15 Kado Untuk Bayi Baru Lahir yang Bermanfaat dan Recommended!

5 min. membaca Oleh Vera Khairifah pada

Kado untuk bayi baru lahir, biasanya telah disiapkan oleh keluarga hingga kerabat dekat, untuk menyambut momen bahagia dari kelahiran seorang bayi. Nah, biar kamu gak bingung mau kasih apa, rekomendasi kado berikut ini, mungkin bisa jadi pilihan terbaik.

15 Kado Untuk Bayi Baru Lahir yang Bermanfaat dan Recommended!

Memilih kado untuk bayi baru lahir harus mengutamakan nilai kegunaannya. Ada baiknya jika barang yang dipilih harus bermanfaat, dapat di pakai berulang, dan awet. Tak hanya untuk bayi, barang-barang yang sekiranya bermanfaat bagi sang ibu yang beru melahirkan juga bisa menjadi pilihan, lho.

Sebab tak jarang, orang banyak hanya fokus pada kebutuhan bayi saja. Padahal, setelah momen melahirkan, sang ibu juga membutuhkan berbagai benda yang menunjang pemulihan kondisi kesehatan.

Berikut ini rekomendasi kado untuk bayi baru lahir yang dijamin bermanfaat dan anti mubazir.

1. Buku Cerita

Pilihan kado yang pertama adalah buku cerita. Eits, jangan heran dulu ya. Sebab buku cerita bagi bayi usia 0 sampai 3 bulan berbeda dengan buku anak pada umumnya.

Ukurannya lebih kecil sehingga mudah ditunjukkan pada anak, penuh warna, dan disertai mainan timbul atau tombol suara nyanyian yang bisa dipencet. Pada usia 3 bulan ke atas, bayi akan makin siap bermain dan melihat banyak hal.

Sehingga buku cerita bisa dipakai dalam waktu yang lama. Ditambah, membacakan anak cerita bisa bikin bonding orang tua dan anak makin sip.

2. Paket Peralatan Mandi

Paket peralatan mandi mulai dari sabun, shampo, cologne, baby oil, hingga handuk atau bak mandi bayi bisa menjadi pilihan. Agar makin unik, handuk dengan bordiran nama bayi juga menjadi kado untuk bayi baru lahir yang beda dan terasa spesial.

3. Paket Peralatan Makan

Bayi baru lahir memang hanya mengonsumsi ASI saja. Tapi, masa pemberian MPASI di usia 6 bulan adalah waktu yang sebentar lho.

Jadi, memberikan peralatan makan sebagai kado untuk bayi baru lahir bisa menjadi early gift untuk anak yang nantinya akan mulai mengonsumsi MPASI.

Paket peralatan makan bayi ini biasanya berisikan bib, set mangkok, piring, dot, dan sendok.

4. Alat Pompa ASI

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, barang yang dibutuhkan anak yang juga berkaitan dengan kebutuhan ibu bisa banget dipillih menjadi kado untuk bayi baru lahir. Alat pompa ASI contohnya.

ASI berlebih akan lebih aman jika dipompa lalu disimpan di lemari es. Hal ini untuk mencegah ASI yang terbuang bagi ibu yang memiliki ASI terlalu banyak, dan membuat nyaman kesehatan payudara si ibu.

Selain itu, pompa ASI juga bakal memudahkan ibu yang memiliki mobilitas tinggi. Walau harganya sedikit mahal, kamu bisa memilihnya sebagai kado hasil patungan bersama rekan saudara atau teman lain.

5. Baby Cooler Box

Selain alat pompa ASI, kotak pendingin ASI alias baby cooler box juga dibutuhkan. Tentu saja agar ASI lebih awet saat dibawa bepergian. Ibu yang mendapatkan kado ini pasti dijamin senang deh!

(Baca Juga: 20 Ide Hadiah Pernikahan Bermanfaat dan Tips Memilihnya)

6. Tas Perlengkapan Bayi

Saat bepergian, bukan hanya ibu dan ayah saja yang harus membawa tas berisi barang yang dibutuhkan. Tas bayi juga dibutuhkan karena kebutuhannya yang banyak. Mulai dari popok, botol dan wadah penyimpan susu, baju ganti, dan lain-lain.

Tas perlengkapan bayi biasanya berbentuk tas ransel yang juga bisa diubah bentuk menjadi tas selempang, dengan banyak kantong dan slot besar sebagai tempat menaruh banyak barang.

