Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Inilah Cara Menjadikan Blog Sebagai Sumber Penghasilan Kamu

by Maria Nofianti on 18 Februari, 2020

Semua orang tentu menginginkan dan membutuhkan uang. Asalkan dengan cara yang benar dan halal, mengapa tidak. Ya, cara benar dan halal ini wajib ya dipegang, terlebih saat ini, memasuki era digital sekarang perputaran uang bukan hanya terjadi di dunia nyata saja. Di dunia online pun bisa saja terjadi perputaran uang yang mungkin jumlahnya tidak kamu bayangkan sebelumnya. Bayangkan saja sekarang transaksi jual beli banyak sekali yang memanfaatkan dan menggunakan jaringan internet ini. Tidak hanya jual beli saja, bahkan belajar atau kursus online pun sekarang juga bisa, bahkan sedang menjadi trend di kalangan siswa sekolah. Maka dari itu kita juga dituntut untuk kreatif membuat suatu karya atau sesuatu yang bisa menghasilkan uang, bukan hanya secara konvensional tetapi mengikuti perkembangan jaman yang serba digital.

cara menjadikan blog sebagai sumber penghasilan

Salah satu caranya adalah dengan membuat blog. Hampir semua anak muda sekarang tahu apa itu blog. Blog adalah suatu wadah untuk menampung ide-ide dan karya kamu dalam bentuk tulisan di internet. Blog sudah ada sejak lama, bahkan mungkin bersamaan dengan populernya internet. Dan, siapa sangka bahwa dengan blogging saja kamu bisa menghasilkan uang? Mungkin kamu juga sudah mendengar kalau menghasilkan uang dari blog adalah cara yang mudah, jika sudah tahu triknya. Maka dari itu, jika saat ini kamu baru mulai membuat blog dan mencari tahu cara menjadikan blog sebagai sumber penghasilan, wajib deh baca artikel ini. Meski beberapa orang sebenarnya juga tidak begitu optimis menjelaskan mengenai bagaimana cara menghasilkan uang dari blog, karena biasanya efeknya berbeda pada setiap blogger.

(Baca Juga: Cara Download Video Dari Youtube)

Buat kamu para blogger pemula atau yang baru mulai membuat blog harus tahu beberapa langkah di bawah ini sebelum menghasilkan uang dari blog.

1. Membuat blog

Ini adalah hal pertama yang harus kamu lakukan. Memulai untuk membuat blog. Untuk menghasilkan konten-konten yang banyak manfaatnya tentu kamu wajib mempunyai platform blog. Beberapa orang ragu untuk memulai membuat blog karena mereka tidak tahu harus dimulai dari mana. Padahal di internet ada banyak sekali cara untuk membuat blog jika kamu teliti mencarinya. Kamu bisa mendapatkan tutorialnya dari cara yang gratis sampai yang berbayar. Tapi untuk awalan, buatlah blog gratisan yang memang sudah populer.

2. Pilih platform blog sesuai selera

Ada banyak platform blog yang tersebar di internet. Platform ini dipakai untuk mengupload konten-konten yang nantinya kamu tulis. WordPress dan Blogspot adalah dua platform populer yang ada di Indonesia, dan sering digunakan. Setiap platform ini juga mempunyai keunggulan dan kelemahannya. Jika kamu adalah blogger pemula maka sebaiknya kamu memakai WordPress karena lebih sederhana. WordPress juga memberikan akses gratis gampang dipakainya dan segala aktivitasnya akan lebih aman. kamu juga bisa memilih tema untuk blog kamu sendiri. Namun jika kamu suka dengan hal yang lebih lengkap misalnya saja kustomisasi layout maka kamu bisa memakai Blogspot.

3. Membuat nama domain blog

Setelah pilih platform yang akan kamu pakai maka selanjutnya kamu bikin alamat blog atau nama domainnya. Ini agar blog kamu seperti mempunyai rumah secara online. Pastikan bahwa nama domain yang kamu buat itu sesuai dengan konten-konten yang akan kamu tulis nantinya. Selanjutnya kamu akan melakukan konfigurasi blog. Dibandingkan Blogspot, WordPress memiliki tampilan menu yang lebih lengkap. Dengan WordPress kamu bisa menambahkan plug in Search Engine Optimizer (SEO) di artikel-artikel yang akan kamu tulis, agar lebih mudah terdeteksi oleh Google.

