Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

7 menit waktu bacaan

Resep Steak Daging Sapi ala Restoran yang Enak, Empuk, dan Mudah

by Estrin Vanadianti Lestari on 27 Desember, 2019

Memiliki rasa yang lezat, menu makanan steak biasa dijumpai di restoran, cafe, hingga hotel mewah. Steak sendiri merupakan jenis masakan yang terbuat dari sepotong daging (bias daging sapi, ayam, dan ikan) yang besar, lalu dimasak dengan cara dipanggang, meskipun bisa juga digoreng atau di”broil”. Untuk harga satu porsi steak di rumah makan, memang tergolong mahal, yakni mulai dari Rp80 ribuan hingga ratusan ribu.

Selain di restoran, steak juga bisa kamu buat sendiri di rumah lo. Selain lebih murah, rasa steak buatan sendiri di rumah juga, tentunya tak kalah enak, ditambah dengan porsi yang lebih puas, sesuai keinginan. Resep steak daging sapi ala restoran, juga bisa kamu ikuti dengan mudah dengan bahan yang simpel.

Steak Sudah Ada Sejak Tahun 1830-an

Namun, cara masak steak di setiap daerah dan negara ternyata berbeda-beda, karena disesuaikan dengan selera dan budaya adat di daerah tersebut. Sebut saja, masakan steak di Amerika, steak atau beef steak seringnya dihidangkan dengan metode dipanggang. Beberda dengan di Yunani, pasalnya steak di negara ini lebih sering dimasak dengan metode dibakar.

Resep steak daging sapi beserta cara membuatnya, ternyata juga sudah ada sejak tahun 1830-an lo. Jadi, jangan anggap bahwa makanan ini adalah makan modern ya. Tidak hanya itu, menurut Wikipedia.com, masakan steak bahkan sudah menjadi hidangan para ibu rumah tangga di Virgina, Amerika Serikat sejak 1838.

Sejarah Masuknya Hidangan Steak di Indonesia

Namun, sebelum membahas aneka resep steak daging sapi yang enak dan empuk, apakah kamu tahu, bagaimana sejarah steak bisa sampai di Indonesia?

Sebelum sepopuler sekarang, menu steak di Indonesia zaman dulu dikenal dengan nama bistik. Dimana steak masuk Indonesia pada zaman kekuasaan Belanda. Di saat itu, orang-orang Belanda yang memperkenalkan hidangan bistik atau steak ke rakyat Indonesia.

Nah, setelah itu, barulah steak mengalami pertumbuhan yang sangat cepat. Bahkan, beragam versi resep steak daging sapi pun, juga ikut beragam. Seperti yang kita tahu bahwa, steak sebenarnya bukanlah makanan yang berasal dari Indonesia, sehingga cara membuat hingga resep steak daging sapi pun banyak diinovasikan dan disesuaikan dengan lidah masyarakat Indonesia.

Cara Memilih Daging Sapi Terbaik Untuk Steak

Sebelum kamu mulai memasak dari resep steak daging sapi yang enak dan empuk, lebih baik, cari tahu dulu bagaimana cara memilih daging sapi terbaik, untuk membuat steak. Pasalnya, tidak semua bagian daging sapi, bisa kamu jadikan steak lo. Yuk ikuti tipsnya berikut ini:

  • Ketahui Jenis Daging Steak Terbaik yang Berasal dari Bagian-Bagian Tubuh (Sapi)

Jika kamu sering ke supermaket, pasti sudah tidak asing dengan jenis-jenis daging yang namanya berasal dari bagian tubuh hewan. Di antaranya adalah:
– Chuck
– Rib
– Short Loin
– Plate
– Brisket
– Flank
– Bottom Sirloin
– Round
– Shank

  • Menentukan Jenis Daging Sapi

Daging steak (khususnys sapi), biasa dijual dengan beragam bentuk, jenis, dan ukuran, dengan harga dan teknik penyajian yang berbeda. Kamu bisa memilih jenis daging Flat Iron atau Flank Steak, untuk membuat steak yang cukup banyak.

