Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

2 menit waktu bacaan

Ini Buktinya Barang Murah Bikin Rugi Keuangan dan Kesehatan

by Surtan Siahaan on 29 Juli, 2016

tips hidup sehat _ asuransi kesehatan - CekAja.com

Tidak selamanya irit itu baik untuk keuangan. Pesan ini berlaku buat yang selalu ingin irit dengan membeli barang-barang murah kelas dua alias KW.

Untuk sejumlah hal, sifat irit justru bisa berakibat buruk bagi kondisi finansial dan kesehatan. Bukannya hemat, kamu malah harus keluar bujet lebih untuk menanggung biaya kesehatan. Tidak percaya kalau belanja barang murah bisa membuat kita rugi banyak? Silakan simak artikel berikut ini:

Barang KW merugikan kesehatan

Peringatan ini berlaku untuk para perempuan yang seringkali mau irit dengan membeli kosmetik murah kelas dua. Asal kamu tahu saja, sebagian besar kosmetik berbahaya yang ditemukan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) merupakan barang kelas dua alias KW.

Sebuah penelitian di luar negeri bahkan menemukan kosmetik yang mengandung zat merkuri tinggi pada barang kelas dua. (Baca juga: Biaya Vaksin dan Pencegahan Penyakit Berbahaya Bagi Wanita)

Masuknya merkuri secara berlebihan dalam tubuh bisa membuat orang rentang mengalami sakit berbahaya seperti ginjal bahkan kanker. Yang lebih mengerikan lagi, penelitian sebuah sekolah medis SUNY Downstate Medical menemukan bahaya senyawa Butylparaben pada kosmetik yang bisa mengakibatkan bayi lahir prematur. Kebanyakan kosmetik yang mengandung senyawa tersebut adalah kosmetik kelas dua alias kosmetik murah.

Barang KW merugikan keuangan

Pada tahun 2015, impor tekstil ilegal seperti pakaian dan kain merugikan keuangan negara hingga triliunan Rupiah. Tidak hanya merugikan keuangan negara, barang KW juga bisa merugikan keuangan pribadimu lho. Contohnya bila kamu membeli elektronik KW.

Selain diragukan ketahanannya, sudah pasti kamu tidak bisa mendapatkan berbagai keuntungan barang asli atau barang kelas satu seperti garansi kerusakan. Padahal, tidak jarang kita temukan harga barang kelas satu tidak jauh berbeda dengan harga barang KW ataupun barang tiruannya. (Baca juga: Rahasia Sukses Para Youtuber Indonesia Ternyata Sederhana. Ini Bocorannya)

Barang kelas dua tidak bisa dibeli secara kredit

Barang barang kelas dua biasanya dijual secara terbatas. Kamu tidak bisa menemukan barang kelas dua dijual bebas seperti barang asli. Jangan harap menemukan barang tersebut di mall kesayangan kamu.

Dan, sudah pasti juga kamu tidak bisa menggunakan fasilitas cicilan kartu kredit untuk barang seperti itu. Jika toko tempat barang palsu tersebut dijual memiliki layanan kartu kredit, sudah pasti kamu tidak akan mendapatkan fasilitas keringanan seperti cicilan bunga 0%.

Butuh kartu kredit yang berikan diskon besar-besaran? Daftar sekarang juga di sini

Tentang Penulis