Kelebihan GoFood dan GrabFood beserta Kekurangannya yang Perlu Diketahui

7 min. membaca Oleh Nadhillah Kusindriani pada

Sebagai generasi milenial sekaligus pengguna aktif aplikasi digital pesan makanan, sepertinya kamu perlu tahu apa saja kelebihan GoFood dan GrabFood beserta kekurangannya. Karena seperti yang diketahui, kedua aplikasi tersebut memberikan banyak kemudahan pesan makanan untuk para penggunanya.

Buat kamu yang memiliki segudang aktivitas sibuk, dan tidak memiliki cukup waktu untuk memasak, keberadaan kedua aplikasi ini rasanya sangat membantu.

Ya, GoFood dan GrabFood merupakan aplikasi pesan makanan dan minuman yang bisa diandalkan, ketika kamu menginginkan makanan dan minuman tertentu namun tidak bisa membuat, atau bahkan membelinya sendiri ke lokasi penjualan.

Selain dimudahkan dalam proses pembelian makanan dan minuman, kedua aplikasi tersebut juga memberikan banyak kemudahan yang dapat dinikmati para penggunanya.

Daripada penasaran apa saja kemudahan yang diberikan tersebut, pada kesempatan kali ini CekAja.com akan mengulas sederet kelebihan GoFood dan Grabfood beserta kekurangannya secara lengkap, khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

Sekilas tentang GoFood dan GrabFood

Sebelum membahas lebih jauh tentang kelebihan GoFood dan Grabfood beserta kekurangannya, sebaiknya kamu ketahui terlebih dahulu sekilas informasi tentang GoFood dan GrabFood itu sendiri.

Adapun informasi dasar terkait GoFood dan GrabFood, akan diberikan uraiannya secara lengkap sebagai berikut.

GoFood

Mendengar kata GoFood, rasanya sebagian besar orang sudah tahu apa itu GoFood dan fungsinya.

Ya, seperti yang sudah disinggung di awal pembahasan kalau GoFood merupakan salah satu layanan pesan antar online, yang menjadi fitur dari aplikasi Gojek.

Untuk para mitra usaha yang sudah terdaftar di layanan GoFood, mereka nantinya akan menerima pesanan dari para pengguna fitur GoFood di aplikasi GoBiz.

Hal itu tentunya membuat para mitra usaha memiliki kesempatan untuk meningkatkan penjualan, dengan cara memperluas jangkauan usaha ke seluruh pengguna aplikasi Gojek.

Namun selain itu, para mitra usaha juga bisa meningkatkan penjualannya dengan cara menampilkan foto banner yang menarik, mengatur menu yang tersedia, mengatur jam dan status operasional (buka atau tutup), serta update foto menu makanan.

Sementara untuk para penggunanya sendiri (pemesan), mereka akan mendapatkan kemudahan dalam memesan makanan dan minuman yang diinginkan, tanpa perlu pergi keluar rumah.

(Baca Juga: Langkah-langkah Daftar Usaha Kuliner di Go Food dan Grab Food)

GrabFood

Informasi dasar selanjutnya yang perlu kamu ketahui, yaitu datang dari GrabFood. Fitur layanan yang satu ini sebenarnya memiliki fungsi yang sama seperti GoFood, hanya saja berasal dari perusahaan yang berbeda.

Buat kamu yang belum tahu, GrabFood merupakan salah satu layanan pesan antar makanan, milik perusahaan transportasi berbasis online asal Singapura, yaitu Grab.

Melalui GrabFood, kamu dan pengguna lainnya selaku konsumen bisa bebas memesan makanan dan minuman yang diinginkan secara online, hanya menggunakan smartphone saja. Bagaimana, sangat mudah bukan?

Dan untuk para mitra usahanya sendiri, mereka diberikan kemudahan akses dalam menjual dan mengatur pengantaran makanan hanya lewat aplikasi.

Karena nantinya, pengambilan dan pengantaran makanan atau minuman yang dipesan konsumen, akan dilakukan oleh driver yang menjadi mitra dari Grab.

Kelebihan GoFood dan GrabFood beserta Kekurangannya

Nah, setelah mengetahui beberapa informasi dasar terkait GoFood dan GrabFood di pembahasan sebelumnya, maka kini saatnya untuk kamu mengetahui apa saja kelebihan GoFood dan GrabFood beserta kekurangannya.

Sebagian besar kelebihan yang dimiliki kedua aplikasi tersebut mungkin kamu sudah tahu, namun untuk kekurangannya sendiri apakah kamu benar-benar sudah mengetahuinya?

