Ingin Mengajukan KTA Tanpa Kartu Kredit, Ini Caranya

3 min. membaca Oleh Kartika Ratnasari on
KTA tanpa kartu kredit - CekAja.com

Bisakah kita mengajukan pinjaman KTA tanpa memiliki kartu kredit? Karena pada umumnya pengajuan pinjaman tanpa agunan mewajibkan syarat tersebut.

Kredit Tanpa Agunan (KTA) merupakan salah satu produk keuangan yang dikeluarkan oleh bank yang memberi pinjaman tanpa mengharuskan calon debiturnya menjaminkan aset berharga.

Sebagai pengganti aset tersebut, sebagian besar bank memberikan persyaratan berupa kepemilikan kartu kredit di setiap pengajuan kredit tanpa agunan. Karena itu, dengan adanya persyaratan ini, tidak sedikit calon debitur yang mengurungkan niatnya untuk mengajukan produk pinjaman ini.

Kenali dulu apa itu KTA?

Pinjaman tanpa agunan menjadi salah satu produk yang banyak dicari debitur yang membutuhkan dana cepat karena proses pengajuannya yang tak membutuhkan waktu lama. Apalagi, jika kita adalah seorang pegawai yang sudah berstatus sebagai karyawan tetap. Persetujuan untuk mengajukannya akan relatif lebih mudah sebab dianggap memiliki penghasilan yang tetap.

Pada umumnya untuk mengajukan pinjaman tanpa agunan secara online maupun offline, terdapat persyaratan berupa kepemilikan kartu kredit minimal satu tahun untuk para calon debitur.

Kepemilikan kartu kredit ini diperlukan oleh bank sebagai data historis nasabah di bank untuk mempertimbangkan pemberian pinjaman dana dalam jumlah yang besar. Dengan adanya data pemakaian kartu kredit ini, maka pihak bank memiliki referensi tentang catatan kredit nasabah. Catatan kredit inilah yang digunakan pihak bank untuk melacak bagaimana perilaku calon peminjam dalam menggunakan kartu kreditnya.

Mulai dari melihat berapa jumlah limit kartu kredit yang dimiliki, hingga kebiasaan pembayaran kartu kredit yang tepat waktu atau tidak. Hal-hal tersebut merupakan beberapa contoh yang dijadikan pertimbangan oleh pihak bank untuk mempelajari apakah seseorang layak untuk diberi pinjaman.

Pengajuan KTA tanpa kartu kredit

Tak jarang persyaratan kepemilikan kartu kredit tersebut membuat calon debitur urung untuk mengajukan pinjaman tanpa agunan meski sedang berada dalam kondisi mendesak.

Ternyata, ada beberapa bank yang memperbolehkan kita mengajukan KTA tanpa kartu kredit. Ini merupakan salah satu opsi terbaik bagi kita yang ingin meminjam uang dalam jumlah besar namun tak memiliki kartu kredit, atau belum memiliki histori kredit lebih dari satu tahun.

Walau tanpa kartu kredit, namun persyaratan untuk mengajukan pinjaman ini kurang lebih sama seperti pinjaman tanpa agunan pada umumnya. Mulai dari dokumen seperti data diri, slip gaji atau bukti penghasilan bulanan dan sebagainya, hanya saja kepemilikan kartu kredit tidak menjadi persyaratan yang harus dipenuhi.

Sebagai antisipasi kredit macet, bunga yang dikenakan cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan kredit tanpa agunan biasa yang mengharuskan kepemilikan kartu kredit.

Berikut adalah syarat-syarat yang diperlukan:

1. Memiliki pendapatan bulanan yang sesuai dengan produk yang diajukan

Sebagai pengganti kepemilikan kartu kredit, pihak bank akan menilai kelayakan calon debitur untuk diberikan pinjaman dari pendapatan bulanan yang didapatkan. Penghasilan bulanan itu akan menentukan produk yang akan sesuai serta kemampuan calon debitur untuk membayar setiap jatuh tempo yang telah ditentukan.

2. Pastikan usia di atas 21 tahun dan di bawah 55-60 tahun saat masa pelunasan

Biasanya, bank memiliki kriteria mulai dari usia 21-65 tahun bagi yang ingin mengajukan. Usia 21 tahun dinilai sudah cukup matang untuk memiliki pendapatan sendiri dan mampu bertanggung jawab. Sedangkan usia maksimal 55-60 tahun dinilai sebagai batas usia seseorang untuk produktif bekerja.

3. Siapkan dokumen yang menjadi persyaratan

Terdapat beberapa dokumen yang harus dipersiapkan dengan matang ketika akan mengajukan pinjaman ini. Dokumen yang harus dilengkapi ini akan digunakan untuk menilai kelayakan serta jaminan identitas nasabah.

Dokumen tersebut adalah fotokopi KTP, slip gaji, fotokopi NPWP, serta fotokopi surat ijin profesi maupun akta pendirian/SIUP/TDP jika kita adalah seorang wiraswasta atau profesional, dan fotokopi rekening tabungan 3 bulan terakhir untuk membuktikan jumlah pendapatan bulanan. Siapkan seluruh dokumen tersebut, dan jangan sampai terlupa satu pun karena akan mempengaruhi lamanya proses peminjaman.

4. Memperhitungkan jumlah cicilan maksimal

Saat mengajukan pinjaman KTA, pastikan bahwa jumlah cicilan yang harus dibayarkan tiap bulannya tidak lebih dari 30% jumlah pendapatan per bulan. Ini merupakan peraturan yang ditetapkan oleh seluruh bank dan pemerintah agar para calon debitur tidak mengalami kesulitan ketika membayar cicilan bulanan.

5. Pastikan email dan nomor telepon valid dan aktif

Hal ini penting ketika kita memilih untuk mengajukan KTA tanpa kartu kredit online, seperti di CekAja.com misalnya. Pastikan email dan nomor telepon yang dicantumkan ketika mengisi data diri merupakan email dan nomor telepon yag aktif digunakan. Ketika mengajukan, kita juga akan diminta untuk memberi nomor telepon kantor dan keluarga yang tidak tinggal satu rumah dengan kita..

Keuntungan produk

Pinjaman tanpa agunan tanpa syarat kartu kredit ini tentu menguntungkan bagi banyak orang. Apalagi untuk seseorang yang tidak memiliki kartu kredit, karena membuka kesempatan untuk meminjam uang. Karena syarat penggantinya hanyalah dokumen seperti slip gaji atau rekening tabungan.

Jika calon debitur memenuhi persyaratan, maka dana bisa cair dalam waktu cepat. Suku bunga dari berbagai bank untuk produk keuangan ini cukup kompetitif. Pilihan tenor yang tersedia pun bevariatif dalam jangka panjang maupun jangka pendek.

Pinjaman tanpa agunan ini cukup berbeda dengan produk kredit lainnya karena bisa digunakan untuk tujuan apapun. Umumnya, pinjaman digunakan orang untuk biaya renovasi rumah, biaya pernikahan, biaya pendidikan, biaya pengobatan, modal usaha, atau kebutuhan finansial lainnya.

Tentang kami

Kartika Ratnasari

Kartika Ratnasari