5 Hal yang Membuat Pengajuan KPR Ditolak

Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) menjadi solusi bagi kamu yang ingin memiliki rumah impian. Namun tak jarang ada beberapa hal yang membuat pengajuan KPR ditolak.

5 Hal yang Membuat Pengajuan KPR Ditolak

Sejatinya, program KPR bisa membantumu mendapatkan sebuah rumah dengan memberikan uang muka dan mencicil sisanya. Jadi, ini sangat meringankan urusan pembiayaan.

Apalagi harga hunian di zaman sekarang terbilang sangat mahal. Sehingga banyak orang yang merasa bahwa membeli rumah secara tunai merupakan hal yang sulit.

Nah, jika kamu berencana mengajukan KPR, ada baiknya kamu simak tips berikut ini dan hindari hal-hal yang memungkinkan pengajuanmu ditolak.

Hal yang Membuat Pengajuan KPR Ditolak

1. Riwayat SLIK Buruk

1. Riwayat SLIK Buruk - Pengajuan KPR Ditolak

Saat mengajukan KPR, kamu akan dimintai bukti BI Checking yang sekarang namanya berganti menjadi SLIK (Sistem Layanan Informasi Keuangan).

Baik atau tidaknya riwayat kredit seorang nasabah akan terdata dan dapat terlihat pada sistem ini. Kalau riwayat kreditmu buruk, tentu pengajuan KPR akan ditolak.

Lalu, bagaimana caranya supaya skor kredit menjadi baik? Caranya adalah dengan melunasi tunggakan-tunggakan yang belum terbayar sebelum mengambil pinjaman yang baru.

2. Salah Hitungan

2. Salah Hitungan - Pengajuan KPR Ditolak

Hal yang membuat pengajuan KPR ditolak selanjutnya adalah adanya salah perhitungan. Biasanya, bank menetapkan cicilan KPR maksimal 35% 40% dari penghasilan bulanan pemohon.

Jika kamu memilih rumah dengan harga terlalu tinggi dan angka cicilannya kurang sesuai dengan penghasilanmu, maka pengajuan KPR bisa ditolak.

Untuk menghindarinya, pilih rumah yang sesuai dengan kemampuanmu untuk membayar cicilannya. Dengan begitu, kamu tidak akan terbebani saat membayar cicilan dan pengajuan pun akan disetujui.

(Baca Juga: 6 Tips Lolos KPR untuk Karyawan Kontrak)

3. Lokasi Rumah Tidak Disukai Bank

3. Lokasi Rumah Tidak Disukai Bank - Pengajuan KPR Ditolak

Sebaiknya, hindari lokasi rumah yang jalannya tidak bisa dilewati oleh mobil. Sebab, bank biasanya tidak cocok dengan lokasi seperti itu.

Lokasi lain seperti rumah yang dekat dengan Taman Pemakaman Umum (TPU), Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPS), atau Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPA) juga harus dihindari.

4. Usia Pemohon

4. Usia Pemohon - Pengajuan KPR Ditolak

Hal yang membuat pengajuan KPR ditolak selanjutnya adalah usia. Bank biasanya menetapkan batas usia maksimal ketika cicilan berakhir adalah 55 65 tahun.

Jadi sebaiknya ajukan KPR di usia muda. Jika usiamu sudah terlalu tua untuk mengajukan KPR, kamu bisa memilih untuk mengajukan KPR tenor pendek. 

5. Tidak Meyakinkan

5. Tidak Meyakinkan - Pengajuan KPR Ditolak

Hal terpenting yang harus dilakukan oleh calon debitur adalah meyakinkan pihak bank bahwa kamu adalah orang yang tepat untuk mendapatkan KPR.

Biasanya, kamu akan diwawancara oleh pihak bank saat mengajukan KPR. Berusahalah untuk sopan, jujur, dan lugas ketika menjawab pertanyaan yang diajukan.

(Baca Juga: Ini Dia Cara Mengajukan KPR untuk Karyawan, Pasti Diterima!)

Nah itu dia beberapa hal yang membuat pengajuan KPR ditolak dan tips mengatasinya. Tetapi kalau pengajuan KPR masih ditolak, kamu bisa gunakan opsi lain seperti menggunakan kredit tanpa agunan (KTA).

Kamu bisa tambahkan uang yang kamu miliki dengan pinjaman yang plafonnya bisa sampai ratusan juta rupiah. Kedepannya, kamu tinggal membayar rumah impianmu dengan uang tersebut.

Pilihan tenornya pun beragam dan bunganya ringan, mulai 0,65% saja per bulannya. Nah untuk pengajuannya bisa dilakukan secara online melalui CekAja.com.

Kamu juga bisa cek dan bandingkan dulu KTA terbaik yang ada di CekAja.com seperti berikut ini.

Jika sudah menentukan pilihan, langsung saja ajukan dengan cepat, mudah, dan aman hanya di CekAja.com!