Atau kamu juga bisa memilih jenis Porterhose atau Bone-in Rib-Eye, yang memiliki ukuran lebih tebal. Untuk jenis New York Steak juga memiliki potongan yang lebih tebal, dan jenis daging ini bisa digunakan untuk berbagai macam masakan.

(Baca Juga: 5 Restoran All You Can Eat di Jakarta Murah, Mulai 79 Ribu!)
  • Perhatikan Warna, Bau, dan Tekstur Daging Steak Terbaik

Tahukah kamu, bahwa warna, bau, hingga tekstur bisa memengaruhi kualitas steak. Meski begitu, ternyata beberapa jenis daging memang memiliki warna merah yang berbeda-beda. Hal tersebut dipengaruhi oleh jenis makanan yang dimakan oleh hewan tersebut.

Nah, disini kamu bisa memilih daging dengan warna merah tua, dimana warna merah tua diperoleh dari sapi pemakan rumput. Meski, warna daging memungkinkan bisa berubah warna, karena terjadinya oksidasi ketika sampai ke supermaket, namun hal tersebut tidak mengubah kualitasnya.

Pastikan pula, kamu memilih daging berbau segar, dan jangan pilih daging yang sudah berbau asam, busuk, atau beraroma amonia. Selanjutnya tekstur juga penting, karena jika kamu menemukan daging yang memiliki tekstur lengket ketika disentuh, maka daging tersebut sudah tidak segar. Pastikan, tekstur daging kenyal dan kencang.

  • Perhatikan Lemak Daging (titik-titik putih pada daging)

Lemak putih yang terdapat pada daging sapi, atau yang disebut marbling. Tidak perlu khawatir terkait lemak yang ada pada daging, karena ternyata marbling merupakan sumber rasa daging steak dan juga keempukan. Dimana, sapi pemakan rumput akan menghasilkan marbling yang paling enak.

  • Perhatikan Kemasan, Tanggal Kadaluarsa, Hingga Kondisi Daging

Daging sapi kerap dijual menggunakan kemasan styrofoam yang dibekukan dalam peti dingin. Nah, di sinilah kamu harus ekstra teliti untuk memperhatikan kemasan, tanggal kadaluarsa yang terdiri dari (tanggal pengemasan, tanggal pembekuan atau tanggal penggunaan), hingga kondisi daging.

Jika kamu ragu dengan kesegaran daging yang ada di kemasan, kamu bisa bertanya kepada petugas supermaket tersebut, terkait kesegaran daging. Pasalnya, banyak supermaket yang mengemas ulang, agar daging masih terlihat baru.

Pilihan Resep Steak Daging Sapi Enak dan Empuk

Nah, sudah tahu bukan, jenis daging sapi apa yang cocok untuk dijadikan steak? Setelah mempersiapkan segala kebutuhan bahan utama, saatnya kamu ikuti rekomendasi resep steak daging sapi enak dan empuk berikut ini yuk!

1. Steak Sirloin Panggang

Bahan cara membuat steak daging:
3 iris besar steak daging sirloin
3 buah kentang (potong, rebus)
1 buah wortel (potong, rebus)
3 buah buncis (potong, rebus)
1 sdm mentega

Bumbu cara membuat steak daging:
3 sdt kecap asin
3 sdm minyak goreng
1/4 sdt soda kue
3 sdm saus tiram
garam dan merica bubuk secukupnya

Bahan dan Bumbu Membuat Saus Steak Daging:
1/2 bagian bawang bombay (cincang halus)
1 gelas sedang air
3 sdm tepung meizena
garam secukupnya
3 sdm kecap manis
1 sdt kecap inggris
3 sdm saus tomat
2 sdt gula palm

