6 Hal yang Sering Ditanyakan saat Ajukan Pinjaman Modal Usaha, Yuk Simak!

Solusi untuk mendapatkan sebuah modal adalah dengan mengajukan pinjaman, tetapi, tahukah kamu kira-kira apa saja hal yang sering ditanyakan saat ajukan pinjaman modal usaha? Jika belum, kamu perlu menyimak artikel berikut ini!

6 Hal yang Sering Ditanyakan saat Ajukan Pinjaman Modal Usaha, Yuk Simak!

Dalam menjalani sebuah bisnis, modal menjadi salah satu faktor terpenting yang selalu dibutuhkan. Bahkan, modal menjadi salah satu kendala yang sering dihadapi oleh setiap pengusaha.

Saat terjadi hal sulit terkait dana modal, tidak ada salahnya bagi pengusaha mengajukan sebuah pinjaman untuk modal usaha.

Pinjaman modal usaha ini bisa dilakukan di banyak tempat, mulai dari bank, fintech, lembaga pembiayaan, perusahaan pinjaman online, maupun lembaga keuangan non-bank.

Setiap lembaga keuangan tersebut, tentu memerlukan proses sebelum menyetujui ajuan pinjaman calon nasabah.

Selain memenuhi segala dokumen persyaratan pengajuan, calon nasabah juga umumnya akan diajukan beberapa pertanyaan.

Berikut ini terdapat 6 hal yang sering ditanyakan saat ajukan pinjaman modal usaha, yang telah CekAja rangkum khusus untuk kamu. Yuk Simak!

(Baca Juga: 8 Pinjaman Modal Usaha Terbaik di Indonesia)

Hal Yang Sering Ditanyakan saat Ajukan Pinjaman Modal Usaha

1. Pinjaman akan digunakan untuk apa

Hal yang sering ditanyakan saat ajukan pinjaman modal usaha pertama adalah pinjaman tersebut akan digunakan untuk apa?

Pertanyaan ini hampir selalu ada ketika kamu mengajukan sebuah pinjaman dana. Oleh sebab itu, kamu harus bisa menentukan terlebih dahulu tujuan dalam peminjaman dana ini.

Pinjaman ini bisa untuk banyak hal, modal memulai bisnis, modal bekerja, atau untuk biaya sekolah anak.

Beberapa lembaga peminjam memiliki syarat yang mana dana pinjaman hanya boleh digunakan oleh hal-hal tertentu.

Kamu bisa menyimak terlebih dahulu syarat yang diajukan oleh lembaga peminjam, agar tidak mengalami kesalahan dalam menjawab.

Selain itu, jawablah pertanyaan dengan sejujurnya dan tegas, hal ini akan berpengaruh terkait diterima tidaknya ajuan pinjaman danamu.

2. Besaran Pinjaman yang dibutuhkan

Pertanyaan selanjutnya, yang paling umum dan akan ditanyakan adalah berapa besaran pinjaman yang dibutuhkan dan akan diajukan.

Sebelum mengajukan pinjaman, sebaiknya kamu menghitung secara rinci berapa besaran biaya yang dibutuhkan untuk pinjaman modal usaha.

Pinjaman yang terlalu banyak, kemungkinan akan akan memberatkanmu pada saat proses pembayaran. Sehingga, kau perlu menyesuaikan juga dengan kebutuhan dan kemampuan financial.

3. Kondisi Bisnis Saat ini

Bisnis yang kamu jalani juga akan ditanyakan saat mengajukan pinjaman modal. Apakah kondisi keuangan perusahaan lancar, tersendat, atau tengah menghadapi situasi yang genting.

Hal ini dilakukan, agar peminjam mengetahui risiko yang akan ditanggung terkait permohonan peminjaman yang diajukan.

4. Apa syarat dan biaya lain yang akan ditanggung

Hal yang sering ditanyakan saat ajukan pinjaman modal usaha selanjutnya adalah syarat peminjaman dan biaya-biaya yang akan ditanggung.

Setiap lembaga keuangan, tentu memiliki persyaratan yang berbeda satu sama lainnya. Sebagian mungkin akan memberikan persyaratan yang mudah untuk kamu penuhi.

Biaya-biaya lain yang akan ditanggung juga perlu kamu perhatikan. Sebab, ini akan menjadi beban saat proses pembayaran cicilan nantinya,

Mulai dari besaran bunga, biaya administrasi, biaya keterlambatan, dan biaya lainnya harus masuk dalam perhitungan kamu.

5. Lama Cicilan yang akan dijalankan

Selanjutnya, pertanyaan yang sering ditanyakan adalah berapa lama waktu cicilan harus dijalankan oleh pemohon.

Sebab, masa tenor sebuah pinjaman cukup beragam tergantung dari kesepakaan pemohon dan peminjam.

Mulai dari bulanan hingga tahunan. Oleh sebab itu, lama masa cicilan menjadi salah satu yang sering ditanyakan. Hal ini juga memiliki tujuan untuk mempersiapkan kondisi keuangan nantinya.

6. Waktu Pencairan Dana

Hal yang sering ditanyakan saat ajukan pinjaman modal usaha terakhir adalah waktu pencairan dana.

Setiap lembaga keuangan memiliki waktu pencairan dana yang berbeda. Beberapa diantaranya bahkan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memutuskan pengajuan nasabah diterima atau tidak.

Jika dalam kondisi tersedak dan membutuhkan dana secara cepat, hal ini tentu akan sangat mengganggu.

Oleh sebab itu, kamu perlu memahami waktu pencairan dana yang dibutuhkan oleh lembaga keuangan sebelum memutuskan mengajukan sebuah pinjaman.

(Baca Juga: 5 Pinjaman Modal Usaha Tanpa Kartu Kredit)

Pinjaman Modal Usaha Mudah dengan KTA

Bagi kamu yang mengalami kendala dana saat menjalani bisnis, mengajukan sebuah pinjaman dana ke lembaga keuangan mungkin bisa menjadi solusi.  

Berdasarkan bahasan di atas, kamu jadi mengetahui kira-kira hal yang sering ditanyakan saat ajukan pinjaman modal usaha.

Jika kamu menginginkan pinjaman dana dengan persyaratan tanpa jaminan, KTA bisa menjadi solusinya.

Lembaga keuangan yang menyediakan KTA pun sudah banyak saat ini. Lebih mudah jika kamu menyimaknya melalui CekAja.com.

Sebab, di sana kamu tidak hanya mengetahui lembaga apa saja yang menyediakan KTA, tetapi bisa langsung membandingkan antar produk KTA, agar dapat menyesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak perlu khawatir terhadap lama waktu yang dibutuhkan. Proses pengajuan di CekAja.com terbilang cukup cepat dan juga mudah.

Nah, tunggu apalagi? Yuk, segera ajukan dana pinjaman melalui CekAja.com!