Ini Makanan Khas Purwakarta Paling Lezat dan Bikin Nagih!

3 min. membaca Oleh CekAja on

Saat mengunjungi suatu daerah, tentunya tidak lengkap kalau tidak mencicipi kuliner khasnya. Karena memang identitas suatu daerah bisa dilihat dari kuliner khasnya. Oleh karena itu, mencicipi kuliner daerah setempat biasanya selalu masuk di agenda perjalanan.

kuliner Sunda purwakarta

Sebagai salah satu kabupaten di Jawa Barat, Purwakarta menawarkan berbagai macam makanan bercita rasa lezat yang pasti akan bikin kamu ketagihan.

Kalau kamu sedang berada di Purwakarta atau berencana pergi ke Purwakarta, kamu harus mencicipi makanan khas daerah ini. Berikut ini makanan khas Purwakarta yang wajib kamu coba.

1. Simping

Simping - Ini Makanan Khas Purwakarta Paling Lezat dan Bikin Nagih! (1)

Simping merupakan camilan ringan khas Purwakarta. Makanan yang bercita rasa manis dan gurih ini terbuat dari tepung tapioka, tepung terigu, serta berbagai bumbu penyedap dari rempah-rempah dan buah-buahan.

Bentuknya yang khas yaitu bulat dan pipih membuatnya sangat cocok dibeli sebagai oleh-oleh untuk keluarga dan teman di rumah.

2. Soto Sadang

Soto Sadang - Ini Makanan Khas Purwakarta Paling Lezat dan Bikin Nagih!

Soto adalah salah satu makanan nusantara yang memiliki banyak variasi. Hampir tiap daerah memiliki versi soto dengan citarasanya sendiri.

Di Purwakarta, ada soto Sadang. Pilihan soto yang ditawarkan ada bermacam-macam seperti soto ayam, babat, kikil, dan buntut. Ada dua jenis kuah yang bisa dipilih yaitu kuah bening dan kuah dengan tambahan santan.

(Baca juga: Kuliner Sunda yang Go International dan Diakui Kelezatannya, Icip Yuk!)

3. Ayam goreng Sajolna

Ayam goreng Sajolna - Ini Makanan Khas Purwakarta Paling Lezat dan Bikin Nagih!

Variasi olahan ayam memang sangat beragam. Salah satunya adalah ayam goreng. Di Purwakarta, kamu bisa mencoba ayam goreng Sajolna.

Ayam goreng ini memiliki cita rasa gurih dan harum yang membuatnya khas. Kamu harus mencoba sendiri untuk mengetahui perbedaannya. Ayam goreng Sajolna bisa kamu dapatkan di RM. Sajolna Sasak Beusi Purwakarta.

4. Cobek ikan mini

Cobek ikan mini - Ini Makanan Khas Purwakarta Paling Lezat dan Bikin Nagih!

Makan ikan memang paling enak dengan sambal. Bagaimana kalau ikannya sendiri disajikan di cobek? Cobek ikan mini adalah salah satu makanan khas Purwakarta yang menghidangkan ikan langsung di cobek.

Yang membuat hidangan ini sedap, ikannya dilumuri dengan sambal kencur yang segar dan pasti menggugah selera makan. Cobek ikan mini bisa ditemui di Cobek Nini Citalang Purwakarta.

5. Peuyeum bendul

Peuyeum bendul - Ini Makanan Khas Purwakarta Paling Lezat dan Bikin Nagih! (1)

Biasanya, kalau mendengar kata peuyeum, orang akan langsung teringat pada kota Bandung. Namun jangan salah, di Purwakarta kamu juga bisa menemukan peuyeum.

Dinamakan peuyeum Bendul karena makanan ini banyak dijual di sepanjang jalan raya Bendul.

Konon panjang pedagang peuyeum di Bendul panjangnya sampai dua kilometer, lo. Sedikit berbeda dengan peuyeum Bandung, peuyeum Bendul bertekstur lebih padat dan manis.

6. Colenak Purwakarta

Colenak Purwakarta - Ini Makanan Khas Purwakarta Paling Lezat dan Bikin Nagih! (1)

Colenak merupakan modifikasi dari peuyeum yang dibakar kemudian ditambahkan topping saus merah dan kelapa sangrai.

Dengan demikian, colenak memberikaan perpaduan citarasa manis legit dan gurih yang lezat. Kalau kamu suka makanan manis, kamu harus mencoba makanan yang satu ini.

7. Pepes Purwakarta

Pepes Purwakarta - Ini Makanan Khas Purwakarta Paling Lezat dan Bikin Nagih!

Kalau kamu berkunjung ke Purwakarta, jangan sampai tidak mencoba pepes ikannya. Pepes Purwakarta diolah dari ikan-ikan segar terbaik dengan bumbu tradisional yang khas dan pastinya lezat.

Salah satu warung pepes terkenal di Purwakarta adalah Pepes Ibu Ani. Warung ini menyediakan aneka pepes dengan rasa yang lezat dan harga terjangkau.

8. Es Ciming

Es Ciming - Ini Makanan Khas Purwakarta Paling Lezat dan Bikin Nagih!

Menjelajah kekhasan kuliner suatu daerah, tentunya tidak lengkap kalau tidak mecoba minuman khasnya. DI Purwakarta ada minuman yang sangat terkenal yaitu es Ciming.

Es ciming merupakan es serut dengan berbagai toping dan campuran seperti cendol, jelly, kelapa, potongan cincau dan kacang hijau. Sangat cocok diminum saat cuaca panas.

(Baca juga: Peluang Usaha Musim Hujan, dari Kuliner Sampai Laundry)

9. Surabi

Surabi - Ini Makanan Khas Purwakarta Paling Lezat dan Bikin Nagih!

Provinsi Jawa Barat memang terkenal dengan surabinya. Begitu juga dengan Purwakarta.

Digadang-gadang untuk go internasional, surabi sekarang memiliki lebih banyak varian seperti topping keju, cokelat, buah, dll. Selain itu juga masih ada surabi original dengan pilihan topping oncom atau gula merah.

10. Sate Maranggi

Sate Maranggi - Ini Makanan Khas Purwakarta Paling Lezat dan Bikin Nagih!

Akhirnya, siapa yang belum mendengar nama sate Maranggi? Kuliner yang satu ini sangat terkenal dan dianggap sebagai ikon kuliner khas Purwakarta.

Cita rasa sate Maranggi berbeda dengan sate pada umumnya karena proses pengolahannya yang direndam dulu dalam bumbu sebelum dibakar. Bumbu yang digunakan juga kaya akan rempah-rempah.

Dalam penyajiannya, sate Maranggi tidak menggunakan bumbu kacang. Kalau kamu main ke Purwakarta, kamu wajib mencoba sate Maranggi.

Itu tadi daftar kuliner khas Purwakarta yang paling lezat dan bikin nagih. Semoga artikel ini bisa memberi inspirasi buat kamu yang sedang jalan-jalan di Purwakarta dan ingin mencicipi kuliner khasnya.

Lengkapi liburan kamu dengan dana tunai yang cukup. Akses CekAja.com dan ajukan segera produk keuangan yang kamu butuhkan.

Tentang kami

CekAja

CekAja