Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

Ini Dia Cara Membuat Nasi Goreng Beserta Bumbu Lengkapnya!

by Kyla Damasha on 8 January, 2020

Nasi goreng merupakan salah satu menu khas Indonesia yang memang menjadikan nasi sebagai bahan utamanya. Bahkan, hampir sebagian besar orang Indonesia telah mengetahui aneka bumbu nasi goreng beserta cara membuatnya.

Maka dari itu, tak heran apabila makanan nasi goreng itu sendiri sering kali dijadikan sebagai menu makanan yang paling sering dibuat, baik itu sebagai menu sarapan, makan siang, hingga makan malam sekalipun.

Indonesia dengan keanekaragaman rempah-rempah yang dimilikinya membuat nasi goreng memiliki versi yang berbeda-beda pula. Berbeda orang yang membuat, maka bisa saja berbeda pula aneka bumbu nasi goreng yang digunakan.

Nah, di dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang aneka bumbu nasi goreng dasar yang mungkin perlu untuk dipelajari. Sebagai pengetahuan tambahan saja, bumbu nasi goreng itu sendiri terbagi menjadi dua jenis, bumbu instan dan bumbu buatan.

Jika kamu ingin sesuatu yang lebih praktis dan cepat, maka bumbu instan bisa dijadikan sebagai pilihan. Namun, jika kamu ingin membuat nasi goreng dengan cita rasa yang berbeda serta bereksplorasi dengan aneka ragam bumbu, maka kamu juga bisa membuat aneka bumbu nasi goreng secara manual.

Cara Membuat Aneka Bumbu Nasi Goreng

Seperti yang telah sedikit disinggung di awal bahwa rempah-rempah yang begitu lengkap di Indonesia membuat aneka bumbu nasi goreng yang dibuat tidak selalu sama. Bahkan, bukan hanya bumbu nya saja yang berbeda, cara membuatnya pun juga berbeda.

Maka dari itu, di dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang aneka bumbu nasi goreng buatan yang sederhana dan mudah dibuat. Apa sajakah itu?

1. Cara Membuat Nasi Goreng Jawa
Bahan yang Dibutuhkan
Cara Membuat
2. Cara Membuat Nasi Goreng Sederhana
Bahan yang Dibutuhkan
(Baca Juga: Resep Steak Daging Sapi ala Restoran yang Enak, Empuk, dan Mudah)
Cara Membuat
  • Siapkan penggorengan dengan api sedang, tuang margarin atau minyak goreng
  • Masukan bawang putih dan daun bawang yang sudah dicincang halus ke dalam penggorengan, tumis hingga mengeluarkan bau harum atau hingga warnanya menjadi keemasan
  • Masukan sosis dan 1 butir telur ayam, tumis sebentar
  • Masukan nasi beserta aneka bumbu nasi goreng lainnya, seperti kecap manis, saus sambal, saus tiram, garam dan kaldu bubuk, aduk hingga warna nasi berubah secara merata
  • Nasi goreng sederhana yang enak dan lezat sudah siap disajikan
3. Cara Membuat Nasi Goreng Pedas
Bahan yang Dibutuhkan
  • 2 Piring nasi
  • 3 Siung bawang putih, cincang halus
  • 5 siung bawang merah, cincang halus
  • Penyedap rasa secukupnya
  • Garam halus secukupnya
  • 1 Butir telur ayam
  • Udang secukupnya
  • 20 Cabai rawit
  • 1 Batang daun bawang
  • Minyak goreng
Cara Membuat
  • Haluskan bawang putih, bawang merah, cabai rawit dan garam dengan cara diblender atau diulek
  • Panaskan minyak goreng dan tumis telur ayam dan udang yang telah disiapkan. Kemudian masukan aneka bumbu nasi goreng yang telah dihaluskan dan tumis hingga tercium aroma sedap
  • Tambahkan nasi dan aduk bersama bumbu hingga rata. Kemudian tambahkan irisan daun bawang.
  • Aduk kembali hingga rata. Setelah semuanya hampir matang, taburkan penyedap rasa sesuai selera
  • Angkat dan sajikan di atas piring saji

Nah, berdasarkan ketiga resep nasi goreng yang telah dipaparkan, maka kita bisa tahu bahwa meskipun terdapat berbagai versi dari nasi goreng yang ada, nyatanya ada beberapa jenis bumbu yang selalu dibutuhkan dan menjadi bumbu dasar dari pembuatan nasi goreng itu sendiri, yaitu bawang putih, nasi putih, garam, dan minyak goreng.

