7 Daftar Waralaba Modal Rp1 Juta, Modal Kecil Untung Besar!

Bisnis waralaba tidak selalu indektik dengan modal yang besar, dengan merk yang besar pula. Sebagai pemula, di sini kamu bisa mulai bisnis dengan melihat daftar waralaba modal Rp1 juta ini!

Bisnis waralaba atau franchise, memang menjadi pilihan yang tepat untuk para pebisnis pemula. Sebab, franchise sudah memiliki model bisnis dengan panduan yang jelas, dari bisnis yang sudah ada.

(Baca Juga: Pinjaman Dana Untuk Bisnis Franchise)

Sebelum melihat apa saja daftar waralaba modal 1 juta, mari pahami dulu penjelasan mengenai bisnis waralaba dan keuntungannya.

Pahami Bisnis Waralaba

Franchise merupakan sebuah bentuk strategi usaha yang bertujuan untuk memperlebar jangkauan usaha dalam meningkatkan pangsa pasar dan penjualan.

Franchise merupakan sebuah perkawinan bisnis dari yang sudah ada (franchisor) dengan pendatang baru di dunia bisnis (franchisee).

Franchise menjadi sebuah metode membuka bisnis dengan nama, merek dagang hingga produk dan bahan dari bisnis yang sudah ada.

Pihak yang mengajukan waralaba (franchisee) akan membayar biaya awal dan royalti kepada pemilik merk (franchisor) untuk menggunakan merek dagang, logo, sistem bisnis waralaba serta hak untuk menjual produk dari pemilik utama bisnis tersebut.

Bisnis waralaba juga tidak selalu mahal dan langsung memakai merk-merk besar, kamu bisa mulai dengan modal di kisaran Rp1 juta rupiah saja!

Selain modal yang cenderung ringan, membangun bisnis franchise juga membutuhkan proses yang jauh lebih cepat dibanding membuka bisnis perseorangan.

Hal ini dikarenakan franchise sudah memiliki model bisnis dengan panduan yang jelas. Kamu tidak perlu repot lagi membuat menu atau memikirkan model bisnis dari awal.

Selain itu, merk franchise sudah memiliki reputasi yang dikenal masyarakat. Dengan demikian, kamu tak perlu repot-repot membangun brand dari nol. Cukup mudah, bukan?

Keuntungan Bisnis Waralaba

Nah, dengan kemudahan metode bisnis franchise ini tentu kamu akan merasakan banyak keuntungan, beberapa keuntungan diantaranya yaitu:

  • Bisa memulai bisnis dengan cepat
  • Lebih menghemat waktu
  • Sudah memiliki Standard Operating Procedure (SOP) yang telah ditetapkan franchisor
  • Sudah memiliki merek
  • Mengeluarkan lebih sedikit modal, apabila dibandingkan dengan pengalaman, waktu dan biaya franchisor dalam mengembangkan usahanya
  • Biasanya promosi sudah dilakukan oleh franchisor
  • Penentuan lokasi dilakukan atas dasar ilmu dan pengalaman franchisor
  • Birokrasi serta perizinan sudah selesai dilakukan
  • Memiliki manajemen yang solid
  • Memiliki dan menyediakan pelatihan SDM
  • Kemungkinan resiko yang terjadi tidak terlalu besar
  • Pihak franchisor memiliki ilmu dan pengetahuan yang akan dibagi kepada calon franchisee
  • Keamanan bisnis terjamin
  • Relasi bisnis menjadi lebih luas

Daftar Waralaba Modal Rp1 Juta

Berikut CekAja merangkum beberapa daftar waralaba modal Rp1 juta yang sangat menguntungkan dan bisa kamu pilih.

Ketimbang kamu harus membangun bisnis dari awal dengan proses yang panjang, kamu dapat mencoba berlatih bisnis kecil-kecilan terlebih dahulu dengan menjadi mitra bisnis waralaba.

1. K-Drink

Korean Drink merupakan anak usaha minuman manis dan segar dari SamWon Group, mereka meluncurkan waralaba virtual dengan modal bergabung (join fee) Rp1 juta.

Samwon Group akan memberi dukungan bahan baku, pelatihan menu, marketing, desain grafis, foto dan video produk.

Biaya join fee atau uang pendaftaran Rp 1 juta dan biaya member sebesar Rp100.000 per bulan. Mitra tidak dipungut royalty fee atau biaya waralaba.

2. Yago Ayam Geprek Kimchi

Yago ayam geprek kimchi merupakan bagian dari Samwon Group yang sudah berpengalaman di bisnis kuliner sejak 2010 dan termasuk ke dalam daftar waralaba modal Rp1 juta.

Yago memadukan konsep ayam geprek khas Indonesia dengan cita rasa Korea dengan menggunakan kimchi khas Korea sebagai toppingnya.

Samwon Group membantu perorangan/pengusaha mikro untuk dapat memiliki usaha sendiri di bidang kuliner dengan modal yang sangat terjangkau.

Samwon Group juga mensupport untuk pengadaan bahan baku, panduan pengolahan dan penyajian menu, serta materi promosi untuk pemasaran.