(Baca Juga: Kuliner Viral 2019: dari Boba Tea Sampai Siomay Mozarella)
Cara Membuat Steak Daging:
  • Pertama-tama, dalam resep steak daging sapi berikut ini adalah, membumbui atau melumuri daging steak dengan bumbu hingga meresap dan semua bagian daging, baik di sisi belakang maupun di bagian depan terlumuri dengan merata oleh bumbu yang sudah terlebih dahulu disiapkan.
  • Setelah daging dilumuri dengan bumbu secara merata. Jangan terlebih dahulu dimasak atau diberikan bahan lain.
  • Diamkan terlebih dahulu daging selama kurang lebih 30 menit agar bumbu meresap ke dalam daging.
  • Setelah didiamkan dengan waktu 30 menit, siapkan alat untuk memanggang.
  • Untuk memanggang daging steak, jika kamu tidak punya pemanggang steak atau alat panggangan steak yang khusus. Kamu bisa menggunakan pan atau wajan anti lengket seperti teflon dengan melumuri bagian dasar pan dengan mentega kemudian panggang hingga kecokelatan dan matang.
Cara Membuat Saus:
  • Panaskan mentega dalam wajan kemudian tumis bawang bombay hingga tercium bau aroma harum dan bawang menjadi lebih layu.
  • Setelah bawang layu, baru masukkan semua bahan saus kecuali tepung mazeina.
  • Aduk-aduk hingga tercampur rata dan tidak ada bagian saus yang menggumpal.
  • Masukkan juga bumbu seperti garam dan gula, kemudian cicipi hingga bumbu dirasa pas.
  • Setelah bumbu dirasa pas, larutkan tepung mazeina dengan sedikit air dan tuangkan pada tumisan saus, aduk-aduk hingga saus mengental dan merata.
  • Terakhir angkat saus dan sirami di bagian atas steak daging yang sudah dibakar. Sajikan steak daging yang sudah matang dengan bahan pelengkap yang ditata di bagian pinggirnya. Siram saus ke daging steak dan sajikan.
2. Crispy Beef Steak

Bahan-bahan:
Daging sapi yang lebar iris tipis, pukul-pukul

Marinate daging dengan:
1 sdt merica bubuk
Saus tiram, diamkan di kulkas minimal 30 menit

Bahan tepung:
1 butir telur, kocok lepas
5 sdm tepung bumbu serbaguna
1 sdm tepung maizena

Bahan saus:
Margarin
1/2 buah bawang bombai, diiris
2 siung bawang putih, cincang halus
Air secukupnya
Saus tomat
Saus tiram
Kecap manis
Garam, gula dan merica secukupnya
1 sdm maizena, larutkan

Cara membuat:
  • Rendam daging sapi yang sudah dipukul-pukul ke dalam bumbu, diamkan di kulkas minimal 30 menit
  • Keluarkan daging dari kulkas, masukkan ke dalam tepung, celupkan pada kocokan telur, lumuri dengan tepung lagi sambil dicubit-cubit, goreng dalam minyak panas
Cara memasak saus:
  • Lelehkan margarin, tumis bawang bombai dan bawang putih sampai harum, masukkan air secukupnya
  • Tambahkan saus tomat, kecap manis, garam, gula dan merica secukupnya, tunggu sampai mendidih, koreksi rasa
  • Tambahkan larutan maizena, aduk cepat sampai rata/sampai kekentalan yang diinginkan
Penyajian:
  • Siram steak dengan brown saus, tambahkan saus sambal/saus tomat sesuai selera
  • Sajikan dengan sayur rebus (wortel, brokoli, optional) dan kentang goreng.

Dapatkan berbagai informasi menarik lainnya, hanya di CekAja.com, di mana kamu juga bisa menemukan berbagai rekomendasi produk keuangan sesuai kebutuhan.

Tentang Penulis

Estrin Vanadianti Lestari

Sisuka makan banyak, tapi enggak gemuk-gemuk