Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Ini Kebiasaan Sepele yang Bikin Boncos Anggaran Rumah Tangga

by Miftahul Khoer on 24 Juli, 2019

Ada banyak penyebab mengapa anggaran rumah tangga sering terasa boros. Padahal kita sudah mencoba untuk menekan segala pengeluaran biaya gaya hidup yang menjadi penyebab boncosnya anggaran belanja.

anggaran rumah tangga
Jika kamu masih merasa boros dalam pengeluaran, pasti ada yang salah dalam pola kebiasaan gaya hidup sehari-hari. Sudah saatnya kamu mencari tahu apa saja penyebab bujet bulanan kerap boros sehingga mengganggu alokasi untuk keperluan lain. Nah berikut ini kami rangkum hal-hal sepele yang kerap membikin boncos anggaran keluarga. Yuk cek.

Makan di luar

Kamu mungkin sering merasa malas belanja sayur dan lauk untuk dimasak sendiri di rumah. Selain bikin capek, masak di rumah juga cukup menguras tenaga. Ujung-ujungnya kamu beli makan di luar yang hanya tinggal konsumsi saja.

Mungkin buat kamu beli makan di luar ini hal sepele. Padahal kebiasaan ini menjadi salah satu faktor yang bikin tekor keuangan keluarga. Misalnya dalam sekali makan kamu dan keluarga menghabiskan sekitar Rp50.000 dengan asumsi sekali makan Rp17.000 untuk tiga orang. Jika dikalikan tiga kali makan, maka anggaran makan sehari kamu akan menghabiskan sekitar Rp150.000.

Coba bandingkan jika kamu belanja sayuran dan lauk untuk masak sendiri di rumah. Uang Rp150.000 mungkin bisa digunakan untuk tiga hari dengan lauk yang tentu lebih bervariasi. So, untuk menekan kebiasaan boros anggaran rumah tangga, sebaiknya mari mulai belanja sayuran dan masak sendiri.

(Baca juga: Cara Hemat Listrik Rumah Tangga yang Tahun Depan Tarifnya Bakal Naik)
Malas bandingkan harga

Belanja keperluan sehari-hari bisa dibeli di mana saja. Kamu bisa beli di swalayan, super market, mini market, warung tetangga, grosir hingga pasar tradisional. Masing-masing dari tempat belanja tersebut tentu menerapkan harga berbeda-beda. Ada yang lebih mahal dan ada juga yang lebih murah.

Masalahnya, kamu sering malas membandingkan harga sebuah barang keperluan sehari-hari di tempat-tempat belanja di atas, seringkali bahkan membeli barang yang lebih mahal. Padahal jika sejenak mengecek terlebih dulu harga secara yang bisa dilakukan secara online, maka uang belanja kamu bakal terselamatkan dari keborosan.  

Ogah matikan saluran listrik dan keran air

Pernah kaget ketika mengetahui tagihan listrik dan PDAM di akhir bulan membengkak? Ya, itu terjadi karena hal yang dirasa sepele yakni malas mematikan saluran listrik seperti mencabut charger, AC, televisi hingga sering lupa mematikan keran air.

Jangan salah lho, saluran listrik yang masih nyolok cukup memakan daya cukup tinggi. Begitu juga jika ada keran yang lupa ditutup meski menyisakan tetesan kecil yang menyebabkan tagihan melambung tinggi di akhir bulan. So, kebiasaan sepele seperti ini sudah harus dihentikan.

Jarang manfaatin diskon dan promo

Sesekali kamu mungkin ingin menikmati makan enak di beberapa restoran ternama. Makan enak biasa dilakukan bareng keluarga setelah jalan-jalan di mal atau beres nonton film di bioskop. Jika kamu mengeluarkan uang untuk nonton, belanja dan makan dengan uang tunai tanpa memanfaatkan harga promo dan diskon, maka itu adalah sebuah kesalahan.

Padahal, kamu bisa memanfaatkan banjir promo dan diskon yang diberikan oleh sejumlah perusahaan dompet digital macam OVO, Gopay, Dana, LinkAja dan lainnya. Tak tanggung-tanggung, diskon dan promo yang diberikan bagi pengguna dompet digital tersebut bisa hingga 50 persen lho. Setidaknya dengan memanfaatkan dompet digital kamu bisa belanja dengan diskon hingga setengah harga. 

(Baca juga: Ini Investasi Pilihan Ibu Rumah Tangga, Cek Yuk!)
Ngopi dan ngemil

Tren minum kopi di kedai atau coffee shop semakin menjamur. Belum lagi ketika ngopi, tentu harus ada camilannya. Padahal kebiasaan ngopi ini bakal bikin keuangan kamu terganggu.

Nah, mulai sekarang coba deh biasakan untuk ngopi dan ngemil di rumah aja bareng keluarga. Bahan-bahannya bisa mudah dibeli kok. Saat ini sudah cukup banyak penjual kopi yang enak beserta peralatannya yang bisa kamu miliki. Dan tentunya ini akan menghemat pengeluaran kamu ketimbang ngopi terus di luar.

Nah, hal-hal sepele di atas sering banget kan luput dari kesadaran kita yang padahal kalau dihitung-hitung gak terasa bikin anggaran rumah tangga boncos dan boros. Kuy ah mulai hidup hemat demi masa depan yang lebih baik. Daripada jajan gak jelas, lebih baik uangnya untuk investasi! 

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami