Jenis Kompensasi Karyawan Perusahaan yang Mampu Tingkatkan Semangat Kerja

Selain gaji, ternyata ada juga jenis kompensasi karyawan perusahaan yang biasa diterima sebagai sebuah penghargaan. Biasanya berbentuk uang atau pun penghargaan lain yang tak kalah bernilai.

Ada perasaan senang jika kita sebagai karyawan memperolah penghargaan dari perusahaan, baik itu penghargaan dalam bentuk finansial atau pun non finansial. Ini menunjukkan bahwa perusahaan menghargai kinerja kita.

Jenis kompensasi karyawan perusahaan pun biasanya berbeda antara satu perusahaan dengan perusahaan lain, menyesuaikan kebiasaan.

Apa saja sih jenis kompensasi karyawan perusahaan? Cek di sini ya!

Setiap perusahaan pasti selalu akan menawarkan kompensasi untuk para karyawan yang bekerja di perusahaan mereka. Kompensasi ini pada dasarnya diberikan untuk mengapresiasi kontribusi karyawan yang berbentuk waktu, tenaga, keahlian dan pikiran.

Kompensasi juga bukan hanya berupa gaji saja ternyata. Misalnya saja saat sebuah perusahaan sedang membuka lowongan pekerjaan, biasanya HRD akan menawarkan beberapa kompensasi yang menarik agar pencari kerja melamar di perusahaan tersebut.

Memangnya apa saja sih jenis kompensasi karyawan perusahaan itu? Tentu ada banyak. Termasuk layanan tunjangan kesehatan, parkir gratis, lingkungan kerja nyaman atau keanggotaan gym.

Kompensasi yang seperti ini yang membuat pencari kerja tertarik melamarnya. Jadi bukan hanya tentang gaji saja, tapi layanan atau fasilitas yang bisa didapatkan saat bekerja di perusahaan itu juga menjadi pertimbangan.

Untuk lebih jelasnya yuk kita cari tahu apa saja jenis kompensasi karyawan perusahaan itu. Baca sampai akhir ya!

(Baca Juga: Lakukan Ini Saat Terima Uang Salah Transfer Agar Tak Dipenjara)

Jenis Kompensasi Karyawan Perusahaan

Jenis kompensasi karyawan perusahaan perlu kita tahu sebelum kita akan bekerja di perusahaan itu. Kenapa? Karena ini akan menentukan apakah pekerjaannya sepadan dengan apa yang akan kita dapatkan.

Jadi jenis kompensasi karyawan perusahaan itu antara lain bisa dibedakan menjadi 3 yaitu:

1. Kompensasi Finansial Langsung

Jenis kompensasi karyawan perusahaan yang pertama adalah kompensasi finansial langsung. Kompensasi ini meliputi segala imbalan pekerjaan yang berbentuk uang.

Baik itu berupa gaji, insentif, tunjangan, bonus akhir tahun, THR, komisi, opsi saham, pembagian laba perusahaan dan pembayaran prestasi. Jadi semua imbalan berbentuk uang yang bisa menambah penghasilan bruto tahunan serta sudah bisa dikenakan PPh disebut dengan kompensasi finansial langsung.

Dikatakan kompensasi finansial langsung karena jenis kompensasi karyawan perusahaan ini langsung ditransfer ke rekening karyawan dalam pembayarannya dalam bentuk uang, bukan barang atau fasilitas. 

2. Kompensasi Finansial Tidak Langsung

Jenis kompensasi karyawan perusahaan selanjutnya adalah kompensasi finansial tidak langsung. Kompensasi ini bentuknya masih uang tapi perusahaannya tidak memberikannya secara langsung tapi lewat pihak ketiga.

Contohnya seperti perusahaan mengikutsertakan karyawannya dalam perlindungan asuransi baik itu kesehatan maupun jiwa. Jadi perusahaan membayarkan premi asuransi kesehatan, jiwa serta ketenagakerjaan.

Nah nantinya karyawan akan mendapatkan manfaat dengan keanggotaan asuransi tersebut. Bisa berupa bantuan pengobatan atau tabungan pensiun.

Fasilitas-fasilitas seperti mobil dinas, voucher, rumah dinas, keanggotaan suatu klub atau akses internet bisa disebut dengan kompensasi finansial tidak langsung dari perusahaan ke karyawannya.

3. Kompensasi Non-Finansial

Jenis kompensasi karyawan perusahaan yang terakhir adalah kompensasi non-finansial. Kompensasi ini bentuknya bukan uang tapi memiliki nilai berharga untuk karyawan.

Kompensasi non finansial ini adalah jenis kompensasi karyawan perusahaan yang tidak bisa diukur dengan materi. Mulai dari suasana lingkungan kerja yang nyaman, pelatihan untuk para karyawan agar meningkatkan keahliannya, rekan kerja yang selalu support.

