30 Ikan Hias Air Tawar yang Tidak Mudah Mati, Bisa Jadi Stress Relief!

Kini, banyak orang yang tertarik menjadikan ikan hias air tawar yang tidak mudah mati sebagai hewan peliharaan sebab dianggap sebagai pemanis ruangan dan membuat suasana rumah lebih fresh dan nyaman.

30 Ikan Hias Air Tawar yang Tidak Mudah Mati, Bisa Jadi Stress Relief!

Selain itu, secara psikologis gerak gerik ikan dipercaya bisa membantu menenangkan pikiran dan menghilangkan stress.

Metode pemeliharaannya pun terbilang mudah sebab ikan memiliki daya tahan cukup baik dan perawatannya tidak begitu merepotkan dan tidak memakan biaya mahal.

Rekomendasi Ikan Hias Air Tawar yang Tidak Mudah Mati

Berikut berbagai jenis ikan hias air tawar yang tidak mudah mati dan bisa kamu jadikan hewan peliharaan di rumah:

1. Ikan Cupang

Ikan Cupang menjadi ikan hias air tawar yang tidak mudah mati paling populer di Indonesia. ikan yang berasal dari jenis ikan berukuran kecil dengan ukuran sekitar 2,5 cm dan dapat tumbuh hingga 12,5 cm.

Bentuk ekornya yang cantik dan beragam tentu menarik banyak minat pembeli. Ikan ini sangat unik karena dapat menghirup udara yang tidak berada di dalam air yaitu dengan menggunakan organ tubuhnya yang disebut dengan labirin.

Perawatan dan cara budidaya ikan cupang yang cukup mudah membuat banyak orang yang membudidayakannya.

(Baca Juga: Perusahaan Asuransi untuk Hewan Peliharaan)

2. Ikan Platy

Ikan Platy juga termasuk ikan hias air tawar yang tidak mudah mati, memiliki bentuk tubuh yang mungil dan memiliki banyak sekali jenisnya.

Ukurannya yang kecil dan sifatnya yang ‘cinta damai’, membuat banyak orang memilih ikan ini menjadi pilihan untuk dipelihara di akuarium.

Selain itu jenis ikan hias ini sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan barunya dan juga cukup kebal dari serangan penyakit. Harga ikan platy juga sangat murah, yaitu sekitar Rp1.000 sampai 2.000-an saja.

3. Ikan Slayer

Jenis ikan hias air tawar yang tidak mudah mati hias ini kerap disebut ikan slayer karena bentuk sirip dan ekor ikan ini seperti slayer. Ikan slayer atau komet memiliki nama latin Carrasius Auratus dan dikenal memiliki warna yang sangat cantik.

Memiliki tubuh yang ramping dengan warna perak mengkilap putih dan merah cerah serta ekor panjang yang melambai saat berenang.

Hal itu membuat para pecinta ikan hias memburu ikan ini. Untuk harganya, ikan komet biasanya dijual dengan harga Rp 5.000 hingga Rp 60.000 per ekor.

4. Ikan Koi

Salah satu jenis ikan hias air tawar yang tidak mudah mati yang populer dari waktu ke waktu adalah ikan koi. Ikan koi pertama kali diperkenalkan di Jepang pada tahun 1920-an.

Ikan koi termasuk hasil persilangan dari beberapa jenis ikan mas dengan warna putih dan merah. Ikan koi memiliki warna sangat cantik sehingga menjadikannya sangat mahal jika diperjual belikan.

Biasanya orang memelihara ikan koi ini di dalam kolam sebab ikan koi bisa tumbuh mencapai ukuran yang besar.

5. Ikan Louhan

Ikan hias air tawar yang tidak mudah mati ini memiliki ciri khas benjolan pada jidatnya dan memiliki corak yang beragam. Harga ikan louhan tentunya sangat fantastis. Namun untuk ikan yang satu ini, tidak bisa digabungkan dengan ikan yang lain karena termasuk ikan yang sangat agresif.

