Jurusan Paling Favorit di USU Bidang Saintek dan Soshum

8 min. membaca Oleh Nadhillah Kusindriani on

Menjadi salah satu perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia, Universitas Sumatera Utara atau yang biasa disebut USU, belakangan ini menjadi incaran banyak calon mahasiswa. Untuk kamu yang ingin kuliah di USU, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu jurusan paling favorit di USU bidang Saintek dan Soshum berikut ini.

Jurusan Paling Favorit di USU Bidang Saintek dan Soshum

Jurusan Paling Favorit di USU Bidang Saintek

Jika kamu belum mengetahui apa saja jurusan paling favorit di USU bidang Saintek dan Soshum, ada baiknya kamu memperhatikan penjelasan yang satu ini.

Namun pertama-tama, CekAja.com akan mengulas terlebih dahulu lima jurusan paling favorit di USU bidang Saintek. Karena seperti yang diketahui, bidang Saintek merupakan bidang yang mempelajari ilmu-ilmu sains dan teknologi.

Umumnya, jurusan yang tergabung dalam rumpun Saintek akan bersinggungan langsung dengan beberapa mata kuliah seperti matematika, fisika, kimia dan lain sebagainya.

Bagi kamu yang ingin masuk jurusan Saintek di USU kini tidak perlu khawatir terkait akreditasi. Pasalnya, hampir seluruh jurusan baik di bidang Saintek atau pun Soshum sudah terakreditasi A.

1. Pendidikan Dokter

Akreditasi: A

Daya Tampung: 68

Passing Grade: 58.4%

Peminat: 2.698

Jurusan paling favorit di USU bidang Saintek yang pertama adalah Pendidikan Dokter. Rasanya sudah tidak asing, apabila pendidikan dokter menjadi jurusan pertama yang sangat diidam-idamkan para calon mahasiswa, baik di universitas negeri atau pun swasta.

Terlebih di Universitas Sumatera Utara (USU), jurusan pendidikan dokter tidak hanya memiliki akreditasi yang sempurna saja, tetapi juga memiliki fasilitas yang cukup lengkap.

Hal tersebut terlihat dari tersedianya Rumah Sakit USU yang menjadi lokasi untuk setiap mahasiswanya melakukan praktik dan kegiatan lainnya.

Serupa dengan jurusan pendidikan dokter di universitas-universitas lainnya, di sini juga kamu akan belajar beberapa hal yang berkaitan dengan kedokteran, mulai dari anatomi tubuh manusia, genetika, biologi sel dan molekuler hingga farmakologi.

Selain itu, lulusan dari jurusan pendidikan dokter pun memiliki prospek kerja yang baik. Di mana, kamu bisa bekerja di rumah sakit, klinik kesehatan, puskesmas sampai membuka praktik sendiri.

2. Kesehatan Masyarakat

Akreditasi: A

Daya Tampung: 105

Passing Grade: 42.8%

Peminat: 3.196

Jurusan paling favorit di USU bidang Saintek yang kedua adalah Kesehatan Masyarakat. Melihat daya tampung yang disediakan USU untuk SBMPTN hanya 105, dengan peminat berkisar 3.196 rasanya persaingan yang akan kamu hadapi cukup ketat.

Namun, kamu bisa mencoba jalur lain seperti SNMPTN dan UMB untuk bisa masuk jurusan favorit yang satu ini. Hal tersebut dikarenakan kesehatan masyarakat USU setiap tahunnya membuka daya tampung sebanyak 800.

Tidak hanya itu, jurusan ini pun menariknya menggabungkan dua bidang keilmuan, yaitu ilmu sains dan ilmu sosial.

Dengan begitu, kamu tidak hanya belajar seputar kesehatan saja. Tetapi kamu juga akan mempelajari beberapa ilmu sosial, seperti misalnya public speaking.

Karena setelah lulus, kamu tidak hanya bekerja dibalik meja mengurus administrasi pasien saja.

