Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

7 menit waktu bacaan

20 Daftar Tanaman Obat Beserta Manfaatnya Untuk Kesehatan

by Vera Khairifah on 11 Juli, 2020

Penyembuhan penyakit terkadang harus dengan konsumsi obat yang mahal. Alih-alih mengonsumsi obat yang memberikan efek samping, sebaiknya kamu juga melirik daftar tanaman obat berikut ini. Yuk, simak manfaat lengkapnya!

20 Daftar Tanaman Obat Beserta Manfaatnya Untuk Kesehatan

1. Mengkudu

Mengkudu - 20 Daftar Tanaman Obat Beserta Manfaatnya Untuk Kesehatan

Urutan pertama dari daftar tanaman obat adalah mengkudu. Di balik rasa pahit dari buah yang memiliki nama latin Morinda citrifolia ini, tersimpan segudang manfaat untuk kesehatan.

Mengkudu menjadi rahasia kecantikan kulit artis Korea Selatan, salah satunya Joy personil girlband Red Velvet yang mengatakan bahwa jus mengkudu membuat kulitnya bersinar cerah dan kencang.

Selain itu, manfaat mengkudu yakni mampu membunuh bakteri jahat, melancarkan sistem peredaran darah, menjadi zat anti kanker, dan mengatasi radang pada lambung dan usus,

2. Kunyit

Kunyit - 20 Daftar Tanaman Obat Beserta Manfaatnya Untuk Kesehatan

Siapa sih yang tak tahu bahwa bumbu dapur Indonesia memiliki khasiat kesehatan? Kunyit masuk ke dalam daftar tanaman obat karena dapat menurunkan tekanan darah tinggi, membantu menghilangkan bau badan, membantu melancarkan siklus menstruasi, meredakan demam, mencerahkan kulit, dan masih banyak lagi lainnya.

3. Temulawak

Temulawak - 20 Daftar Tanaman Obat Beserta Manfaatnya Untuk Kesehatan

Kamu mungkin bertanya-tanya mengenai perbedaan temulawak dengan kunyit. Well, sebenarnya temulawak memiliki ukuran yang lebih besar dan bulat dibandingkan dengan kunyit yang cenderung panjang dan ramping. Selain itu, warna temulawak lebih jingga.

Salah satu dari daftar tanaman obat ini memiliki kandungan kurkumin, kalium, dan kalsium yang dapat dijadikan zat anti radang, pencegah penggumpalan darah, penambah nafsu makan, mengurangi pegal-pegal, mengatasi maag, kembung, diare, dan sakit jantung,

4. Kencur

Kencur - 20 Daftar Tanaman Obat Beserta Manfaatnya Untuk Kesehatan

Kaempferia galangal alias kencur juga dikenal masyarakat Indonesia sebagai salah satu dari daftar tanaman obat yang sering dijadikan jamu.

Air rebusan kencur yang dihaluskan dipercaya mampu meredakan masuk angin dan gejala flu (sakit kepala, demam, batuk, pilek, dan bersin), meredakan perut yang sakit akibat diare, mencegah penyakit batu ginjal, serta meredakan bagian tubuh yang terkilir.

5. Jahe

Jahe - 20 Daftar Tanaman Obat Beserta Manfaatnya Untuk Kesehatan

Daftar tanaman obat selanjutnya adalah Jahe. Saat meminum sari tanaman obat ini, kamu akan merasakan sensasi hangat di dalam perut. Kandungan jahe terdiri dari karbohidrat, serat, fosfor, aneka vitamin, enzim proteolik, senyawa fenolik, dan masih banyak lagi.

Semua kandungan itu bisa menjadi obat herbal untuk mengatasi rasa mual, sakit perut, diare, nyeri dada, nyeri otot dan sakit punggung, serta mengobati penyakit infeksi saluran pernapasan.

6. Kayu Manis

Kayu Manis - 20 Daftar Tanaman Obat Beserta Manfaatnya Untuk Kesehatan

Kayu manis yang sering dimanfaatkan sebagai bumbu masakan, penambah rasa pada minuman, serta sebagai daftar tanaman obat sebenarnya merupakan kulit bagian dalam yang kering.

Tanaman dengan nama latin Cinnamomum verum ini bermanfaat sebagai zat anti inflamasi atau peradangan, mengobati infeksi, sebagai sumber antioksidan yang mencegah berbagai penyakit berbahaya, meredakan sakit jantung, meredakan radang sendi, rematik, mengatasi perut kembung, dan menjadi obat untuk penyakit infeksi saluran pernapasan.

