Ini Dia 5 Ciri-ciri aplikasi penipuan, Kamu Harus Waspada!

Ciri-ciri aplikasi penipuan

Di zaman yang serba digital, seluruh aktivitas kini bisa dilakukan sangat mudah. Namun dibalik kemudahan ini, kasus penipuan juga makin mudah dilakukan secara online. Tidak hanya satu atau dua orang, sudah banyak kasus yang merasa terjebak dan mengalami kerugian akibat aplikasi penipuan.

Tidak mau bukan mengalami kerugian aplikasi penipuan ini? Nah, simak selengkapnya ciri-ciri aplikasi penipuan yang telah dirangkum di https://bersamatekno.com.

5 Ciri-ciri Aplikasi Penipuan

1. Banyak Review Negatif

Ciri-ciri aplikasi penipuan pertama yang paling mudah untuk dilihat adalah adanya banyak review negatif.

Kamu bisa cek hasil review aplikasi di Play Store dan App Store, jika hasil rating dan reviewnya buruk, maka kamu perlu curiga.

Tak hanya review negatif pada aplikasi di Play Store atau App Store, biasanya di forum-forum online juga akan memberikan review yang tidak baik.

Dari forum-forum online, kamu bisa melihat testimoni dari banyak orang yang telah terjerumus aplikasi penipuan ini.

2. Menawarkan Hadiah Menarik

Aplikasi penipuan biasanya banyak menawarkan hadiah menarik untuk memancing para korban. Hadiah yang ditawarkan tidak tanggung-tanggung, tak jarang hadiah ditawarkan dengan harga fantastis.

Setelah korban terpancing, biasanya akan ada banyak persyaratan yang harus dipenuhi. Seperti melengkapi informasi data diri. Nantinya, data diri ini akan dimanfaatkan untuk tujuan buruk.

Namun, tidak semua yang menawarkan hadiah adalah aplikasi penipuan. Masih ada banyak aplikasi yang menawarkan hadiah untuk ajang promosi.

Kamu perlu melihat persyaratan untuk mendapatkan hadiah tersebut. Jika persyaratan jelas dan masuk akal, maka kemungkinan bukan aplikasi penipuan.

(Baca juga: Apa Itu Paylater? Berikut Defisini, Keuntungan, Kerugian, serta Contoh Aplikasinya!)

3. Desain Amatir

Ciri-ciri aplikasi penipuan selanjutnya bisa kamu lihat dari desain aplikasi. Biasanya, aplikasi penipuan memiliki desain yang terlalu amatir dan tidak profesional.

Jika diperhatikan lebih detail, beberapa penulisan juga sering salah eja. Misal mengganti huruf dengan angka, atau sebagainya.

Selain desainnya, kamu juga bisa cek sosial media dari aplikasi tersebut, seperti instagram atau facebook.

Biasanya, aplikasi resmi akan memiliki media sosial yang rapi, menarik, dan juga profesional. Akan ada juga informasi terkait aplikasi yang bisa kamu lihat di media sosial ini.

4. Tidak Ada Informasi Jelas

Ketika mencari informasi terkait aplikasi namun hasilnya nihil, kamu perlu waspada. Ini bisa menjadi ciri-ciri dari aplikasi penipuan.

Selain itu, kamu juga bisa melihat apakah aplikasi sudah terdaftar dan diawasi oleh lembaga terpercaya atau tidak.

Contohnya, untuk aplikasi pinjaman atau keuangan, jika sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) bisa dikatakan aplikasi tersebut sudah aman.

5. Memungut Biaya di Awal

Terakhir, ini menjadi ciri-ciri penipuan yang pernah marak dan menjebak banyak korban. Awalnya, aplikasi akan meminta biaya awal dengan alasan verifikasi atau sebagai awal pendaftaran.

Adapun iming-iming hadiah yang akan diberikan dengan syarat memberikan biaya di awal, sehingga memakan banyak korban.

Ketika semua sudah data telah di isi serta melakukan pembayaran di awal, namun hadiah yang dijanjikan tidak ada.

Nah, itu dia beberapa ciri-ciri aplikasi penipuan yang sudah kamu ketahui, dan bisa menjadi langkah awal untuk semakin waspada.