya kamu mesti paham dulu mengenai dunia coffee brewing.

Kalaupun sudah mengerti, kamu bisa langsung apply lamaran di coffee shop yang memang tengah membutuhkan seorang barista dengan sistem part time, agar tidak mengganggu waktu kuliah kamu.

5. Waiter

Ide kerja sampingan untuk mahasiswa yang berikutnya adalah dengan menjadi seorang waiter. Sistem kerjanya sendiri hampir serupa dengan barista, terutama jika kamu mencoba apply di coffee shop.

Menjadi seorang waiter sendiri, berarti kamu harus selalu bisa tersenyum dan melayani konsumen dengan sepenuh hati. Makanya, untuk menekuni profesi ini bisa dibilang susah susah gampang.

Namun, jika kamu memang suka bertemu orang baru dan melayani mereka, enggak ada salahnya kok untuk mencoba peruntunganmu di bidang tersebut.

6. Fotografer

Hobi fotografi dan punya kamera? Cobain deh kerja sampingan yang satu ini, yaitu menjadi seorang fotografer.

Fotografer sendiri biasa dibutuhkan saat ada perayaan khusus di kampus seperti wisuda, seminar, ataupun acara konser yang diadakan oleh UKM tertentu.

Selain menawarkan jasa foto, dengan kamera yang dimiliki, tentu kamu juga dapat memberikan layanan videografi di momen penting klienmu.

Dari pekerjaan sampingan ini, kamu dapat meraup untung yang cukup besar.

Bayangkan saja, jika dalam satu kali tawaran kamu mematok harga Rp200 ribu untuk foto dan Rp350 ribu untuk video, dan dalam satu bulannya mungkin saja pendapatan yang diterima sekitar Rp1,6 juta ke atas, bukan?

7. Bisnis Online

Ide kerja sampingan yang ketujuh adalah dengan menjadi pebisnis online.

Kalau kamu pecinta dunia fesyen, maka enggak ada salahnya untuk memulai bisnis tersebut secara kecil-kecilan.

Kamu dapat memasarkan barangmu, mulai dari pakaian, aksesoris, hingga tas dan sepatu, melalui sosial media seperti Instagram.

Tak hanya itu saja, agar memudahkan konsumen untuk membelinya, terutama yang berasal dari luar kota, kamu pun bisa menambahkan akun online shop mu di marketplace seperti Tokopedia maupun Shopee.

Jika modalnya belum ada, mungkin kamu bisa terlebih dulu menjadi seorang dropshipper. Dropshipper adalah suatu bisnis online, di mana kamu enggak perlu menyetok barang.

Artinya, ketika mendapatkan orderan, barulah kamu meneruskan orderannya ke pemasok atau supplier yang menjual barang tersebut.

8. YouTuber

Ide kerja sampingan untuk mahasiswa yang lainnya adalah dengan menjadi seorang YouTuber atau content creator.

Namun, untuk menjalani bidang tersebut butuh kesabaran, mengingat persaingannya yang super ketat. Kamu juga harus memiliki keahlian khusus, terutama dalam mengolah konten yang akan dibuat.

Jika berhasil, tentu kamu akan menerima pendapatan yang besar dari YouTube. Bahkan mungkin hingga puluhan juta untuk satu kali upload video.

9. MUA

Di zaman sekarang, menjadi seorang makeup artis alias MUA juga sangat dibutuhkan.

Ide kerja sampingan untuk mahasiswa yang satu ini, cocok untuk digeluti jika memang tertarik dengan dunia kecantikan.

Kamu bisa menawarkan jasa MUA ini ke lingkungan kampusmu. Paling tepatnya sih saat musim wisuda tiba.

Di mana, biasanya calon wisudawan akan mencari seorang MUA yang bagus dengan harga yang terjangkau.

10. Jasa Desain Grafis

Ide kerja sampingan untuk mahasiswa yang terakhir adalah dengan menawarkan jasa desain grafis.

Seperti halnya penulis lepas, pekerjaan ini juga termasuk yang paling banyak dibutuhkan, bukan hanya di kalangan perusahaan, namun juga agensi hingga di sesama kalangan kampus.

Ide kerja sampingan ini berlaku untuk mahasiswa dari jurusan serupa, atau mungkin kamu yang memiliki keahlian dalam bidang desain grafis. Pekerjaan utamanya ialah membuat logo, brosur, dan lainnya.

Nah, itu dia sederet ide kerja sampingan untuk mahasiswa yang cocok buat kamu geluti.

Apabila tertarik diantara salah satunya seperti menjadi seorang desain grafis, maka satu-satunya yang dibutuhkan ialah laptop.

Jika laptop yang dimiliki belum menunjang, cobalah alternatif lain yakni dengan mengajukan kredit laptop. Kredit laptop ini bisa kamu dapat melalui layanan JULO.

Limit pinjaman yang disediakan JULO cukup besar, bahkan hingga Rp8 juta dengan masa tenor yang panjang.

Layanan JULO sendiri bisa kamu coba melalui CekAja.com. Selain JULO pun, CekAja memiliki beberapa pilihan pinjaman online dari mitra terbaik, di mana kamu dapat membandingkannya terlebih dulu.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, segera cek ketersediaan produk JULO di CekAja.com, dan ajukan kapanpun saat kamu membutuhkannya.