6. Ikan Koki

Ikan koki termasuk ke dalam jenis ikan hias air tawar yang tidak mudah mati. Jenis ikan ini memiliki tubuh agak bulat dengan ekor yang menjuntai. Ikan mas koki juga memiliki tubuh yang berwarna cerah membuatnya semakin terlihat lucu.

Diperkirakan, saat ini ikan mas koki di dunia sudah mencapai 130 jenis. Setiap jenis memiliki bentuk yang berbeda-beda. Jenis ikan ini mudah dirawat karena bisa digabungkan dengan jenis ikan lainnya.

Jika dirawat dengan baik, ikan koi termasuk ikan yang memiliki umur yang cukup panjang, yakni 7 – 10 tahun dan beberapa jenis ikan mas koki akan berubah warna saat mulai dewasa.

7. Ikan Discus

Ikan hias air tawar yang tidak mudah mati berikutnya, Ikan Discus. Jenis ikan ini berasal dari Amazon, Brazil. Garis pada tubuh ikan discus berfungsi sebagai mekanisme pertahanan diri dari ikan yang akan memangsanya atau predator.

Ikan discus berbentuk seperti lingkaran pipih yang melebar. Ikan discus juga cenderung bersifat karnivora. Jika kamu pemula dalam memelihara ikan, jenis ikan ini tidak dianjurkan karena memiliki sifat agresif sehingga tidak cocok jika digabung dengan ikan hias jenis lain. Untuk harga ikan ini dibanderol cukup mahal karena ikan ini termasuk high class.

8. Ikan Black Ghost

Meski populer di Indonesia, siapa sangka ikan hias air tawar yang tidak mudah mati bernama black ghost atau black phantom ini ternyata merupakan ikan asal sungai Amazon dan Suriname.

Warnanya yang hitam dan bentuknya yang pipih dengan sirip panjang membuatnya disebut ikan black ghost.

Soal makanan, ikan black ghost nggak banyak pilih-pilih. Ia suka memakan jentik nyamuk dan serangga air kecil lainnya bahkan pelet ikan. Tidak terlalu merepotkan bukan?

9. Ikan Badut

Ikan hias air tawar yang tidak mudah mati ini yang menggemaskan ini tidak asing lagi karena menjadi icon film ternama, Finding Nemo. Ikan badut memiliki perawatan yang cukup mudah, dan coba tambahkan terumbu karang di aquarium untuk ikan badut ini.

Hal ini dikarenakan habitat aslinya sebenarnya di dalam laut, dengan adanya terumbu karang mempermudah ikan badut untuk beradaptasi.

10. Ikan Botana Blue Tank

Ikan hias air tawar yang tidak mudah mati ini juga dikenal sebagai ikon film Finding Nemo yaitu ikan Botana Blue Tank. Makanan ikan Blue Tank ketika berusia masih kecil adalah plankton. Ketika sudah dewasa, ikan ini menjadi omnivora yang memakan alga.

11. Ikan Kupu-Kupu

Ikan hias air tawar yang tidak mudah mati ini memiliki sayap indah menyerupai kupu – kupu, maka itu dinamakan ikan kupu – kupu atau butterfly fish. Ikan ini sangat direkomendasikan bagi pemula yang ingin memelihara ikan air laut karena sangat mudah dipelihara.

12. Ikan Yellow Tank

Sama dengan blue tank, yang membedakan hanya dari bentuk mulutnya dan warna ikan yellow tank. Jenis ikan ini juga sangat direkomendasikan bagi para pemula karena dapat hidup berdampingan dengan jenis ikan lain.

13. Ikan Watchman Goby

Ikan hias Watchman Gobies merupakan salah satu ikan hias air tawar yang tidak mudah mati yang sangat mudah uuntuk dipelihara. Jenis ikan ini bisa di pelihara di akuarium dan memiliki sangat banyak variasi warna dan memiliki tubuh yang sangat unik.

Ikan Watchman Gobies juga memiliki nama latin Cryptocentrus, memiliki motif yang sangat cantik pada tubuhnya, yang paling terkenal adalah jenis ikan Watchman Gobie Bluespotted dan pink Watchman Gobies. Mereka asli berhabitat laut tropis lautan hindia dan pasifik.

