Daftar Kartu Kredit Pertama untuk Pemula Paling Direkomendasikan

5 min. membaca Oleh Estrin Vanadianti Lestari on

Di era digital seperti ini, kartu kredit menjadi salah satu alat pembayaran, yang paling diminati. Adapun, bagi kamu pengguna baru, berikut kartu kredit pertama untuk pemula, yang bisa dijadikan pilihan.

Terlebih, tidak selalu ber-image baik, kartu kredit juga sering dianggap sebagai alat berhutang.

Selain itu, kartu kredit juga dianggap sebagai penyebab seseorang, menjadi konsumtif, dan mendorong seseorang untuk terus berbelanja.

Tapi, tidak sedikit juga yang beranggapan bahwa, kartu kredit sangat membantu, karena bisa memberikan kebutuhan finansial sesuai limit.

Dari semua anggapan positif dan negatif tentang kartu kredit, semua akan kembali lagi kepada penggunanya.

Nah, untuk para pemula, yang belum pernah sama sekali menggunakan kartu kredit, ada baiknya tau bagaimana cara menggunakan, mengelola, kartu kredit pertama kamu.

Di sini pemahaman menggunakan kartu kredit adalah hal penting, agar kamu tidak terjerumus, untuk terus berhutang, termasuk dalam memiliki produk kartu kredit pertama untuk pemula.

(Baca Juga: 5 Kartu Kredit untuk Ibu Rumah Tangga)

Pasalnya, di setiap perusahaan perbankan, akan membuat produk kartu kredit lebih dari satu jenis, dengan fasilitas hingga tools yang berbeda-beda.

6 Kartu Kredit Pertama untuk Pemula

Nah, dari sekian banyak produk kartu kredit, yang dikeluarkan banyak perbankan ternama di Indonesia, berikut daftar kartu kredit pertama untuk pemula, yang paling direkomendasikan.

1. Kartu Kredit BCA Everyday Card

Kartu kredit pertama untuk pemula yang paling direkomendasikan adalah BCA Everyday Card.

Mengapa kartu kredit BCA jadi pilihan kartu kredit pertama untuk pemula? Hal tersebut dikarenakan BCA Everyday card, memiliki iuran tahunan Rp 125,000 termurah, bandingkan di kelasnya dan produk bank lain.

Apa saja fitur yang ditawarkan kartu kredit BCA Everyday Card? Sesuai namanya, tentu kartu kredit ini, sangat cocok jika digunakan untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari.

Berikut beberapa fitur unggulnya:

  • Fitur cashback 5%

Adapun, fitur tersebut bisa berlaku di SPBU (non subsidi – Shell, Total, dan Pertamina) dan Hipermarket (Carrefour/Transmart, Lotte Mart, Giant, dan Hypermart).

  • Poin Rewards

Fitur tersebut bisa kamu gunakan untuk pembelanjaan ritel sebesar Rp 1.000.-, yang mendapatkan 1 poin Reward BCA. Poin bisa ditukarkan dengan banyak pilihan barang di katalog rewards.

  • Cicilan bunga 0,5 persen per bulan

Tak perlu pusing jika ingin membeli kebutuhan yang harganya tinggi, karena aa fasilitas cicilan 0,5 persen, sampai dengan tenor 36 bulan.

Dari produk kartu kredit lainnya, tenor ini termasuk paling lama di pasaran, hampir tidak ada kartu lain menawarkan tenor cicilan selama ini.

Tidak hanya BCA Everyday Card, Bank BCA juga memiliki banyak pilihan tipe card, untuk berbagai kebutuhan. Sebut saja kartu kredit untuk travelling, belanja, hiburan, serta untuk nasabah prioritas.

2. Kartu Kredit Citibank Citi Simplicity+

Kartu kredit pertama untuk pemula yang direkomendasikan selanjutnya adalah kartu kredit Citi Simplicity+.

Hampir sama dengan BCA Everyday card, Kartu Kredit Citibank Citi Simplicity+, juga termasuk jenis kartu kredit dengan iuran tahunan, terendah di jajaran bank Citibank di Indonesia, yakni Rp 350,000.

Adapun persyaratan pengajuannya, juga relatif simpel, yaitu:

  • Pendapatan Minimum Rp60.000.000,- per tahun
  • Usia 21 tahun ke atas
  • Dokumen berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) serta Slip Gaji.

Bagaimana dengan keunggulannya? Yuk intip keunggulan kartu Citi Simplicity+ berikut ini:

  • Potongan 10% Biaya Bunga setiap Anda membayar tepat waktu.
  • Tidak ada batas maksimum potongan bunga
  • No Late Fees
  • Bebas biaya keterlambatan pembayaran
  • No Over Limit Fees
  • Bebas biaya pemakaian di luar batas kredit.

3. Kartu Kredit BNI Gold

Tak kalah direkomendasikan, Kartu Kredit BNI Gold juga masuk ke daftar kartu kredit pertama untuk pemula.

Dari deretan Kartu Kredit BNI di Indonesia, BNI Gold Card menjadi tipe kartu kredit dengan kasta paling bawah.

Adapun, BNI Gold bahkan bisa menerima calon nasabah, dengan profesi karyawan berpenghasilan mulai dari Rp 3 juta per bulan.

