7 Makanan yang Perlu Dihindari untuk Penderita GERD, Makanan Asam Salah Satunya!

Penderita penyakit GERD perlu banyak perhatian, bahkan ada beberapa makanan yang dihindari untuk penderita GERD agar tidak cepat kambuh. Yuk simak apa saja!

7 Makanan yang Perlu Dihindari untuk Penderita GERD, Makanan Asam Salah Satunya!

Apa itu GERD?

GERD (gastroesophageal Reflux Disease) adalah penyakit asam lambung dalam jangka panjang atau kronis.

GERD dapat terjadi ketika asam lambung naik kembali ke kerongkongan (esofagus) yang menyebabkan rasa sakit bagi penderita.

Hal tersebut dapat terjadi akibat melemahnya Lower Esophageal Sphincter (LES) yang menyebabkan refluks cairan asam lambung kembali lagi ke esofagus.

Penyakit GRED ini bisa dirasakan oleh siapa saja, tidak terbatas oleh usia. Penyakit GERD tidak boleh disepelekan, sebab dapat mengganggu penderita dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Penderita GERD ringan, akan mengalami refluks kenaikan asam lambung sekitar 2 – 3 kali dalam seminggu.

Tetapi, jika sudah mengalami minimal seminggu sekali, bisa dikatakan masuk dalam kategori sedang atau bahkan berat.

Gejala penyakit GERD

Gejala penyakit GERD bisa kamu ketahui sejak dini. Umumnya, GERD akan merasakan gejala khas seperti Heartburn dan juga regurgitasi

Heartburn merupakan rasa nyeri, bahkan panas seperti terbakar pada ulu hati dan juga terasa hingga tenggorokan.

Sedangkan Regurgitasi merupakan rasa asam dan juga pahit di lidah yang terjadi sesaat setelah makan. Kedua gejala ini umumnya dirasakan setelah penderita makan atau sesaat setelah berbaring.

Selain kedua gejala ini, adapun gejala lain yang bisa dirasakan, mulai dari cepat kenyang, kembung, mual, rasa sakit ketika menelan, nyeri dada, batuk kronik, hingga asma.

Makanan yang Perlu Dihindari untuk Penderita GERD

Penyakit GERD tidak boleh disepelekan, pola hidup yang baik menjadi salah satu upaya agar penderita merasa lebih baik.

Salah satunya adalah terkait makanan yang akan dikonsumsi. Penderita GERD sebaiknya makan malam paling lambat 2 – 3 jam sebelum tidur.

Adapun beberapa makanan yang perlu dihindari untuk penderita GERD, diantaranya yaitu:

(Baca Juga: 8 Cara Mengatasi Heartburn yang Aman dan Patut Dilakukan)

1. Makanan Asam

Makanan yang perlu dihindari untuk penderita GERD pertama adalah makanan yang memiliki kandungan pH rendah atau makanan asam.

Hal ini dikarenakan, kandungan asam dapat merangsang sel-sel sensor di esofagus dan menimbulkan gejala yang cukup mengganggu.

Mengkonsumsi makanan asam secara berlebih juga akan meningkatkan asam lambung dengan cepat. Salah satu buah yang memiliki kandungan asam adalah jeruk.

2. Cokelat

Sebagian orang mungkin menyukai cokelat. Tetapi bagi penderita GERD, cokelat menjadi salah satu makanan yang harus dihindari.

Cokelat memiliki kandungan lemak dan gula yang tinggi. Dengan kandungan yang dimilikinya, cokelat dapat meningkatkan asam pada lambung. Sehingga, sebaiknya dihindari.

3. Frozen Food

Makanan frozen food umumnya memiliki lemak dan karbohidrat yang lebih tinggi. Frozen food juga dapat membuat pengosongan perut lebih lambat dari biasanya.

Tidak hanya itu, penderita GERD juga akan mengalami relaksasi sementara pada otot kerongkongan di bagian bawah (TLESR) jika mengkonsumsi frozen food.