7. Jintan Hitam

Jintan Hitam - 20 Daftar Tanaman Obat Beserta Manfaatnya Untuk Kesehatan

Salah satu dari daftar tanaman obat jenis rempah-rempah ini mulai sulit ditemukan di pasaran. Maka dari itu, ada baiknya jika kamu menanam sendiri di rumah.

Sebab, jintan hitam asam lemak tak jenuh dan minyak atsiri yang bermanfaat sebagai obat banyak penyakit. Seperti obat diabetes, kanker usus besar, alergi, gangguan pencernaan, asma, dan masih banyak lagi.

Jintan hitam digunakan sebagai obat sejak zaman Nabi Muhammad SAW. Cara mengolahnya yakni dengan merebus bijinya terlebih dulu, lalu haluskan dengan alat penggiling kopi atau rempah. Bubuk jintan hitam inilah yang bisa kamu manfaatkan untuk dikonsumsi sebagai obat.

8. Kapulaga

Kapulaga - 20 Daftar Tanaman Obat Beserta Manfaatnya Untuk Kesehatan

Kapulaga adalah biji kering yang biasanya digunakan sebagai salah satu bumbu masakan. Di samping itu, kapulaga juga masuk ke dalam daftar tanaman obat yang berkhasiat untuk mengobati hipertensi, pencegah persebaran sel kanker, melancarkan sirkulasi darah, serta mengatasi susah BAB alias sembelit.

(Baca Juga: 8 Cara Mengobati Masuk Angin Tanpa Kerokan)
9. Lengkuas

Lengkuas - 20 Daftar Tanaman Obat Beserta Manfaatnya Untuk Kesehatan

Jenis umbi-umbian yang memilikin tekstur keras dan kaya akan serat ini terbilang mudah ditanam di rumah sebagai daftar tanaman obat.

Nggak hanya menjadi bumbu masakan, lengkuas alias laos juga memiliki manfaat untuk menurunkan demam, melancarkan pencernaan, meredakan rasa mual, sakit perut, mencegah kanker, menurunkan kadar kolesterol jahat LDL.

10. Binahong

Binahong - 20 Daftar Tanaman Obat Beserta Manfaatnya Untuk Kesehatan

Salah satu dari daftar tanaman obat yang memiliki nama ilmiah Anredera cordifolia ini memiliki manfaat kesehatan. Padahal, sebelumnya hanya dianggap sebagai tanaman hias belaka.

Bagian daun binahong yang direbus dan diminum sarinya bisa menjadi obat gusi berdarah, menyembuhkan luka, mengobati batuk dan muntah darah, diabetes, mimisan, TBC, gagal ginjal, geger otak, dan masih banyak lagi lainnya.

11. Lidah Buaya

Lidah Buaya - 20 Daftar Tanaman Obat Beserta Manfaatnya Untuk Kesehatan

Daftar tanaman obat selanjutnya adalah lidah buaya atau yang bernama ilmiah Aloe vera. Ini merupakan jenis tanaman tropis berdaun tebal dan berduri yang tumbuh sepanjang tahun.

Manfaat lidah buaya antara lain mengobati radang dan iritasi, menurunkan kadar gula darah, mengatasi rambut rontok, melancarkan pencernaan, melembabkan kulit, dan menjaga kesehatan mulut.

Lidah buaya sangat mudah ditanam di rumah, karena tak memerlukan perawatan khusus, serta harga bibitnya cukup murah. Cocok banget untuk dijadikan tanaman hias sekaligus tanaman obat.

12. Seledri

Seledri - 20 Daftar Tanaman Obat Beserta Manfaatnya Untuk Kesehatan

Sejak dua tahun terakhir, jus seledri cukup populer sebagai obat berbagai penyakit. Mulai dari obat pencegah kanker, menghilangkan bekas jerawat, memperlancar pencernaan, mengobati asma, menurunkan tekanan darah tinggi, mengobati diabetes, rematik maupun nyeri sendi, dan masih banyak lagi.

Seledri organik bisa kamu tanam dengan cara menyemai bibit bijinya di pot. Sedangkan untuk mengonsumsinya, kamu bisa mengolah seledri menjadi jus atau salah satu bahan salad yang menyehatkan.

13. Lemon

Lemon - 20 Daftar Tanaman Obat Beserta Manfaatnya Untuk Kesehatan

Si kuning dengan rasa asam ini memiliki segudang manfaat yang sudah dipercaya sejak dulu. Mulai dari menurunkan risiko stoke, mencegah kanker, meningkatan daya tahan tubuh terhadap penyakit, menurunkan tekanan darah tinggi, mencerahkan kulit, membantu tubuh menyerap zat besi secara maksimal, dan lain-lain.