Daripada menebak-nebak, di bawah ini CekAja.com akan memberikan beberapa kelebihan GoFood dan GrabFood beserta kekurangannya dari berbagai sisi, yang telah dirangkum sebagai berikut.

1. Sistem order pesanan

Pertama, kamu akan mengetahui kelebihan GoFood dan GrabFood beserta kekurangannya dari sisi sistem order pesanan.

Untuk GoFood sendiri, aplikasi ini memperbolehkan konsumennya untuk melakukan banyak order makanan atau minuman, dari beberapa tempat yang berbeda dalam satu waktu.

Sedangkan, GrabFood tidak memberikan fasilitas itu kepada konsumennya. Yang mana, para konsumen GrabFood hanya diperbolehkan melakukan satu pemesanan dan harus menyelesaikannya terlebih dahulu, untuk bisa kembali melakukan pemesanan dari restoran berbeda.

Seperti contoh, kamu bisa memesan sate taichan goreng sekaligus minuman street boba dari dua restoran yang berbeda dalam satu waktu jika menggunakan GoFood.

Sementara jika menggunakan GrabFood, kamu hanya bisa memesan sate taichan goreng saja dan menyelesaikan pesanannya terlebih dahulu, untuk selanjutnya bisa memesan minuman street boba.

Jadi dari hal tersebut bisa dilihat, kalau GrabFood memiliki kekurangan dari sisi sistem order pesanan, karena tidak bisa melakukan multiple order.

Sehingga, apabila kamu sedang membutuhkan banyak makanan bervariasi dalam waktu singkat, sebaiknya kamu menggunakan fitur GoFood dibandingkan GrabFood.

2. Pemberian potongan harga

Kelebihan GoFood dan GrabFood beserta kekurangannya yang perlu kamu ketahui berikutnya, yaitu potongan harga yang diberikan.

Sebenarnya, kedua fitur tersebut seringkali memberikan potongan harga yang bersaing. Adapun potongan harga yang diberikan cukup beragam, mulai dari diskon, gratis ongkir, hingga cashback melalui OVO atau GoPay.

Namun untuk GoFood sendiri, ia lebih sering memberikan potongan harga dalam bentuk diskon atau gratis ongkir kepada para penggunanya.

Berbeda dengan GrabFood yang lebih sering memberikan potongan harga dalam bentuk diskon 50 persen, dengan minimal pembelian 50 ribu misalnya.

Baik GoFood maupun GrabFood, keduanya memberikan promo yang sama-sama menguntungkan.

Tetapi, kamu selaku konsumen bisa memilih satu dari dua fitur tersebut yang dirasa paling menguntungkan, karena memberikan potongan harga yang ‘sangat ramah’ dengan kantongmu.

3. Armada yang dimiliki

Selain dua hal di atas, kamu juga perlu melihat kelebihan GoFood dan GrabFood beserta kekurangannya dari sisi armada yang dimiliki.

Seperti yang diketahui, fitur GoFood hadir lebih dulu dibandingkan GrabFood, karena aplikasi transportasi online Gojek diluncurkan lebih awal dibandingkan Grab.

Bisa dikatakan Gojek merupakan pelopor lahirnya transportasi ojek online di Indonesia, yang kemudian jejaknya diikuti oleh perusahaan-perusahaan lain seperti Grab, Uber dan lain sebagainya.

Melihat dari awal mula pendiriannya, maka tidak heran apabila armada yang dimiliki GoFood lebih banyak dibandingkan GrabFood.

Jika kamu penasaran dengan hal tersebut dan ingin membuktikannya, maka kamu bisa langsung coba memesan makanan secara bersamaan dari GoFood dan GrabFood.

Setelah itu tunggu beberapa saat, dan lihat kalau pesanan yang kamu lakukan lewat GoFood akan datang lebih cepat dibandingkan makanan yang dipesan melalui GrabFood.

Hal tersebut dikarenakan, driver yang dimiliki GrabFood sudah terbiasa menerima order makanan atau minuman dari berbagai tempat, sehingga driver pun sudah hafal dengan jalanan, mall bahkan lokasi tempat makan yang sulit ditemukan.

Mungkin hal itu tidak bisa jadi bukti otentik saat ini. Namun di awal-awal kehadirannya ini bisa dijadikan satu faktor penentu, kalau armada yang dimiliki GoFood lebih banyak dibandingkan GrabFood.

4. Tampilan aplikasi

Indikator lain yang bisa digunakan untuk melihat kelebihan GoFood dan GrabFood beserta kekurangannya, yaitu tampilan aplikasi.