Justru, pekerjaan utama mu adalah memberikan sosialisasi dan penyuluhan kepada masyarakat untuk hidup sehat dan menjaga lingkungan agar tetap terawat dengan bersih.

(Baca Juga: Jurusan Paling Favorit di Universitas Sriwijaya Bidang Saintek Dan Soshum)

3. Farmasi

Akreditasi: A

Daya Tampung: 65

Passing Grade: 48.75%

Peminat: 2.669

Jurusan paling favorit di USU bidang Saintek yang ketiga adalah Farmasi. Pasalnya kini sedang marak penelitian-penelitian terkait obat-obatan.

Terlebih saat ini perkembangan teknologi dan farmakologi sedang pesat-pesatnya. Maka dari itu, tidak heran apabila jurusan farmasi menjadi salah satu jurusan favorit di bidang Saintek.

Lebih dari itu, lulusan-lulusan USU pun banyak yang menjadi apoteker-apoteker handal. Sehingga, sudah tidak perlu diragukan lagi kredibilitas dan prospek kerja dari jurusan yang satu ini.

4. Teknik Mesin

Akreditasi: A

Daya Tampung: 57

Passing Grade: 40.1%

Peminat: 1.475

Teknik Mesin nyatanya masuk sebagai salah satu jurusan paling favorit di USU bidang Saintek. Bagaimana tidak, sejak salah satu perwakilannya memenangkan kejuaraan Shell Eco Marathon (SEM) pada 2014, jurusan teknik mesin USU mulai dikenal oleh banyak orang.

Karena pada dasarnya, SEM merupakan salah satu kejuaraan paling gengsi yang kerap kali diikuti oleh mahasiswa teknik perguruan tinggi se-Asia Tenggara.

Maka tidak heran, apabila memenangkan kejuaraan ini menjadi salah satu pencapaian terbesar dan membanggakan.

Dan tidak berhenti sampai disitu, perwakilannya yang bernama Tim Horas pun di tahun-tahun berikutnya selalu membawa pulang prestasi yang diperoleh dari kejuaraan tersebut maupun kejuaraan lainnya

Oleh karena itu, banyaknya prestasi yang telah diraih oleh para mahasiswa teknik mesin menjadikan jurusan ini sebagai salah satu jurusan paling favorit bidang Saintek.

Sejak saat itu, jurusan ini menjadi salah satu jurusan yang diidam-idamkan oleh para calon mahasiswa. Terlebih, jurusan ini sudah mendapatkan akreditasi sempurna, yaitu A.

5. Teknik Elektro

Akreditasi: A

Daya Tampung: 57

Passing Grade: 41.1%

Peminat: 1.252

Yang terakhir ada Teknik Elektro sebagai jurusan paling favorit di USU bidang Saintek. Masih berada dalam satu ranah, yaitu teknik, jurusan ini lebih didominasi oleh mahasiswa pria.

Hal tersebut dikarenakan, jurusan ini akan lebih mengulik rumus tentang mesin dan hal berkaitan lainnya.

Tentu, untuk para wanita hal semacam itu kurang menarik perhatian. Mungkin hanya ada satu sampai dua orang saja yang tertarik untuk masuk jurusan teknik elektro.

Karena umumnya, para wanita tersebut lebih mendambakan pria dari jurusan ini, yang dinilai keren dan cerdas.

Namun tidak hanya mahasiswanya saja yang keren, tetapi akreditasi dan lulusannya pun sangat keren. Untuk akreditasinya sendiri, teknik elektro sudah mendapatkan akreditasi sempurna, yaitu A.

Sedangkan untuk lulusannya sendiri, dominan bekerja di perusahaan-perusahaan besar dan ternama. Seperti misalnya di perusahaan minyak dan gas, perusahaan telekomunikasi hingga ke perusahaan besar yang bergerak dalam bidang transportasi seperti Garuda Indonesia. Bagaimana, sangat keren bukan?

