Kartu Kredit dengan Asuransi Perjalanan yang Perlu Kamu Ketahui

7 min. membaca Oleh Gesti Weningtyas on

Asuransi perjalanan menjadi salah satu asuransi yang diandalkan ketika seseorang sering bepergian dengan kendaraan umum. Jika kamu punya kartu kredit, maka kamu bisa memanfaatkan kartu kredit yang telah dimiliki. Sebab, beberapa kartu kredit sudah memberikan fasilitas kartu kredit dengan asuransi perjalanan.

Kartu Kredit dengan Asuransi Perjalanan yang Perlu Kamu Ketahui

Sehingga, jika kamu melakukan perjalanan singkat selama beberapa waktu, kamu tak bakal khawatir karena sudah terlindungi sekaligus dari fasilitas asuransi perjalanan pada kartu kredit. Ada beberapa kartu kredit yang memberikan proteksi seperti ini. Asuransi perjalanan gratis bisa didapatkan tanpa repot membeli polis asuransi sendiri.

Perjalanan kamu pun jadi lebih efektif dan tenang, karena kamu dan keluarga sudah terlindungi dengan adanya asuransi perjalanan dari kartu kredit. Tapi, kamu perlu mengetahui jenis kartu kredit dari bank penerbit kartu yang akan memberikan asuransi perjalanan ini.

Beberapa bank penerbit kartu kredit memberikan kemudahan ini pada jenis kartu kredit tertentu. Tidak semua kartu kredit memiliki perlindungan tambahan dengan kartu kredit ini. Bagi kamu yang ingin mendapatkan asuransi perjalanan ini, cek beberapa kartu kredit yang memberikan fasilitas tersebut berikut:

1. Kartu Kredit Citibank

Khusus buat kamu yang memiliki Kartu Kredit Citi Prestige, nikmati fitur Asuransi Perjalanan untuk setiap transaksi pembelian tiket perjalanan dengan menggunakan Kartu Kredit Citi Prestige. Perlindungan Asuransi Perjalanan ini mencakup Santunan kematian dan kehilangan anggota badan karena kecelakaan, Ketidaknyamanan Perjalanan seperti Asuransi Keterlambatan dan Kehilangan Bagasi, Ketinggalan perjalanan lanjutan karena keterlambatan kedatangan, penerbangan lanjutan dan tidak tersedia transportasi lanjutan alternative.

Perlindungan tersebut juga berlaku untuk Pembatalan Perjalanan akibat kematian atau cidera berat akibat kecelakaan atau penyakit serius, pemogokan yang tidak terduga, huru-hara, kerusuhan sipil. Penyedia asuransinya yaitu PT. Asuransi Allianz Utama Indonesia.

Dikutip dari laman resmi Citibank, perlindungan asuransi perjalanan berlaku bagi Pemegang Utama dan Tambahan Kartu Kredit Citi Prestige (Tertanggung) termasuk suami/istrinya dan anak tanggungannya yang berdomisili di Indonesia yang bepergian sebagai penumpang komersial di dalam alat transportasi umum darat, laut, atau udara.

Perjalanan yang dimaksud, adalah biaya perjalanan yang tiketnya ditagihkan penuh pada kartu kredit Citi Prestige Anda. Perjalanan tersebut dilakukan dalam tenggang waktu 6 bulan sejak tanggal transaksi, ketika tariff tiket transportasi ditagihkan ke Kartu Kredit Citi Prestige. Proses klaim harus secepatnya disampaikan kepada PT. Asuransi Allianz Utama Indonesia atau maksimal dalam waktu 30 (tiga puluh) hari setelah tanggal tanggal kehilangan atau kejadian.

2. Kartu Kredit Maybank

Kartu kredit dari Maybank juga memberikan asuransi perjalanan. Asuransi ini berlaku bagi pemegang Maybank Kartu Kredit Visa Infinite dan Platinum (Visa, Mastercard, JCB termasuk White Card) yang membeli tiket perjalanan dengan menggunakan transportasi publik melalui udara maka secara otomatis akan mendapatkan perlindungan asuransi perjalanan dan asuransi ketidaknyamanan perjalanan.

Bagi pemegang Maybank Kartu Kredit Visa Infinite dan Platinum. Membeli tiket perjalanan dengan menggunakan transportasi publik melalui udara secara otomatis mendapatkan perlindungan asuransi kecelakaan dengan nilai pertanggungan Rp 500 juta untuk Maybank Kartu Kredit Platinum dan Rp 1 Miliar untuk Maybank Kartu Kredit Visa Infinite.

