Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Dirjen Pajak Buru Youtuber dan Selebgram yang Pamer Rekening Diatas Rp1 Miliar!

by Gito on 26 November, 2019

Belum lama ini, banyak selebritas yang berprofesi sebagai Youtuber ataupun aktris melakukan aksi pamer saldo rekening. Dengan dalih untuk memuaskan hasrat ingin tahu pada penggemarnya, sang selerbritas dengan entengnya menyajikan data pribadinya ke khalayak luas. Jumlah saldo yang diperlihatkan rerata mencapai lebih dari Rp1 miliar!.

rekening Rp1 miliar youtuber

Ibarat butir gula yang berserak, para semut sudah siap untuk merubung. Tidak tunggu lama, aksi yang katanya dilakukan secara spontan itu menuai banyak sekali komentar. Ada yang positif juga ada negatif.

Namun yang pasti, akibat dari aktivitas tersebut membuat Direktorat Jenderal Pajak (DJP) menyusun rencana untuk membidik pemilik tabungan yang memiliki saldo diatas Rp1 miliar.

Hal itu dilakukan sebagai salah satu langkah optimalisasi penerimaan kas negara.

Direktur Jenderal Pajak Suryo Utomo mengatakan setiap orang Indonesia yang memiliki penghasilan diatas Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP), maka wajib membayar pajak.

Termasuk didalamnya Youtuber, Selebgram, Artis ataupun profesi yang sifatnya professional lainnya, selama itu warga negara Indonesia, maka harus membayar pajak.

“Kalau dia orang Indonesia, penjual online, penjual pasar, kalau diatas PTKP wajib bayar PPh secara self assessment,” katanya di Jakarta.

Berbagai upaya memang dilakukan oleh DJP untuk bisa mendongkrak penerimaan negara. Setelah Undang – Undang Nomor 9 Tahun 2017 tentang akses informasi keuangan untuk kepentingan perpajakan di sah kan, DJP memiliki keleluasaan untuk memperoleh data wajib pajak yang memiliki rekening gendut di bank.

Nah, adanya publikasi data rekening dari public figure jelas merupakan gerbang terbuka yang dapat ditelusuri lebih jauh oleh DJP. Berikut merupakan beberapa selebritas yang melakukan publikasi dana yang ada di rekening, simak yuk!

(Baca juga: Ini Dia 5 Youtuber Paling Inspiratif!)
1. Ria Yunita

Youtuber yang sebelumnya terkenal sebagai selebgram itu merupakan salah satu Youtuber Indonesia yang mendapatkan Gold Platimum Youtube. Dia memperlihatkan saldo ATM yang terdapat di salah satu kartu ATM-nya. Salah satu kru Ria mengaku melihat saldonya sekitar Rp1 miliar.

Saat itu Ria membawa 4 kartu ATM dari bank yang berbeda. Pemilik channel Youtube Ricis Official itu hingga saat ini sudah memiliki 17,5 juta subscriber. Hanya dari Youtube saja, Ria berpotensi meraup keuntungan senilai US$199,4 ribu hingga US$3,2 juta, atau setara dengan Rp2,8 miliar sampai Rp45 miliar.

Melansir laman socialblade, jumlah tersebut merupakan hasil dari cost per million (CPM) terendah dan CPM tertinggi yang kemudian dikalikan dengan jumlah viewer yang didapatkan oleh Youtube setiap harinya.

CPM sendiri merupakan pendapatan dari iklan yang didapatkan dari channel Youtube. Namun besaran CPM sangat ditentukan oleh lokasi, karena setiap wilayah memiliki CPM tersendiri.

Sebagai catatan, selain Youtube, adik dari Aktris yang sekarang menekuni dunia dakwah, Oki Setiana Dewi itu juga memiliki beberapa sumber pendapatan lain, mulai dari endorsement hingga bisnis riil lainnya.

2. Kumala Sari Mukhlisah

Wanita yang sempat terkenal lantaran kasus kontroversial “Ikan Asin” itu juga pernah melakukan memperlihatkan saldo rekeningnya. Kala itu dia memperlihatkan saldo di ATM-nya yang mencapai kisaran Rp1 miliar.

Memiliki nama panggung Barbie Kumalasari, wanita kelahiran Jakarta 1982 itu mulai masuk ke dunia seni peran dalam sinetron berjudul Bidadari tahun 2000 hingga 2005 lalu. Saat itu dia berperan sebagai Mpok Ijah, asisten rumah tangga.

3. Nikita Mirzani

Aktris satu ini juga masuk sebagai deretan aktris kontroversial. Memiliki nama lengkap Nikita Mirzani Binti Mawardi itu merupakan salah satu selebritas yang memperlihatkan saldo di tabungannya.

Wanita kelahiran Jakarta itu diketahui memiliki saldo di tabungan mencapai lebih dari Rp1 miliar. Adapun dana tersebut diakuinya sebagai dana untuk belanja barang dan jajan.

Pencetus aksi buka-bukaan saldo ATM adalah, selebritas Uya Kuya. Pemilik channel Youtube Uya Kuya TV itu memang memiliki konten yang salah satunya berisi tentang buka-bukaan saldo ATM. Banyak bintang tamu yang diundang dalam channel Youtubenya dan diminta untuk memperlihatkan saldo ATM-nya.

(Baca juga: Rekomendasi Channel YouTube Terbaik Buat Belajar Nyetir Mobil)
Penerimaan Pajak Tersendat

Menyoal penerimaan pajak, hingga akhir tahun ini target pajak yang ditaretkan dapat terkumpul mencapai Rp1,577 triliun. Sementara sampai dengan Oktober, penerimaan pajak baru mencapai Rp1.018,47 triliun. Hal itu memperlihatkan terdapat gap sekitar Rp558,53 miliar dari total target yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Direktur Potensi, Kepatuhan dan Penerimaan (PKP) DJP Yon Arsal menuturkan, kekurangan pajak pada tahun ini lebih besar dari tahun lalu. Pada tahun 2018, shortfall pajak mencapai Rp110 triliun.

Menteri Keuangan Sri Mulyani pernah mengungkapkan, berdasarkan data APBN semester pertama 2019, diproyeksikan shortfall penerimaan pajak sampai akhir tahun akan mencapai Rp140 triliun.

Nah, pajak yang akan dikenakan bagi pemilik tabungan Rp1 miliar adalah salah satu upaya pemerintah untuk menggenjot penerimaan negara. Jadi sebenarnya hal yang akan dilakukan merupakan hal yang positif.

Kamu bagaimana? Sudah membayar pajak kan? Terus tingkatkan pendapatan kamu melalui program wirausaha. Butuh modal? Tenang, akses CekAja.com

Tentang Penulis

Gito

Veritas Vos Liberabit