Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

2 menit waktu bacaan

Enam Cara Dapatkan Penghasilan Tambahan Tanpa Repot

by Ariesta on 7 Januari, 2016

tips kaya _ investasi - CekAja.com

Semakin tingginya harga kebutuhan hidup membuat banyak orang yang berpenghasilan pas-pasan sehingga berusaha mencari peluang usaha melalui penghasilan tambahan di luar pekerjaan.

Kalau salah satu resolusi tahun barumu adalah punya penghasilan tambahan, tentu kamu jangan hanya berdiam diri tanpa melakukan usaha. Ada banyak cara menghasilkan uang tambahan, bahkan ketika kamu tidak punya cukup modal usaha atau waktu sekalipun. Ingin tahu ilmunya? Simak ulasannya di bawah ini.

Memanfaatkan reward kartu kredit

Kalau kamu terbiasa membayar kartu kredit tepat waktu, gunakan reward yang didapat untuk pembelian selanjutnya. Untuk memaksimalkan keuntungan, pilih kartu kredit yang menawarkan persentase cashback tertinggi.

(Baca juga: Mau Dongkrak Kekayaan di Dunia Investasi? Ini Tipsnya)

Maksimalkan bunga tabungan

Maksimalkan simpananmu ke rekening bank yang menawarkan bunga lebih tinggi. Kalau kamu merasa tidak membutuhkan uang tabungan dalam waktu dekat, masukan ke dalam deposito yang menjanjikan keuntungan berlipat.

Sewakan barang-barangmu

Jangan biarkan barang yang tidak digunakan menganggur begitu saja. Sewakan kamar tidak terpakai di rumahmu lewat Airbnb, mobil kepada tetangga di musim liburan, atau kebaya tidak terpakai ke salon pengantin. Sebelum menyewakan, pastikan kamu paham risikonya dan gunakan asuransi untuk melindungi barang-barang berhargamu.

Deposito dan reksadana

Minimum jumlah investasi untuk deposito adalah Rp 5 juta dan bunganya juga relatif kecil yakni hanya 5 persen saja. Namun kelebihan dari deposito, uang yang kamu miliki dijamin aman oleh pihak pemerintah.

Sehingga apabila terjadi sesuatu terhadap bank, kamu dapat menuntut dan memastikan bahwa uang yang kamu investasikan dapat kembali utuh secara legal. Sedangkan reksadana merupakan salah satu pilihan investasi terbaik bagi kamu yang memiliki modal kecil yakni mulai Rp 100 ribu saja.

(Baca juga: Melebihi Harga Rumah, Ini 12 Jam Tangan Pria Termahal di Dunia)

Investasi properti

Kalau kamu merasa cukup punya modal, kamu bisa membeli properti di area strategis seperti dekat universitas. Dengan membuka usaha kos-kosan, uang bisa datang dengan sendirinya setiap bulan. Kalau kamu punya lima kamar dengan biaya Rp 600 ribu sebulan, kamu sudah bisa mengantongi Rp 3 juta tanpa bersusah payah.

Menjual ide

Punya banyak ide yang memenuhi kepala? Cobalah tuangkan ke dalam eBook, aplikasi, desain, atau blog. Memulainya memang sulit, tapi setelah rampung, kamu tidak perlu bersusah payah lagi untuk memanen keuntungan.

(Baca: Investasi Modal Mini dengan Tabungan Emas Pegadaian)

Facebook, Google, Instagram, dan blog travel terkenal seperti kartupos.co.id dan naked-traveler.com semuanya bermula dari ide di kepala yang dituangkan. Kalau ingin penghasilan tambahan, jangan malas menuangkan ide!

Tentang Penulis