Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Ini yang Harus Disiapkan Sebelum Berburu Obral Akhir Tahun di Mal

by Ariesta on 13 Desember, 2016

Akhir tahun memang menjadi waktu yang tepat untuk belanja. Bagaimana tidak, di bulan Desember banyak event-event belanja di mana Anda bisa mendapatkan barang idaman dengan harga murah.

Salah satu event yang memberikan diskon besar-besaran adalah Hari Belanja Online Nasional, Harbolnas 2016, yang jatuh pada tanggal 12 Desember. Selain diskon, Anda juga bisa mendapatkan cashback dan ongkos kirim gratis. Tentu ini jadi momen menggembirakan bagi pencinta belanja online.

Tapi tidak semua orang nyaman belanja online. Apalagi untuk membeli baju, celana, atau sepatu yang notabene kurang pas kalau tidak dicoba langsung. Christmas sale, midnight sale, dan year end sale di mal pun jadi serbuan.

Masalahnya saat pesta diskon ini keadaan mal bisa sangat penuh sesak. Karenanya, persiapkan hal ini sebelum berburu sale di mal.

kejutan akhir tahun CekAja.com

Tenaga untuk rebutan barang

Kalau Anda pernah nonton film The Confession of Shopaholic, pasti kamu ingat adegan di mana Rebecca Bloowood rebutan sepatu boot warna ungu sampai akhirnya menerjang orang yang mau membeli boots tersebut. Konyol memang kalau kamu sampai bertengkar gara-gara belanja. Tapi pesan moral yang bisa kamu dapatkan dari tingkah Rebecca adalah: siapkan tenaga.

Barang bagus pasti cepat diserbu pembeli, apalagi untuk ukuran umum seperti M untuk baju dan 37-38 untuk sepatu. Meski tidak harus rebutan, Anda harus siap tenaga untuk menemukan ‘harta karun’ di balik tumpukan diskon. (Baca juga: Serba-serbi Gimmick Harbolnas yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Belanja Online)

Sepatu nyaman untuk lari

Jangan pakai high heels apalagi model stiletto. Memang sih, saat belanja khusus barang branded seharga jutaan, banyak orang ingin tampil maksimal. Tapi menggunakan sepatu kurang nyaman selain menghambat gerak juga membuat Anda tidak leluasa mencoba barang lain. Gunakan flat shoes sebagai gantinya.

Memakai pakaian fleksibel

Supaya tidak kalap mata, salah satu caranya adalah merencanakan barang yang ingin dibeli. Ketika sudah tahu apa yang ingin dibeli, kamu pun bisa melakukan persiapan. Misalnya jika ingin membeli kemeja, kamu bisa memakai kaus pas di badan. Trik ini memudahkan kamu mencoba kemeja tanpa harus ke ruang ganti. Maklum saja, saat pesta diskon berlangsung antrean di ruanga ganti bisa mengular.

cekaja-daftar-kartu-kredit-belanja-online-harbolnas-CekAja.com

Demi efektivitas waktu, jagangan gunakan sepatu tali, tapi sandal atau flat shoes saat berburu sepatu. Kalau ingin membeli celana, gunakan rok agar kamu lebih gampang mencoba. Saat ingin membeli bawahan seperti rok, gunakan legging bukan celana jins supaya bisa dicoba di tempat. Mudah kan?

Bawa kartu anggota mal

Dengan memiliki kartu keanggotaan mal, kamu bisa mengumpulkan poin untuk ditukar dengan voucher belanja. Kalau kamu berniat belanja dalam jumlah banyak dan sering belanja ke mal, kamu wajib memiliki kartu ini.

Cek limit kartu kredit

Nggak lucu kan kalau udah mengantri panjang dan ternyata kartu kredit declined saat bertransaksi. Kenapa kamu harus gunakan kartu kredit? Karena poin yang didapat setelah bertransaski sayang untuk dileawtkan. Selain itu kartu kredit juga sering bekerja sama dengan merchant mal untuk memberikan diskon tambahan. (Baca juga: Resolusi Finansial Kamu Punya Rumah Tahun Depan? Ini Hal yang Perlu Dilakukan)

Bawa pasangan

Berbeda dengan teman yang seringkali menyarankan kamu untuk membeli barang lucu, pasangan yang lebih tahu kondisi keuangan kamu akan mengerem hobi belanjamu saat sudah kelewat batas. Dengan membawa pasangan, kamu bisa saling mengingatkan. Kamu juga bisa untung saat membeli barang beli satu gratis satu atau beli dua gratis satu.

Butuh kartu kredit yang berikan diskon belanja bahkan cashback hingga jutaan rupiah? Daftar sekarang juga di sini

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami