10 Destinasi Liburan Terfavorit 2023 di Indonesia, Yuk Intip!

Tak perlu jauh-jauh ke luar negeri, Indonesia juga punya banyak destinasi liburan terfavorit 2023 yang layak kamu kunjungi. Di mana saja? Yuk, simak selengkapnya!

10 Destinasi Liburan Terfavorit 2023 di Indonesia, Yuk Intip!

Indonesia memiliki banyak tempat menarik yang menunggu untuk dijelajahi. Mulai dari wisata laut dan pantai, pegunungan, danau, hutan dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Meskipun banyak orang yang memilih Bali sebagai destinasi liburan terfavorit, wilayah nusantara lainnya menawarkan petualangan dan budaya yang tak kalah keren. Yuk intip pesona destinasi liburan terbaik di Indonesia berikut ini.

Destinasi Liburan Terfavorit 2023

Berikut daftar lengkap destinasi liburan terfavorit 2023 untuk dikunjungi di Indonesia yang tidak hanya Bali. 

1. Borobudur, Jawa Tengah

Daftar teratas destinasi liburan terfavorit 2023 adalah monumen Buddha tertua di dunia dan daya tarik nomor satu di Indonesia, yaitu Borobudur.

Piramida batu kolosal ini dibangun pada abad kesembilan selama dinasti Syailendra sebagai kuil Buddha dan enam terasnya yang sangat besar berputar ke atas sebagai representasi jalan Buddha menuju pencerahan.

Perjalanan ini digambarkan dalam 2.672 relief yang diukir dengan rumit. Memahkotai puncak candi adalah kubah raksasa berbentuk lonceng, dikelilingi oleh 72 stupa berlubang, masing-masing berisi patung Buddha batu bersila dalam posisi teratai.

Pemandangan dari atas adalah sekilas Nirvana – sawah zamrud dan hutan hijau yang tersebar di segala arah, menuju gunung berapi yang berasap di cakrawala.

2. Mandalika, Nusa Tenggara Barat

Terletak di tepi Lombok selatan, tepat di sebelah Bali, kawasan ekonomi khusus pariwisata Mandalika adalah harta karun bagi para pelancong.

Di sini kamu akan menemukan berbagai hotel dan resort mewah, di samping lapangan golf, spa, dan taman air; semuanya dikemas dalam surga tropis seluas 1.250 hektar ini.

Bahkan ada trek balap kelas dunia yaitu Sirkuit Jalan Internasional Mandalika yang baru saja menjadi tuan rumah MotoGP Indonesia perdana pada bulan Februari tahun ini.

Baik kamu mencari petualangan, kesenangan, atau sekadar tempat bersantai, semua bisa dirasakan di Mandalika.

Kamu juga bisa ke Pantai Gerupuk terdekat untuk olahraga matahari, bermain pasir, dan bermain air; atau mendaki ke puncak Bukit Merese untuk pemandangan laut yang indah. 

Dengan begitu banyak yang bisa dilihat dan dilakukan, pembangunan Mandalika di Lombok membuat liburan di Indonesia benar-benar tak terlupakan.

(Baca Juga: Intip Tips Hemat Travel Bersama Kartu Kredit Ini, Agar Liburanmu Makin Hemat!)

3. Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur

Destinasi liburan terfavorit 2023 selanjutnya Labuan Bajo. Dengan Sumbawa dan Komodo di barat, Sumba di selatan dan Timor tepat di atas ombak di timur laut, Labuan Bajo adalah pusat roda keajaiban yang berputar di sekitar Nusa Tenggara Timur.

Kota pelabuhan di sebelah barat pulau ini adalah titik masuk utama ke Taman Nasional Komodo, situs warisan dunia yang merupakan rumah bagi populasi liar komodo.

Dari sini, wisatawan dapat berangkat dengan kapal pesiar liveaboard yang ajaib, atau menyelam di bawah ombak di salah satu lokasi menyelam terbaik di dunia.

Kembali ke tanah kering, Labuan Bajo sendiri adalah rumah bagi berbagai restoran, hotel dan butik mewah, bersama dengan deretan pantai berpasir putih yang berkilauan, di mana matahari terbenam dibingkai oleh pulau kecil dan siluet kapal layar tradisional Phinisi.

4. Danau Toba, Sumatera Utara

Terselip di pegunungan Sumatera Utara, Toba adalah danau air tawar terbesar di dunia sebuah keajaiban alam seluas 1.145 km2 dan mencapai kedalaman hingga 450 meter. 

Maka, tak heran Danau Toba masuk daftar destinasi liburan terfavorit 2023 yang bisa kamu kunjungi. 

Di tengah danau, Samosir adalah pulau seukuran Singapura; rumah bagi pemukiman kuno dan situs kuburan batu misterius, Samosir mengungkapkan ritual kuno dan akar suku yang menjangkau jauh ke dalam tanah dan masyarakatnya.

Daerah sekitarnya juga dipenuhi dengan pemandangan yang indah, termasuk air terjun Sipiso-piso setinggi 120 meter dan salah satu yang tertinggi di Indonesia. 

5. Likupang, Sulawesi Utara

Terletak 48km dari Manado di sepanjang pantai Sulawesi Utara, Likupang adalah keajaiban tersembunyi di salah satu lokasi yang jarang dikunjungi di Indonesia. Daerah ini terkenal dengan pantai berpasir putih dan kantong pantai yang indah.

Pantai dan teluk Pulisan menawarkan beberapa peluang foto dan pemandangan laut yang luar biasa, sementara pulau Lihaga dan Gangga lepas pantai juga bagus untuk wisata snorkeling dan perjalanan menyelam.