14. Ikan Lion

Ikan hias air tawar yang tidak mudah mati yang satu ini memiliki bentuk yang unik pada tubuhnya yaitu menyerupai duri – duri. Namun, dalam memilih teman untuk lion ini perlu diperhatikan karena tidak dapat berdampingan dengan semua jenis ikan lainnya

15. Ikan Blue Devil

Ikan hias air tawar yang tidak mudah mati berikutnya, Blue Devil. Warna kebiruan dengan corak bintik – bintik menjadi daya tarik tersendiri bagi jenis ikan satu ini. Ikan blue devil lebih baik dipelihara di akuarium berukuran besar dengan ornamen karang. Hal ini dikarenakan habitat aslinya di dasar laut berkarang.

16. Ikan Mandarin

Ikan mandarin atau naga cina ini memiliki keistimewaan pada warna nya. Karena tubuhnya mirip dengan jubah kaisar Tiongkok, ikan ini pun akhirnya diberi nama ikan Mandarin.

Walaupun pemalu jenis Ikan ini juga memiliki fisik yang kuat dan daya tahan yang sangat kuat. Namun, diperlukan perhatian lebih dalam memilih makanan untuk ikan ini.

Karena keunikannya, ikan mandarin pernah dijadikan lambang pariwisata dunia pada tahun 2010. Keren, ya!

17. Ikan Angel

Ikan Angelfish merupakan salah satu ikan hias air tawar yang tidak mudah mati yang indah dan sangat populer, gerakan ikan ini sangat tenang , bentuknya juga indah akan menambah banyak warna dan keindahan untuk isi akurium kamu.

Namun, ikan angelfish bukanlah ikan yang mudah untuk dirawat kecuali kamu sudah mengetahui seluk beluk perawatan tentang ikan angelfish ini. Ikan yang satu ini sangat menyukai tumbuh – tumbuhan.

18. Ikan Lemon

Mengapa diberi nama ikan lemon tentu karena memiliki warna kuning terang seperti buah lemon. Ikan ini terlihat sangat cantik dengan warna kuning yang mencolok tersebut dipadu dengan warna hitam pada ujung sirip atas.

Jenis ikan hias ini banyak sekali diburu para pecinta ikan hias, Namun, perlu hati-hati jika mencampur ikan ini dengan jenis ikan lain, karena ikan lemon bersifat agresif.

19. Ikan Mas Koki

Ikan Mas Koki merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang tidak mudah mati paling populer di kalangan pecinta ikan hias. Ikan ini memiliki karakteristik perut buncit dan warna yang cerah dan cantik yang membuat banyak orang menyukainya.

Meskipun ikan mas koki menjadi ikan hias yang cukup populer, namun ikan ini masih memiliki harga yang cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp10.000 hingga puluhan ribu per ekornya.

Meski begitu, ada juga jenis ikan mas koki yang mencapai harga ratusan ribu, tergantung jenis dan usianya.

20. Ikan Sapu-Sapu

Ikan hias air tawar yang tidak mudah mati ini cocok hidup secara komunal adalah ikan pleco atau yang biasa kita kenal dengan ikan sapu-sapu.

Sesuai namanya, ikan bernama latin Hypostomus Plecostomus ini biasa menempel di bagian dasar akuarium.

Mereka dikenal memiliki karakter yang tenang dan mudah berbaur dengan ikan jenis lain di dalam tangki. Kendati gampang berbagi wilayah dengan jenis lain, namun ikan sapu-sapu kerap bersaing dengan jenisnya sendiri.

21. Ikan Cory Catfish

Jenis ikan hias air tawar yang tidak mudah mati ini berukuran kecil. Ikan Cory Catfish yang berasal dari keluarga Callichthyidae ini dikenal dengan sifatnya yang tenang dan mudah hidup dengan jenis ikan lain.

Sifat mereka yang mudah beradaptasi dengan ikan lain itulah yang membuat jenis ini kerap dicari oleh peternak ikan hias. Selain itu, Cory Catfish juga bisa membuat akuarium kamu menjadi lebih bersih karena kebiasaan alami mereka sebagai pemakan alga.