4. Membuat blog semenarik mungkin

Setelah kamu melakukan semua yang di atas maka selanjutnya kamu bisa mengkreasikan tampilan blog kamu dengan mengubah desain menurut selera kamu. Ada banyak pilihan desain dan tema yang bisa kamu pilih. Caranya juga bisa kamu temukan di internet. tema-tema ini ada yang gratis juga ada yang berbayar loh. Nah biar blog kamu lebih bagus dan gampang ditemukan oleh mesin pencari seperti Google ataupun mudah dipakai di laptop maupun secara mobile, maka jangan ragu untuk memakai tema yang berbayar. Karena tema yang berbayar cenderung memiliki banyak keunggulan terutama dalam pemakaiannya.

5. Menulis konten yang bagus dan bermanfaat

Nah kamu bisa memulai untuk menulis di blog kamu. Agar blog kamu lebih bermanfaat sebaiknya kamu memakai satu prinsip yaitu blog yang bagus adalah yang bisa menginspirasi, memberikan solusi, menghibur, dan juga mampu memberikan perubahan, misalnya dalam hal gaya hidup untuk pembacanya. Satu hal pula yang wajib kamu hindari adalah membuat konten jiplakan atau buatan orang lain yang diakui oleh kamu serta memberikan informasi palsu. Ada baiknya sebelum kamu menulis tentang suatu tema, kamu melakukan sebuah penelitian kecil demi mencari informasi yang benar dan detil.

6. Mencari target pembaca

Jika kamu seorang blogger pemula memang cenderung untuk selalu membangun blog kamu saja. Nah jika kamu ingin menjadikan blog sebagai sumber penghasilan mulailah berpikir untuk target pembaca kamu. Kamu bisa menjalin komunikasi dengan pembaca sesekali dengan menanyakan asal mereka atau bagaimana mereka menemukan blog kamu. Dengan kamu lebih intens untuk membuka komunikasi dengan pembacamu maka pembaca kamu juga bisa nantinya akan mampir lagi ke blog kamu. Gunakan cara seperti kuis atau cerita bersambung untuk membuat mereka datang kembali.

Jadi menghasilkan uang dengan blogging baik itu blog tentang hobi ataupun blog bisnis semuanya adalah mungkin. Meskipun ini bukan cara cepat untuk menjadi kaya, tapi jika dilakukan dengan benar maka kamu bisa menafkahi keluargamu dan untuk hal lainnya loh. Yuk cari tahu cara menjadikan blog sebagai sumber penghasilan kamu seperti di bawah ini.

Melalui iklan atau ads

Cara yang paling umum para blogger untuk menghasilkan uang adalah dengan menempatkan ads di blog mereka. Umumnya ada dua jenis iklan/ads yang sering digunakan yaitu:

  • Iklan/ads CPC/PPC : ini sering disebut Cost per click/ Pay per click. Iklan ini biasanya berbentuk seperti spanduk yang ditempatkan di sisi konten kamu. Kamu akan dibayar dari setiap pembaca mengklik iklan itu.
  • Iklan/ads CPM : ini sering disebut Cost per 1000 impression. Ini adalah iklan yang akan membayar kamu dengan sejumlah uang berdasarkan berapa banyak orang yang melihat iklan ini.

Mungkin jaringan yang paling populer untuk menempatkan iklan seperti ini adalah Google AdSense. Dengan memakai program ini kamu tidak perlu berhubungan langsung dengan pemberi iklan. Cukup meletakkan banner di situs kamu, Google akan memilih iklan yang relevan dengan konten kamu dan pembaca nantinya akan mengklik iklan itu. Selain Google AdSense kamu juga bisa memakai Media.net, Infolinks atau Chitika.

