8 Manfaat Ikut Program Management Trainee bagi Fresh Graduate

Jika ditanya mengenai manfaat ikut program Management Trainee, apa yang akan kamu jawab? Jenjang karir yang pasti? Benar sih, cuma manfaat program MT ini enggak hanya itu saja kok, dan berikut ini ulasannya.

Sekilas Tentang Program Management Trainee

Program Management Trainee pasti sudah enggak asing lagi, terutama di kalangan fresh graduate. Program ini biasa dibuka oleh suatu perusahaan, baik yang berskala nasional maupun internasional.

Dari program kerja inilah, seseorang bisa mendapatkan jenjang karir yang pasti, bahkan memungkinkan untuk dipromosikan pada level manajemen secara cepat.

Nah, istilah Management Trainee sendiri mengacu pada sebuah pelatihan kerja, yang diselenggarakan oleh suatu perusahaan guna mendapatkan karyawan yang kompeten serta loyal.

Lewat program Management Trainee atau singkatnya MT, kamu bakal dibimbing mengenai bagaimana pola kerja di perusahaan tersebut, sekaligus mempelajari masing-masing divisi yang sekiranya sesuai dengan keahlian kamu.

Meski menawarkan banyak manfaat, namun seperti pada umumnya program pelatihan, prosedur Management Trainee pun memakan waktu yang cukup lama dengan kontrak kerja yang juga mengikat.

Sehingga, sebelum kamu memutuskan untuk mengikuti Management Trainee, sebaiknya pertimbangkan dulu secara matang mengenai program tersebut.

Dan jika tertarik untuk menjalani program MT, mau tak mau kamu harus bisa mengasah kemampuanmu dengan baik agar dapat dipromosikan ke level manajemen dalam kurun waktu singkat.

(Baca Juga: 3 Jenis Kompensasi Karyawan Perusahaan)

Manfaat Ikut Program Management Trainee

Prosedurnya memang terbilang cukup lama, namun enggak sedikit kok dari para fresh graduate yang masih tertarik untuk mencoba peruntungannya lewat Management Trainee.

Memang, apa sih sebenarnya manfaat ikut program Management Trainee ini?

1. Mengasah skill komunikasi

Manfaat ikut program management trainee yang pertama adalah kemampuan komunikasi kamu bisa dipastikan akan jauh lebih baik, terutama dari segi verbal maupun nonverbal.

Sebab, dalam dunia kerja, bisa dibilang skill komunikasi memegang peranan penting, terlebih jika kamu dihadapkan pada pekerjaan yang menuntutmu untuk bertemu orang baru.

Lewat program ini, masing-masing individu akan diajarkan caranya berkomunikasi dengan rekan kerja, hingga cara berdiskusi yang tepat ketika bertemu klien.

2. Menambah relasi

Selain mengasah kemampuan komunikasi, manfaat ikut program Management Trainee lainnya yang tentu akan kamu dapatkan adalah jaringan relasi yang lebih luas.

Hal ini biasa terjadi, ketika perusahaan meminta masing-masing peserta MT untuk bertukar posisi dan memahami dinamika kerja di suatu divisi.

Dengan aturan tersebut, tentu saja tiap peserta program MT jadi lebih mengenal keseluruhan karyawan yang ada pada perusahaan.

Bukan hanya itu saja, adanya peraturan perpindahan divisi pastinya akan memudahkan kamu untuk belajar dari orang lain mengenai jobdesk dari tiap divisi yang berbeda.

3. Gaji dan tunjangan yang memadai

Siapa bilang peserta MT hanya akan mendapat pelatihan terus-menerus? Mereka justru juga digaji lho oleh perusahaan.

Bahkan beberapa perusahaan tak segan untuk memberikan tunjangan yang memadai bagi peserta Management Trainee, yang mendapat penugasan di luar kota dalam kurun waktu beberapa bulan.

Bayangkan saja, jika selama pelatihan kamu sudah mendapat gaji sekitar Rp5 juta, maka setelah dikalkulasikan dengan tunjangan, bisa jadi pendapatan yang kamu terima cukup besar.

Belum lagi nih, kalau misalnya kamu berhasil menyelesaikan program MT tersebut. Dijamin deh, gaji dan tunjangan yang kamu terima benar-benar sepadan dengan apa yang sudah kamu lalui selama ini.

4. Melatih kemampuan bersaing

Manfaat ikut program Management Trainee yang berikutnya bagi fresh graduate adalah kemampuan bersaing akan jauh lebih meningkat.