Dengan modal minim, kamu bisa menjadi mitra franchise Virtual Waralaba Samwon Group, serta menjadi bagian dari jaringan bisnis yang luar biasa. Yuk Coba!

3. Shizuka Takoyaki

Daftar waralaba modal Rp1 juta selanjutnya, makanan ringan asal Kansai, Jepang ini merupakan bola-bola kecil yang dibuat dari adonan tepung yang berisi gurita.

Banyak orang menyukai jajanan Jepang satu ini karena rasanya yang gurih dan tekstur-nya lembut.

Jika kamu tertarik untuk membuka bisnis waralaba takoyaki, maka kamu bisa memilih Shizuka Takoyaki sebagai mitra usahamu.

Dengan modal Rp2,2 juta rupiah, kamu akan mendapat peralatan dagang lengkap sesuai SOP mereka.

  • Booth portable
  • X-banner
  • Kompor gas satu tungku, regulator, dan selang gas
  • Pan takoyaki dan gelas ukur
  • 2 botol adonan, 6 botol topping dan mayonnaise
  • Alat masak utama lainnya

4. Cappucino Cincau Tempoe Doeloe

Cappucino Cincau, jenis minuman yang sempat viral dan menjamur termasuk ke daftar waralaba modal Rp1 juta.

Perpaduan antara kopi cappucino dengan cincau khas Indonesia menghasilkan rasa yang enak dan unik.

Untuk penjualannya satu cup cappucino cincau dijual seharga Rp5.000 rupiah dengan harga dasar yang ditetapkan adalah Rp2.600 rupiah.

Kamu bisa memilih paket penjualan cup per-harinya berkisar antara 50 cup hingga 150 cup tergantung dari kemampuan serta analisa beli yang ada di sekitar lokasi penjualan kamu.

5. Roti Bakar Nusantara

Varian roti bakar menjadi kuliner klasik favorit masyarakat sejak dulu, dan jenis usaha ini termasuk ke dalam daftar waralaba modal Rp1 juta.

Salah satu bisnis waralaba roti bakar dengan rasa yang nikmat dan harga yang terjangkau adalah Roti Bakar Nusantara.

Roti Bakar Nusantara yang berlokasi di Yogyakarta ini kini sudah memiliki lebih dari 40 cabang di Indonesia.

Jadi, masalah rasa tak perlu diragukan lagi. Roti Bakar Nusantara menawarkan paket usaha mulai dari kisaran Rp1 Juta- Rp5 juta-an.

Dengan sistem lepas, maka kamu tidak dikenakan franchise fee. Kamu juga bisa berkonsultasi dan belajar mengenai strategi pemasaran sampai akhirnya mulai berjualan.

6. Kingkong Sosis Bakar

Kingkong sosis bakar menjadi salah satu dari daftar waralaba modal Rp1 juta karena berkonsep ala street food sehingga tidak membutuhkan modal terlalu besar.

Sosis menjadi usaha waralaba yang cukup banyak peminatnya karena dari anak-anak hingga dewasa menyukai jenis makanan olahan daging sapi atau ayam ini.

7. Pentol Planet

Jajanan pinggir jalan seperti pentol kini justru semakin digemari masyarakat dan termasuk ke daftar waralaba modal Rp1 juta saja.

Bola tepung dicampur dengan daging ini gurih dan sangat terjangkau, membuat pembeli ingin terus membeli. Pentol sendiri ternyata sudah populer sejak belasan tahun lalu, lho.

(Baca Juga: Mendulang Untung Lewat Waralaba)

Pentol Planet pun membaca ketertarikan pasar akan menu jajanan pentol dan mulai menjajakan-nya sejak tahun 2007 di Trenggalek, Jawa Timur.

Pentol Planet kini sudah tersebar di sejumlah daerah seperti Bekasi, Yogyakarta, Bali, Samarinda, Palangkaraya, hingga Balikpapan.

Jika kamu berminat untuk menjadi mitra dengan bisnis waralaba ini maka ada beberapa paket kemitraan yang dapat kamu pilih. Salah satunya paket Rp1.5 juta rupiah dengan fasilitas bahan baku, video pelatihan, dan branding.

Berdasarkan perhitungan, dibutuhkan waktu kurang dari 3 bulan saja untuk balik modal dengan catatan omzet Rp1 juta rupiah per hari. Setelah dikurangi biaya bahan baku dan yang lain, keuntungan bersih 30% dari omzet.

Nah, itu dia beberapa daftar waralaba modal Rp1 juta, pastikan kamu memilih bisnis franchise yang sesuai dengan passion dan keahlian kamu ya.

Jika kamu sudah memilih bisnis franchise apa yang akan kamu mulai, dan di pertengahan jalan ingin melebarkan sayap bisnis ke skala yang lebih besar namun dana yang dimiliki untuk modal belum mencukupi, jangan khawatir.

Kamu bisa mengajukan dana tunai atau pinjaman online, yang aman dengan mudah dan cepat di CekAja.com. Yuk, ajukan sekarang sebagai solusi bisnis terbaik!