Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

5 menit waktu bacaan

Ide Usaha Jajanan Anak Sekolah yang Beromzet Jutaan Rupiah

by Kartika Ratnasari on 24 November, 2017

jajanan anak sekolah - CekAja.com

Belakangan ini, jajanan anak sekolah yang dulu sering kita temukan mulai banyak dijual kembali.

Apa yang paling membekas dalam ingatan ketika kita mengenang kembali masa sekolah? Upacara bendera tiap Senin? Guru galak yang hobi memberi hukuman? Atau malah jajanan favorit masa kecil? Bicara soal masa sekolah, pasti tidak terlepas dari jajanan yang menjadi teman bermain dan belajar.

Seiring berjalan waktu, satu per satu jajanan anak sekolah mulai punah tergantikan makanan modern. Ada yang tersisa, tapi sulit menemukannya. Hal ini dimanfaatkan sebagai peluang usaha terbaru oleh sejumlah orang yang ingin berbisnis makanan.

Kembali menjadi tren, jajanan anak sekolah menjadi peluang bisnis yang menggiurkan

Seperti yang bisa kita lihat dalam beberapa tahun terakhir, jajanan anak sekolah tempo dulu seperti kue cubit, mie lidi, telur gulung banyak bermunculan di laman media sosial kita.

Kerinduan banyak orang akan jajanan masa kecil menjadi momen untuk mendulang rupiah bagi para pengusaha. Bahkan dengan sentuhan anak muda, jajanan anak sekolah tempo dulu dimodifikasi dan dikemas dengan gaya kekinian.

Melihat tren nostalgia yang masih mendominasi hingga sekarang, tak ada salahnya jika kita ikut menjajal peruntungan. Apalagi mengingat jajanan anak sekolah yang cenderung mudah dibuat dan hanya membutuhkan sedikit modal usaha, tak ada lagi alasan untuk menunda berbisnis. Berikut daftar jajanan anak sekolah bermodal kecil yang paling banyak dicari.

1. Kue cubit

Popularitas kue cubit sempat kembali meroket dua tahun belakangan. Bukan hanya menjadi jajanan anak sekolah yang harganya murah, kue cubit naik kasta dan menjadi menu di kafe-kafe kekinian. Cara pembuatannya yang sederhana memudahkan penjual kue cubit untuk memodifikasi rasa dan menambahkan topping.

Bukan hanya kue cubit polos dengan topping meses yang ditawarkan penjual. Variasi adonan mulai dari green tea, red velvet, bubblegum, taro, membuat kue cubit banyak dicari hingga hari ini.

2. Mie lidi

Mie lidi adalah makanan yang terbuat dari bahan dasar tepung. Proses pembuatannya hampir sama dengan pembuatan mie instan, hanya bentuk dan teksturnya lebih keras, menyerupai sapu lidi. Dengan tambahan bumbu penyedap aneka rasa seperti asin, pedas, balado, keju, hingga BBQ, mie lidi menjadi salah satu jajanan anak sekolah yang masih laris hingga sekarang.

Para pebisnis pun mulai menyasar supermarket dan mall untuk memasarkan produk mie lidi, dengan kemasan yang lebih unik dan menarik. Mie lidi konvensional dengan bungkus plastik biasa dijual dengan harga mulai Rp1000. Namun dengan inovasi, satu bungkus mie lidi bisa dihargai hingga Rp12 ribu.

3. Cilok

Cilok merupakan singkatan dari aci dicolok. Sesuai namanya, jajanan anak sekolah satu ini memang berbahan dasar aci atau tepung sagu. Aci sendiri adalah Bahasa Sunda dari sagu.

Bisa dibilang cilok adalah versi murah dari bakso. Selain karena bentuknya yang sama-sama bulat, bahan pembuatan cilok seperti tepung sagu, daging, dan telur juga hampir sama dengan bahan pembuatan bakso. Bedanya, cilok menggunakan lebih banyak tepung, hingga teksturnya lebih kenyal dari bakso.

