Daftar Pinjaman Untuk Lamaran Pernikahan, Alternatif Bagi yang Membutuhkan

Lamaran pernikahan saat ini menjadi salah satu acara yang membutuhkan budget khusus, terlebih untuk mereka yang melaksanakannya dengan tidak sederhana. Jika tak memiliki budget khusus yang dipersiapkan, kalian bisa cek daftar pinjaman untuk lamaran pernikahan.

Mungkin sedikit tak bijak jika tak memiliki dana khusus, namun ingin menyelenggarakan prosesi lamaran yang tak sederhana. Namun apa boleh buat, seringkali tuntutan sosial, gengsi, dan keluarga menjadi salah satu pertimbangan untuk menggelar prosesi lamaran dengan meriah agar berkesan.

Lamaran adalah satu prosesi menuju tahap yang lebih serius dalam sebuah hubungan, yakni pernikahan. Di masa modern saat ini, lamaran tak melulu hanya kedua orang tua dan para saksi saja, tetapi mengundang teman dan kerabat pun menjadi penting.

Bersyukur dan bijak jika kita dan pasangan sudah mempersiapkan dana khusus untuk acara lamaran. Namun ternyata tak semua pasangan mempersiapkan budget untuk prosesi lamaran, karena kondisi keuangan setiap orang jelas tak sama.

Mau Lamaran Tapi Kurang Biaya?

Menikah adalah momen yang paling ditunggu bagi setiap pasangan. Untuk menyambut hari sakral itu tentu akan ada banyak persiapan. Salah satunya adalah budaya lamaran atau tunangan.

Proses lamaran sendiri adalah untuk melengkapi proses pernikahan nantinya. Sebenarnya jika lamaran tidak dilakukan juga tak apa tapi karena ini menjadi sebuah kebiasaan maka banyak pasangan yang melakukannya.

(Baca Juga: Pilihan KTA Untuk Biaya Pernikahan)

Sebelum kamu memikirkan biaya pernikahan, khususnya resepsi pernikahan di masa mendatang lebih baik pikirkan dulu soal biaya lamaran. Beberapa acara lamaran bisa dilakukan dengan cara sederhana tapi ada juga yang menginginkan acara yang lengkap dan memorable.

Tapi bagaimana kalau biaya lamaran ini kurang? Jangan khawatir karena sekarang kita akan berikan rekomendasi daftar pinjaman untuk lamaran pernikahan yang bisa menjadi solusi. Cek terus tulisan ini ya!

Daftar Pinjaman Untuk Lamaran Pernikahan

Ada banyak hal yang perlu disiapkan untuk lamaran. Mulai dari lokasi acara, makanan, pakaian, cincin lamaran dan lainnya.

Jika pasangan ingin acara lamaran yang lengkap maka bisa pakai wedding organizer. Tapi biayanya juga akan semakin tinggi.

Jika biaya yang kamu miliki masih kurang maka beberapa daftar pinjaman untuk lamaran pernikahan ini bisa menjadi alternatif, mereka antara lain:

1. KTA

Daftar pinjaman untuk lamaran pernikahan bisa berasal dari KTA. Syarat KTA ini juga gampang serta proses persetujuan sampai pencairan juga sangat cepat.

Jadi kita tidak perlu khawatir lagi dengan biaya lamaran. Berikut beberapa KTA yang bisa untuk lamaran pernikahan:

  • BNI Fleksi: fleksibel dalam pemakaian, bunga 1,22% per bulan dan plafon besar
  • Standard Chartered: proses cepat, bunga 0,95% per bulan
  • Bank DBS: bunga 0,95% per bulan, tidak perlu kartu kredit, proses cepat
  • Hana Bank: bunga 0,99% per bulan, proses cepat
  • Maybank  Payroll: bunga 0,99%, proses cepat, cicilan ringan

2. PINJAMAN ONLINE

Selanjutnya ada pinjaman online yang masuk daftar pinjaman untuk lamaran pernikahan. Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan jika kita memilih pinjaman online.

Pencairannya yang bisa dalam hitungan jam saja bisa menjadi solusi saat butuh dana dengan cepat. Syarat pengajuannya juga gampang. Dan lebih penting adalah pinjaman ini tidak mewajibkan adanya jaminan.

Tapi juga harus diingat pastikan kita meminjam di tempat yang legal. Daftar pinjaman untuk lamaran pernikahan yang masuk pinjaman online antara lain:

  • Julo 

Di Julo kita bisa meminjam mulai dari Rp 1.000.000 sampai Rp 8.000.000 dengan tenor maksimal 6 bulan. Julo juga mempunyai dua produk pinjaman yaitu Julo Mini dengan tenor 30 hari saja dan bunga 10% per bulan, dan Julo Cicilan dengan tenor 3-6 bulan dan bunga 1,5% – 4% per bulan.