22. Ikan Clown Loach

Ikan hias air tawar yang tidak mudah mati yang hidup berkelompok lain salah satunya ikan Clown Loach, atau Tiger Botia. Ikan yang berasal dari keluarga botia loach ini adalah ikan air tawar asli dari perairan Indonesia tepatnya pulau Sumatera dan Kalimantan.

Selain banyak diperjualbelikan di dalam negeri, ikan Clown Loach juga banyak dijumpai di perdagangan ikan hias di seluruh dunia.

Tak hanya memiliki warna yang indah, ikan hias khas Indonesia ini juga dikenal mudah dipelihara lantaran cepat beradaptasi dengan lingkungan baru dan jenis ikan lainnya.

Hal ini dipengaruhi sifat mereka yang cukup pemalu sehingga lebih banyak berdiam diri tempat-tempat tersembunyi seperti hiasan terumbu karang dan rumah-rumahan.

23. Ikan Danio Zebra

Ikan yang berasal dari keluarga Cyprinidae ini memiliki ukuran tubuh yang kecil dan mudah ditemukan di kawasan Asia Selatan dan Tenggara.

Jenis ikan ini memiliki pola garis-garis horizontal dengan beberapa bintik atau batang vertikal tersebut umumnya dipelihara secara komunal.

Selain itu, ikan cantik berukuran kecil ini juga dikenal kuat dan tahan terhadap berbagai kondisi air yang berubah-ubah.

24. Ikan Molly

Ikan yang bernama latin Poecilia sphenops ini adalah salah satu spesies ikan air tawar yang banyak dipelihara warga. Harganya pun murah meriah.

Ikan yang berasal dari Meksiko ini kerap mendiami aliran air tawar dan air payau. Selain dikenal memiliki bentuk yang indah, ikan molly juga tersedia dalam berbagai ukuran dan warna. Terdapat dua jenis ikan molly yaitu sirip pendek dan molly biasa.

Ikan molly bisa dipilih untuk menemani ikan air tawar lain lantaran sifat mereka yang tenang dan mudah berkembang biak di akuarium bersama.

25. Ikan Green Swordtail

Ikan Green Swordtail merupakan ikan hias air tawar yang tidak mudah mati yang mudah berkembang biak bersama jenis lain.

Ikan hias tersebut merupakan salah satu spesies ikan air tawar atau air payau yang berasal famili Poeciliidae.

Terlepas dari namanya yang terkesan agresif, ikan ini justru dikenal dengan karakternya yang santai dan relatif mudah beradaptasi dengan ikan-ikan lain dalam wadah yang sama.

26. Ikan Palmas

Ikan Palmas yang lebih sering disebut dengan ikan Bichir (jenis yang bersirip banyak) termasuk jenis Polypteridae, ikan-ikan yang berasal dari perairan benua Afrika dan termasuk dalam spesies ikan yang langka di Indonesia.

Tidak sedikit juga para pecinta ikan yang menyebutnya ikan naga karena kemiripannya dengan naga. Keunikan lainnya adalah kemampuannya yang bisa bertahan hidup di luar air selama beberapa menit!

27. Ikan Arapaima

Ikan Arapaima adalah ikan hias air tawar tropis yang berasal dari Amerika Serikat. Ikan ini sempat menghebohkan dunia karena ukurannya yang dapat tumbuh sepanjang 2,5 meter dengan berat sekitar 100 kg!

Ikan Arapaima sangat cocok disimpan di kolam pekarangan rumah. Pemeliharaannya pun mudah dan tidak membutuhkan banyak biaya.

Sayangnya, populasi ikan ini semakin kini semakin berkurang, sehingga sudah semakin sulit ditemukan di pasaran luas. Terutama di Brazil, kamu harus membutuhkan izin khusus untuk memancing ikan ini.

28. Ikan Botia

Ikan botia termasuk ikan nokturnal karena aktif di malam hari. Jenis ikan ini banyak diburu para pecinta ikan hias untuk menghiasi akuarium mereka.