Jajanan anak sekolah ini awalnya banyak ditemukan di Bandung dan dibanderol dengan harga mulai Rp1000 per bungkus.

4. Telur gulung

Sate telur gulung adalah salah satu jajanan anak sekolah yang paling banyak dicari. Proses pembuatannya pun sangat sederhana. Telur ayam yang dikocok lepas diberi bumbu penyedap, garam, dan merica, lalu digoreng dan diputar-putar dengan tusuk sate.

Hanya bermodalkan telur, bumbu penyedap, garam, merica, dan minyak goreng, kita bisa menjual sate telur gulung ini dengan harga Rp2000 per tusuknya. Untuk inovasi, tambahkan topping kekinian seperti keju mozzarella. Tentu harga jualnya pun menjadi lebih mahal untuk tambahan topping tertentu.

5. Rambut nenek

Bicara soal jajanan anak sekolah, tentu tak terlepas dari makanan-makanan manis. Salah satu kudapan manis yang paling banyak disukai adalah rambut nenek. Bentuknya yang seperti serabut dan warna putih pucatnya membuat makanan sejenis gulali ini disebut rambut nenek.

Sama dengan jajanan anak sekolah lainnya yang naik kasta, rambut nenek tak hanya sekadar dijual dengan warna putih pucat dan hanya dibungkus plastik. Para pebisnis menambahkan variasi rasa dan dan warna, dan membuat kemasan yang sangat menarik.

6. Telur mini

Jika diperhatikan lagi, banyak sekali jajanan anak sekolah tempo dulu yang menggunakan bahan dasar telur. Salah satunya adalah telur mini. Proses pembuatannya persis seperti menggoreng telur dadar. Namun, pedagang biasanya menggunakan cetakan telur yang telah dibentuk kecil-kecil. Jenis telurnya pun bukan telur ayam biasa, melainkan telur burung puyuh.

7. Kue lekker

Pernah menyantap crepes yang banyak dijual di mall? Kue lekker adalah bentuk sederhana dari crepes. Meski tampilannya kalah menarik , tapi rasa sederhana kue inilah yang kerap dirindukan banyak orang. Dengan proses pembuatan yang mudah, kue lekker dihargai murah mulai dari Rp1000 per kepingnya.

Konon katanya, orang-orang Belanda yang tinggal di Indonesia zaman dulu sering mengonsumsi kue lekker. Lekker sendiri memiliki makna enak dalam Bahasa Belanda. Karena rasanya yang enak, orang Belanda kerap mengucap “lekker” setiap menyantap kue ini.

8. Es kue gabus

Di siang hari yang terik, biasanya anak sekolah sangat suka menikmati makanan dan minuman yang segar dan manis untuk pelepas dahaga seperti es. Salah satu es yang banyak digemari di masa sekolah adalah es kue gabus.

Jajanan anak sekolah yang berbahan dasar tepung hunkwe ini memiliki tekstur empuk dan lembut, tidak seperti es kebanyakan. Pembuatannya pun hanya membutuhkan tiga bahan yang mudah dicari dan murah seperti tepung hunkwe, gula pasir, dan kelapa.

9. Gulali

Gulali terbuat dari gula yang dikeraskan. Yang membuat unik jajanan ini adalah teksturnya yang lembek hingga bisa dibuat dalam bentuk apapun, seperti hewan, tumbuhan, atau tokoh kartun favorit kita.  Bukan hanya anak-anak, orang dewasa pun banyak yang menyukai makanan manis ini.

Raup omzet jutaan rupiah dari jajanan anak sekolah

Meski terlihat sederhana dan murah meriah, bisnis jajanan anak sekolah bisa meraup hingga jutaan rupiah per bulannya. Pasalnya, semakin banyak generasi 90an yang ingin bernostalgia dengan kenangan masa kecil, salah satunya lewat jajanan masa sekolah mereka. Agar tidak membosankan, gunakan kreativitas kita untuk menjangkau lebih banyak konsumen.

Tentang Penulis