Gak Perlu Jauh-Jauh Liburan, Tengok 6 Destinasi Wisata Asyik di Garut

4 min. membaca Oleh CekAja on

Siapa sih yang tidak kenal dengan Garut? Salah satu kota di Jawa Barat itu merupakan surga kuliner yang disebut dodol. Karena itu, dodol menjadi oleh-oleh yang wajib dibawa pulang ketika sedang wisata ke Garut.

Destinasi Wisata Asyik di Garut

Selain dodol, Garut juga dikenal sebagai surganya destinasi wisata. Di sini banyak sekali tempat yang patut dikunjungi dan wajib dicoba.

Apalagi kalau sudah memasuki musim liburan, tempat-tempat wisata langsung diserbu oleh wisatawan.

Baik itu dari wilayah sekitar Garut, wisatawan lokal, maupun mancanegara. Tidak lupa, mereka pastinya akan membawa dodol sebagai oleh-oleh.

Lantas, apa saja sih destinasi wisata di Garut yang paling banyak diminati oleh wisatawan itu? Berikut penjelasannya.

(Baca juga: Wisata ke Natuna, Kunjungi 5 Tempat Keren Ini)

1. Situ Bagendit

Situ Bagendit - Gak Perlu Jauh-Jauh Liburan Tengok 6 Destinasi Wisata Asyik di Garut

Di wilayah Garut terdapat sebuah danau atau situ yang dikenal dengan nama Situ Bagendit. Situ yang terletak di Desa Bagendit, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut itu mempunyai cerita rakyat atau legenda yang terkenal.

Konon katanya, ada sebuah janda yang pelit dan tamak. Saking pelitnya, dia bahkan enggan memberi air kepada seorang kakek-kakek yang datang untuk meminta minum.

Kemudian, janda tersebut akhirnya tenggelam akibat kutukan dari kakek tersebut. Karena legenda yang terkenal itulah Situ Bagendit menjadi ramai dikunjungi oleh wisatawan dari luar Garut.

Kebanyakan dari mereka mendengar cerita rakyat tersebut, dan ingin menyaksikan langsung danau yang melegenda itu.

Air di danau ini sangat tenang dan bersih, di tambah dengan suasana alam yang menyejukkan. Di sini disediakan perahu dan sepeda air untuk disewakan kepada wisatawan, dan bisa dipakai berkeliling danau.

2. Pemandian Air Panas Darajat Pass

Pemandian Air Panas Darajat Pass - Gak Perlu Jauh-Jauh Liburan Tengok 6 Destinasi Wisata Asyik di Garut

Jika biasanya taman air atau waterpark hanya menggunakan air kolam biasa, lain halnya dengan yang ada di Garut.

Di sini, ada waterpark yang menggunakan kolam pemandian air panas, yang bernama Pemandian Air Panas Darajat Pass yang terletak di Kecamatan Samarang.

Sama seperti waterpark pada umumnya, di lokasi wisata itu juga disediakan beberapa wahana air yang sangat digemari anak-anak, seperti waterboom.

Selain itu, juga terdapat permainan outbound seperti flying fox. Tempat wisata ini sangat cocok buat kamu yang mau menikmati berendam air panas sambil bermain wahana air.

3. Gunung Papandayan

Gunung Papandayan - Gak Perlu Jauh-Jauh Liburan Tengok 6 Destinasi Wisata Asyik di Garut

Wilayah Garut terdapat sebuah gunung, yakni Gunung Papandayan. Kalau kamu seorang pecinta alam, tidak ada salahnya menjajal gunung dengan ketinggian 2665 mdpl tersebut.

Gunung Papandayan juga cocok buat pendaki pemula yang baru mencoba mendaki gunung, karena medannya yang tidak begitu ekstrim.

Kamu bisa menyaksikan spot-spot yang menarik seperti Kawah Gunung Papandayan, Hutan Mati, Tegal Alun, dan area perkemahan camping Ground Pondok Saladah.

