Kartu Kredit Over Limit? Jangan Khawatir! Cek Solusinya!

Jika kamu sudah biasa menggunakan kartu kredit, pasti mengenal istilah over limit. Yaitu keadaan di mana kamu telah menggunakan kartu kredit melebihi kredit yang ditentukan.

Kartu Kredit Over Limit? Jangan Khawatir! Cek Solusinya!

Over limit biasanya terjadi karena terdapat sisa tagihan yang belum dibayarkan pada bulan sebelumnya.

Biasanya, jika kamu memiliki sisa tagihan dan akan kembali melakukan transaksi menggunakan kartu kredit dengan jumlah maksimal, terdapat dua kemungkinan hal yang akan terjadi.

Pertama, transaksi kamu akan terkena decline yang berarti kamu tidak dapat melakukan pembayaran dengan kartu kredit. Atau transaksi kamu akan terkena over limit.

Jika sudah melebihi limit yang ditetapkan, kamu nantinya akan dikenakan biaya over limit. Berapa biayanya?

Biaya Over Limit

Setiap bank penerbit kartu kredit biasanya memiliki besaran biaya yang berbeda-beda. Tetapi, biaya overlimit ini akan dikenakan dari kelebihan limit yang digunakan.

Secara umum, biasanya bank mengenakan biaya over limit sekitar 5%. Tetapi ada juga bank yang sudah menetapkan besaran biaya over limit yang harus kamu bayarkan seperti Bank BCA yang menetapkan biaya overlimit sebesar Rp40 ribu.

Untuk mengetahui pasti berapa besaran biaya yang dikenakan untuk over limit kartu kredit, hubungi lah bank penerbit kartu kredit kamu.

(Baca Juga: 7 Cara Menggunakan Kartu Kredit untuk Pemula)

Tips Menghindari Kartu Kredit Over Limit

1. Mencatat Transaksi

Tips menghindari kartu kredit over limit yang pertama adalah mencatat seluruh transaksi yang kamu lakukan dengan kartu kredit. Cara ini juga merupakan cara yang paling ampuh untuk membantu kamu menghindari over limit.

2. Bayar Lunas

Tips selanjutnya adalah dengan membayar lunas seluruh tagihan transaksi yang kamu lakukan. Sehingga kamu tak perlu khawatir soal berapa sisa limit kartu kredit yang kamu sudah gunakan!

3. Gunakan Sesuai Kebutuhan

Tips terakhir adalah dengan menggunakan kartu kredit sesuai dengan kebutuhan saja. Hindari penggunaan kartu kredit pada transaksi biasa yang tidak terlalu membutuhkan kartu kredit.

Sudah terlanjur kena over limit? Tenang, berikut adalah solusi yang bisa kamu lakukan apabila terkena over limit!

Solusi Kartu Kredit Over Limit

1. Melunasi Tagihan

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk mengatasi over limit tentunya adalah dengan membayar lunas tagihan yang kamu miliki. Ini dilakukan agar kamu dapat menghindari over limit pada bulan selanjutnya.

2. Hindari Penggunaan Kartu Kredit untuk Sementara

Selanjutnya usahakan untuk menghindari penggunaan kartu kredit untuk sementara. Tunggu sampai tagihan kamu benar-benar sudah terbayar terlebih dahulu.

3. Transfer Balance

Solusi terakhir yang dapat kamu lakukan adalah dengan melakukan transfer balance. Transfer balance merupakan pengalihan saldo tagihan ke kartu kredit lain yang kamu miliki. Namun, cara yang satu ini tentunya hanya dapat kamu lakukan jika kamu memiliki lebih dari satu kartu kredit.

(Baca Juga: Cara Menaikkan limit Kartu Kredit HSBC Beserta Tipsnya)

Ajukan Kartu Kredit HSBC Visa Signature di CekAja

Itulah cara yang dapat kamu lakukan jika sudah terkena over limit. Tidak ingin terkena over limit? Gunakan kartu kredit dengan limit tinggi!

Salah satu kartu kredit dengan limit tinggi adalah kartu kredit HSBC Visa Signature yang menawarkan limit maksimal hingga Rp1 miliar.

Dengan kartu kredit HSBC Visa Signature kamu juga dapat menikmati beragam penawaran serta promo menarik!

Belum memiliki kartu kredit HSBC Visa Signature? Yuk buat di CekAja.com! Proses pengajuan kartu kredit di CekAja.com mudah, cepat, dan juga aman sehingga kamu tak perlu lagi khawatir.

Jadi tunggu apalagi? Segera lengkapi pengajuan kartu kredit HSBC Visa Signature kamu di CekAja.com!