Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Kandungan Daun Binahong serta Manfaatnya Untuk Kesehatan

by Vera Khairifah on 11 Desember, 2019

Daun binahong atau daun gondola dikenal masyarakat umum sebagai tanaman hias yang dipajang di rumah. Tapi siapa sangka, ternyata kandungan daun binahong sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Kandungan Daun Binahong serta Manfaatnya Untuk Kesehatan

Kandungan Daun Binahong

Tanaman rambat ini sangat mudah ditanam dan tumbuh lebat, asalkan berada di suhu yang teduh dan tak terlalu banyak terkena sinar matahari langsung. Daun binahong memiliki nama ilmiah anredera cordifolia.

Asalnya bukan dari Indonesia, melainkan dari Korea dan daratan Afrika. Berbagai penyakit ringan hingga agak berat bisa diobati dengan memanfaatkan kandungan daun binahong.

Kandungan daun binahong terdiri dari:
  • Total fenol, yang bermanfaat sebagai antiseptik untuk membunuh kuman di dalam tubuh.
  • Protein, yang bermanfaat untuk memperbaiki jaringan tubuh, baik untuk tulang, dan lain sebagainya.
  • Antioksidan, yang bermanfaat untuk menetralkan radikal bebas.
  • Vitamin C, yang bermanfaat dalam penyerapan zat besi di dalam tubuh, baik untuk tulang, serta meningkatkan stamina tubuh.
(Baca juga: Meditasi Yuk, Ini Manfaatnya Buat Pikiran dan Tubuh)
Manfaat Daun Binahong

Manfaat dari kandungan binahong sendiri memang sudah teruji secara klinis. Pemanfaatkan kandungan daun binahong adalah dengan mengambil air sari rebusannya, serta hasil tumbukan daun binahon.

Banyak penelitian yang membuktikan bahwa kandungan daun binahong memang baik untuk kesehatan. Seperti penelitian dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jakarta dan Institut Teknologi Bandung (ITB).

Beberapa manfaat daun binahong di antaranya sebagai berikut:

1. Mengurangi Munculnya Mimisan

Daun binahong bisa dijadikan obat untuk menghentikan serta mengurangi munculnya mimisan. Rebus 4 helai daun dengan 2 gelas air bersih, biarkan hingga tersisa 1 gelas air. Lalu diminum sehari sekali secara rutin.

2. Mengobati Gusi Berdarah

Untuk gusi berdarah, rebus 3 helai daun dengan 2 gelas air bersih. Kemudian biarkan hingga tersisa 1 gelas air lalu diminum sehari sekali juga.

3. Menyembuhkan Luka Luar

Kandungan daun binahong bisa kamu manfaatkan untuk menyembuhkan luka gores pada kulit luar. Caranya dengan menumbuk daun binahong hingga halus.

Setelah itu, oleskan ke kulit yang terluka secara merata. Lakukan berulang kali untuk mengeringkan luka luar tersebut hingga sembuh.

4. Menjaga Stamina Tubuh

Air rebusan daun binahong juga bisa menjaga stamina tubuh sehingga badan tidak gampang capek. Air daun binahong juga bisa menghangatkan badan/suhu tubuh.

5. Meredakan Batuk dan Muntah Darah

Caranya pun terbilang sama dengan pemanfaatan kandungan daun binahong lainnya. Yakni merebus 11 helai daun dengan 2 gelas air bersih, biarkan hingga tersisa 1 gelas air lalu diminum.

6. Membantu Mengobati Diabetes

Kadar gula yang tinggi pada penderita diabetes atau kencing manis juga bisa diturunkan dengan kandungan daun binahong. Rebus 11 helai daun dengan 3 gelas air bersih hingga hanya tersisa 1 gelas sarinya, lalu minum secara rutin setiap hari.

Di dunia medis, kandungan daun binahong ini sudah dijadikan obat diabetes dengan nama Cordetes.

7. Menyembuhkan Geger Otak

Geger otak bisa dipercepat proses penyembuhannya dengan meminum air rebusan daun binahong juga. Rebus 11 helai daun dengan 2 gelas air bersih, biarkan hingga tersisa 1 gelas air lalu diminum rutin agar efek baiknya terasa.

(Baca juga: Bonus Akhir Tahun Cair! Manfaatin Buat Hal Produktif Ini)
8. Mengobati Tuberculosis

Untuk penyakit Tuberculosis, rebus lah 7 helai daun dengan 3 gelas air bersih hingga hanya tersisa 1 gelas sarinya untuk diminum.

9. Menurunkan Berat Badan

Tak sampai di situ, kandungan daun binahong juga sangat bermanfaat untuk obat anti-obesitas. Ya, daun ini mampu menurunkan berat badan dengan air rebusannya.

10. Menurunkan Tekanan Darah

Daun binahong masuk ke daftar obat herbal yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Sehingga cocok untuk mereka yang menderita hipertensi.

11. Mengobati Gagal Ginjal

Untuk mengobati penyakit gagal ginjal, kamu bisa merebus 10-15 gram daun binahong hingga tersisa satu gelas sarinya. Menyeduh daun binahong juga bisa dilakukan dengan mengeringkan daun binahong terlebih dulu.

Yakni dengan oven bersuhu 50 derajat Celcius hingga kadar airnya bersisa 10%. Kemudian seduh dengan air panas seperti layaknya teh.

12. Mengobati Asam Urat

Manfaat daun binahong bisa menghambat protein xanthine oksidase yang merupakan pemicu asam urat. Caranya dengan merebus 11 helai daun dengan 3 gelas air bersih hingga hanya tersisa 1 gelas sarinya untuk diminum.

Pengobatan herbal bisa kamu lakukan untuk mendorong kesembuhan tubuh. Tapi, akan lebih baik jika kamu juga melindungi diri dengan berbagai produk asuransi yang bisa kamu ajukan di CekAja.com.

Tentang Penulis

Vera Khairifah

A content writer and socmed enthusiast