Meski dinilai sebagai jurusan yang keren, namun jika sudah masuk ke jurusan ini kamu akan mendapatkan banyak tugas yang tidak mudah.

Deadline dimana-mana dan tekanan sudah pasti nyata adanya. Jadi sebelum masuk ke jurusan ini, pikirkan secara matang dulu ya.

Jurusan Paling Favorit di USU Bidang Soshum

Jika sebelumnya kamu sudah mengetahui lima jurusan paling favorit di USU bidang Saintek, kini saatnya untuk kamu mengetahui lima jurusan paling favorit di USU bidang Soshum.

Seperti yang diketahui, apabila kamu mengambil jurusan dari rumpun sosial humaniora (Soshum), maka materi yang akan kamu pelajari tidak akan jauh dari ilmu-ilmu sosial.

Seperti misalnya kamu akan belajar tentang komunikasi, bisnis, manajemen, administrasi dan lain sebagainya.

Untuk itu, agar bisa mengetahui lebih lengkap apa saja jurusan paling favorit di USU bidang Soshum, yuk simak penjelasan di bawah ini.

6. Ilmu Hukum

Akreditasi: A

Daya Tampung: 180

Passing Grade: 45.72%

Peminat: 4.321

Jurusan paling favorit di USU bidang Soshum yang pertama adalah Ilmu Hukum. Bagi sebagian besar mahasiswa sosial, jurusan ini mungkin dinilai jurusan yang keren, bahkan menjadi primadona untuk ranah sosial.

Pasalnya, alumni dari jurusan ini sudah dikenal sebagai orang-orang hebat dan berkompeten, salah satunya adalah Yasonna Laoly, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.

Dengan melihat dari lulusan-lulusan tersebut, rasanya kini kamu sudah tidak perlu ragu lagi untuk memilih ilmu hukum sebagai jurusan yang akan kamu pilih. Namun, untuk masuk jurusan ini pun tidak mudah.

Sebab selain sulit, jurusan ilmu hukum juga hanya menyediakan daya tampung sebanyak 180 kursi saja dengan peminat sekitar 4.300. Terlebih, passing grade untuk jurusan ini pun cukup tinggi.

Dengan begitu, untuk bisa lulus ujian dan masuk jurusan ini, kamu perlu belajar dan berusaha dengan sungguh-sungguh.

7. Manajemen

Akreditasi: A

Daya Tampung: 75

Passing Grade: 47.3%

Peminat: 3.363

Jurusan paling favorit di USU bidang Soshum yang kedua adalah Manajemen. Sebagai jurusan yang memiliki prospek kerja bagus, manajemen tidak main-main dengan materi pelajaran yang akan diberikan.

Sebab, kamu akan mempelajari beberapa hal terkait ilmu manajemen, di antaranya seperti komunikasi bisnis, manajemen perbankan, manajemen SDM, manajemen produk dan merek, manajemen operasional dan beberapa mata pelajaran manajemen lainnya.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, prospek kerja dari jurusan manajemen sendiri sangat luas dan bagus.

Kamu bisa bekerja di perusahaan swasta atau pun pemerintah. Tidak hanya itu, kamu juga bisa membuka lapangan pekerjaan sendiri sebagai pebisnis.

(Baca Juga: Jurusan Paling Favorit di Universitas Sam Ratulangi Bidang Saintek dan Soshum)

8. Akuntansi

Akreditasi: A

Daya Tampung: 75

Passing Grade: 48.2%

Peminat: 2.608

Jurusan paling favorit yang ketiga adalah Akuntansi. Seperti yang diketahui, jurusan ini sudah mendapatkan akreditasi sempurna dari BAN-PT, yaitu A.

Maka dari itu, tidak heran apabila jurusan Akuntansi USU menjadi salah satu jurusan yang didambakan banyak calon mahasiswa.

