Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Ide Usaha Modal 15 Juta Paling Laris dan Menguntungkan

by Kyla Damasha on 17 Desember, 2019

Siapa bilang kalau membangun usaha membutuhkan modal yang besar? Hanya dengan bermodalkan Rp15 juta, kamu sudah bisa mendapatkan keuntungan berkali-kali lipat lo. Saat ini, banyak sekali ide usaha modal Rp15 juta yang bisa kamu jadikan pilihan, baik itu dalam bentuk franchise maupun dalam bentuk inovasi baru yang sedang hits di kalangan masyarakat.

Namun perlu diketahui, meskipun terdapat banyak sekali ide usaha modal Rp15 juta untuk di jadikan pilihan, kamu juga perlu melakukan observasi terkait jenis bisnis apa yang sedang hits di masyarakat. 

Hal itu bertujuan agar bisnis yang akan kamu jalani  memiliki peluang besar untuk meraup keuntungan.

Jika masih bingung, yuk kita cari tahu bersama-sama mengenai ide usaha modal Rp15 juta yang paling laris serta mengutnungkan untuk saat ini. Apa saja sih?

Ide Usaha Modal 15 Juta Paling Laris
1. Frozen Food

Ide usaha modal Rp15 juta yang pertama akan kita bahas yaitu bisnis frozen food. Memang tidak dapat dipungkiri bahwa hadirnya frozen food sangat membantu dalam hal kepraktisan dan efisiensi, khususnya untuk ibu rumah tangga.

Jika sedang tidak masak di rumah, frozen food terkadang menjadi alternatif makanan yang paling sering ada di dalam persediaan kulkas.

Melihat fakta yang ada, maka tak heran apabila bisnis frozen food bisa dijadikan sebagai pilihan ide usaha modal Rp15 juta yang paling laris dan menguntungkan.

Selain itu kamu juga tidak perlu menunggu lama untuk balik modal lo. Jenis Frozen food sangat beragam mulai dari makanan lauk pauk seperti siomay, batagor, sosis, nugget, ataupun bakso, hingga makanan ringan seperti kebab, piscok, dadar gulung, dan dimsum.

Untuk perhitungan biaya, maka hanya dengan modal Rp15 juta saja kamu sudah bisa mendapatkan beberapa hal berikut ini:

Alat produksi : Rp. 5 Juta

Bahan baku : Rp. 5 Juta

Gaji karyawan : Rp. 3 Juta

Kemasan :Rp. 1 Juta

Biaya Operasional : Rp. 1 Juta

Total Modal : Rp. 15 Juta

Sebagai langkah awal, kamu tidak perlu merekrut karyawan, sehingga modal yang kamu butuhkan bisa saja kurang dari Rp. 15 juta.

(Baca juga: Kiat Sukses Bisnis Franchise Makanan untuk Pemula, Modal Tidak Sampai 10 Juta)
2. Minuman

Selain frozen food, minuman juga merupakan salah satu ide usaha modal Rp15 juta yang paling laris dan menguntungkan untuk saat ini, khususnya untuk minuman dingin.

Hal itu dapat dimaklumi, karena selain mengurangi dahaga, minuman dingin juga terkenal karena sangat menyegarkan. 

Apalagi jika dikonsumsi pada siang hari saat cuaca sedang panas menyengat.

Saat ini sudah banyak jenis minuman hits yang bisa kamu jadikan pilihan sebagai peluang usaha, mulai dari bubble tea, cheese tea, thai tea, hingga aneka ragam kopi.

Nah, untuk jenis bisnis satu ini, kamu bisa memilih antara franchise ataupun membangun bisnis dari awal secara mandiri.

Jika kamu membangun bisnis secara mandiri, maka modal awal bisa ditentukan sendiri, mulai dari alat produksi, biaya operasional, bahan baku, hingga kemasan bisa saja hanya membutuhkan modal kurang dari Rp15 juta.

