Jenis-Jenis Tabungan di Indonesia yang Dapat Dipilih Sebagai Sarana Investasi

Dunia perbankan selalu berinovasi melahirkan beragam fasilitas dan kemudahan dalam transaksi keuangan. Tak heran jika jenis-jenis tabungan di Indonesia ada banyak.

Bagi orang yang sudah mengenal tentang uang pasti sudah tak asing dengan yang namanya tabungan. Tabungan ini penting dalam menyelamatkan kondisi finansial kita.

Dengan menabung atau menyimpan uang kita sama saja melakukan investasi untuk masa depan loh. Saat ini kebanyakan kita menabung di lembaga keuangan perbankan.

Menariknya tabungan ini bisa diambil kapan saja. Nah di Indonesia ada banyak jenis-jenis tabungan yang bisa dipilih. Jadi masing-masing jenis tabungan mempunyai tujuannya sendiri.

Jenis-jenis tabungan yang disimpan di lembaga keuangan atau perbankan ini dijamin keamanannya. Sekarang kita simak penjelasan jenis-jenis tabungan yang ada di Indonesia yang bisa kita pilih.

(Baca Juga: Jenis-jenis Investasi Jangka Pendek yang menguntungkan)

Jenis-Jenis Tabungan Di Indonesia

Tabungan memiliki arti uang yang dikumpulkan dari sumber pendapatan atau uang yang tersisa lalu dikumpulkan. Simpanan uang ini bisa disimpan ke bank agar lebih aman.

Penarikan tabungan meski bisa dilakukan kapan saja tapi tetap harus dengan syarat-syarat tertentu. Untuk menabung di bank kita harus melakukan setoran awal dulu yang jumlahnya ditentukan oleh bank.

Jumlah setoran awal ini berbeda pada masing-masing bank. Kemudian kita juga harus mengisi formulir dan dokumen yang disyaratkan. Dan yang terakhir adalah membayar biaya admin yang sudah ditetapkan oleh bank.

Ada banyak jenis-jenis tabungan di Indonesia yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Jenis-jenis tabungan yang umum ada di Indonesia antara lain:

1. Tabungan Konvensional

Konvensional - Jenis-Jenis Tabungan di Indonesia

Tabungan konvensional adalah salah satu dari jenis-jenis tabungan yang ada di Indonesia. Tabungan konvensional ini merupakan tabungan yang paling umum yang dimiliki masyarakat.

Tabungan ini memiliki beberapa fasilitas seperti kartu ATM, buku bank, dan nomor rekening. Tak hanya itu ada juga layanan mobile banking dan internet banking untuk memudahkan nasabah bertransaksi.

Untuk membuka rekening tabungan konvensional ini juga mudah dan bisa langsung jadi di hari yang sama. Tabungan ini bisa kapan saja diambil dan bunganya cukup rendah sekitar 0,5-2% tergantung bank masing-masing. 

2. Tabungan Berjangka

Berjangka - Jenis-Jenis Tabungan di Indonesia

Salah satu jenis-jeni tabungan yang lainnya adalah tabungan berjangka. Tabungan ini memiliki perbedaan dengan tabungan konvensional baik dalam periode waktu serta bunganya.

Tabungan ini mengikat pada periode waktunya sehingga kita tidak bisa sewaktu-waktu mencairkan uangnya. Biasanya ada syarat periode waktu untuk tabungan berjangka yaitu 3, 6, atau 12 bulan.

Tabungan berjangka tidak membutuhkan setoran awal yang tinggi tapi bunganya lebih besar dari tabungan konvensional.

3. Tabungan Giro

Giro - Jenis-Jenis Tabungan di Indonesia

Selanjutnya ada tabungan giro yang masuk sebagai salah satu jenis-jenis tabungan di Indonesia. Tabungan giro biasanya dipakai khusus untuk bisnis dan dibuka atas nama perusahaan.

