5 Cara Membuat Kartu Kredit Tanpa Slip Gaji yang Mudah dan Cepat Disetujui Bank

Mengetahui cara membuat kartu kredit tanpa slip gaji ternyata penting untuk diketahui. Terlebih untuk kamu yang bekerja sebagai freelance, berwirausaha dan lain sebagainya yang tidak berprofesi sebagai karyawan di perusahaan.

5 Cara Membuat Kartu Kredit Tanpa Slip Gaji yang Mudah dan Cepat Disetujui Bank

Bagi kamu yang belum tahu, membuat kartu kredit tanpa slip gaji mungkin sesuatu yang mustahil terjadi.

Namun realitanya hal itu dapat terjadi dan bisa dilakukan dengan beberapa cara, seperti misalnya menggunakan secured credit card, virtual credit card, rekening koran dan lainnya.

Nah, jika kamu penasaran dengan cara-cara tersebut, pada kesempatan kali ini CekAja.com akan mengulasnya secara lengkap sebagai berikut. Simak bersama-sama, yuk!

5 Cara Membuat Kartu Kredit Tanpa Slip Gaji

Berbicara tentang membuat kartu kredit, sebenarnya salah satu syarat wajib yang harus dipenuhi adalah fotokopi slip gaji nasabah yang bersangkutan.

Sebab melalui slip gaji, bank bisa melihat detail informasi mengenai perusahaan tempat calon nasabah bekerja, serta berapa penghasilannya di perusahaan tersebut.

Dengan begitu, maka bank bisa menentukan apakah calon nasabah tersebut memungkinkan untuk tidak memiliki kartu kredit macet di tengah jalan, karena kesulitan membayar cicilan tagihan.

Namun, kini slip gaji bukan lagi menjadi salah satu persyaratan yang wajib dipenuhi. Hal tersebut dikarenakan banyak dari calon nasabah yang profesinya berwirausaha, sebagai freelance dan lain sebagainya yang membuatnya tidak memiliki slip gaji.

Maka dari itu, slip gaji kini bukan lagi menjadi syarat yang harus dilampirkan. Kamu yang berprofesi di luar karyawan perusahaan, bisa menggunakan beberapa cara membuat kartu kredit tanpa slip gaji yang di antaranya akan diulas berikut ini.

(Baca Juga: Tips Berhasil Mendapatkan Kartu Kredit Pertama)

1. Menggunakan secured credit card

Menggunakan secured credit card - 5 Cara Membuat Kartu Kredit Tanpa Slip Gaji

Cara membuat kartu kredit tanpa slip gaji yang pertama, yaitu menggunakan secured credit card.

Buat kamu yang belum tahu, secured credit card merupakan kartu kredit berjaminan, yang mana untuk mendapatkannya kamu perlu memberikan jaminan dalam bentuk deposito kepada pihak bank, agar permohonan kartu kreditmu dapat disetujui.

Jika menggunakan secured credit card, maka kamu tidak perlu lagi memberikan informasi status pekerjaan dan penghasilan kepada pihak bank.

Kamu hanya perlu menyiapkan sejumlah uang yang akan didepositokan, untuk kemudian digunakan sebagai jaminan kartu kredit yang dimiliki.

Untuk jumlah uang yang didepositokan sendiri, umumnya minimal Rp3 juta. Tetapi jika kamu ingin mendepositokan uang lebih besar, maka lebih baik. Hal itu karena, kamu juga akan mendapatkan limit kartu kredit yang semakin besar.

Menggunakan cara membuat kartu kredit tanpa slip gaji yang satu ini, juga sangat membantu dan memudahkanmu mendapat persetujuan dari bank.

Sebab kalaupun ke depannya kamu mengalami kesulitan membayar cicilan, pihak bank sudah memiliki jaminan dari uang deposito yang kamu miliki, dan bisa langsung memangkasnya dari uang deposito tersebut.

Sebagai informasi tambahan, deposito merupakan tabungan yang tidak bisa diambil dalam jangka waktu tertentu.

Tidak hanya itu, deposito juga biasanya berjumlah besar dan untuk hal ini pihak bank tetap memberikan bunga kepada pemilik deposito.

2. Menggunakan virtual credit card

Menggunakan virtual credit card - 5 Cara Membuat Kartu Kredit Tanpa Slip Gaji

Virtual credit card (VCC) nyatanya juga bisa digunakan sebagai salah satu cara membuat kartu kredit tanpa slip gaji, khususnya bagi kamu yang hanya menggunakan kartu kredit dalam waktu singkat.

Seperti misalnya kamu ingin melakukan transaksi online mancanegara, namun kamu tidak memiliki kartu kredit untuk memudahkan transaksi tersebut, maka VCC adalah solusi yang tepat.

Pasalnya, VCC sendiri biasa dipakai oleh orang-orang yang ingin bertransaksi online di mancanegara, yang hampir selalu membutuhkan kartu kredit.

Jika tertarik dengan jenis kartu kredit yang satu ini, maka kamu bisa langsung mengajukannya di beberapa bank yang menyediakan fasilitas ini, seperti bank BNI dengan VCN-nya, bank Mandiri dengan VCC-nya, KlikPay BCA dan CIMB Niaga dengan OctoPay-nya.

Dari sekian banyak bank yang menyediakan fasilitas VCC, OctoPay CIMB Niaga adalah salah satu yang paling sering dijadikan pilihan.