Untuk Julo Mini maksimal kita bisa meminjam Rp 1.000.000 dan Julo Cicilan maksimal Rp 8.000.000. 

  • Tunaiku 

Daftar pinjaman untuk lamaran pernikahan selanjutnya adalah dari Tunaiku. Disini kita bisa meminjam mulai dari Rp 2.000.000 sampai Rp 20.000.000.

Sedangkan untuk tenor yang diberikan mulai dari 6 bulan sampai 20 bulan. Jika kita mengambil tenor yang panjang maka bunga akan semakin turun seiring sisa pokok pinjaman. Tapi jika kita memilih hanya 6 bulan maka bunganya bisa mencapai 25%

  • Rupiah Cepat

Daftar pinjaman untuk lamaran pernikahan berikutnya dari Rupiah Cepat. Prosesnya juga cepat dan syarat mudah. Kita bisa meminjam mulai dari Rp 400.000 sampai Rp 5.000.000.

Untuk tenornya sendiri hanya diberikan paling lama 3 bulan. Jika kita mengadakan acara lamaran sederhana maka Rupiah Cepat cocok untuk membiayai lamaran pernikahan.

  • UangTeman

Berikutnya yang masuk daftar pinjaman untuk lamaran pernikahan adalah UangTeman. Ini adalah pinjaman tanpa jaminan yang bisa cair dalam waktu kurang dari 24 jam.

Disini kita bisa meminjam dari Rp 1,5 juta sampai Rp 10 juta. Tenornya bisa dipilih mau yang harian atau bulanan.

Paling lama yaitu 6 bulan saja. Untuk pinjaman dengan tenor harian bunga yang harus dibayarkan sebesar 0,8% per hari sedangkan untuk bulanan 0,60%-0,55% per harinya. 

3. KARTU KREDIT

Daftar pinjaman untuk lamaran pernikahan yang terakhir bisa dari kartu kredit. Kalau kita memiliki kartu kredit dengan limit yang lumayan besar hingga 20 jutaan kita bisa memakainya untuk membeli kebutuhan untuk acara lamaran.

Dengan kartu kredit tentu akan ada banyak promo dan diskon. Jangan lupa manfaatkan beserta reward pointnya.

Bahkan kita bisa membeli cincin lamaran dengan diskon jika memakai kartu kredit. Jadi memasukkan kartu kredit ke daftar pinjaman untuk lamaran pernikahan adalah hal yang tepat.

Karena ini kartu kredit milik sendiri maka kita juga sudah tahu mengenai bunga cicilannya. Jadi kita tak perlu khawatir saat membayarnya.

Nah itu dia beberapa rekomendasi daftar pinjaman untuk lamaran pernikahan yang bisa menjadi solusi. Dengan dana yang cukup tentu kita bisa membuat acara lamaran yang dipenuhi dengan kenangan indah.

Jadi tak ada salahnya loh meminjam dana untuk keperluan acara lamaran impian. Hanya saja jangan sampai berlebihan dan sesuaikan dengan kebutuhan kalian.

(Baca Juga: Pinjaman Online Julo, Aman dan Cepat)

Meski alangkah baiknya jika saat sudah menjalin hubungan serius, mulai membicarakan ke tahap lamaran dan pernikahan. Kita dan pasangan juga mulai menabung, agar acara lamaran dan pernikahan dapat berjalan dengan lancar dengan dana mandiri yang dimiliki.

Karena meski biasanya kedua orang tua dari dua belah pihak juga turut andil mendukung pendanaan. Namun tentu akan lebih menyenangkan jika kita menggunakan dana kita sendiri yang telah kita siapkan, dan dana dukungan dari orang tua bisa kita gunakan untuk hal lain yang jauh lebih penting di masa depan.

Karena jangan sampai saat berumah tangga kita menghadapi masalah finansial yang bermula dari membengkaknya budget resepsi pernikahan. Ingat, resepsi hanya prosesi, yang kita jalani adalah kehidupan pernikahan setelahnya.

Jadi, menabunglah dan mulai mengatur kondisi keuangan dengan benar. Jika bingung mau menabung dimana, kita bisa meluncur ke CekAja.com, disana banyak pilihan bank yang bisa kita manfaatkan untuk menabung.

Bahkan banyak juga bank yang memang menyediakan fasilitas tabungan untuk merencanakan pernikahan. Tentu saja ini akan sangat membantu rencana keuangan calon pengantin.

Pengajuan pembukaan tabungan pun dapat dilakukan dengan mudah dan cepat, karena proses nya online. Dan yang terpenting adalah keamanannya terjamin, karena CekAja.com sudah diawasi oleh OJK.

Jadi tunggu apalagi? Yuk mulai persiapkan tabungan dari sekarang.