Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Ingin Beli Apartemen dalam Waktu 5 Tahun? Ikuti 4 Tips Berikut

by Rafly Aditia on 17 November, 2015

Pesatnya pembangunan yang terjadi di kota-kota besar seperti di Jakarta membuat harga properti mulai dari rumah hingga apartemen melonjak jauh dan terus meningkat.Tentunya, hal tersebut membuat kamu yang ingin memiliki tempat tinggal di daerah strategis jadi cukup berat karena harga properti yang selangit tersebut.

Namun, tidak ada yang tidak bisa apabila kamu menginginkan sesuatu termasuk apabila kamu menginginkan sebuah apartemen di kota besar seperti Jakarta dan sekitarnya. Bagi kamu yang memiliki penghasilan di bawah 10 juta rupiah, ada 5 tips bagi kamu untuk membeli apartemen dalam jangka waktu 5 tahun. Berikut 4 tips untuk membeli apartemen dalam waktu 5 tahun.

Miliki penghasilan lebih dari 7 juta per bulan

Untuk membeli sebuah apartemen di daerah Jakarta setidaknya kamu harus memiliki penghasilan sebesar 7 juta rupiah per bulannya. Penghasilan sebesar 7 juta rupiah per bulan tersebut harus merupakan penghasilan pokok kamu selama satu bulan di luar penghasilan tambahan kamu.

(Baca juga: 7 Langkah Efektif Atur Anggaran Bulanan Bagi Kamu yang Masih Boros)

Maka dari itu, kamu setidaknya harus memiliki karir yang sudah memiliki posisi bukan hanya sekedar staf awal saja. Apabila saat ini masih berada dalam posisi sebagai staf, ada baiknya terus tunjukan kontribusi kamu di perusahaan tempat kamu bekerja agar mereka dapat mempromosikan kamu. Selanjutnya, akan memberikan kamu gaji yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang sekarang.

Cari penghasilan tambahan

Ada baiknya bagi kamu untuk mencari penghasilan tambahan di luar gaji yang kamu dapatkan dari pekerjaan utama. Mulailah berbisnis misalkan membuka online shop. Tidak hanya itu, kamu juga dapat melakukan beberapa pekerjaan lepas yang dapat dilakukan di rumah seperti profesi content writer, web developer, dan yang lainnya.

Setidaknya, kamu harus memiliki target penghasilan tambahan sebesar 2 juta rupiah setiap bulannya untuk membantumu dalam merealisasikan keinginan membeli apartemen.

(Baca juga: 9 Pekerjaan Sampingan yang Berikan Banyak Uang)

Jangan malas berburu promo

Bagi kamu yang ingin mendapatkan apartemen dengan harga lebih murah, ada baiknya kamu mencari promo-promo yang biasa diberikan oleh para pengembang properti dalam tahap awal atau bahkan sebelum pembangunan apartemen.

Biasanya, harga apartemen akan lebih murah sebelum pembangunan apartemen berlangsung dibandingkan ketika apartemen sudah jadi. Perbedaan harganya bahkan bisa sebesar 100 persen.

(Baca juga: Mana Lebih Menguntungkan: Investasi Ruko, Apartemen, atau Rumah Cluster?)

Lakukan perencanaan keuangan

Apabila kamu sudah memiliki penghasilan pokok lebih dari 7 juta rupiah per bulan dan memiliki penghasilan tambahan setidaknya 2 juta per bulan. Maka kamu perlu melakukan perencanaan keuangan demi membeli apartemen impianmu.

Dengan penghasilan total sebesar 9 juta per bulan, kamu harus menyisihkan setidaknya 40 persen untuk tabunganmu setiap bulan. Perhitungannya seperti ini, Rp 9.000.000 x 40% = Rp 3.600.000. Maka selama 5 tahun kamu setidaknya harus menyisihkan Rp 3.600.000 per bulannya.

(Baca juga: Punya Cicilan Kredit Lain Tapi Ingin Ajukan KPR, Pelajari Dulu Simulasinya)

Jadi, saat kamu memasuki tahun kelima kamu sudah memiliki tabungan sebesar 216 juta rupiah. Dengan harga apartemen di Jakarta yang tidak kurang dari 500 juta maka kamu dapat menggunakan uang tersebut untuk DP dan urusan administratif lainnya.

Alokasikan sekitar 150 juta untuk DP dan biaya administratif lainnya dalam membeli apartemen. Sehingga kamu masih memiliki tanggungan sebesar 350 juta rupiah. Dengan bunga dan cicilan selama 10 tahun kamu perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 4.600.000 setiap bulan selama 10 tahun ke depan.

Tentang Penulis

Rafly Aditia

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami