Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

5 menit waktu bacaan

Ini yang Sebabkan Premi Asuransi Jadi Mahal

by Ariesta on 21 Maret, 2017

daftar asuransi_asuransi kesehatan - CekAja.com

Meski sadar kalau memiliki asuransi itu penting, banyak orang yang merasa berat memilikinya karena harga premi yang mahal. Apa kita termasuk salah satunya?

Mungkin kita merasa heran, mengapa seorang teman bisa membayar tarif premi asuransi kendaraan lebih murah? Padahal jenis kendaraan yang dimiliki sama. Mengapa hal itu bisa terjadi?

Tidak hanya asuransi kendaraan saja, sebenarnya bisa mendapatkan premi lebih murah untuk setiap jenis asuransi kalau memang tahu ketentuannya. Jangan buang-buang uang untuk perlindungan yang tidak dibutuhkan. Tanpa disadari, mungkin ini yang sebabkan premi asuransi jadi mahal.

Tidak membandingkan

Setiap perusahaan asuransi punya penentuan harga yang berbeda untuk setiap perlindungan yang diberikan. Bisa jadi perlindungan yang diberikan sama, namun perusahaan asuransi A punya harga premi lebih murah daripada perusahaan asuransi B.

Kuncinya adalah jangan malas membandingkan. CekAja.com punya fitur perbandingan yang memudahkan kamu mencari asuransi yang sesuai. Mulai dari asuransi kesehatan, asuransi kecelakaan diri, asuransi kendaraan bermotor, asuransi properti, hingga. asuransi perjalanan. Praktis dan anti ribet, kamu juga gratis konsultasi dengan menghubungi nomor 0215030 4949. 

Gaya hidup atau punya penyakit berat

Coba tengok, bagaimana gaya hidup yang kita jalani. Kalau punya kebiasaan merokok (perokok aktif) jangan heran jika saat mendaftar asuransi kesehatan maka preminya jadi mahal. Perusahaan asuransi jiwa dan kesehatan menilai orang dengan gaya hidup buruk seperti perokok atau kelebihan berat badan, dikarenakan tingginya risiko terkena penyakit berat dan mematikan.

Selain itu, kalau pernah menderita penyakit kardiovaskular, kanker, diabetes, asma, atau keturunan penderita penyakit mematikan, premi juga akan jadi mahal. Apakah hanya itu saja?

Ternyata usia dan profesi juga turut dipertimbangkan. Semakin tua usia, semakin dinilai rentan sakit. Sedangkan profesi berisiko seperti pilot, nahkoda, pekerja tambang, juga dinilai riskan.

Bahkan, jenis kelamin pun dianggap bisa membedakan tarif premi yang dibayarkan. Pasalnya laki-laki dianggap berisiko berumur lebih pendek dari perempuan. Inilah penyebab mengapa biaya premi laki-laki lebih tinggi dari wanita.

Daftar asuransi kendaraan, untuk mobil berharga mahal

Ada beberapa faktor yang menjadi pertimbangan biaya premi asuransi kendaraan. Di antaranya jenis kendaraan, usia kendaran, jenis asuransi, wilayah, dan harga kendaraan.

Untuk jenis asuransi, premi all risk (komprehensif) akan lebih mahal dari Total Loss Only (TLO). Hal ini karena asuransi all risk menjamin semua risiko kerusakan yang diakibatkan kecelakaan besar atau kecelakaan kecil, kehilangan aksesoris, dan kehilangan kendaraan.

Semua kerugian yang terjadi pada kendaraan akan menjadi tanggungan asuransi. Sedangkan Total Loss Only (TLO) hanya memberikan pertanggungan apabila kendaraan hilang atau mengalami kerusakan minimal 75% sehingga kendaraan benar-benar tidak dapat digunakan lagi.

Sekadar ilustrasi, simak cerita berikut;

Arif dan Rudi adalah warga Jakarta yang sama-sama punya satu mobil SUV di garasi mereka. Usia kendaraan keduanya sama, dan mereka sama-sama mengambil asuransi all risk (komprehensif) karena ingin perlindungan yang lebih maksimal. Namun Arif heran kenapa premi yang ia bayarkan lebih mahal dari Rudi.

Ternyata jawabnnya adalah karena harga Harga On The Road (OTR) mobil Arif lebih mahal dari mobil Rudi. Rudi membeli mobilnya dengan harga Rp200 juta, sedangkan Arif membeli di harga Rp400 juta. Apalagi mulai 1 April 2017, OJK menerapkan kenaikan premi.

Bila asalnya premi asuransi kendaraan mobil Arif ada di angka 1,71% dari OTR, mulai 1 April 2017 Arif harus membayar 2,08% dari OTR alias mengalami kenaikan sebesar 21,64%.

Sementara itu premi yang dibayarkan Rudi tidak mengalami kenaikan karena mobilnya berada di rentang harga Rp125 juta – Rp200 juta. Untuk lebih jelasnya, lihat tabel persentase kenaikan premi asuransi kendaraan berikut:

Persentase kenaikan asuransi

Ada perluasan perlindungan untuk asuransi properti

Besar premi sebuah asuransi properti biasanya dipengaruhi oleh lokasi dan penggunaan bangunan. Misalnya keadaan bangunan apakah dihuni atau lebih banyak ditinggal penghuninya; keadaan lingkungan dari bangunan tersebut berada; kerugian akibat perampokan atau pembongkaran yang pernah terjadi; jenis dan nilai harta benda yang nantinya akan diasuransikan, serta pernah tidaknya bangunan terkena banjir.

Kualitas bangunan juga turut menentukan murah atau mahalnya premi yang harus dibayar. Dalam asuransi properti, bangunan dibagi dalam tiga kelas.  Kelas pertama bersifat tahan api, kelas dua relatif tahan api, dan kelas ketiga cenderung rentan terbakar.

Untuk asuransi rumah atau asuransi properti pribadi standar, biasanya hanya menjamin risiko standar berupa kebakaran saja. Namun, saat ini pertanggungan dapat diperluas dengan membayar premi tambahan. Perluasan jaminan ini lebih luas dibanding asuransi rumah biasa seperti yang sudah disebutkan di atas.

Sudah jelas bahwa perluasan jaminan turut mempengaruhi harga premi. Nah, jika rumahmu berada di atas gunung dan dikelilingi hutan yang masih rimbun, rasanya tidak perlu mengambl perluasan jaminan banjir karena preminya hanya akan jadi beban finansial.

Membayar jenis perlindungan yang sebenarnya tidak dibutuhkan

Asuransi diculik alien, asuransi bokong, asuransi kaki, asuransi payudara dan beragam asuransi aneh lainnya benar-benar ada lho. Selain harga preminya yang sangat mahal, nilai pertanggungannya pun fantastis.

Contohnya adalah Mariah Carey yang mengasuransikan kaki indahnya dengan nilai perlindungan asuransi sebesar US$1 Milliar atau sekitar Rp12,38 triliun.  Selain itu di London, tercatat ada 30 ribu polis asuransi yang merupakan jumlah terbesar di penjuru Eropa. Perusahaan asuransi Farmers menawarkan perlindungan terhadap kecelakaan UFO. Nilai asuransi ini berkisar antara US$150 – US$1,5 juta.

Tentang Penulis