Sedangkan untuk aneka bumbu nasi goreng lainnya hanya dijadikan sebagai pelengkap saja, yang mana dapat digunakan sesuai selera.

Aneka Bumbu Nasi Goreng Instan

Memang membuat bumbu nasi goreng secara manual membutuhkan waktu yang sedikit lebih panjang, dan dikarenakan hal itulah, saat itu sudah terdapat aneka bumbu nasi goreng instan yang bisa kamu temukan dengan mudahnya di supermarket.

Bumbu nasi goreng instan ini memang dihadirkan khusus bagi kamu yang senang dengan segalanya yang serba praktis. Tidak hanya itu saja, bumbu-bumbu instan ini juga hadir dengan aneka ragam rasa yang bisa disesuakan dengan selera lho.

Kali ini kita akan membahas tentang merk aneka bumbu nasi goreng instan yang dikenal lezat dan enak. Apa sajakah itu?

(Baca Juga: 5 Resep Membuat Kopi Kekinian, Lezat dan Gampang Ditiru)
· Nasi Goreng Rasa Pedas Sajiku

Masyarakat Indonesia memang dikenal sebagai golongan penyuka makanan pedas. Bagi sebagian orang, makanan pedas membuat membuat sebuah hidangan menjadi lebih menggugah selera dengan rasa yang lebih lezat.

Jika kamu termasuk salah satu di dalamnya, maka bumbu nasi goreng pedas Sajiku bisa dijadikan sebagai pilihan praktis. Dengan sensasi terbakar di mulut dan kelezatan yang tiada tara, bumbu nasi goreng rasa pedas Sajiku ini memang dilengkapi dengan berbagai rempah-rempah pilihan yang telah dikeringkan dengan cabai pedas.

Kamu bisa mendapatkannya dengan harga mulai dari Rp. 2000 – Rp. 5000 an baik itu di e-commerce seperti Tokopedia dan Shopee maupun di supermarket terdekat.

· Indofood Oriental Fried Rice

Ada berbagai jenis nasi goreng yang ada, nah salah satunya yaitu nasi goreng oriental yang lebih menonjolkan aroma sedap dari bawang putih dan bawang merah. Jika kamu senang dengan nasi goreng oriental, maka kamu bisa mencoba bumbu instan Indofood Oriental Fried Rice.

Terbuat dari bahan dan rempah-rempah alami, nasi goreng akan terasa lebih lezat tanpa perlu khawatir dengan bahaya dari bahan pengawet dan pewarna. Kamu bisa membelinya dengan rentang harga Rp. 5000 – Rp. 8000.

· Lemonilo Bumbu Komplit Alami Nasi Goreng Kari

Aneka bumbu nasi goreng instan lainnya yaitu Lemonilo Bumbu Komplit Alami Nasi Goreng Kari. Produk satu ini sangat cocok bagi kamu yang tengah menjalankan diet karena terbuat dari bahan-bahan alami serta kandungan kalori yang rendah.

Selain itu, bumbu nasi goreng ini juga dilengkapi dengan garam, bubuk kari, lada, dan ekstrak jamur yang aman bagi para vegetarian. Setiap kemasan terdiri dari 2 pax yang mana dapat digunakan hingga mencapai 4 porsi per pax-nya.

Kamu bisa membeli Lemonilo Bumbu Komplit Alami Nasi Goreng Kari dengan rentang harga mulai dari Rp. 13 ribu – Rp. 20 ribu.

Dapatkan berbagai informasi menarik lainnya, hanya di CekAja.com, di mana kamu juga bisa menemukan berbagai rekomendasi produk keuangan sesuai kebutuhan.

Tentang Penulis

Kyla Damasha

Usia Hanyalah Angka, Wajah Tetap Harus Awet Muda