Tetapi jika kamu ingin menjalin kemitraan dengan beberapa brand minuman yang sudah memiliki nama di kalangan masyarakat, ada kemungkinan modal yang kamu keluarkan bisa saja lebih dari itu.

3. Catering Makanan

Ide usaha modal Rp15 juta selanjutnya yaitu catering makanan. Bisnis satu ini sangat cocok dilakukan untuk ibu rumah tangga yang ingin mencari uang untuk diri sendiri.

Modalnya pun tidak terlalu besar karena bisa dilakukan di rumah tanpa harus menyewa lahan atau tempat dengan memanfaatkan peralatan dapur yang dimiliki.

Meskipun begitu, perlu diketahui bahwa ide usaha modal Rp15 juta ini juga memiliki berbagai macam jenis lo. Sehingga ada baiknya jika kamu juga menentukan jenis bisnis catering seperti apa yang diinginkan. 

Mulai dari catering rumahan, catering kantoran, hingga makanan anak bisa kamu jadikan sebagai pilihan.

Selain itu, kamu juga harus melengkapinya dengan berbagai perlengkapan. Untuk ide usaha modal Rp15 juta ini kamu tidak perlu membeli perlengkapan baru.

Manfaatkan peralatan masak yang dimiliki, sehingga kamu hanya perlu mengeluarkan modal untuk alat-alat yang belum dimiliki saja.

Kemudian kamu juga harus mempersiapkan kemasan yang sesuai dengan jenis bisnis catering yang kamu pilih.

Sebagai contoh, jika kamu memilih catering makanan anak maka gunakanlah kemasan yang lucu dan berwarna.

Sedangkan jika kamu memilih bisnis catering makanan rumahan, maka gunakanlah kemasan yang sederhana namun juga menyertakan informasi seputar kontak dan informasi lainnya. 

Karena biasanya bisnis catering rumahan akan bisa lebih jauh berkembang dari mulut ke mulut.

Jika ditotal maka modal yang harus kamu keluarkan bisa saja hanya mencapai Rp15 juta bahkan kurang.

(Baca juga: Mau Bisnis Sama Teman? Contek Kiat Suksesnya!)
4. Franchise Makanan

Berbicara mengenai bisnis, tentunya kita tidak bisa melupakan yang namanya franchise makanan. Tidak hanya menjadi salah satu ide usaha modal Rp15 juta yang bisa dijadikan pilihan.

Franchise makanan juga sering kali dilakukan oleh para pelaku usaha sebagai langkah awal mereka untuk turun di dunia pebisnisan. Mengapa?

Melalui franchise makanan, kamu tidak perlu membuat perencanaan bisnis sejak awal melainkan hanya menjalankan bisnis yang sudah ada dan memiliki nama di pangsa pasar.

Modal untuk bisnis franchise makanan bervariasi, ada yang mencapai Rp 100 juta bagi brand-brand terkenal, namun ada juga bisnis franchise makanan yang membutuhkan modal dibawah Rp15 juta.

Tak hanya itu, dengan sejumlah modal yang kamu keluarkan, kamu bahkan sudah mendapatkan berbagai hal yang diperlukan. Mulai dari kemasan, gerai apabila diperlukan, hingga bahan-bahan produksi yang dibutuhkan.

Saat ini peluang bisnis dan ide usaha modal 15 juta sudah sangat banyak dan memberikan peluang bagi para pelaku usaha untuk berkembang di dunia bisnis.

Meski begitu, tentu saja kamu memerlukan modal untuk memulainya. Jika kamu ingin memulai bisnis tetapi belum memiliki modal yang cukup, tak perlu khawatir.

Segera ajukan pinjaman saja di CekAja.com. Dengan persyaratan yang mudah dan proses yang cepat, kamu bisa segera memiliki bisnis idaman tanpa perlu memikirkan modal.

Tentang Penulis

Kyla Damasha

Usia Hanyalah Angka, Wajah Tetap Harus Awet Muda