Terlebih, biaya UKT untuk jurusan ini pun tidak terlalu mahal, yaitu berkisar dari Rp500.000,- – Rp7.000.000,-.

Namun biaya tersebut masih tentatif, karena disesuaikan dengan kemampuan finansial setiap mahasiswanya.

Untuk kamu yang mau masuk jurusan akuntansi USU, kamu bisa mencobanya melalui tiga jalur seleksi, yaitu SNMPTN, SBMPTN dan UMB PT. Jika kamu memilih jalur SBMPTN, sebisa mungkin kamu belajar dengan maksimal.

Pasalnya, peminat untuk jurusan ini cukup banyak, yaitu berkisar 2.608. Namun sayangnya, USU hanya memberikan daya tampung untuk jurusan ini sedikit, yaitu 75 kursi saja.

Dengan begitu, dapat diambil kesimpulan bahwa persaingan untuk masuk ke jurusan ini cukup ketat.

9. Ilmu Administrasi Negara

Akreditasi: A

Daya Tampung: 54

Passing Grade: 24.2%

Peminat: 3.531

Jurusan paling favorit di USU bidang Soshum yang keempat adalah Ilmu Administrasi Negara. Meski jurusan yang satu ini masuk ke dalam jurusan favorit di USU, namun passing grade yang mereka miliki cukup rendah, yaitu 24 persen.

Oleh karena itu, peluang mu untuk masuk jurusan ini cukup besar. Terlebih, jurusan ilmu administrasi negara di USU sudah mendapatkan akreditasi A.

Jika kamu masuk jurusan favorit yang satu ini, kamu akan belajar seputar pengantar ilmu administrasi public, administrasi pembangunan, sistem pemerintahan daerah, manajemen SDM, filsafat ilmu hingga sistem hukum Indonesia.

10. Ilmu Administrasi Bisnis

Akreditasi: A

Daya Tampung: 36

Passing Grade: 28.2%

Peminat: 2.546

Jurusan yang terakhir adalah Ilmu Administrasi Bisnis, sebagai salah satu jurusan paling favorit di USU bidang Soshum.

Meski jurusan ini baru didirikan pada 11 Mei 2009, namun jurusan ini sudah menjadi incaran banyak calon mahasiswa.

Hal tersebut terbukti dari jumlah peminat untuk jurusan ini mencapai 2.546 orang. Namun sayangnya, tidak semua peserta tersebut diterima. Pasalnya, daya tampung yang disediakan jurusan ilmu administrasi bisnis hanya 36.

Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa persaingan yang akan kamu hadapi untuk bisa masuk jurusan ini cukup ketat.

Dengan begitu, kamu perlu memiliki persiapan yang cukup matang, baik dari segi materi, mental hingga finansial.

Pasalnya, setelah memilih jurusan yang kamu inginkan dari semua jurusan paling favorit di USU bidang Saintek dan Soshum, kamu perlu mempersiapkan biaya untuk perkuliahan.

Sebab banyak biaya yang harus kamu penuhi, tidak hanya biaya uang kuliah tunggal (UKT) saja. Terlebih, apabila kamu calon mahasiswa yang berasal dari luar kota Sumatera Utara, kamu tentu perlu mencari kostan atau pun kontrakan sebagai tempat tinggal mu.

Dan sudah pasti, biaya yang dibutuhkan pun tidak sedikit. Kamu perlu menabung sejak dini untuk memenuhi semua biaya kehidupan dan kuliah mu di sana. Namun, apabila dana yang kamu miliki saat ini belum mencukupi, jangan khawatir.

Sebab, kamu bisa mengajukan pinjaman dana tunai atau KTA melalui CekAja.com. Pasalnya, sebagai perusahaan financial technology yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), CekAja.com akan memberikan pelayangan yang sangat mudah dan proses yang cepat. Jadi, tunggu apalagi? Ajukan sekarang, yuk!

Tentang kami

Nadhillah Kusindriani

Nadhillah Kusindriani