Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

Ide Bisnis: 5 Kebutuhan Sehari-Hari Ini Bisa Diproduksi di Rumah

by Miftahul Khoer on 13 Januari, 2020

Barang kebutuhan sehari-hari adalah barang yang paling sering dibeli. Itulah alasan mengapa bisnis barang kebutuhan sehari-hari memiliki potensi yang luar biasa besar. Karena barang-barang tersebut dibeli berulang-ulang, baik dalam interval harian, mingguan, maupun bulanan.

bisnis kebutuhan sehari-hari

Barang kebutuhan sehari-hari biasanya adalah kebutuhan pokok yang mencakup makanan, perawatan tubuh, kebutuhan dapur, peralatan mandi, dan lain sebagainya yang dibutuhkan oleh seluruh anggota keluarga. Itulah mengapa barang-barang ini dibeli berulang-ulang karena memang selalu dibutuhkan.

Karena digunakan setiap hari, biasanya tiap keluarga sampai menganggarkan dana belanja tersendiri setiap bulan khusus untuk barang-barang kebutuhan ini. Dari sisi pengusaha, tentu saja hal ini merupakan market pasar yang potensial. Bisnis retail barang-barang kebutuhan sehari-hari akan selalu berjalan baik karena adanya repeat order dari pembeli.

Kalau kamu sedang ingin berbisnis tapi bingung bisnis apa yang potensinya bagus, kamu bisa mencoba berjualan barang- kebutuhan sehari-hari. Tidak harus membeli ke supplier dalam jumlah besar karena barang kebutuhan sehari-hari ini bisa kamu produksi sendiri di rumah. Berikut Ini barang kebutuhan sehari-hari yang bisa kamu produksi sendiri di rumah untuk dijual:

1. Sabun mandi
Sabun Mandi - Ide Bisnis 5 Kebutuhan Sehari-Hari Ini Bisa Diproduksi di Rumah
Source: beautynesia.id

Sabun mandi adalah salah satu barang kebutuhan sehari-hari yang selalu dicari. Kamu bisa membuat sendiri sabun mandi ini dalam bentuk batang maupun cair lalu menjualnya. Caranya juga cukup mudah. Kamu hanya perlu beberapa macam minyak yaitu minyak sawit, minyak kelapa, dan minyak zaitun. Kemudian soda api dan air terdistilasi.

Cara membuatnya, larutkan soda api ke dalam air, aduk. Tunggu sampai tidak terlalu panas. Setelah suhunya menyamai suhu ruang, kamu bisa mencampurkan minyak ke dalamnya. Aduk rata. Setelah itu kamu bisa menambahkan bahan tambahan seperti kopi, teh hijau, madu, oatmeal, dan lain sebagainya. Kamu juga bisa menambahkan parfum.

Setelah semua adonan tercampur, kamu bisa memasukkannya ke dalam cetakan, tunggu sampai padat, kemudian potong-potong sesuai selera. Setelah itu kamu bisa mengemas dan menjualnya. Kamu bisa mencari terlebih dahulu tutorial lengkapnya yang banyak tersebar di internet.

Bisnis sabun mandi ini sangat potensial. Apalagi sekarang banyak orang yang menyukai produk organik seperti sabun mandi yang tidak mengandung SLS.

(Baca juga: 5 Ide Bisnis Kuliner Indonesia Menguntungkan di Luar Negeri)
2. Sabun cuci piring
Sabun cuci piring - Ide Bisnis 5 Kebutuhan Sehari-Hari Ini Bisa Diproduksi di Rumah
Source: corporatebytes.id

Selain sabun mandi, sabun cuci piring juga merupakan barang kebutuhan sehari-hari yang wajib tersedia di setiap rumah. Tidak hanya rumah, warung dan restoran juga membutuhkan sabun cuci piring ini dalam jumlah banyak.

Kamu juga bisa membuat sabun cuci piring sendiri di rumah untuk dijual. Caranya cukup mudah, bahkan kamu bisa menggunakan minyak bekas untuk membuatnya.

Seperti kita ketahui, minyak goreng memang sebaiknya tidak digunakan berkali-kali karena tidak baik untuk kesehatan. Tentu sayang kalau kita buang begitu saja. Lebih baik kita manfaatkan untuk membuat barang lain yang lebih bermanfaat seperti sabun cuci piring.

Untuk membuat sabun cuci piring dari minyak bekas memang agak lebih sulit karena sebelumnya minyak harus melalui tahapan pembersihan, netralisasi, dan pemutihan terlebih dahulu. Kamu bisa menemukan tutorialnya di berbagai website dan juga Youtube. Kalau kamu berhasil membuat dan menjualnya, kamu bisa mendapatkan keuntungan yang cukup banyak dari usaha ini.