Untuk menarik dananya harus memakai bilyet giro atau cek atas nama tertentu. Karena tabungan giro difokuskan untuk perusahaan maka semua transaksinya harus dicatat dan nantinya akan dikirimkan dalam bentuk rekening koran.

Demi menjamin amannya transaksi keluar masuk kas perusahaan selalu ada syarat yang diberikan untuk tabungan giro seperti harus ada stempel perusahaan dan tanda tangan satu direksi perusahaan.

4. Tabungan Investasi

Investasi - Jenis-Jenis Tabungan di Indonesia

Jenis-jenis tabungan yang paling ramai dibicarakan saat ini adalah tabungan investasi. Ini adalah tabungan bisa dipakai  untuk menyimpan dana hasil dari investasi.

Investasi yang paling banyak dilakukan adalah saham. Nah untuk menyimpan uang hasil jual beli saham kita bisa membuka tabungan investasi ini.

Jadi sederhananya tabungan investasi adalah tempat mengumpulkan hasil investasi yang sudah kita lakukan agar uangnya aman.

5. Tabungan Haji

Haji - Jenis-Jenis Tabungan di Indonesia

Tabungan haji menjadi salah satu dari jenis-jenis tabungan haji yang populer di Indonesia. Karena banyaknya penduduk muslim disini maka tabungan haji juga banyak peminatnya.

Dengan tabungan haji kita bisa dibantu untuk proses pemberangkatan haji dalam periode waktu tertentu. Jadi sambil mengumpulkan uang kita juga didaftarkan ke Kementerian Agama untuk haji jika nominal tabungan haji sudah mencukupi.

Fasilitas yang didapatkan dari tabungan haji adalah asuransi jiwa dan asuransi kecelakaan bagi nasabah.

6. Tabungan Anak/Pendidikan

Anak_Pendidikan - Jenis-Jenis Tabungan di Indonesia

Tabungan anak atau tabungan pendidikan adalah tabungan yang populer di kalangan para orang tua. Jenis-jenis tabungan ini biasanya diperuntukkan untuk anak-anak sebagai alat untuk belajar menabung.

Setoran awalnya juga cukup kecil. Biasanya untuk memotivasi menabung sejak dini tabungan anak ini memberikan hadiah-hadiah bagi yang membuka rekening.

Pembukaan rekening tentu saja masih harus didampingi oleh orang tua. Tabungan anak ini bisa dipakai untuk segala kebutuhan anak-anak.

7. Tabungan Valuta Asing

Valuta Asing - Jenis-Jenis Tabungan di Indonesia

Jenis-jenis tabungan yang terakhir yang bisa kita pilih adalah tabungan valuta asing. Ini akan sangat membantu bagi pebisnis yang selalu memakai mata uang asing untuk bertransaksi.

Tabungan valuta asing ini memakai kurs mata uang dalam negeri yang naik turun. Tabungan ini bisa menyimpan, transfer atau mengambil uang dengan mata uang asing pilihan kita. 

Nah itu dia beberapa jenis-jenis tabungan yang ada di Indonesia yang bisa kita pilih. Menabung di bank kita juga mendapatkan banyak manfaat selain aman kita juga mendapatkan bunga serta fasilitas yang memudahkan kita dalam bertransaksi.

Jadi sudah tahu mau menabung di tabungan apa?

(Baca Juga: Kesalahan dalam Investasi Saham yang Sering Dilakukan)

Ada banyak memang media menabung saat ini, dan jika kamu tidak ingin repot. Maka menabung bisa menjadi salah satu cara investasi yang sangat mudah dan cepat.

Meski jumlah keuntungannya tak seberapa, namun menabung akan membantu kita mengatur keuangan. Untuk itu, segera buka tabungan melalui CekAja.com.

Pembukaan tabungan melalui CekAja.com lebih cepat dan mudah, karena proses dilakukan secara online. Sedangkan untuk tingkat keamanannya ini dijamin, karena CekAja.com diawasi oleh OJK dan BI.

Jadi, apalagi yang kamu tinggi? Buka tabunganmu sekarang juga dan mulailah menabung melalui CekAja.com.