iPhone 12 Vs iPhone 11, Manakah yang Terbaik? Cek Aja Disini!

5 min. membaca Oleh Kyla Damasha on

iPhone 12 vs iPhone 11, menurut kamu manakah yang lebih baik? Bagi pecinta produk Apple, iPhone merupakan salah satu produk yang seringkali menjadi incaran.

Mengapa? Karena kepemilikan smartphone itu sendiri yang seakan-akan menjadi barang crucial yang wajib kita miliki di era perkembangan teknologi saat ini.

Dikarenakan hal itulah,iphone dapat dikatakan sebagai salah satu produk Apple yang paling banyak dicari, dibandingkan produk lainnya yang dikeluarkan oleh perusahaan teknologi raksasa satu ini.

Sejak pertama kali peluncurannya hingga saat ini, iPhone telah mengeluarkan segudang seri-serinya yang mengagumkan, dan diantaranya adalah iPhone 11 dan iPhone 12.

Kedua seri iPhone ini rilis hanya berselang beberapa bulan saja, dengan bentuk yang sebenarnya tak jauh berbeda.

(Baca Juga: Cara Cek iPhone Asli)

Sehingga, hal ini terkadang mungkin akan membuatmu bingung untuk memilih. Kira-kira antara iPhone 12 dan iPhone 11, manakah lebih baik?

Nah, maka dari itu, daripada bingung berkepanjangan, di dalam kesempatan kali ini CekAja akan membahas tentang perbedaan dan perbandingan kedua seri dari produk keluaran Apple satu ini.

iPhone 12 vs iPhone 11, manakah yang lebih baik? Yuk kita simak sama ulasannya berikut ini!

Perbedaan iPhone 12 Vs iPhone 11

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa perbedaan dan perbandingan antara iPhone 12 dan iPhone 11, yaitu adalah:

1. Layar

Salah satu perbedaan dan perbandingan iPhone 12 vs iPhone 11 yang paling sangat terlihat adalah bagian layarnya, dimana iPhone 11 memiliki layar LCD Liquid Retina dengan resolusi 326 pixel per inch.

Sementara itu, iPhone 12 justru mengusung layar Super Retina dengan resolusi 458 pixels per inch, yang membuatnya lebih besar dibandingkan iPhone 11.

Tak hanya itu, di Iphone 12 kamu juga akan mendapatkan layar dengan warna yang dalam, contrast ratio yang tinggi, serta didukung oleh HDR.

Spesifikasi Layar iPhone 12

  • Super Retina XDR Display
  • Layar 6,1 inch dengan OLED Display
  • HDR Display
  • Resolusi 2532×1170 Pixel, 460 ppi
  • True Tone Display
  • Haptic Touch
  • Wide Color Display (P3)

Spesifikasi Layar iPhone 11

  • Liquid Retina HD Display
  • Layar LCD 6,1 inch dengan teknologi IPS (In-Plane Switching)
  • Resolusi 1792×828 Pixel, 326 ppi
  • True Tone Display
  • Haptic Touch
  • Wide Color Display (P3)

Selain spesifikasi yang baru saja disebutkan, layar dari iPhone 12 juga dilindungi dengan teknologi Ceramic Shield, yang diklaim lebih tangguh dibandingkan jenis layar kaca di smartphone lainnya.

Bahkan, Apple turut mengklaim bahwa ketahanan dari Ceramic Shield bisa empat kali lebih baik ketika jatuh apabila dibandingkan dengan perangkat lainnya.

Sementara itu, iPhone 11 belum memiliki fitur ini, jadi terjadinya kerusakan layar ketika jatuh akan jauh lebih besar.

2. Desain dan Ukuran

Perbedaan dan perbandingan iPhone 12 vs iPhone 11 selanjutnya adalah desain dan ukuran ponsel.

Seperti yang telah kamu lihat sebelumnya, bahwa kedua seri Iphone ini memiliki ukuran layar yang sama, yakni 6,1 inch.

Akan tetapi yang membedakan adalah, iPhone 12 justru memiliki bentuk yang lebih tipis dan ramping.

Meski begitu, keduanya sama-sama dilengkapi dengan matte aluminium edges dengan tampilan belakang yang glossy atau mengkilap.

Dimensi iPhone 12

  • Tinggi – 5.78 inch (146.7 mm)
  • Lebar – 2.82 inch (71.5 mm)
  • Kedalaman – 0.29 inch (7.4 mm)
  • Berat – 5.78 ons (164 gr)

Dimensi iPhone 11

Tinggi – 5.94 inch (150.9 mm)
Lebar – 2.98 inch (75.7 mm)
Kedalaman – 0.33 inch (8.3 mm)
Berat – 6.84 ons (194 gr)

iPhone 11 memiliki desain membulat dengan setiap ujungnya yang melengkung. Sementara itu, iPhone 12 justru memiliki bentuk datar, hampir menyerupai iPad atau bentuk seri iPhone terdahulu, yaitu iPhone 4 dan iPhone 5.

Secara teori, iPhone 12 memiliki desain yang lebih mudah untuk digenggam dan tidak licin. Akan tetapi, antara iPhone 12 dan iPhone 11 ini sama-sama diklaim tahan air dan debu.

3. Performa dan Ketahanan Baterai

Membahas tentang Iphone 12 vs Iphone 11, rasanya belum lengkap apabila kita tidak membahas tentang performa dan ketahanan baterai dari dua smartphone andalan Apple ini.

iPhone 12 dilengkapi dengan A14 Bionic Processor, yang mana diklaim sebagai chip tercepat di dunia smartphone.

