Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Frozen II Tayang, Ini Tips Bawa Anak Nonton ke Bioskop

by Sindhi Aderianti on 21 November, 2019

Sekuel kedua film animasi terlaris produksi Walt Disney Pictures, Frozen II sudah mulai tayang di bioskop Indonesia. Kali ini, Anna (Kristen Bell) dan Elsa (Indina Menzel) melakukan perjalanan ke sebuah tempat asing nan penuh keajaiban. Bersama Olaf, Kristoff, dan Sven, mereka berusaha mengetahui asal-usul dari mana kekuatan Elsa didapat, sekaligus menyelamatkan kerajaan yang sedang dalam bahaya.

bawa anak ke bioskop

Frozen II kabarnya memiliki alur cerita yang semakin mendewasakan para karakter. Kisah putri kakak-beradik ini juga menghadirkan lebih banyak lagu dalam filmnya.

Diramal Sesukses Frozen I Jadi Box Office

Enam tahun lalu, Frozen menjadi sebuah fenomena dengan menghasilkan USD1,27 miliar (Rp17 triliun) secara global. Serta mendapat predikat film animasi paling sukses yang pernah ada.

Frozen II disinyalir bakal mengulang sukses sekuel pertamanya. Menurut berbagai sumber, proyek animasi ini menjadi film yang paling dinantikan kehadirannya di tahun 2019. Terbukti dari penjualan tiket yang berhasil memecahkan rekor presale. Situs Fandango dan Atom Tickets bahkan mengumumkan kalau jumlah pembeli advance ticket hari pertama Frozen II telah melewati semua film animasi lainnya, termasuk Toys Story 4.

Bukan cuma itu, sejumlah kritikus bahkan memperkirakan film yang dulu identik dengan lagu Let It Go tersebut berpotensi mengumpulkan USD125 juta di akhir pekan pembukaannya di Amerika. Frozen II juga diprediksi akan memuncaki box office selama perayaan Thanksgiving.

(Baca juga: 6 Aplikasi Beli Tiket Bioskop Tanpa Lewat ‘Orang Dalam’)
Kapan Boleh Bawa Anak Nonton ke Bioskop?

Princess Anna dan Elsa, ditambah Olaf yang jenaka begitu mencuri hati si kecil. Orangtua terutama yang punya anak perempuan, tentu sudah mulai di-request untuk bisa menemaninya nonton Frozen II di akhir pekan nanti. Tunggu dulu, sebetulnya usia berapa anak-anak ideal dibawa nonton di bioskop?

Pemerhati anak menyebut, 4 tahun adalah usia paling tepat untuk bawa anak nonton ikut ke bioskop. Lantaran selain anak sudah bisa mengikuti alur cerita secara lengkap, mereka juga lebih sabar untuk duduk tenang lebih dari 1 jam. Ditambah lagi, pada usia tersebut anak-anak sudah tidak terlalu sensitif dengan suara keras dan sinar yang terang dari layar.

Bagi yang masih punya anak di bawah tiga tahun (batita) , sebaiknya jangan paksakan diri untuk ke bioskop sampai umurnya sudah memenuhi ‘syarat’. Sebab dikhawatirkan, indra pendengaran batita masih belum siap untuk menerima kerasnya suara bioskop.

FYI, sistem penghasil suara di semua bioskop terkemuka bisa mengeluarkan volume hingga mencapai 85 desibel (dB), bahkan jika hanya sebatas suara percakapan standar. Suara di atas 85 dB sangat berbahaya bagi telinga bayi, bahkan dapat menyebabkan kerusakan serius pada telinga bayi bagian dalam, khususnya koklea. Koklea sendiri berfungsi untuk memproses bunyi sehingga bisa terdengar oleh si empunya tubuh.

Agar Anak Nyaman Nonton di Bioskop

Selalu ada yang pertama di setiap pengalaman hidup. Termasuk nonton bisokop dengan anak tercinta. Agar momen nobar ini nyaman dan menyenangkan, coba tips berikut.

1. Film harus sesuai kategori

Kalau berniat bawa anak ke bioskop, pilih film yang ramah anak dan sesuai kategori usianya. Biasanya film animasi lebih menarik untuk anak-anak, karena menampilkan visual penuh warna. Selain itu, pertimbangkan juga durasi film pilihanmu. Film yang terlalu panjang dengan alur yang lambat bisa membuat anak bosan dan menjadi rewel.

2. Masuk setelah iklan dan trailer

Jangan terburu-buru masuk ke dalam studio. Tunggu maksimal 10 menit untuk melewatkan iklan dan trailer yang diputar sebelum film dimulai. Selain bikin lama, anak-anak di bawah usia 8 tahun, belum bisa membedakan antara iklan dengan isi film. Sehingga mereka akan bingung saat harus menontonnya juga.

3. Timing dan persiapan

Rata-rata anak punya mood yang bagus saat masih pagi hingga menjelang siang. Maka itu rencanakan menonton di jam pertama bioskop. Pastikan anak tidur cukup malam harinya, supaya tak rungsing karena ngantuk. Jangan lupa bawa air minum dan cemilan favorit yang mudah dimakan di dalam bioskop.

4. Tawarkan ke toilet dulu

Sebelum masuk studio, ada baiknya tawarkan anak untuk buang air kecil/ besar terlebih dulu. Jangan sampai kebelet saat nonton, lalu malah ngompol di tempat. Tuntaskan ‘urusan toilet’ ini demi kenyamanan anak dan orangtua sendiri. Beri edukasi juga kalau menonton akan lebih asyik tanpa bolak-balik ke toilet.

(Baca juga: Jadi Pribadi Lebih Baik, Ingat 5 Pesan Moral ala Film Gundala)
5. Ikuti maunya anak

Bila anak mulai tidak betah dan ingin keluar, turuti saja. Tak perlu merasa rugi karena sudah membayar tiket. Anak yang dipaksa terus menonton hingga menangis, justru membuatnya trauma di kemudian hari. Pun akan mengganggu penonton lain yang memang niat menghabiskan film sampai tuntas.

Nonton bioskop  bisa menjadi salah satu pilihan quality time yang seru dengan si kecil. Sekaligus mengedukasinya lewat pesan moral dari film tersebut. Jadi, sudah siap bawa anak ke bioskop?

Dengan kartu kredit BRI Touch, nikmati promo buy 1 get 1 reguler class di CGV Cinema seluruh Indonesia. Penawaran ini berlaku setiap hari Kamis mulai 1 Juli 2019 – 31 Desember 2019. Apply sekarang melalui CekAja.com!

Tentang Penulis

Sindhi Aderianti

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.