Daerah ini juga merupakan pusat keanekaragaman hayati, dengan upaya konservasi yang dilakukan baik di darat maupun di laut.

Hal ini menjadikan Likupang lokasi yang ideal bagi wisatawan yang memiliki hubungan dengan alam dan kecintaan pada alam bebas. 

6. Kepulauan Seribu, DKI Jakarta

Di Kepulauan Seribu, kamu akan menemukan bagian lain dari Jakarta yang jauh dari hiruk pikuk ibu kota Indonesia. 

Di pulau ini terdapat objek wisata bernama Taman Nasional Kepulauan Seribu yang digunakan juga sebagai kawasan konservasi.

Selain itu, Kepulauan Seribu juga memiliki banyak pulau indah yang sangat cocok untuk liburan akhir pekan. 

Beberapa di antaranya adalah Pulau Kahyangan, Pulau Pabelokan, Pulau Bidadari, Pulau Onrust dan masih banyak lagi lainnya.

Tempat ini sangat cocok untuk diving, snorkeling dan aktivitas air lainnya karena airnya yang bersih dengan pantai pasir putih.

7. Kepulauan Karimun Jawa, Jawa Tengah

Di Provinsi Jawa Tengah bagian utara terdapat satu tempat wisata menarik yang banyak dikunjungi wisatawan sebagai tempat liburan akhir pekan, tidak hanya untuk wisatawan domestik, tetapi juga wisatawan mancanegara, yaitu Kepulauan Karimun Jawa.

 Pulau yang berada di wilayah Kabupaten Jepara ini merupakan titik paling nyaman untuk menikmati surga bawah laut dengan 90 spesies karang laut dan 240 lebih spesies ikan cantik.

Kamu juga bisa menikmati hutan bakau dan melihat hewan-hewan khas di pulau kecil yang juga berlabel Pulau Karibia Jawa ini, seperti rusa, kera, kura-kura, berbagai jenis burung dan masih banyak lagi lainnya.

Tak heran jika Kepulauan Karimun Jawa masuk daftar destinasi liburan terfavorit 2023. Liburan kamu bersama keluarga akan menyenangkan di sini.

8. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur

Jawa Timur memiliki satu tempat wisata yang tidak bisa dipungkiri keindahannya yaitu Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Tempat wisata ini layak masuk daftar destinasi liburan terfavorit 2023.

Tempat wisata yang terletak di 4 kabupaten di Jawa Timur ini memiliki banyak objek menarik. 

Beberapa di antaranya adalah Gunung Bromo dan Semeru, lautan pasir, Pantai Berbisik, Air Terjun Madakaripura, Ranu Pane (Danau), Ranu Kumbolo (Danau Air Tawar) dan masih banyak lagi.

9. Kepulauan Gili

Kepulauan Gili merupakan salah satu tempat wisata yang banyak dikunjungi wisatawan sejak tahun 1980-an. 

Gili yang menjadi ciri khas Lombok terdiri dari tiga pulau yaitu Gili Trawangan, Meno, dan Air.

Gili Trawangan adalah pulau terbesar dan paling banyak dikunjungi sedangkan Meno adalah pulau terkecil dan tempat yang tenang cocok untuk liburan bulan madu atau liburan keluarga.

Minimnya polusi udara, cara hidup yang sederhana serta suasananya yang tenang membuat siapa saja yang berkunjung ke pulau ini tidak ingin pergi.

Hebatnya, penduduk di pulau ini lebih memilih menggunakan alat transportasi tradisional seperti delman dan becak daripada menggunakan sepeda motor. Itu sebabnya udara di tempat ini tidak banyak tercemar polusi.

10. Belitung, Bangka Belitung

Jika bermain air dan berenang di pantai adalah kegiatan favorit keluarga selama liburan maka Belitung menjadi destinasi liburan terfavorit 2023.

Belitung adalah sebuah kabupaten di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Indonesia, dengan ibu kota Tanjung Pandan.

Belitung adalah pilihan yang tepat bagi wisatawan keluarga untuk menikmati keindahan laut karena jarak antar pulau yang dekat.

Ada banyak pulau dan pantai indah yang bisa kamu nikmati di sana, seperti Pantai Nyiur Melambai, Pantai Lengkuas, Pantai Tanjung Tinggi, Pulau Pasir, Pulau Batu Berlayar dan lain-lain.

(Baca Juga: Tips Liburan Gratis dengan Kartu Kredit, Yuk Cobain!)

Gunakan Kartu Kredit Selama Liburan Lebih Praktis

Nah, itu dia beberapa destinasi liburan terfavorit 2023 yang mungkin bisa kamu kunjungi. Agar segala transaksi selama liburan lebih praktis, kamu dapat menggunakan kartu kredit selama berlibur. 

Tidak hanya itu, kamu juga dapat memanfaatkan berbagai promo yang ada dengan menggunakan kartu kredit sehingga liburanmu lebih hemat.

Jika belum memilikinya, kamu dapat mengajukannya lebih dahulu melalui CekAja.com untuk pengajuan yang mudah dan cepat.

Terdapat berbagai jenis kartu kredit dari bank ternama yang dapat kamu ajukan melalui CekAja.com, diantaranya sebagai berikut:

CekAja.com sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK sehingga kamu dapat melakukan segala transaksi dengan aman tanpa perlu khawatir soal keamananya.

Tunggu apalagi? Ajukan dan nikmati berbagai promo yang ada di kartu kredit melalui CekAja.com sekarang juga!