Ada juga atasan yang kompeten dan profesional, penghargaan terhadap prestasi, jenjang karir yang pasti, jam kerja yang fleksibel bahkan cuti yang lebih banyak adalah kompensasi non-finansial yang diberikan perusahaan.

Apakah kamu pernah mendengar jika bekerja di perusahaan yang bonafit juga akan membuat kredibilitas kita lebih tinggi? Nah itu juga disebut kompensasi non-finansial yang kita dapatkan dari perusahaan.

Cukup keren kan jenis kompensasi karyawan perusahaan seperti ini?

Tujuan Pemberian Kompensasi Karyawan

Setelah kita paham mengenai beberapa jenis kompensasi karyawan perusahaan yang mungkin harus kamu tahu. Tapi apa sih tujuan diberikannya jenis kompensasi karyawan perusahaan itu? Ada banyak loh tujuannya seperti:

  • Menjadi salah satu jaminan keadilan gaji bagi para karyawan sesuai dengan kompetensi
  • Penghargaan atas prestasi karyawan yang sudah berusaha keras
  • Mendapatkan karyawan yang bermutu dan potensial
  • Mempertahankan jumlah karyawan agar terhindar dari angka turnover, karena jujur pasti akan sangat melelahkan bagi perusahaan yang tingkat keluar masuk karyawannya tinggi
  • Dapat mengendalikan biaya-biaya perusahaan
  • Mematuhi aturan pemerintah tentang ketenagakerjaan dan bisnis

Banyaknya jenis kompensasi karyawan perusahaan bisa menjadi daya tarik sendiri. Dengan adanya kompensasi ini bisa membuat karyawan lebih semangat dalam melakukan pekerjaannya.

Hal ini bisa membuat perusahaan mencapai targetnya dengan cepat. Karena semangat karyawan yang tinggi untuk mensukseskan perusahaan tempat mereka bekerja.

Setiap perusahaan tentu akan memberikan jumlah dari masing-masing jenis kompensasi karyawan perusahaan yang berbeda-beda.

Ada banyak faktor juga yang mempengaruhi seperti tingkat biaya hidup, tingkat kemampuan perusahaan, tingkat kompensasi yang berlaku di perusahaan yang satu bidang, besar-kecilnya tanggung jawab karyawan serta jenis pekerjaannya, dan berpegang juga pada undang-undang yang saat ini berlaku serta bagaimana peranan serikat buruh. 

(Baca Juga: Ajukan Pinjaman Disini Saat Kekurangan Dana Untuk Lamaran )

Dalam memberikan kompensasi, perusahaan harus cermat memberikannya. Kadang ada yang hanya memberikan gaji tanpa tunjangan tapi memberikan fasilitas asuransi untuk menjamin pelayanan kesehatan bagi karyawannya.

Ada juga yang tidak memberikan insentif tapi ada bonus akhir tahun selain gaji tetap. Semua ini tergantung dari faktor-faktor yang telah disebutkan di atas. 

Pada akhirnya, yang penting terkait dengan jenis kompensasi karyawan perusahaan yang berbeda adalah bagaimana pihak perusahaan mengkomunikasikannya kepada karyawan. Meskipun banyak perusahaan belum mencapai pendekatan yang benar-benar progresif dan transparan untuk manajemen kompensasi.

Penelitian tentang praktik terbaik kompensasi telah menunjukkan bahwa imbalan untuk melakukannya adalah peningkatan keterlibatan karyawan, pengurangan pergantian karyawan, dan nama besar perusahaan yang lebih menarik. Jadi sudah paham kan apa itu  jenis kompensasi karyawan perusahaan.

Semoga semua penjelasan ini bisa membantu kamu dalam menambah wawasan dan menentukan perusahaan mana yang akan kamu ambil dengan pertimbangan kompensasi yang diberikan.

Jika beberapa orang karyawan mungkin akan lebih memilih mendapatkan kompensasi berupa uang atau gaji tambahan. Beberapa orang justru memilih mendapatkan kompensasi berupa asuransi kesehatan dari perusahaannya.

Memang, kesehatan menjadi satu faktor yang sangat penting agar kita bisa terus beraktivitas dan bekerja dengan kondisi tubuh yang prima. Bahkan jika kita tidak mendapatkan asuransi dari perusahaan, kita harus memiliki asuransi sendiri.

Untuk memiliki asuransi kesehatan sendiri, kita bisa mengajukannya melalui CekAja.com. Fasilitas yang bisa digunakan saat mengajukan pembuatan asuransi melalui CekAja.com memang sangat mudah dan cepat.

Kita bisa melakukan perbandingan dahulu, asuransi mana yang terbaik untuk kita, pilihan fasilitas kesehatan yang ditawarkan, bahkan premi yang harus kita bayarkan. Semua bisa dibandingkan terlebih dahulu sebelum apply asuransi kesehatan di CekAja.com.

Jadi, tunggu apalagi? Buruan daftar asuransi kesehatan melalui CekAja.com, dan pastikan jaminan kesehatan kamu dan keluarga terjamin.