Menjual Iklan Pribadi

Bekerja dengan jaringan iklan bukanlah satu-satunya cara menjadikan blog sebagai sumber penghasilan. Kamu juga bisa didatangi langsung oleh pengiklan jika traffic blog kamu tinggi. Kamu juga bisa mengontak sendiri pengiklan itu. Perbedaan yang mendasar adalah tidak adanya perantara yang berarti kamu bisa menetapkan tarif iklan sendiri. Menjual iklan secara pribadi bisa dalam bentuk banner, tautan dan tombol. Kamu bahkan bisa mendapatkan uang dengan menulis review dari produk atau layanan iklan tersebut. Kamu juga bisa menulis postingan dengan banyak topik tetapi pengiklan membayar kamu dengan menyebutkan “disponsori oleh” dalam konten yang kamu buat, ini seperti layanan endorse.

Menyertakan tautan afiliasi di blog kamu

Pemasaran afiliasi juga menjadi salah satu cara menjadikan blog sebagai sumber penghasilan yang lumayan. Cara kerja pemasaran afiliasi biasanya seperti di bawah ini.

  • Pengiklan memiliki produk yang akan dijual dan dia akan setuju memberimu komisi jika pembeli berasa dari blog kamu.
  • Pengiklan memberi tautan unik yang bisa melacak kode afiliasi kamu jadi dia akan tahu berapa jumlah pembeli yang menggunakan tautan ini dari blog kamu.
  • Kamu memasukkan tautan afiliasi ini di blog kamu dan jika pembaca mengklik tautan serta membeli produk yang kamu rekomendasikan kamu akan memperoleh presentasi dari barang yang dibeli.

Kamu bisa memanfaatkan pemasaran afiliasi ini dengan jaringan seperti Amazon Associates atau kemitraan pribadi dengan pengiklan.

Menjual produk digital

Jika kamu lebih memilih untuk tidak mengiklankan produk lain maka kamu bisa mencari pilihan lain seperti menjual produk digital. Sekarang ini ada banyak produk digital yang semakin diminati antara lain:

  • eBook
  • Kursus online/workshop
  • Gambar, video atau musik yang bisa digunakan untuk konten-konten mereka sendiri
  • Aplikasi, plugin atau tema

Jika kamu memilih cara ini sebaiknya kamu membuatnya yang relevan dan bermanfaat bagi pembaca kamu. Jangan salah langkah karena kamu hanya berasumsi saja tentang apa yang pembaca kamu butuhkan. Dengarkan pembacamu terlebih dahulu, baru kemudian kamu buat produk digital yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Menggunakannya sebagai alat pemasaran bisnis kamu

Menjual produk fisik dan mendapatkan uang dari itu adalah sebuah kemungkinan juga. Daripada memikirkan cara pemasaran yang repot, bukankah akan lebih baik jika produk bisnis kamu dipasarkan melalui blog? Kamu bisa menjual berbagai produk seperti produk buatan tangan, buku, produk manufaktur yang itu semua nantinya akan merujuk ke website bisnis kamu.

Menjual keanggotaan

Pilihan lain dalam menghasilkan uang dari blog adalah dengan menjual keanggotaan eksklusif blog kamu. Misalnya saja blog kamu mengacu pada blog tentang karier. Kamu bisa menjual keanggotaan eksklusif dengan sejumlah uang per bulannya untuk bisa mendapatkan akses ke situs-situs yang bisa meningkatkan kinerja mereka. Kamu juga bisa menjual keanggotaan untuk sebuah forum yang akan mendapatkan saran tentang suatu bisnis. Pastikan bahwa keanggotaan ini harus lebih berharga daripada apa yang bisa pembaca dapatkan dengan gratis di tempat lain. Jadi pembacamu akan loyal.

Menghasilkan uang dengan blog memang membutuhkan banyak ketekunan, tapi itu akan membuahkan hasil untuk jangka panjang jika kamu mulai dengan benar. Ingatlah kamu tidak harus memakai semua cara menjadikan blog sebagai sumber penghasilan seperti di atas sekaligus. Seiring waktu kamu akan mempelajari apa yang cocok dan apa yang tidak untuk kamu.

Jadi jika kamu ingin menghasilkan uang dari blog, cara mana yang akan kamu pilih? Jangan lupa untuk berinvestasi dengan pilihan investasi dari Cekaja.com

Tentang Penulis