Namun, untuk urusan limit, kartu kredit ini memang hanya memberikan limit cukup kecil, yakni mulai dari Rp 3 juta atau 4 jutaan.

Jadi, bagi para pengguna kartu kredit pemula, kartu ini cocok dan cukup bagus. Tidak perlu khawatir, karena jika nanti pemakaian kartumu bagus, alias tidak pernah menunggak, maka kamu bisa mengajukan upgrade atau minta kenaikkan limit.

4. Kartu Kredit Permata

Kartu kredit pertama untuk pemula yang juga direkomendasikan adalah Kartu Kredit Permata Reward Card Classic.

Mengapa direkomendasikan untuk pemula? Karena, card tipe classic ini, memiliki iuran tahunan hanya Rp 200,000 per tahun.

Tidak hanya itu, Card Permata ini juga bisa digunakan untuk semua kebutuhan liburan kamu, dengan menawarkan berbagai fasilitas, seperti:

  • Poin Reward

Fitur ini bisa kamu dapatkan, bahkan hingga 10x Poin Reward, untuk transaksi di luar negeri, menggunakan valuta asing dan transaksi rupiah di Merchants Hotel, Airlines, dan Travel

  • SimplePay 0%

Adapun fitur lainnya adalah cicilan 0%, 3 bulan untuk transaksi Hotel, Airlines dan Travel.

Selain itu, setiap transaksinya yang diubah menjadi Cicilan SimplePay di Merchant, akan dikenakan biaya Rp 15,000/transaksi.

5. Kartu Kredit CIMB Niaga

Jangan salah, Bank CIMB Niaga ternyata juga memiliki produk kartu kredit yang cocok menjadi kartu kredit pertama untuk pemula, yakni CIMB Niaga Classic.

Berikut fasilitas yang ditawarkannya:

  • Gratis Iuran Tahunan

Kapan lagi bisa punya kartu kredit dengan gratis iuran tahunan? Untuk kartu kredit berlogo MasterCard ini akan gratis iuran tahunan seumur hidup. Sedangkan yang berlogo VISA, gratis 2 tahun pertama.

  • Fasilitas Cicilan Tetap

Fitur selanjutnya adalah pada pembelanjaan ritel dengan CIMB Niaga Classic, bisa diubah menjadi cicilan tetap dengan jangka waktu angsuran 3, 6 dan 12 bulan.

Untuk mengubah transaksi pembelanjaan, bisa kamu lakukan melalui Internet Banking Credit Card, di www.cimbclicks.co.id atau Phone Banking di 14041 sebelum tanggal cetak tagihan.

  • Poin Xtra

Fitur yang terakhir adalah kamu bisa dapatkan 1 Poin Xtra setiap pembelanjaan Rp 5.000,-, kecuali transaksi penarikan tunai (cash advance), transfer balance, cash plus, cashback, katalog, cicilan, pembayaran iuran keanggotaan/membership dan pembayaran.

6. Kartu Kredit Mandiri

Rekomendasi kartu kredit pertama untuk pemula yang terakhir adalah Kartu Kredit Mandiri.

Nah, untuk kamu yang tinggal di pelosok, kamu bisa melakukan pengajuan kartu kredit pertama, dengan pilihan Bank Mandiri.

Pasalnya, Kartu Kredit Bank Mandiri untuk pemula, hanya mensyaratkan calon nasabah, dengan penghasilan Rp 3 juta per bulan. Apa saja pilihannya?

  • Mandiri Gold

Kartu Kredit Mandiri Gold, menawarkan limit mulai Rp 2 juta, dengan iuran tahunan Rp 300 ribu per tahun. Tidak lupa dengan fasilitas cicilan dan poincash.

  • Mandiri Everyday Card

Adapun limit yang diberikan mulai dari minimum Rp 2 juta, dengan iuran tahunan Rp 300 ribu, serta fasilitas mengubah transaksi menjadi cicilan tetap, dengan bunga hingga 1% per bulan. Bahkan ada cicilan dana tunai hingga 12 bulan.

Sama dengan perusahaan perbankkan lainnya, Mandiri juga mengeluarkan berbagai jenis kartu untuk berbagai kebutuhan, seperti travel, belanja, olahraga dan lain – lainnya.

(Baca Juga: 5 Cara Membuat Kartu Kredit Tanpa Slip Gaji)

Nah, itu dia beberapa rekomendasi kartu kredit pertama untuk pemula, yang bisa kamu pilih.

Untuk bisa memiliki salah satu kartu kredit dari deretan kartu kredit pertama untuk pemula di atas, kamu bisa mengajukannya dengan praktis dan mudah, melalui CekAja.com.

Mengapa harus di CekAja.com? Dengan mengajukan di CekAja.com, kamu tidak perlu lagi membuka website resmi perbankan yang dituju, satu per satu.

Pasalnya, CekAja.com sudah tersedia semua produk kartu kredit terbaik, dari berbagai perusahaan perbankan, ternama di Indonesia.

Kamu hanya tinggal pilih, melihat syarat dan dokumen, serta membandingkan produk kartu kredit, yang satu dengan yang lainnya, dan tinggal apply deh. Sangat mudah bukan?

Jadi, tunggu apa lagi? Segera ajukan kartu kredit terbaik pilihanmu, baik untuk pemula dan untuk cadangan, hanya di CekAja.com!