4. Makanan Pedas

Bukan hal asing lagi bahwa memakan makanan pedas secara berlebih, dapat merangsang asam lambung untuk naik.

Bahkan tidak membutuhkan waktu lama untuk merasakan asam lambung naik. Terlebih pada penderita GERD.

Oleh sebab itu, makanan yang perlu dihindari untuk penderita GERD selanjutnya adalah makanan dengan cita rasa pedas.

5. Makanan Berlemak

Makanan berlemak dapat menurunkan tekanan Lower Esophageal Sphincter (LES), dan bisa menyebabkan pengosongan lambung.

Hal tersebut dapat mengakibatkan kerongkongan terpapar asam lebih lama. Dan akibat dari makanan ini, asam lambung menjadi rentan naik kembali dari perut ke kerongkongan.

6. Anggur dan Nanas

Buah-buahan mengandung banyak vitamin dan gizi yang baik untuk tubuh. Tetapi beberapa buah masuk kedalam makanan yang perlu dihindari untuk penderita GERD.

Salah satunya adalah buah anggur dan nanas. Kedua buah ini memiliki rasa asam yang tinggi, sehingga sebaiknya dihindari oleh penderita GERD.

7. Tomat dan Kubis

Sama halnya dengan buah, beberapa jenis sayur juga masuk kedalam makanan yang perlu dihindari untuk penderita GERD. Jenis sayuran tersebut yaitu tomat dan kubis.

Tomat memiliki kandungan asam sitrat dan asam malat yang dapat memicu asam lambung. Mengkonsumsi tomat dan olahan tomat secara berlebih tentu akan menyebabkan sensasi nyeri dada hingga terasa terbakar bagi penderita GERD.

Salah satu jenis sayuran yang memiliki tingkat keasaman yang tinggi adalah kubis. Tidak hanya asam, kubis juga mengandung kandungan gas yang tinggi.

Kubis dapat menyebabkan kekuatan otot kerongkongan bagian bawah (LES) menjadi berkurang, oleh sebab itu penderita GERD disarankan untuk mengkonsumsi kubis ini.

(Baca Juga: 9 Tips Memilih Asuransi Kesehatan Anak)

Nah, itu dia beberapa makanan yang perlu dihindari untuk penderita GERD. Selain, menghindari makanan, penderita juga perlu meningkatkan pola hidup sehat.

Mulai dari istirahat yang cukup, olahraga, hingga makan dengan teratur, menjadi salah satu upaya meringankan rasa sakit yang diderita.

Selain itu, perlindungan seperti asuransi kesehatan juga perlu dimiliki. Pasalnya, asuransi kesehatan dapat memberikan jaminan ketika kamu jatuh sakit.

Misal, suatu saat kamu jatuh sakit yang diharuskan menjalani perawatan di rumah sakit. Ketika hal tersebut terjadi, kamu tidak perlu lagi khawatir terkait biaya yang akan dikeluarkan.

Sebab, semua biaya perawatan rumah sakit hingga biaya pengobatan akan ditanggung oleh pihak asuransi.

Apalagi, saat ini biaya rumah sakit terus melonjak tinggi. Dengan ditanggungnya biaya rumah sakit oleh pihak asuransi, tentu membuat kondisi keuanganmu menjadi tetap stabil tanpa gangguan.

Saat ini, ada banyak jenis asuransi kesehatan yang menawarkan berbagai fasilitas menarik. Selain melihat fasilitas, kamu perlu memilih jenis asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi finansial.

Pengajuan asuransi kesehatan bisa kamu lakukan dengan mudah melalui CekAja.com. Di sana juga ada banyak jenis asuransi kesehatan yang bisa kamu bandingkan dan pilih.

Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), kamu tidak perlu lagi khawatir terhadap pelayanan yang diberikan oleh CekAja.com.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, ajukan asuransi kesehatan melalui CekAja.com!