Selain asuransi perjalanan, ketidaknyamanan selama perjalanan berlangsung juga mendapatkan ganti rugi. Fasilitas ini diberikan untuk Pemegang Maybank Kartu Kredit Visa Infinite  dan Platinum. Klaim berlaku jika saat melakukan perjalanan pribadi mengalami kondisi seperti keterlambatan penerbangan, miskoneksi penerbangan, keterlambatan bagasi atau kehilangan bagasi. Nasabah akan memperoleh nilai pertanggungan hingga Rp 5 Juta.

3. Kartu Kredit BCA

Pemegang kartu kredit BCA otomatis akan mendapatkan asuransi kecelakaan perjalanan. Hal tersebut adalah salah satu fasilitas yang disediakan secara otomatis bagi pemegang Kartu Kredit BCA baik pemegang kartu utama maupun kartu tambahan, berikut 1 (satu) orang istri atau suami dan anak kandung dengan jumlah maksimal 3 (tiga) orang.

Khusus bagi pemegang kartu kredit BCA Card Platinum, BCA Visa Platinum/Black, dan BCA Mastercard Platinum Taz/Black akan mendapatkan perlindungan untuk penggantian biaya medis yang terjadi untuk perawatan atau perawatan lanjutan di Indonesia jika telah kembali dari luar negeri. Perlindungan ini diberikan apabila nasabah dirawat inap di Rumah Sakit dalam waktu 12 (dua belas) jam setelah kedatangan kembali ke Indonesia dan harus merupakan perawatan lanjutan yang diperlukan.

Untuk syaratnya yaitu kamu hanya perlu menjadi pemegang kartu kredit BCA. Sedangkan untuk proteksi keluarga, berlaku untuk suami istri sah dengan anak kandung maksimal tiga orang.

Selanjutnya, nasabah akan mendapatkan santunan kecelakaan sesuai dengan syarat saat melakukan perjalanan baik di darat, laut, atau udara di dalam maupun di luar negeri dengan angkutan umum komersial.

4. Kartu Kredit CIMB Niaga

Kamu juga bisa mendapatkan asuransi perjalanan gratis jika melakukan pembelian tiket pesawat dengan CIMB Niaga. Asuransi perjalanan ke seluruh dunia. Akan tetapi, perlu kamu ketahui bahwa program ini berlaku untuk pemegang kartu kredit CIMB Niaga Visa/Master (Platinum, Premium & Corporate) beserta pasangan yang sah dan anak-anak yang berusia maksimum 23 tahun dan bertempat tinggal di Indonesia. Nasabah akan mendapatkan manfaat kematian hingga Rp 500 juta dan manfaat perlindungan atas ketidaknyamanan perjalanan hingga Rp 5 juta.

5. Kartu Kredit BNI

Buat kamu yang punya hobi travelling, Garuda BNI Visa Signature dan Platinum bisa menjadi pilihan yang tepat karena menawarkan asuransi perjalanan dengan jaminan perlindungan asuransi kecelakaan dalam perjalanan. Santunan yang diberikan Rp 7 Miliar untuk GARUDA BNI Visa Signature dan Rp 4 Miliar untuk GARUDA BNI Visa Platinum.

Selain itu, nasabah yang bertransaksi senilai Rp 18,000 mendapatkan 2 Garudamiles atau Rp 9.000 = 1 GarudaMiles. Nasabah juga bisa mendapatkan  4.000 GarudaMiles untuk pemegang kartu utama setelah melakukan pembelanjaan pertama, lalu Enrollment Bonus sebesar 200 GarudaMiles setelah mengakumulasikan 250 GarudaMiles pertama.

Kabar gembiranya, GarudaMiles tidak hanya bisa dipakai di penerbangan Garuda, tetapi maskapai lain yang kerjasama dalam miles ini, antara lain: Etihad, Air France, Korean, China Eastern, China Airlines dan lain – lain.

6. Kartu Kredit UOB Privi Miles

Kartu kredit yang diterbitkan oleh UOB ini sangat cocok buat para traveler, sebab salah satu manfaatnya yaitu ada asuransi perjalanan.  Asuransi Kecelakaan Perjalanan dengan santunan hingga Rp 7 miliar. Nasabah akan mendapatkan fasilitas asuransi kecelakaan perjalanan dengan perlindungan total hingga Rp 7 miliar untuk setiap pembelian tiket perjalanan darat/air/udara dengan menggunakan Kartu Kredit UOB PRIVI Miles.

Setiap transaksi ritel luar negeri Rp 4.000 dan Rp 8.000 ritel dalam negeri mendapatkan 1 Airline Miles. Airline Miles diberikan dalam bentuk Poin Reward yang tercatat pada lembar tagihan (konversi 1 airline miles = 8 Poin Reward). Poin Reward diberikan pada kartu kredit utama dengan pembayaran lancar dan tidak terblokir. 

