Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

Gaji 1 Digit Bisa Jadi Penghasilan 3 Digit, Ini Caranya

by Ariesta on 30 November, 2016

tips naik gaji - CekAja.com

Semakin tingginya harga kebutuhan hidup membuat kamu yang bergaji satu digit harus mulai memutar otak dan berusaha lebih keras.

Apalagi jika kamu sudah atau berencana membangun keluarga. Harga rumah, kendaraan, kebutuhan anak seperti biaya pendidikan dan kesehatan di masa depan tidaklah murah.

Jadi, jika saat ini kamu masih berusia awal 20-an dan ingin kaya di usia 40-an, susun rencana matang demi meraih kebebasan finansial. Beberapa cara berikut bisa mengantar kamu yang sekarang hanya bergaji satu digit memiliki penghasikan tiga digit.

Investasi saham

Sudah banyak kisah tentang orang yang berhasil kaya lewat investasi saham. Contoh paling sukses adalah salah satu dari lima orang terkaya di dunia, Warren Buffet. Dia memulai investasi saham pertamanya sejak usia 11 tahun dengan membeli saham Cities Service seharga US$38.

Setelah lulus SMA, di saat teman-teman sebayanya sibuk berpacaran, Buffet sudah memiliki sebidang tanah di Omaha seharga US$1.200. Dari kalangan selebriti ada Jared Letto yang berinvestasi di 40 perusahaan yang di antaranya Blue Bottle Coffee, perusahaan HR Zenefits, Reddit, dan aplikasi video streaming Meerkat.

Caranya membidik peluang pun cukup unik. Saat dia memutuskan membeli saham Reddit, investor lain justru menghindari karena jejaring sosial dan situs berita ini dinilai kontroversial. Namun Letto justru melihat peluang.

Dia pun berkontribusi atas uang senilai US$50 juta yang berhasil dikumpulkan Reddit pada September 2014. Keputusannya ini memang tepat. Pasalnya pada Juli 2015, harga Reddit melonjak hingga US$4 miliar. (Baca juga: Trik Kelola Gaji Jadi Investasi)

Cerita tak kalah mengagumkan juga terjadi saat dia berinvestasi pada Nest Labs. Ini karena pada tahun 2014 Google mengakuisisi perusahaan tersebut seharga US$3,2 miliar. Bayangkan jika kamu melakukan hal yang serupa seperti Jared Letto dan Warren Buffet. Bukan tidak mungkin kamu akan mengikuti jejak sukses mereka.

Bisnis sampingan

Bisnis sampingan masih menjadi cara favorit untuk menambah pundi-pundi penghasilan. Jika kamu pandai membidik peluang dan membaca kebutuhan pasar, kesuksesan bisa diraih dengan cepat. Ide pekerjaan sampingan bisa datang dari hal sederhana.

Misalnya dengan menangkap peluang di balik fenomena baby boomers (lonjakan angka kelahiran bayi setiap tahunnya). Kamu bisa menjalankan bisnis penyewaan perlengkapan dan mainan anak.

Sederhana memang, tapi banyak pelaku bisnis ini bisa mengeruk untung miliar per tahun. Bisnis online seperti bisnis fesyen, kosmetik, kuliner, budidaya juga tidak sepi peminat. Semua bisnis ini tidak memerlukan modal yang besar. Tapi satu hal yang pasti, semakin dini kamu merintis, semakin besar peluang bisnis berkembang di kemudian hari. (Baca juga: Tips Bisa Keliling Dunia Sebelum Umur 50 Tahun)

Bisnis properti

Meroketnya harga properti di Indonesia ternyata tak menyurutkan minat masyarakat untuk membeli properti. Sebuah survei di Indonesia mengungkapkan, tidak sedikit anak muda usia 20 tahun-30 tahun sudah siap membeli properti.

Bahkan, 70% responden menyatakan tengah menyiapkan pembelian rumah tapak di masa depan. Dari data sederhana tersebut, kita bisa melihat potensi stabilnya permintaan terhadap properti.

Minta bantuan pengelola kekayaan profesional

Meskipun kamu memiliki penghasilan satu digit, peluang untuk melipatgandakan kekayaan tetap ada. Gunakan bantuan professional untuk membantu mewujudkan mimpi tersebut. Salah satunya dengan mempercayakan pengelolaan atas aset yang kamu miliki pada wealth manager.

Salah satu Wealth Manager terpercaya di Indonesia dimiliki oleh bank DBS. Para profesional pengelola aset tersebut berperan sebagai manager keuangan yang membantu kamu mengembangkan kekayaan. Dengan pengetahuan dan pengalaman mereka, kamu akan memperoleh saran ahli di bidang perbankan sehingga kamu dapat mengambil keputusan finansial yang tepat.

Dengan bantuan Wealth Manager dari DBS, kamu memiliki kesempatan untuk mengembangkan kekayaan dengan cara pengembangkan aset (Wealth Accumulation), perlindungan aset (Wealth Preservation), mempertahankan (Defensive Play), pinjaman, dan penelitian pasar (Market Research). Ingin dapat mewujudkan mimpi kebebasan finansial yang sejati, kenapa harus tunggu lama lagi?

Mulai kelola kekayaan kamu untuk masa depan lebih baik!

Artikel ini didukung oleh Wealth Management DBS Treasures.

Tentang Penulis