Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

8 Ciri Charger iPhone Original Asli yang Wajib Dipahami

by Vera Khairifah on 19 Februari, 2020

Di tengah maraknya pemalsuan komponen smartphone dan aksesorisnya, kita harus teliti memilih yang asli. Jika kamu pengguna iPhone, ketahui dulu ciri charger iPhone original berikut ini.

8 Ciri Charger iPhone Original Asli yang Wajib Dipahami

Perbedaan Komponen Dalam Charger iPhone Original dan Palsu

Jika dilihat sekilas dari bagian luar, ciri charger iPhone original seolah hampir mirip dengan charger iPhone palsu. Namun begitu, komponen yang terdapat pada bagian dalam keduanya memiliki perbedaan.

Hantaran energi atau voltase keluaran yang dilakukan charger original mampu menghasilkan output yang sesuai, yakni sebesar 5 volt 1 ampere. Pengisian baterai pun akan stabil dan tidak ada lompatan voltase secara tiba-tiba yang memungkinkan merusak smartphone iPhone tersebut.

Sehingga penggunaan charger asli secara otomatis memiliki potensi ledakan yang sangat kecil. Ini lah salah satu ciri charger iPhone original.

Sedangkan charger palsu atau KW mengeluarkan voltase yang tak sesuai. Yakni hanya 2,7 watt yang seharusnya 5 watt.

Kualitas output yang jelek ini bisa mengakibatkan terjadinya ledakan yang tentu saja merusak smartphone iPhone dan charger tersebut. Lebih parah lagi jika melukai si penggunanya.

Kasus meledaknya smartphone karena penggunaan charger palsu sudah beberapa kali terjadi. Alih-alih menggunakan charger berharga murah, risiko bahaya malah justru mengintaimu, lho.

(Baca Juga: Ini Cara Backup Data Menggunakan iCloud)
Ciri Charger iPhone Original

Ada beberapa ciri charger iPhone original yang bisa kamu pahami agar terhindar dari pembelian charger palsu yang membahayakan. Simak infonya berikut ini!

1. Terdapat Tulisan Khusus

Terdapat Tulisan Khusus - 8 Ciri Charger iPhone Original Asli yang Wajib Dipahami

Logo MFi bertuliskan Made for iPhone, pada kabel lightning ke USB terdapat tulisan “Designed by Apple in California”, “Assembled in China”, “Assembled in Vietnam”, atau “Industria Brasileira”. Kemudian ada nomor seri 12 digit setelahnya.

Sedangkan untuk adaptor charger atau kepala charger, terdapat tulisan “Designed by Apple in California”, dan “Made in China” atau “Made in California”, atau “Made in Vietnam”.

Hal ini berbeda dengan ciri charger iPhone palsu yang menghapus tulisan “Apple” yang biasanya ditujukan untuk menghindari hukum penggunaan nama merk dagang.

2. Kabel Lightning Berwarna Emas dan Halus

Kabel Lightning Berwarna Emas dan Halus - 8 Ciri Charger iPhone Original Asli yang Wajib Dipahami

Ciri charger iPhone original lainnya adalah kabel lightning ke USB memiliki garis-garis emas yang utuh, halus jika diraba, dan lembar kontak yang juga berwarna keemasan atau perak.

Sementara garis-garis emas pada charger iPhone palsu berwarna emas yang pudar atau perak, dengan ukuran yang tidak konsisten dan timbul jika diraba. Kemudian lembar kontak yang berbentuk kotak dan permukaan yang timbul pula.

3. Ukuran Charger Konsisten

Ukuran Charger Konsisten - 8 Ciri Charger iPhone Original Asli yang Wajib Dipahami

Ukuran juga bisa menjadi ciri charger iPhone original, yang mana ukurannya konsisten di angka 7,7 milimeter x 12 milimeter. Sisipan faceplate berwarna metalik atau abu-abu.

Charger iPhone palsu memiliki ukuran yang berbeda, tidak konsisten, dan warna sisipan faceplate hitam atau putih. Sangat berbeda, bukan?

4. Ujung Konektor USB Memiliki Ciri Khas

Ujung Konektor USB Memiliki Ciri Khas - 8 Ciri Charger iPhone Original Asli yang Wajib Dipahami

Ujung konektor yang menghubungkan kabel dengan adaptor charger memiliki trapezoid interlock berupa garis putus-putus yang berjarak sama. Ini menandakan bahwa charger tersebut asli.

Sedangkan yang palsu, garisnya memiliki jarak yang tidak konsisten lempeng kontak yan warna perak bukan emas, dan permukaan yang kasar.

Ini bisa diketahui dengan pengecekan secara detail, dan proses memasukkan ujung konektor ke adaptor yang agak sulit.

5. Simbol USB Tidak Timbul

Simbol USB Tidak Timbul - 8 Ciri Charger iPhone Original Asli yang Wajib Dipahami

Pada bagian adaptor lightning, pasti akan ada ciri charger iPhone original yakni simbol USB. Nah, simbol pada charger asli bersifat halus, tidak timbul, dan tidak mudah hilang karena bergrafir laser yang jelas. Ini juga sama dengan gambar ikon untuk koneksi dock 30 pin yang ber grafir laser anti-pudar.

6. Bobot Charger Lebih Berat

Ciri charger iPhone original selanjutnya adalah soal bobot charger. Charger iPhone asli memiliki bobot sekitar 250 gram, lebih berat dibandingkan charger palsu yang biasanya memiliki berat 200 gram.

(Baca Juga: Cara Melacak Iphone Hilang atau Dicuri Meski Dalam Keadaan Mati)
7. Harga Sesuai Toko Resmi

Selain mengamai tanda-tanda pada komponen charger, ciri charger iPhone original yang paling mudah dikenali adalah harganya. Jika harga jual charger itu sesuai dengan toko resmi iPhone atau di iBox, maka sangat masuk akal jika charger itu asli.

Berdasarkan situs resmi Apple, kabel charger tipe lama dijual dengan harga USD25 atau sekitar Rp350.000, kemudian harga adapter USD19 sampai USD30 atau sekitar Rp266.000 sampai Rp420.000. sedangkan harga charger original tipe USB-C seharga USD40 sampai USD45 atau Rp560.000 sampai Rp630.000.

8. Charger Tahan Dipakai

Nah, jika kamu sudah mengamati tanda-tanda pada segala bagian komponen dan membeli dengan harga yang tak terlampau murah, maka ciri charger original yang terakhir adalah keawetannya. Charger asli pasti tahan lama, tidak menimbulkan kerusakan maupun gangguan saat dipakai.

Itu lah ciri charger iPhone yang asli. Resiko kerusakan dari penggunaan alat-alat elektronik dan hal lainnya akan lebih baik jika diantisipasi dengan kepemilikan kartu kredit untuk pembayaran aksesoris handphone kesayangan mu.

Yuk, coba cek kartu kredit mana yang cocok untukmu dan ajukan secara mudah lewat CekAja.com.

Tentang Penulis

Vera Khairifah

A content writer and socmed enthusiast