Nasabah baru juga bakal mendapatkan total 31.500 UOB Miles atau setara dengan 4.500 KrisFlyer/GarudaMiles/Asia Miles atau 6.300 AirAsia BIG Points setelah pemakaian kartu sebesar Rp 5.000.000 per bulan atau Rp 15.000.000 dalam 3 bulan setelah kartu disetujui. Buat kamu yang hobi belanja di Singapura, bisa mengganti transaksi retail menjadi cicilan 0 persen selama tiga bulan.

(Baca Juga: Anti Boros! Ini Cara Mendapatkan Poin Kartu Kredit)

Selain kartu kredit di atas, biasanya asuransi perjalanan secara otomatis diberikan pada pemegang kartu kredit travel atau kartu kredit premium. Perlu kamu ketahui, perlindungan yang diberikan juga berbeda-beda. Meski gratis, bukan berarti bebas syarat. Pada beberapa kartu kredit ada yang memberikan syarat tertentu seperti minimal transaksi agar fasilitas asuransi perjalanan bisa digunakan. Selain itu, asuransi perjalanan juga berlaku bagi pemegang kartu kredit yang membeli tiket perjalanan dengan kartu kredit secara penuh. Jadi, pastikan kamu mengerti apa saja syarat dan ketentuan yang diberikan dari pihak penerbit bank agar bisa menggunakan fitur asuransi perjalanan.

Kamu bisa mengecek fiturnya pada kartu kredit yang telah dimiliki saat ini dengan menghubungi call center bank penerbit kartu. Jangan ragu bertanya apabila ada beberapa syarat tertentu yang perlu kamu lakukan agar bisa menggunakan asuransi perjalanan dari kartu kredit tersebut.

Menggunakan Asuransi Perjalanan dari Kartu Kredit

Untuk bisa menggunakan asuransi perjalanan dari kartu kredit ini, kamu juga harus mengerti prosedur klaim yang harus dilakukan seperti apa. Umumnya, klaim harus segera diajukan, tidak melewati 30 hari dari waktu pembelian tiket perjalanan. Setiap kartu kredit juga memiliki aturan yang berbeda terkait biaya maupun prosedur klaim yang dilakukan.

Baca manfaat perlindungan dengan detail, termasuk hingga perlindungan dan nilai pertanggungan yang akan diberikan. Beberapa biaya ganti rugi lainnya seperti ketidaknyamanan perjalanan, hingga biaya medis. Ketahui juga lamanya perlindungan yang diberikan dengan asuransi perjalanan ini. Sebab, asuransi perjalanan biasanya memberikan perlindungan maksimal hingga 30 hari. Akan tetapi, setiap kartu kredit punya kebijakan yang berbeda.

Jika kamu hanya bepergian jarak dekat dan hanya beberapa hari saja, asuransi dari kartu kredit mungkin sudah cukup . Namun jika kamu ingin pergi ke suatu tempat lokasi yang jauh atau risiko yang tinggi, mengajukan asuransi perjalanan mandiri atau terpisah, mungkin merupakan solusi terbaik. Sebab, asuransi yang terpisah seperti ini bisa ditentukan kembali jumlah premi yang akan dipilih dan manfaat perlindungannya, sesuai dengan kebutuhan kita.

Manfaat Asuransi Perjalanan dari Kartu Kredit

Selain itu, manfaat asuransi perjalanan pada kartu kredit biasanya memiliki perbedaan pada usia maksimal tertanggung. Sehingga, tidak semua anggota keluarga akan mendapatkan perlindungan. Agar perlindungan lebih maksimal kamu bisa mengajukan asuransi perjalanan secara mandiri atau terpisah dari kartu kredit. Kamu juga bisa membandingkan cakupan jaminan atau perluasan perlindungan pada asuransi perjalanan mandiri dengan asuransi perjalanan pada kartu kredit.

Asuransi perjalanan dan kartu kredit dengan asuransi perjalanan, keduanya memberikan manfaat pada perjalanan kamu. Jika kamu lebih suka hal yang praktis dan efisien, maka kartu kredit dengan fitur asuransi perjalanan bisa menjadi pilihan.

Apabila kamu belum memiliki kartu kredit, segera saja bandingkan kartu kredit dari tiap bank penerbit kartu untuk mendapatkan kartu kredit yang sesuai dengan gaya hidup dan kebutuhan. Kamu bisa mengajukannya secara online dengan mudah di Cekaja.com. Dapatkan berbagai pilihan kartu kredit dengan suku bunga yang kompetitif.

Tentang kami

Gesti Weningtyas

Gesti Weningtyas