3. Minyak kelapa
Minyak kelapa - Ide Bisnis 5 Kebutuhan Sehari-Hari Ini Bisa Diproduksi di Rumah
Source: honestdocs.id

Salah satu barang kebutuhan sehari-hari yang sering dibeli adalah minyak goreng atau minyak sayur untuk memasak. Kebanyakan saat ini yang tersedia di pasaran adalah minyak sawit. Namun banyak orang yang lebih suka menggunakan minyak kelapa terutama minyak kelapa murni. Selain alasan kesehatan, minyak kelapa murni juga konon lebih sedap kalau digunakan untuk memasak. Selain itu minyak kelapa murni juga memiliki beberapa manfaat tersendiri yang tidak dimiliki minyak sawit. Oleh karena itu, minyak kelapa ini memiliki market tersendiri.

Cara membuat minyak kelapa murni (VCO) di rumah juga terbilang cukup mudah. Cukup siapkan santan kental dari kelapa yang diparut atau bisa juga menggunakan blender. Masukkan santan ke dalam kantong plastik dan diamkan selama kurang lebih dua jam. 

Setelah itu akan muncul dua lapisan. Lapisan atas adalah minyak dan lapisan bawah adalah air. Lubangi plastik untuk mengeluarkan airnya. Setelah itu, masukkan lapisan santan kental ke wadah plastik tertutup selama kurang lebih 24 jam. Akan muncul gelembung-gelembung hasil proses fermentasi.

Setelah itu akan muncul tiga lapisan. Lapisan atas adalah minyak, lapisan tengah adalah ampas, dan paling bawah adalah air. Ambil minyak secara hati-hati kemudian saring dengan menggunakan kapas, tisu, atau kain tipis. Setelah itu kamu bisa mengemasnya dalam kemasan botol kemudian menjualnya.

4. Bumbu masak
Bumbu masak - Ide Bisnis 5 Kebutuhan Sehari-Hari Ini Bisa Diproduksi di Rumah
Source: orami.co.id

Salah satu barang kebutuhan sehari-hari yang bisa kamu buat di rumah untuk dijual adalah bumbu masak. Sekarang ini makin banyak orang yang sibuk karena pekerjaan dan lain sebagainya sehingga tidak sempat membuat sendiri bumbu masak di rumah. Solusi yang mereka gunakan adalah dengan membeli bumbu masak instan. Kamu bisa memanfaatkan celah ini untuk berjualan. Terutama kalau kamu memiliki passion di dunia kuliner.

Kamu bisa membuat berbagai bumbu masakan seperti bumbu rendang, opor, gulai, dan lain sebagainya dalam kemasan. Bumbu itu siap pakai sehingga memudahkan orang yang membelinya.

Selain itu kamu juga bisa membuat bawang goreng, varian sambal botolan, maupun kaldu seperti kaldu ayam dan kaldu jamur.

(Baca juga: Terjerat Kasus Narkoba, Ini Deretan Bisnis Medina Zein yang Bikin Tajir)
5. Perawatan tubuh
Perawatan tubuh - Ide Bisnis 5 Kebutuhan Sehari-Hari Ini Bisa Diproduksi di Rumah
Source: youworkforthem.com

Produk perawatan tubuh adalah salah satu barang kebutuhan sehari-hari yang banyak dibeli baik oleh kaum perempuan maupun laki-laki. Ada banyak jenis produk perawatan tubuh mulai dari lulur, masker, pelembab tubuh, pelembab bibir, minyak wajah, sampai lip scrub.

Kamu bisa membuat racikan lulur atau masker alami dalam kemasan kemudian menjualnya. Misalnya, kamu bisa membuat lip scrub dari campuran madu dan gula pasir. Atau membuat produk masker wajah dengan menggunakan bubuk kunyit dan bubuk bengkoang, dan lain sebagainya.

Produk buatan rumahan ini biasanya banyak diminati karena lebih alami. Namun kamu harus memastikan kalau produknya memang aman sebelum menjualnya ya.

Itu tadi beberapa barang kebutuhan sehari-hari yang bisa dibuat di rumah untuk dijual. Tentunya masih banyak barang kebutuhan sehari-hari lain yang dibutuhkan masyarakat. Kamu bisa mencari sendiri barang kebutuhan sehari-hari apa saja yang bisa kamu buat untuk dijual.

Produsen barang kebutuhan sehari-hari memang sudah banyak. Oleh karena itu, diperlukan sesuatu yang berbeda agar produk yang kamu buat menonjol dan berhasil menarik perhatian. Hal itu sudah dibuktikan dengan adanya beberapa produsen yang memanfaatkan hal-hal tertentu sebagai bagian dari strategi marketing. Seperti produk syariah berlabel halal atau sikat gigi yang ramah lingkungan untuk menarik konsumen tertentu.

Itulah beberapa ide bisnis barang kebutuhan sehari-hari yang bisa kamu produksi sendiri.  Dengan membuat produkmu sendiri di rumah, kamu bisa mengandalkan kelebihan seperti organik, handmade, dan keunikan yang membuat barang buatanmu menonjol dan menarik perhatian pasar. Semoga berhasil ya! 

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.