Selama pelatihan, biasanya tiap individu akan dibekali dengan materi kerja yang sama, alhasil persaingan di masa pelatihan pun tentunya tak bisa dihindarkan.

Hal tersebut jangan dinilai sebagai sesuatu yang negatif ya. Sebab, kemampuan bersaing dalam dunia kerja juga memang dibutuhkan untuk tiap individu.

Karena dengan begitu, tiap orang bisa memahami jangkauan kemampuan yang ia miliki, guna mencapai posisi tinggi dalam perusahaan.

Oiya satu lagi, selama bersaing secara positif, maka tak ada salahnya untuk terus mengembangkan keahlian di bidang yang sesuai minat.

5. Jenjang karir yang pasti

Manfaat ikut program Management Trainee yang satu ini sih memang paling dicari.

Adanya program MT bisa dibilang akan memudahkan para peserta untuk meraih jenjang karir yang diinginkan.

Tapi tidak serta merta instan ya. Pasalnya, kamu harus mampu lolos dulu dari program tersebut, untuk mendapatkan posisi yang diinginkan.

Misalnya seperti menjadi asisten manajer, atau bahkan menjadi manajer sekalipun.

(Baca Juga: 7 Tips agar Tidak Tertipu Lowongan Kerja Palsu)

6. Bisa bekerja sesuai minat

Berikutnya yang menjadi manfaat ikut program Management Trainee adalah kamu dapat bekerja sesuai dengan bidang yang diminati.

Namun, hal tersebut umumnya kembali lagi pada sistem yang diberlakukan oleh perusahaan.

Jika perusahaan menggunakan sistem generalisasi, maka seluruh peserta program MT akan disuguhkan dengan materi standar dari berbagai jenis divisi pekerjaan.

Artinya, kamu dan peserta yang lain berkesempatan untuk mencoba berbagai divisi, mulai dari marketing hingga finance.

Dari hal itu, nantinya supervisor lah yang bisa menilai kira-kira mana bidang pekerjaan yang paling tepat dengan kemampuanmu.

7. Paham akan dunia manajemen bisnis

Manfaat ikut program Management Trainee yang lainnya adalah kamu jadi paham tentang dunia manajemen dalam berbisnis.

Beberapa sumber juga mengatakan bahwa, adanya program MT ini, tiap peserta akan langsung dilatih oleh kalangan manajamen profesional.

Sehingga, kenaikan jabatan di masa mendatang tentu lebih mudah, karena ilmu dasar yang sudah didapat sebelumnya.

Tidak hanya itu saja, dari mengikuti program Management Trainee ini, kamu pun dapat mengerti bagaimana arus kerja di tiap divisi pada perusahaan tersebut dan cara mengaturnya.

8. Melatih skill kepemimpinan

Terakhir, yang menjadi manfaat ikut program Management Trainee adalah skill kepemimpinan dijamin akan lebih terasah.

Jadi, setelah menjalani program MT, tiap peserta pelatihan tidak hanya diajarkan mengenai tugas yang harus mereka kerjakan saja, namun juga keahlian dasar, salah satunya seperti skill kepemimpinan.

Skill ini akan didapat guna memudahkan kamu mengatur bawahan ketika nantinya ditawari posisi tinggi seperti menjadi seorang manajer divisi.

Nah, itu dia delapan manfaat ikut program Management Trainee bagi fresh graduate. Meski menguntungkan, namun untuk bisa lolos ke program MT sendiri cukup sulit.

Jadi, jangan heran jika yang mendaftar untuk program Management Trainee sangat banyak tetapi yang diterima sedikit.

Kalau kamu adalah salah satu yang pernah ditolak perusahaan dalam program MT, tak apa. Mungkin memang itu bukan jalanmu.

Kamu bisa kok mencoba peruntungan lainnya misalkan dengan menjadi pebisnis.

Meski harus mengeluarkan modal dulu, namun jika sukses makan hasilnya tentu akan sepadan dengan apa yang kamu lalui.

Ngomong-ngomong soal modal, kamu bisa lho mendapat tambahan modal usaha dari CekAja.com.

CekAja punya beberapa produk KTA dari mitra bank terpercaya untuk memudahkan kamu membangun bisnis. Sistem cicilannya juga termasuk yang ringan dan dengan bunga rendah.

Yuk, langsung kepoin produknya melalui tabel di bawah ini, atau bandingkan dulu biar makin yakin untuk mengajukan.