Tak hanya itu, iPhone 12 ini juga konon dilengkapi oleh mesin terbaru yang bisa meningkatkan performa ponsel mencapai 80 persen, jika dibandingkan dengan seri iPhone terdahulu.

Disisi lain, iPhone 11 dilengkapi oleh A13 Bionic Processor yang akan menerima pembaruan perangkat secara berkala.

Jika dilihat dari mesin pendukungnya, maka dapat disimpulkan bahwa iPhone 12 akan memiliki performa yang lebih baik dibandingkan dengan iPhone 11.

Sementara itu, untuk ketahanan baterai bisa kamu lihat sebagaimana yang akan kita bahas berikut ini:

Ketahanan Baterai iPhone 12

  • Video playback: Mampu bertahan hingga lebih dari 17 jam
  • Video playback (streaming): Mampu bertahan hingga lebih dari 11 jam
  • Audio playback: Mampu bertahan hingga lebih dari 65 jam

Ketahanan Baterai Iphone 11

  • Video playback: Mampu bertahan hingga lebih dari 17 jam
  • Video playback (streaming): Mampu bertahan hingga lebih dari 10 jam
  • Audio playback: Mampu bertahan hingga lebih dari 65 jam

Selain yang baru saja disebutkan, kedua seri iPhone ini sama-sama didukung oleh fast-charging dan diklaim mampu memenuhi baterai lebih dari 50 persen selama kurang lebih 30 menit saja.

Akan tetapi yang membedakan adalah, iPhone 12 justru dilengkapi pula dengan 15W wireless charging ketika menggunakan salah satu produk Apple, Magsafe Charger.
Sedangkan untuk iPhone 11, walaupun juga dapat menggunakan Magsafe Charger untuk memenuhi daya, namun pengisiannya tidak akan secepat iPhone 12.

4. Kamera

Selain performa dan ketahanan baterai, umumnya masyarakat juga mempertimbangkan kualitas kamera ketika berniat untuk membeli smartphone, tak terkecuali ketika membeli iPhone.

iPhone 12 dan iPhone 11 sama-sama memiliki dual camera di bagian belakangnya dengan 12MP dan ultra wide lense.

Namun, perbedaannya adalah Iphone 12 yang menggunakan aperture ƒ /1.6 lebih lebar untuk kamera utama, sedangkan Iphone 11 yang menggunakan aperture ƒ / 1.8.

Dalam arti, kualitas foto yang dihasilkan oleh Iphone 12 memiliki kualitas lebih baik, terutama untuk menangkap pencahayaan redup.

Selebihnya, kamera iPhone 12 vs iPhone 11 memiliki spesifikasi yang tak jauh berbeda, yaitu mampu memberikan foto dengan kualitas terbaik dengan hasil yang natural, baik itu untuk kamera depan maupun kamera belakang.

5. Storage dan Warna

Pembahasan terakhir mengenai iPhone 12 vs iPhone 11 adalah perihal storage dan warna yang bisa kamu jadikan pilihan.

Kedua seri iPhone ini hadir dengan beberapa pilihan kapasitas penyimpanan, yaitu 64GB, 128GB, dan 256 GB.

Namun, smartphone ini justru hadir dengan pilihan warna yang sedikit berbeda. iPhone 12 menawarkan 5 pilihan warna, yaitu hitam, putih, merah, hijau dan biru.

Sedangkan untuk iPhone 11 menawarkan 6 pilihan warna, yaitu hitam, putih, hijau, kuning, ungu, dan merah.

iPhone 12 Vs iPhone 11, Manakah yang Terbaik?

Jadi, setelah kita membahas tentang perbedaan dan perbandingan iPhone 12 vs iPhone 11, menurut kamu manakah yang terbaik?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, alangkah baiknya jika kamu melakukan pertimbangan terlebih dahulu, apa yang menjadi kebutuhan kamu saat ini?

Sebab, kedua smartphone ini tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan prioritas kamu.

Ditambah lagi, kedua smartphone ini juga dibanderol dengan harga yang tak jauh berbeda, meskipun iPhone 12 memiliki harga yang relatif lebih mahal.

Ingin bisa membeli iPhone atau produk keluaran Apple lainnya dengan harga yang lebih hemat? Jangan lupa menjadikan kartu kredit sebagai metode pembayarannya.

Sebab, hadirnya kartu kredit justru bisa membuat kamu mendapatkan harga lebih hemat untuk membeli kedua jenis iPhone ini.

(Baca Juga: 8 Ciri Charger Iphone Original)

Tak hanya itu, kartu kredit juga memungkinkanmu untuk membeli barang dengan sistem mencicil lho.

Apalagi melihat bahwa sudah banyak iBox (toko official produk Apple) yang bekerjasama dengan berbagai jenis kartu kredit, sehingga membuat aktivitas transaksi kamu menjadi lebih mudah dan cepat.

Belum punya kartu kredit? Segera ajukan saja di CekAja.com! Selain seluruh proses pengajuan dapat dilakukan secara online, disini kamu bahkan juga bisa melakukan perbandingan untuk mengetahui jenis kartu kredit manakah yang paling sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup lho.

Jadi, kamu tak perlu bingung lagi dalam memilih kartu kredit yang diinginkan. Satu hal yang penting, apapun jenis kartu kredit pilihanmu, ajukan saja di CekAja.com!

Tentang kami

Kyla Damasha

Kyla Damasha