Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Manfaat Ikan Salmon Untuk Kesehatan yang Kaya Akan Omega-3

by Estrin Vanadianti Lestari on 13 November, 2019

Tahukah kamu, bahwa ikan salmon merupakan salah satu ikan yang memiliki gizi paling tinggi di dunia? Hal tersebut dikarenakan, ikan salmon memiliki kandungan asam lemak omega-3, sebagai salah satu kandungan terbaiknya, ditambah dengan vitamin serta protein yang berkualitas tinggi. Maka tak heran jika, akan ada banyak manfaat ikan salmon, yang bisa kamu rasakan terutama untuk kesehatan.

Tidak hanya itu, beberapa kandungan lainnya seperti kalium, selenium, vitamin D hingga vitamin B12, juga disebut-sebut sangat penting untuk kesehatan tubuh. Tidak hanya memiliki segudang manfaat ikan salmon, jika bicara soal rasa, ikan salmon juga jauh lebih nikmat ketimbang jenis ikan lainnya. Ikan salmon memiliki tekstur daging yang sangat lembut, dan rasa yang amat gurih alami, sehingga tanpa adanya penambahan bumbu, ikan salmon sudah memiliki rasa yang lezat.

Bahkan, tidak sedikit orang yang senang mengonsumsi ikan salmon dalam keadaan mentah. Hal itu dikarenakan, ikan salmon tidak menimbulkan bau amis yang menyengat, jika dimakan mentah-mentah. Namun, hal tersebut sepertinya tidak disarankan, jika tujuannya untuk kesehatan ya. Karena, daging ikan salmon mentah akan sangat berisiko dihinggapi bakteri salmonella, yang berkemungkinan akan berdampak bagi kesehatan dan menghilangkan segala manfaat ikan salmon.

Beragam Olahan Ikan Salmon

Ada banyak cara untuk bisa menikmati lezatnya ikan salmon. Tidak sulit, berbagai jenis olahan ikan salmon pun bisa kamu coba dengan resep dan cara yang sangat mudah. Bahkan, ikan salmon juga sering dijadikan menu Makanan Pengganti ASI (MPASI), untuk para balita di atas 6 bulan.

Kamu bisa mengolah ikan salmon menjadi masakan lezat di rumah, di antanya adalah:

  • Steak Salmon
  • Salmon Onigiri
  • Salmon Chrispy
  • Tim Salmon untuk menu balita
  • Salmon Mentai
  • Sushi Salmon
  • Salmon Panggang
  • Soup Ikan Salmon dan masih banyak lagi.
(Baca Juga: Manfaat Donor Darah Untuk Kesehatan Milenial Masa Kini)
7 Manfaat Ikan Salmon Untuk Kesehatan yang Wajib Diketahui

Dari banyaknya kandungan yang dimiliki ikan salmon mulai dari omega-3, asam lemak, asam aikosapnetatinok (EPA), asam dokosaheksanoil (DHA), vitamin, hingga mineral, berikut 7 manfaat ikan salmon yang sangat baik untuk tubuh:

1. Meningkatkan Fungsi dan Kinerja Otak

Meningkatkan Fungsi dan Kinerja Otak

Manfaat ikan salmon yang pertama adalah baik untuk menigkatkan fungsi dan kinerja otak. Sehingga, ikan salmon sangat cocok dikonsumsi untuk anak-anak dalam masa pertumbuhan. Pasalnya, kandungan omega 3 di dalam ikan salmon terbukti bisa meningkatkan kerja dan fungsi otak.

Selain sangat baik untuk anak-anak, ikan salmon juga sangat baik dikonsumsi untuk pada lansia, karena omega-3 juga bermanfaat untuk mengurangi risiko demensia dan alzheimer. Sehingga membuat daya ingat akan semakin kuat, dan lebih konsentrasi dalam melakukan kegiatan.

2. Pencegah Tumbuhnya Sel Kanker

Pencegah Tumbuhnya Sel Kanker

Manfaat ikan salmon yang kedua adalah sebagai pencegah tumbuhnya sel kanker dalam tubuh. Tidak hanya baik untuk daya ingat, omega 3 yang terkandung dalam ikan salmon, juga terbukti secara medis mampu menghambat pertumbuhan sel kanker dan membunuh tumor.