Secara umum, tampilan aplikasi yang dimiliki GoFood terlihat lebih menarik dibandingkan GrabFood.

Ini mungkin dikarenakan, GoFood memang aplikasi perdana digunakan hampir sebagian besar masyarakat Indonesia, dan sudah melalui banyak perubahan ke arah yang lebih baik setiap periodenya.

Apalagi, GoFood juga memiliki aplikasi SPOTS mesin kasir, yang dapat membantu para pelaku usaha untuk mengatur keuangan dan laporan sehari-harimu.

Jadi jika dilihat secara tampilan aplikasi, lagi-lagi GoFood bisa dikatakan lebih unggul dibandingkan GrabFood. Meski begitu, bukan berarti GrabFood memiliki tampilan yang rumit dan tidak ramah pengguna.

Cara Memesan GoFood dan GrabFood

Setelah mengetahui sejumlah kelebihan GoFood dan GrabFood beserta kekurangannya, kamu mungkin tertarik untuk mencoba memesan makanan atau minuman melalui dua fitur tersebut.

Buat kamu yang belum pernah melakukan pemesanan melalui dua fitur ini, agar lebih mudah melakukannya di bawah ini CekAja.com akan memberikan cara memesan GoFood dan GrabFood yang mudah, di antaranya yaitu:

GoFood

  • Buka aplikasi Gojek
  • Pilih menu layanan GoFood
  • Kemudian klik ‘Your Location’ di bagian atas halaman, dan tulis lokasi yang akan dituju
  • Jika sudah, cari menu makanan yang diinginkan dengan menuliskannya di kolom yang sudah tersedia
  • Setelah itu pilih restoran dan menu makanan yang diinginkan, lalu klik ‘add to cart’ dan muncul tampilan yang berisi informasi pesanan, alamat yang dituju, serta total harga yang harus dibayarkan
  • Jika semua informasi yang tercantum pada tampilan tersebut sudah benar, klik ‘order’ dan kamu tinggal menunggu pesananmu diambil oleh driver.

GrabFood

  • Buka aplikasi Grab
  • Pilih menu layanan Food
  • Kemudian klik ‘DELIVER TO’ di bagian atas halaman, dan tulis lokasi yang akan dituju
  • Jika sudah, cari menu makanan yang diinginkan dengan menuliskannya di kolom yang sudah tersedia
  • Setelah itu pilih restoran dan menu makanan yang diinginkan, lalu klik ‘add to basket’ dan muncul tampilan yang berisi informasi pesanan, alamat yang dituju, serta total harga yang harus dibayarkan
  • Jika semua informasi yang tercantum pada tampilan tersebut sudah benar, klik ‘place order’ dan kamu tinggal menunggu pesananmu diambil oleh driver.

Nah, itulah cara memesan makanan atau minuman lewat GoFood dan GrabFood. Bagaimana, sangat mudah bukan?

Tanpa membutuhkan waktu lama, kamu sudah bisa langsung mendapatkan makanan dan minuman yang kamu inginkan.

(Baca Juga: Keuntungan Pengusaha Kuliner Bermitra dengan Ojek Online)

Beberapa informasi terkait kelebihan GoFood dan GrabFood beserta kekurangannya, sudah kamu ketahui dengan jelas dan lengkap di pembahasan sebelumnya.

Semua informasi tersebut, tentunya akan menambah pengetahuanmu tentang dua fitur pesan antar makanan atau minuman online itu sendiri.

Dan selain itu, kamu juga sudah mengetahui cara memesan makanan atau minuman di GoFood dan GrabFood dengan mudah.

Yang mana, kemudahan itu tidak hanya bisa kamu rasakan dari cara pemesanannya saja, tetapi juga dari sistem pembayarannya.

Sebab, kamu bisa melakukan pemesanan dan pembayaran menggunakan kartu kredit. Sehingga, meskipun kamu tidak memiliki uang tunai, kamu tetap bisa memesan makanan yang diinginkan dan membayarnya dengan kartu kredit.

Dengan begitu, nantinya kamu tinggal membayar semua tagihan kartu kredit dengan cara dicicil agar tidak memberatkan.

Dan buat kamu yang juga ingin mendapatkan kemudahan tersebut namun belum memiliki kartu kredit, bisa segera mengajukannya melalui CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk kartu kredit yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, proses pengajuannya pun sangat mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, kalau begitu tunggu apalagi? Yuk, ajukan kartu kredit terbaikmu sekarang juga!

[widg-cc]

Tentang kami

Nadhillah Kusindriani

Nadhillah Kusindriani