Hal tersebut karena, pembuatan VCC di CIMB Niaga tidak membutuhkan slip gaji sebagai syarat wajibnya, tetapi kamu diharuskan untuk membuat rekening tabungan di CIMB Niaga.

Jika rekening tabungan sudah dimiliki, maka proses pembuatan VCC selanjutkan akan sangat mudah. Dan apabila sudah jadi, VCC biasanya berlaku selama 1-3 hari.

Ketika VCC sudah jadi pun, nantinya kamu akan diberikan 16 digit nomor VCC yang akan digunakan untuk bertransaksi.

Dan selama bertransaksi, uang yang digunakan untuk membayar semua transaksi adalah uang yang kamu masukkan ke dalam tabungan sebelumnya, pada saat pembuatan rekening tabungan.

3. Menggunakan rekening koran

Menggunakan rekening koran - 5 Cara Membuat Kartu Kredit Tanpa Slip Gaji

Selain menggunakan dua cara tersebut, kamu juga bisa menggunakan rekening koran sebagai cara membuat kartu kredit tanpa slip gaji.

Melalui rekening koran, pihak bank bisa melihat semua catatan secara lengkap mengenai cashflow nasabah selama beberapa bulan terakhir, mulai dari catatan setoran untuk bank, penarikan uang di ATM, transfer uang, transaksi kredit maupun debit dan lain sebagainya.

Dengan demikian, nantinya pihak bank dapat menentukan apakah aliran dana yang kamu miliki cukup lancar, dan tidak menyebabkan pembayaran cicilan tagihan macet, serta kelayakanmu untuk mendapat kartu kredit.

Untuk memudahkan proses pengajuan, biasanya calon nasabah akan memperbaiki cashflow pribadinya terlebih dahulu, seperti misalnya dengan cara menyetor sejumlah uang ke bank, lalu mengambilnya sedikit demi sedikit.

4. Menggunakan kartu kredit lain

Menggunakan kartu kredit lain - 5 Cara Membuat Kartu Kredit Tanpa Slip Gaji

Cara membuat kartu kredit tanpa slip gaji yang keempat, yaitu dengan menggunakan kartu kredit lain.

Buat kamu yang memiliki kartu kredit lain dengan catatan yang baik, cara yang satu ini sepertinya bisa dilakukan.

Sebab, bukti kepemilikan kartu kredit lainnya bisa dijadikan jaminan untuk kamu mengajukan permohonan pembuatan kartu kredit, dan juga jaminan untuk bank menyetujui permohonan tersebut, meskipun tanpa melampirkan slip gaji.

Namun tentu saja, hal itu tidak semudah yang dibayangkan. Pihak bank akan mengecek terlebih dahulu apakah penggunaan kartu kredit sebelumnya lancar atau tidak.

Jika memang lancar, kamu membayar tagihan kartu kredit dengan baik dan disiplin, kartu kredit sebelumnya sudah dimiliki cukup lama, dan kamu gigih membangun skor kredit yang baik, maka biasanya bank bisa dengan mudah menyetujui permohonan kartu kreditmu.

5. Menggunakan rekomendasi suami atau istri

Menggunakan rekomendasi suami atau istri - 5 Cara Membuat Kartu Kredit Tanpa Slip Gaji

Nah, terakhir kamu juga bisa menggunakan rekomendasi suami atau istri, sebagai cara membuat kartu kredit tanpa slip gaji.

Di mana, kamu bisa mengajukan kartu kredit tambahan untuk istri/suami atau bahkan anak-anakmu, jika sebelumnya sudah memiliki kartu kredit.

Kartu tambahan sendiri, pada dasarnya merupakan beberapa kartu tambahan yang dibuat dengan saldo yang masih menginduk pada master kartu kreditnya (kartu kredit utama).

Contohnya seperti ini, kamu selaku kepala keluarga (suami) memiliki kartu kredit utama. Kemudian, kamu ingin membuat kartu kredit tambahan untuk istri atau anak-anakmu, maka nantinya mereka akan memiliki dan memegang kartu kreditnya sendiri.

Hanya saja, pagu total yang digunakan nantinya akan tetap diberikan kepada kartu kredit utama, yaitu kartu kredit yang kamu pegang selaku suami.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membuat Kartu Kredit

Ketika membuat kartu kredit, kamu tidak hanya perlu memenuhi persyaratannya saja, tetapi kamu juga perlu mengetahui apa saja hal-hal yang harus diperhatikan saat membuat kartu kredit, seperti berikut ini.

  • Minimal pembayaran tagihan dan konsekuensinya
  • Biaya tahunan yang harus dibayarkan
  • Biaya atau denda keterlambatan
  • Biaya tarik tunai
  • Akses untuk transaksi di luar negeri
  • Limit kartu kredit yang diberikan
  • Cara pengurusan kartu kredit yang hilang
  • Dan lain sebagainya.

(Baca Juga: Cara Membuat Kartu Kredit Online dan Offline)

Beberapa informasi terkait cara membuat kartu kredit tanpa slip gaji sudah kamu ketahui di pembahasan sebelumnya. Bagaimana, ternyata ada banyak sekali bukan cara yang bisa dilakukan?

Maka dari itu, buat kamu yang berprofesi selain karyawan perusahaan, dan belum memiliki kartu kredit jangan ragu untuk segera mengajukannya secara online melalui CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk kartu kredit yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, proses pengajuannya pun sangat mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, kalau begitu tunggu apalagi? Yuk, ajukan kartu kredit terbaikmu sekarang juga!