Tidak hanya omega-3 nya, vitamin D dan antioksidan dalam ikan salmon, juga berperan penting dalam menurunkan risiko kanker, seperti kanker payudara, prostat, hingga kanker kolorektal.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat ikan salmon berikutnya adalah bisa menjaga kesehatan jantung. Pasalnya, kandungan asam lemak tak jenuh ganda yang ada pada ikan salmon, ternyata dapat membantu untuk meningkatkan kolesterol serum. Dimana kolestrol serum ini merupakan sebuah indikator utama yang bisa mengurasi risiko penyakit jantung.

Tidak hanya itu, dalam ikan salmon juga terdapat kandungan mineral yang dipercaya dapat menjaga keseimbangan tekanan darah, serta mencegah penyakit jantung.

4. Mengatasi Depresi

Mengatasi Depresi

Manfaat ikan salmon selanjutnya adalah bisa mengatasi depresi. Kandungan asam lemak omega-3 di dalam daging ikan salmon, jika dikonsumsi bersama dengan obat antidepresan yang diberikan oleh dokter, disebut-sebut bisa bermanfaat untuk membantu mengatasi depresi.

Terlebih, dalam struktur membran yang terdapat dalam otak dan dalam transmitter serotonin dan dopamin, sangat membutuhkan asupan asam lemak omega-3, yang baik untuk kesehatan otak dan bisa mencegah gejala depresi.

Bahkan, ada sebuah studi yang pernah diterbitkan oleh The Journal of Epidemiology & Community Health, yang mengatakan bahwa seseorang yang mengonsumsi banyak ikan, memiliki risiko 17% lebih kecil terkena depresi, daripada orang yang mengonsumsi sedikit ikan.

(Baca Juga: Ini Pilihan Olah Raga Kala Musim Hujan Tiba)
5. Berperan Penting Dalam Kesehatan Tulang

Berperan Penting Dalam Kesehatan Tulang

Manfaat ikan salmon berikutnya adalah dapat berperan sebagai kesehatan tulang. Seperti yang kita tahu, vitamin D bisa kita dapatkan dari sinar matahari. Namun, vitamin D juga bisa didapatkan dari makanan, yakni dari ikan salmon. Pasalnya, ikan salmon merupaka salah satu jenis ikan yang memiliki kandungan vitamin D yang sangat baik untuk kesehatan tulang.

Asam lemak omega-3 nya juga memiliki sifat anti-inflamasi atau anti peradangan. Sehingga, ikan salmon mampu menurunkan risiko terjadinya peradangan pada tulang, dan akan membuat tulang juga lebih kuat.

6. Baik Untuk Kesehatan Kulit dan Rambut

Baik Untuk Kesehatan Kulit dan Rambut

Tahukah kamu, bahkan kulit dan rambut ternyata membutuhkan asupan lemak lho. Asam lemak pada ikan salmon sangat memberi manfaat untuk kesehatan kulit dan rambut. Apalagi, jika kamu sedang menjalankan diet lemak, sehingga kulit dan rambut kekurangan lemak.

Asam lemak omega-3 yang ada pada ikan salmon, tidak hanya memenuhi kebutuhan lemak pada kulit dan rambut. Karena, lemak tersebut ternyata bisa membuat kulit dan rambut mrnjadi sehat, berkilau dan tidak kusam.

7. Meningkatkan Kesehatan Mata

Meningkatkan Kesehatan Mata

Tidak hanya wortel, salah satu manfaat ikan salmon ternyata juga bisa meningkatkan kesehatan mata lho. Karena asam lemak omega-3 dalam ikan salmon mampu meringankan sindrom mata kering dan gejala degenerasi makula yang berhubungan dengan usia, yang lama kelamaan bisa menybabkan kebutaan.

Tidak hanya itu, asam lemak omega-3 dalam ikan salmon juga bisa meningkatkan drainase cairan intraokular dari mata. Sehingga bisa membantu mengurangi risiko glaukoma.

Untuk memenuhi asupan omega-3 dan kandungan baik lainnya yang ada di ikan salmon, tentunya kamu harus rutin mengonsumsi ikan laut yang satu ini bukan? Berhubung harga ikan salmon lebih mahal ketimbang harga ikan laut lainnya, kamu bisa memanfaatkan penggunaan kartu kredit, untuk memenuhi kebutuhan bulananmu termasuk pembelian ikan salmon.

Ajukan segera pilihan kartu kreditmu hanya di CekAja.com. Dapatkan juga keuntungan lainnya seperti diskon, cashback, dan lain-lain, jika kamu berbelanja di supermaket tertentu.

Tentang Penulis

Estrin Vanadianti Lestari

Sisuka makan banyak, tapi enggak gemuk-gemuk