4 Jenis Jaringan Internet, Wi-Fi Masuk Jaringan Apa?

Sering pakai jaringan internet, tapi tidak tahu namanya apa? Yuk, kenalan dengan jenis jaringan internet, yang memiliki banyak jasa, terhadap kehidupan manusia di zaman now ini! Kira-kira ada berapa ya, jaringan internet di Indonesia?

Terlebih, kabarnya negara Indonesia, berada di peringkat kelima, sebagai negara pengguna internet terbesar di dunia loh.

Wow! Pasti pengguna internet di Indonesia ini, sangat ketergantungan sekali terhadap internet.

Hal tersebut, bisa dilihat dari mobilitas orang Indonesia, yang tidak bisa lepas dari gadget. Bahkan, saat kerja pun gadget wajib di tangan, untuk sesekali membuka media sosial.

Apalagi kaum rebahan, yang 24/7 tak bisa lepas dari gadget dan internet. Bakal jadi peringkat satu nggak ya Indonesia? Hehe.

Tapi, bicara tentang internet, sudah tahu belum apa saja jenis jaringan internet, dan yang paling sering digunakan, yang ada di Indonesia?

Jangan-jangan, kamu hanya tinggal pakai saja, tanpa mengetahui asal jaringan internet tersebut berasal.

(Baca Juga: 7 Daftar Merk Router WiFi Terbaik)

Nah, sebelum mengetahui jenis jaringan internet, juga ketahui dulu media transmisi data yang digunakan, untuk menyambungkan internet ke perangkat kamu.

  • Jaringan Berkabel (Wide Network)

Jaringan wired network merupakan sebuah jaringan, yang menggunakan media berupa kabel, sebagai transmisi atau pengiriman data.

Tidak hanya satu, tetapi ada banyak jenis kabel, yang biasa digunakan untuk jaringan berkabel ini.

Umumnya, jenis kabel yang paling sering digunakan adalah kabel UTP dan kabel Fiber Optik.

  • Jaringan Nirkabel /Tanpa Kabel (Wireless Network)

Nah, kebalikan yang tadi, jaringan ini tidak menggunakan media kabel, di mana jaringan ini menggunakan gelombang elektromagnetik untuk mengirimkan sinyal data antar komputer.

Nah, agar gelombang tersebut tercipta, maka dibutuhkan sebuah alat yang bernama wireless adapter. Sehingga, jaringan bisa disampaikan ke penerima data, yang dikirimkan oleh komputer lain.

Nah, sekarang saatnya kamu ketahui jenis jaringan internet deh! Yuk langsung saja simak informasi berikut ini.

4 Jenis Jaringan Internet – Berdasarkan Jangkauan Geografis

Nah, biar tambah pengetahuanmu, yuk ketahui jenis jaringan internet yang ada dan yang paling dikenal di Indonesia, berikut ini:

1. LAN (Local Area Network)

Jenis jaringan internet yang pertama dan paling dikenal LAN atau Local Area network. Adapun LAN ini merupakan suatu jaringan komputer dan internet,, yang cakupan jaringannya kecil.

Contohnya, seperti pada jaringan komputer di perkantoran, warnet atau warung internet, sekolah, rumah ataupun lembaga bimbingan belajar.

Untuk menggunakan jenis jaringan internet LAN ini, biasanya kamu harus menggunakan bantuan kabel ethernet, yang memiliki teknologi IEEE 802.3.

Hal tersebut dilakukan agar tersambungnya internet, untuk ke PC ataupun ke laptop kamu.

Namun, jenis jaringan internet ini, biasanya hanya bisa mencakup wilayah kecil, yakni sekitar 1 kilometer persegi, seperti di dalam ruangan saja.

Namun, ada juga kabel selain ethernet, yang memiliki teknologi 802.11b, yang lebih dikenal dengan istilah Wi-Fi.

Nah, untuk jenis jaringan LAN yang menggunakan Wi-Fi ini, biasa disebut dengan WLAN atau Wireless Local Area Network.

2. PAN (Personal Area Network)

Jenis jaringan internet yang ada di Indonesia selanjutnya adalah PAN atau Personal Area Network.

Adapun, jenis jaringan PAN ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan LAN, yakni hanya mencangkup area perorangan saja.