7. Bantal Kepala Bayi

Kado untuk bayi baru lahir lainnya adalah bantal kepala bayi. Ya, bayi baru lahir yang hampir sepanjang hari menghabiskan waktu dengan tidur terkadang membuat bentuk kepala menjadi peyang.

Maka dari ibu, bantal kepala diperlukan karena bentuknya yang membuat bayi lebih nyaman saat tidur, dan bolongan pada bagian tengah bantal membuat kepala bayi tidak peyang. Selain bermanfaat, harganya pun terjangkau.

8. Sterilizer

Sterilizer berguna untuk membersihkan botol susu, dot, hingga alat makan bayi. Alat ini dijamin bermanfaat, karena tidak semua orang terpikir untuk membeli barang yang satu ini. Harga rata-rata sterilizer bervariasi, mulai dari Rp100.000-an hingga Rp800.000-an.

9. Baby Swing Bouncer

Satu lagi kado untuk bayi baru lahir yang bisa dijadikan kado patungan, yakni baby swing bouncer. Alat ini adalah tempat tidur mini untuk bayi yang mudah diayunkan agar bayi lebih merasa rileks saat ingin tidur.

Bagian pengayun pada alat ini bisa digerakkan manual atau otomatis secara elektrik. Canggih, kan? Harganya mulai dari Rp500.000-an hingga Rp1 juta-an.

10. Baju Karakter

Bayi yang baru lahir biasanya melakukan photoshoot bersama orang tua sebagai dokumen kenang-kenangan. Nah, baju karakter bisa membuat si bayi terlihat makin lucu dan gemas saat difoto.

Baju ini memiliki potongan yang nyaman dan bahan yang halus. Hanya saja terdapat ciri khas dari karakter tokoh tertentu yang bikin penampilan si bayi berbeda. Misalnya baju karakter Mario Bros, Tinkerbel, Superman, dan lainnya.

(Baca Juga: 8 Rekomendasi Susu Formula Bayi Terbaik)

11. Paket OOTD Kasual

Kebutuhan dari atas hingga ujung kaki bayi mulai dari topi, baju, celana, jaket, kaos kaki, hingga sepatu juga bisa menjadi kado untuk bayi baru lahir. Sesuaikan warna semua item agar penampilan OOTD bayi makin kece.

Agar terlihat menarik, bungkus semuanya ke dalam paket yang dihias dnegan pita dan kartu ucapan.

12. Handuk Kimono Bayi

Handuk mandi bayi biasanya berbentuk kimono tebal agar lebih maksimal menghangatkan si bayi sebelum dan sesudah mandi. Makanya, handuk kimono bisa menjadi pilihan kado untuk bayi baru lahir.

Agar makin unik, pilih handuk kimono dengan karakter dan warna yang lucu. Bordiran nama bayi juga bisa ditulis di atas handuk agar terlihat beda dan terasa spesial. Toko yang melayani custom bordir handuk kini sudah banyak tersedia.

13. Set Bandana atau Topi

Aksesoris kepala seperti bandana untuk bayi perempuan, atau topi bisa menjadi pilihanmu lainnya dalam memilih kado untuk bayi baru lahir. Pilih warna-warna cerah agar penampilan bayi semakin menggemaskan.

14. Mainan Bayi

Bayi berumur dua bulan ke atas sudah bisa mulai diberikan mainan bertekstur lembut. Pilihan mainan sebagai kado untuk bayi baru lahir di antaranya mainan gantungan dengan musik, mainan stik, gelang tangan, atau busy box.

15. Pajangan Alfabet Nama Bayi

Kado untuk bayi baru lahir yang terakhir adalah pajangan alphabet nama bayi. Selain untuk pajangan, benda ini juga bisa dijadikan properti foto bayi. Tak hanya nama, pajangan alphabet juga biasanya menyertakan angka untuk menunjukkan usia bayi. Misalnya tulisan “1 month”, “2 months”, hingga “12 months”.

Itulah sederet rekomendasi kado yang bisa kamu pilih. Semua benda di atas bisa kamu beli secara online tanpa harus pergi ke luar rumah di masa pandemi seperti sekarang ini.

Mau pembayaran terproses cepat dan mudah? Pakai kartu kredit saja! Kartu kredit cicilan ringan kini sudah makin banyak tersedia, salah satunya di CekAja.com.

CekAja.com akan membantumu memilih kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan dan profil kemampuan finansial, dan kamu bisa mengajukan kepemilikan kartu kredit secara online lewat sistem di bawah ini. Yuk, miliki kartu kredit untukmu sekarang juga!

Tentang kami

Vera Khairifah

Vera Khairifah