Selain itu, yang tidak kalah menariknya adalah menikmati panorama matahari terbit dari atas gunung.

4. Kawah Putih Talaga Bodas

Kawah Putih Talaga Bodas - Gak Perlu Jauh-Jauh Liburan Tengok 6 Destinasi Wisata Asyik di Garut

Siapa yang bilang wisata kawah putih hanya ada di Ciwidey Kabupaten Bandung saja?

Di Garut juga ternyata ada destinasi wisata kawah putih, tepatnya di wilayah Sukamenak, Wanaraja, Garut, yang bernama Kawah Putih Talaga Bodas. Kawah putih di sini tidak kalah uniknya dengan yang ada di Ciwidey sana.

Talaga Bodas berada di kawah gunung yang masih aktif. Meskipun begitu, kondisi di sekitar kawah cukup aman, sehingga tidak akan membahayakan para wisatawan.

Apalagi kalau dilihat dari atas, danau ini terlihat sangat cantik dengan gradasi air warna hijau toska dan biru tua.

Di sini juga terdapat pemandian air panas yang dipercaya bisa menghilangkan segala macam penyakit kulit, serta mengatasi pegal-pegal.

5. Pantai Puncak Guha

Pantai Puncak Guha - Gak Perlu Jauh-Jauh Liburan Tengok 6 Destinasi Wisata Asyik di Garut

Wilayah Garut juga mempunyai wisata pantai yang tak kalah menariknya dengan tempat lain. Salah satunya yang cukup terkenal adalah Pantai Puncak Guha yang terletak di Sinarjaya, Bungbulang, Kabupaten Garut.

Meskipun wisata pantai, tetapi kamu tidak bisa menginjakkan kaki ke pantai dan bermain pasir pantai.

Hal ini dikarenakan ombak di laut Pantai Puncak Guha ini sangat besar, sehingga kurang cocok untuk berenang atau melakukan olahraga air.

Sebagai gantinya, kamu bisa menyaksikan pantai ini dari atas sebuah tebing. Di sinilah menjadi spot terbaik untuk menikmati panorama pantai Puncak Guha.

Tebing tersebut juga sangat cocok buat kamu yang ingin berkunjung ke sebuah pantai yang tidak terlalu sesak oleh orang-orang.

(Baca juga: 10 Destinasi Wisata Dunia yang Bakal Jadi Tren di 2020)

6. Pantai Rancabuaya

Pantai Rancabuaya - Gak Perlu Jauh-Jauh Liburan Tengok 6 Destinasi Wisata Asyik di Garut

Wisata pantai yang menarik lainnya di Garut adalah Pantai Rancabuaya. Sekilas, kamu akan berpikiran kalau pantai ini dipenuhi oleh buaya karena namanya. Tapi tenang saja, di sini tidak ada buaya sama sekali.

Pantai yang terletak di Caringin Kabupaten Garut ini, merupakan pantai yang dipenuhi oleh batu karang yang cukup besar, dan berjumlah banyak.

Ombak di pantai ini sangat besar karena berbatasan langsung dengan Samudra Hindia, sehingga tempat ini sangat tidak cocok digunakan untuk berenang.

Satu hal yang menarik dari pantai ini, adalah adanya air terjun yang langsung menghadap ke laut.

Lokasi inilah yang paling banyak diburu oleh wisatawan, karena keunikannya dan jarang ditemukan di tempat lain.

Itulah beberapa tempat wisata yang menarik di Garut yang patut kamu kunjungi. Jadi, ketika musim liburan datang, masukkan wilayah Garut menjadi salah satu destinasi berlibur kamu.

Nah buat kamu yang berencana liburan pekan ini, gak ada salahnya menyiapkan dari sekarang. Biar makin asyik, jangan lupa sertakan asuransi travel dalam perjalananmu. Bingung belinya? Akses CekAja.com

Tentang kami

CekAja

CekAja