Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

Cara Melacak Iphone Hilang atau Dicuri Meski Dalam Keadaan Mati

by Estrin Vanadianti Lestari on 27 December, 2019

Kegunaan smartphone saat ini sepertinya tidak hanya sekadar alat komunikasi saja. Bahkan, dengan smartphone, kamu bisa melakukan hal lain untuk membantu pekerjaan atau kegiatanmu di kehidupan sehari-hari.

Namun, bagaimana jika barang kecil nan multi-tasking tersebut tiba-tiba hilang atau dicuri? Apalagi jika yang hilang adalah smartphone dengan brand iPhone, yang memiliki harga selangit. Nah, tidak perlu panik, karena dengan cara melacak iPhone hilang berikut ini, kamu bisa mengetahui keberadaan Iphone milikmu dengan mudah.

Sebelum mengetahui cara melacak iPhone hilang, iPhone sendiri memang memiliki teknologi, yang mungkin tidak dimiliki jenis smartphone lain, yakni Find My iPhone yang bisa melacak iPhone hilang meski dalam keadaan mati. Dimana, fitur Find My iPhone atau teknologi bantuan cara melacak iPhone hilang ini, diluncurkan pada tahun 2010.

(Baca juga: Ide Merayakan Malam Tahun Baru dengan Bujet Hemat!)

Akan tetapi, fitur layanan Find My iPhone atau cara melacak iPhone hilang ini, hanya bisa digunakan untuk mencari iPhone hilang atau dicuri, yang sudah menggunakan iOS 8 ke atas. Bagaimana dengan sistem operasi iPhone milikmu, apakah sudah terupdate di iOS 8 ke atas? Yuk lihat daftar iOS di bawah ini.

Daftar Jenis iPhone Versi iOS dari Awal hingga Sekarang
  • iOS 1 (2007)

iPhone pertama kali diperkenalkan atau dikenal sebagai iPhone generasi pertama adalah iPhone 2G. Dimana iPhone 2G ini hadir dengan mengusung iPhone OS versi pertama atau iPhone OS 1.

  • iOS 2 (2008)

iOS 2 hadir bersamaan dengan diluncurkankan perangkat iPhone 3G. Dimana pengguna iPhone 3G saat itu bisa menambah koleksi aplikasi dengan menggunakan iPhone App Store.

  • iOS 3 (2009)

Di tahun 2009 ini, Apple meluncurkan penerus dari perangkat iPhone 3G yakni iPhone 3GS. Pembaruan ini juga diiringi dengan pembaruan sistem operasi iOS, yang kemusia membuat perangkat ini disebut juga iPhone OS 3.0.

  • iOS 4 (2010)

Di tahun 2010 lalu, Apple seakan membuat perubahan besar, karena di saat ini tidak ada lagi sebutan iPhone OS, seiring hadirnya iPhone 4. Sehingga, secara resmi, iPhone OS diganti dengan iOS saja. Oleh karena itu, di versi 4, penyebutan sistem operasi berubah menjadi iOS 4 saja.

  • iOS 5 (2011)

Diringin hadirnya iPhone 4S, Apple juga memperkenalkan iOS 5. Dimana di versi iPhone 4S dan iOS 5 ini, menghadirkan pula fitur-fitur baru seperti, Notification Center, iMessages, iCloud, dan Game Center.

  • iOS 6 (2012)

Selanjutnya Apple memperkenalkan iOS 6 di tahun 2012 disertai kehadiran perangkat yang mengusung iOS 6 yakni iPhone 5.

  • iOS 7 (2013)

Selanjutnya iOS 7 juga hadir di tahun 2013 ini bersamaan dengan hadirnya perangkat iPhone 5C dan iPhone 5S. Setelah hadirnya iOS 7, perangkat iPhone 3GS ke bawah sudah tidak mendapatkan dukungan pembaruan iOS lagi.

  • iOS 8 (2014)

Tepatnya pada tanggal 2 Junia 2014, Apple resmi memperkenalkan iOS 8, dimana sistem operasi ini juga bisa digunakan bersamaan dengan hadirnya iPhone 6 dan iPhone 6 Plus.

  • iOS 9 (2015)

Pada Juni 2015, Apple juga mengumumkan kehadiran iOS 9, dimana sistem operasi ini bisa digunakan bersamaan dengan rilisnya perangkat iPhone 6S dan iPhone 6S Plus.

  • iOS10 (2016)

Apple mengumumkan ke publik bahwa iOS 10 telah diluncurkan pada 13 September 2016 lalu, bersamaan dengan keluarnya iPhone 7 dan iPhone 7 Plus.

  • iOS 11 (2017)

Seperti biasa, setiap tahunnya Apple selalu membuat pembaruan baru, dimana pada tahun ini Apple juga mengumumkan kehadiran iOS 11. Peluncuran iOS 11 ini juga berbarengan dengan rilisnya 3 ponsel dari Apple, yakni iPhone 8, iPhone 8 Plus, iPhone X.