Terdapat beberapa jenis ikan hias botia yang menjadi primadona, di antaranya ikan botia macan, ikan botia badut, ikan botia morleti, dan ikan botia India.

29. Ikan Neon Tetra

Jenis ikan yang satu ini memiliki warna tubuh yang mencolok. Ikan neon seringkali jadi salah satu pilihan terbaik bagi penyuka ikan hias.

Perawatan ikan neon pun terbilang sangat mudah. Terutama bagi pemula yang masih belum banyak pengalaman merawat ikan hias. Ikan neon termasuk ke dalam ikan yang biasa hidup dalam berkelompok.

30. Ikan Oscar

Ikan oscar adalah jenis ikan hias air tawar lainnya yang mudah untuk dipelihara, habitat awalnya dari perairan air tawar di sungai Amazon. Namun dalam perkembangannya ikan hias oscar sudah bisa di budidayakan

Di habitatnya, ikan ini termasuk jenis ikan air tawar agresif sehingga untuk memelihara ikan ini jangan di campurkan dengan jenis ikan hias air tawar yang lain. Layaknya ikan louhan, perawatan ikan oscar sangat mudah cukup memberi makan yang tepat dan membersihkan akuarium dari kotoran ikan.

Nah itu dia, 30 jenis ikan air tawar diatas termasuk kedalam ikan air tawar yang tidak mudah mati, dikarenakan perawatan terhadap ikan tersebut tidak membutuhkan perawatan khusus.

Cara Memelihara Ikan Hias Tawar

Ikan hias yang ditempatkan di kolam rumah lebih mudah mati dibandingkan dengan akuarium. Ini disebabkan oleh beberapa faktor risiko yang lebih tinggi, seperti cuaca, lingkungan, dan pemberian makan.

Namun terkadang, ikan hias bisa saja tetap mati walaupun kita sudah berusaha semaksimal mungkin untuk merawatnya. Nah, maka dari itu kamu harus tau trik cara memelihara ikan hias, guys!

  • Pilih material pembangun kolam dengan jenis ikan hias yang akan dipelihara.
  • Sesuaikan ukuran kolam dengan jumlah ikan hias. Pastikan ukurannya tidak terlalu kecil.
  • Selalu pastikan untuk memisahkan ikan yang sedang sakit dan merawatnya di kolam isolasi.
  • Bersihkan kolam setidaknya 2 minggu sekali (jika ikan termasuk jenis sensitif terhadap lingkungan, 1 minggu sekali).
  • Beri makan dengan teratur, sesuai kebutuhan.

Tentu, sebuah akuarium terasa tidak lengkap tanpa kehadiran hiasan di dalamnya. Adanya dekorasi akan menambah aksen tersendiri bagi akuarium dan semakin mempercantik suasana ruangan kamu.

Kamu bisa menambahkan berbagai hiasan seperti pasir, batu – batuan, pohon, bangunan – bangunan atau hiasan lainnya yang bisa dibeli secara online maupun offline.

Jika kamu tidak memiliki banyak waktu untuk membeli ke toko ikan langsung, pembelian online memang menjadi solusi yang tepat.

(Baca Juga: Promo Kartu Kredit Belanja Online)

Apalagi, untuk pengguna kartu kredit kamu bisa mendapatkan potongan dan keuntungan lain dari merchant belanja online seperti Tokopedia, Shopee maupun Lazada.

Jika tertarik memiliki kartu kredit, kamu bisa segera ajukan melalui CekAja.com.

Sebab, CekAja.com menawarkan berbagai kemudahan secara online, salah satunya kamu bisa membandingkan berbagai produk kartu kredit Indonesia dari bank ternama yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial kamu.

Yuk, biar hobi memelihara ikan hias makin maksimal, segera beli perlengkapan memelihara ikan hias, mulai dari aquarium, oksigen, dan lain-lainnya secara online dan manfaatkan kartu kredit yang kamu miliki!

Jangan lupa, ajukan kartu kredit terbaikmu melalui CekAja.com ya!