Bahkan, cakupan jaringan internet yang diberikan PAN lebih kecil ketimbang LAN. Nah, PAN ini memiliki cakupan yang sangat kecil, yakni hanya 10 meter saja.

Selain itu, untuk cara mengkoneksikannya jaringan PAN, juga cukup mudah. Caranya, cukup dengan menyambungkan lewat bluetooth saja.

Jadi, kamu tidak perlu repot menyambung kabel, dan jaringan PAN bisa memberikan kemudahan untuk untuk mengupload foto ataupun video ke desktop kamu, mengirim dokumen, dan masih banyak lainnya.

3. WAN (Wide Area Network)

Setelah LAN dan PAN jenis jaringan internet selanjutnya adalah WAN atau Wide Area Network.

Berbeda dengan LAN dan PAN, jaringan WAN ini memiliki jaringan telekomunikasi yang sangat luas, bahkan bisa mencapai satu negara.

Bukan untuk kepentingan pribadi atau perorangan, jaringan WAN lebih sering digunakan untuk kepentingan bisnis.

4. MAN (Metropolitan Area Network)

Untuk jenis jaringan internet berdasarkan jangkauan geografis yang terakhir, adalah Metropolitan Area Network atau MAN.

Jaringan MAN ini merupakan jaringan yang bisa disebut sebagai pengembangan dari jaringan LAN, bahkan memiliki jaringan koneksi yang internet lebih besar dari pada LAN.

Jaringan MAN lebih bisa digunakan untuk beberapa LAN hingga menembus ke suatu cakupan seperti wilayah, kota, provinsi, atau masih berada dalam radius kurang dari 50 km..

Selain itu, jaringan MAN juga didukung oleh kabel berkecepatan transfer data, yang tinggi. Sehingga, sangat memungkinkan bagi penerimaan, dalam menerima informasi antar komputer, karena berlangsung sangat cepat.

Untuk contoh penggunaan jaringan MAN ini seperti jaringan departemen, dengan beberapa kantor departemen tingkat kabupaten, atau kota yang dihubungkan antara satu dengan lainnya.

Namun, secara garis besar jaringan WAN memang mirip dengan MAN, karena bisa menyambung ke beberapa MAN. Tetapi, jaringan LAN bisa dihubungan jauh lebih banyak oleh WAN daripada MAN.

(Baca Juga: Cara Dapat Kuota Internet Gratis dari Pemerintah)

Nah, itu dia beberapa informasi terkait jenis jaringan internet, yang bisa menambah wawasan kamu. Jadi, nggak cuma asal pakai ya.

Siapa tahu, nanti kamu bekerja di bagian, yang berhubungan dengan berbagai jaringan internet di perusahaanmu.

Dengan mengetahui jenis jaringan Internet, yang paling sering digunakan, atau bahkan yang sehari-hari kita gunakan, tidak akan merugikan juga kan?

Maka dari itu, jadilah pengguna internet yang cerdas. Kamu sendiri, internet di rumah pakai apa?

Biasanya, penggunaan internet rumahan, menggunakan jaringan Wi-Fi. Dengan Wi-Fi, kita tak perlu takut kehabisan kuota, karena umumnya, kita ditawari harga per paket, setiap bulannya.

Tidak murah, seperti kuota internet yang bisa dibeli di tukang pulsa. Rata-rata biaya Wi-Fi di rumah, sekitar Rp150.000 hingga Rp350.000 per bulan.

Nah, biar biaya langganan Wi-Fi kamu tidak terlalu membebani, bayar saja pakai kartu kredit!

Selain lebih praktis, bayar tagihan langganan Wi-Fi pakai kartu kredit, juga bisa lebih hemat. Karena biasanya, banyak promo seperti potongan harga, hingga cashback.

Sudah masuk di awal 2021, belum punya kartu kredit? Tak perlu khawatir, karena kamu bisa melakukan pengajuan dengan mudah, secara online, melalui CekAja.com.

CekAja.com, juga menyediakan banyak produk kartu kredit, dari berbagai bank ternama di Indonesia.

Kamu bisa pilih, sesuai dengan kebutuhan, keinginan, dan kemampuan finansial kamu. Pokoknya, kamu bisa pilih sendiri, sampai dapat yang sesuai.

Yuk, segera ajukan kartu kredit terbaik pilihanmu, hanya di CekAja.com.