  • iOS 12 (2018)

Juni 2018, Apple memperkenal iOS 12 di ajang WWDC 2018. Dan seperti biasanya, setelah mengeluarkan sistem operasi, Apple juga akan mengelurkan perangkat baru yakni iPhone XR, iPhone XS, dan iPhone XS Max, tepatnya pada September 2018.

  • iOS 13 (2019)

Pada bulan Juni 2019 lalu, Apple memperkenalkan iOS 13 pada ajang WWDC 2019. Dimana pembaruan iOS ini, pengguna bisa menikmati fitur baru, yakni Dark Mode. Dan per Desember kemarin, Apple juga meluncurkan perangkat barunya yakni iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max.

Nah, deretan jenis iOS di atas, sekiranya bisa dijadikan informasi tambahan, untuk mengetahui apakah iPhone milikmu diyakini sudah berada di iOS 8 ke atas, demi bisa menikmati fitur Find My iPhone. Selain itu, fitur layanan Find My iPhone juga tidak hanya bisa digunakan untuk mencari iPhone saja, akan tetapi juga bisa mencari perangkat Apple lainnya.

(Baca juga: Film Seru dan Wajib Tonton di 2020!)

Beberapa perangkat Apple, yang bisa menggunakan fitur Find My iPhone di antaranya adalah iPad, iPod touch, Apple Watch, AirPods, dan Mac. Namun, hal yang ingin dibahas adalah cara melacak iPhone hilang atau dicuri meski dalam keadaan mati atau offline. Memang bisa?

Meski akan membutuhkan kesabaran ekstra, cara ini tentunya sangat bisa membantumu untuk melacak iPhone hilang atau dicuri. Bahkan, cara melacak iPhone hilang dengan fitur Find My iPhone ini juga bisa dilakukan tanpa harus menggunakan koneksi internet.

Cara Melacak iPhone Hilang

Nah, daripada penasaran terkait cara melacak iPhone hilang, yuk langsung saja simak langkah-langkahnya berikut ini:

1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah masuk ke situs web iCloud.

2. Login dengan akun Apple ID, yang sama dengan akun Apple ID yang ada di iPhone.

3. Buka fitur Find My iPhone.

4. Nah, jika iPhone yang hilang dalam keadaan mati dan offline atau tidak terhubung ke internet sama sekali, maka fitur tersebut akan memberitahukannya, misalnya “iPhone milik Budi (offline)”.

5. Hal yang harus kamu lakukan selanjutnya, ketika tahu bahwa iPhone yang hilang tersebut offline, adalah menunggunya hingga iPhone kembali online.

6. Apakah hal tersebut mungkin terjadi? Untuk hal ini, kamu hanya bisa bersabar untuk menunggu hingga iPhone-mu aktif kembali.

Namun, jika iPhone milikmu hilang karena jatuh ke suatu tempat yang sulit dijangkau, seperti ke perairan, yang tidak akan mungkin aktif atau online, maka fitur tersebut hanya akan menunjukkan lokasi terakhir yang terdeteksi.

7. Akan tetapi, jika iPhone kembali aktif dan online, fitur akan memberikan notifikasi terbaru.

8. Hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah klik tombol action.

9. Jika iPhone masih ada disekitarmu, maka fitur akan membuat ponsel mengeluarkan suara, agar bisa menemukannya.

10. Namun, jika iPhone kamu hilang karena dicuri, kamu bisa menggunakan pilihan “Lost Mode“. Berikut cara menggunakan pilihan tersebut:

  • Masukan kode kunci perangkat (usahakan selain identitas)
  • Kirimkan pesan dan nomor kontak yang ditampilkan di layar.
  • Jika iPhone kamu berada dalam jaringna, maka ponsel akan segera terkunci dan tidak bisa diatur ulang tanpa kode kuncu buatanmu tadi.
  • Setelah itu, kamu juga bisa melihat lokasi iPhone-mu saat ini, hingga perubahan lokasinya (jika iPhone dibawa ke tempat yang berbeda)
  • Jika iPhone berada diluar jaringan (atau dimatikan), maka iPhone segera terkunci setelah dinyalakan kembali. Dan kamu akan menerima pesan notifikasi dan bisa melacak lokasi iPhone tersebut.
  • Tidak hanya itu, buatlah berkas cadangan dari ponsel ke iCloud atau itunes secara berkala, jika sewaktu-waktu kamu perlu mengembalikan berkas-berkas yang terhapus.

Ingin kartu kredit yang menawarkan banyak keuntungan saat membeli iPhone terbaru kamu? Yuk cek informasi kartu kredit terbaik hanya di situs CekAja!

Tentang Penulis

Estrin Vanadianti Lestari

Sisuka makan banyak, tapi enggak gemuk-gemuk