Lemon mengandung vitamin C, B kompleks, asam folat, mineral, serta senyawa penting lainnya. Kamu disarankan meminum the dengan perasan lemon dan sesendok madu setiap pagi.

14. Sereh

Sereh - 20 Daftar Tanaman Obat Beserta Manfaatnya Untuk Kesehatan

Sereh memiliki aroma khas dan batang mudanya bisa digunakan sebagai tanaman obat. Sifat salah satu daftar tanaman obat ini memberi manfaat sebagai zat anti inflamasi, zat detoks yang membuang racun-racun di dalam tubuh, zat anti mikroba, dan sumber antioksidan.

Manfaat sereh antara lain mengobati gangguan sistem pencernaan, membantu menurunkan berat badan, mencegah berbagai penyakit berbahaya, dan lain sebagainya.

15. Manggis

Manggis - 20 Daftar Tanaman Obat Beserta Manfaatnya Untuk Kesehatan

Ekstrak kulit manggis memang sudah banyak dijual dalam bentuk kapsul yang praktis. Tapi, kamu juga bisa mendapatkan manfaat manggis dari buahnya.

Manggis bermanfaat sebagai obat diare dan disentri, mengobati diabetes, mencegah kanker, dan meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit.

(Baca Juga: 10 Obat Herbal Untuk Kolesterol yang Efektif)
16. Jeruk Nipis

Jeruk Nipis - 20 Daftar Tanaman Obat Beserta Manfaatnya Untuk Kesehatan

Salah satu dari daftar tanaman obat ini sangat kaya akan vitamin C, sehingga mampu mengatasi radang tenggorokan, menjadi sumber penguat daya tahan tubuh, menurunkan tekanan darah tinggi, mengobati batu ginjal, amandel, vertigo, ambeien, panu, hingga menjadi pengencer dahak yang manjur.

17. Mahkota Dewa

Mahkota Dewa - 20 Daftar Tanaman Obat Beserta Manfaatnya Untuk Kesehatan

Buah yang dikenal juga dengan sebutan simalakama ini memiliki warna merah menyala dengan tekstur yang mirip dengan buah jambu bol. Tanaman ini bisa menjadi obat alergi, obat sakit kepala, penghilang racun di dalam tubuh, mencegah flu, menstabilkan gula darah, dan lain-lain.

18. Kemangi

Kemangi - 20 Daftar Tanaman Obat Beserta Manfaatnya Untuk Kesehatan

Tak hanya wangi dan enak dikonsumsi sebagai lalapan, kemangi juga masuk ke dalam daftar tanaman obat yang sangat bermanfaat.

Yakni berguna untuk meningkatkan nafsu makan, mengobati luka luar, mengatasi perut kembung, mengobati kanker, serta sebagai zat anti bakteri dan anti inflamasi.

19. Kumis Kucing

Kumis Kucing - 20 Daftar Tanaman Obat Beserta Manfaatnya Untuk Kesehatan

Tanaman yang tumbuh di daerah beriklim tropis dan subtropis ini bisa ditanam dengan benih dari perbanyakan stek batang yang kemudian ditanamkan ke tanah.

Manfaat kumis kucing antara lain mengobati penyakit ginjal, diabetes, asam urat dan hipertensi. Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu bisa merebus 4-5 lembar daun kumis kucing dan maminum air rebusannya setiap hari.

20. Sirih

Sirih - 20 Daftar Tanaman Obat Beserta Manfaatnya Untuk Kesehatan

Daftar tanaman obat yang terakhir adalah sirih. Sebagian dari kita tentu mengetahui manfaat sirih sebagai obat yang mengatasi bau badan dan bau mulut yang tak sedap.

Tapi, tanaman merambat ini juga bisa dijadikan sebagai obat asma, malaria, pencegah kanker, mampu membunuh bakteri jahat, mempercepat pembekuan darah sehingga luka cepat sembuh, dan masih banyak lagi.

Itu dia 20 tanaman obat beserta manfaatnya bagi kesehatan tubuhmu. Jangan hanya menjaga kesehatan dengan mengonsumsi tanaman obat ini saja.

Kamu juga harus mengantisipasi terjadinya berbagai risiko kesehatan dengan memiliki asuransi kesehatan. Yuk, cek perbandingan berbagai produk asuransi kesehatan melalui CekAja.com.

CekAja.com merupakan media pembanding produk-produk finansial termasuk asuransi, yang juga membantumu dalam proses pengajuannya. Caranya gampang kok, kamu cukup isi data diri dan formulir pengajuan secara online.

Segera lindungi dirimu dan keluarga dengan asuransi kesehatan yang bisa kamu miliki lewat media terpercaya seperti CekAja.com!

Tentang Penulis

Vera Khairifah

A content writer and socmed enthusiast